P. 1
Membuat Silsilah Keluarga dengan Family Tree Builder (Bag 3)

Membuat Silsilah Keluarga dengan Family Tree Builder (Bag 3)

|Views: 5,345|Likes:
Published by Jubilee Enterprise
Contoh bab naskah "Membuat Silsilah Keluarga dengan Family Tree Builder"
Contoh bab naskah "Membuat Silsilah Keluarga dengan Family Tree Builder"

More info:

Published by: Jubilee Enterprise on Mar 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2013

pdf

text

original

BAGIAN II MEMBUAT SILSILAH KELUARGA DENGAN FAMILY TREE LEGENDS

1

BAB

8 Mengenal Family
Tree Legends

Pernahkah Anda berkeinginan untuk mengetahui silsilah keluarga dan menelusuri hubungan kekerabatan Anda dari generasi ke generasi? Wajar saja jika Anda penasaran dengan asal-usul keluarga Anda karena pada hakekatnya manusia ingin mencari jati diri dengan melihat dari mana akar keluarganya berasal. Sifat dan bakat seseorang seringkali diwariskan secara turun temurun sehingga tidak mengherankan jika kita sering melihat sebuah keluarga memiliki profesi dan keahlian yang sama. Keluarga Bush yang berhasil menguasai Gedung Putih selama dua generasi berturut-turut bisa menjadi contoh kasus tersebut. Jika Anda berprofesi sebagai Astronom, ada kemungkinan Anda masih keturunan langsung dari ilmuwan ruang angkasa atau bahkan mungkin nenek moyang Anda memiliki darah suku Maya yang terkenal sangat menguasai ilmu astronomi sejak dulu kala. Nah, tidak ada salahnya apabila Anda menelusuri asal-usul keluarga Anda dengan sebuah software khusus bernama Family Tree Legends. 2

Pada bagian ini Anda dapat mengenal software Family Tree Legends, mengetahui cara instalasi hingga mempelajari User Interface software ini sehingga Anda bisa menggunakannya secara maksimal. Simaklah uraian di bawah ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.

Tentang Family Tree Legends
Family Tree Legends merupakan software yang didesain khusus untuk mencari, mengorganisasikan, serta mencatat semua informasi yang berkaitan dengan silsilah keluarga Anda. Software ini bersifat gratis sehingga Anda dapat mendownload langsung di http://www.familytreelegends.com/. Manfaatkan layanan gratis dari Pearl Street Software ini untuk mempermudah proses pengumpulan informasi keluarga Anda. Informasi itu dapat Anda simpan ke dalam sebuah database khusus yang bisa dikembangkan ke dalam bentuk grafik, laporan, bagan dan pohon keluarga dalam berbagai kriteria. Program pembuat silsilah keluarga ini terintegrasi langsung dengan internet sehingga memudahkan Anda untuk mencari tambahan data tentang sejarah keluarga Anda serta mempublikasikan file kepada publik. Selain itu, Family Tree Legends juga akan merekam catatan kesehatan, alamat dan bahkan menambahkan fasilitas multimedia seperti foto, audio serta video. Pearl Street Software sebagai pengembang software ini pernah mengklaim bahwa Family Tree Legends adalah aplikasi Genealogy paling canggih saat ini. Genealogy adalah kajian tentang keluarga dan penelusuran jalur keluarga serta sejarahnya. Hasil dari penelusuran ini biasanya akan ditampilkan dalam bentuk bagan atau ditulis dalam bentuk narasi. Nah, software ini diciptakan khusus untuk merunut pertalian darah keluarga Anda. Melalui Family Tree Legends, Anda bisa membuat Pohon Keluarga yang tampilannya bisa dilebarkan ke mana saja. Ke atas, bawah maupun samping kiri dan kanan layaknya cabang pohon yang berkembang ke arah mana saja. Ke atas, 3

Anda bisa merunut dari orang tua, kakek-nenek serta siapa saja saudara dari kakek-nenek Anda tersebut. Sedangkan ke bawah, Anda dapat merunut dari anak-anak, pasangan anak Anda dan keluarga mereka. Jika cabang itu dilebarkan ke samping, Anda bisa merunut keluarga dari istri, kakak, adik, ipar, keluarga ipar, dan seterusnya. Dengan teknologi Real Time Internet Backup & Publishing dan fitur-fitur canggih yang dimilikinya, Family Tree Legends siap untuk melacak asal-usul keluarga Anda dengan cepat dan secara modern. Fitur-fitur istimewa yang dimiliki software ini antara lain:  Smart Matching Fasilitas ini berfungsi untuk mencari, me-review dan mengintegrasikan data-data milik Anda dengan pengguna Family Tree Legends lainnya.  Real-Time Internet Backup & Publishing Gunakanlah fasilitas ini untuk mem-back up data dan mempublikasikan silsilah keluarga Anda.  Family Book Anda bisa membuat buku keluarga yang berisi semua data keluarga, sejarah keluarga dan catatan penting lainnya yang dikemas dalam sebuah buku khusus. Melalui buku ini Anda dapat menelusuri jejak nenek moyang Anda dari generasi ke generasi.  Scrapbook Fasilitas Scrapbook memungkinkan Anda untuk menambahkan fasilitas multimedia seperti foto, musik dan bahkan video sebagai pelengkap dokumentasi sejarah keluarga Anda.  Charts Silsilah keluarga Anda akan ditampilkan dalam grafik-grafik menarik yang tersedia dalam berbagai pilihan.  CD and DVD

4

Anda bisa menyimpan silsilah keluarga yang telah dibuat dalam Family Tree Legends ke dalam CD dan DVD sehingga memudahkan penyebaran data kepada kalangan keluarga Anda.

Instalasi Family Tree Legends
LINK DOWNLOAD Untuk mendapatkan software Family Tree Legends, Anda bisa download di http://www.familytreelegends.com

Family Tree Legends dapat diinstal pada Windows 95, 98, 2000 serta Windows XP. Syarat lain yang diperlukan adalah kemampuan PC dengan processor 166 MHz ke atas serta memory RAM sebesar 32 MB. Apabila komputer Anda memenuhi syarat tersebut, Anda bisa segera melakukan penginstalan software ini dengan menggunakan langkahlangkah berikut: 1. Pastikan bahwa Anda telah men-download software Family Tree Legends terlebih dahulu. 2. Kemudian klik-ganda Setup Family Tree Legends.

Gambar 8.1. Mengklik-ganda Setup Family Tree legends

5

3. Pada kotak dialog Family Tree Legends Install Shield Wizard yang muncul tekanlah tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.

Gambar 8.2. Tampilan kotak dialog Family Tree Legends Install Shield Wizard

4. Lalu klik tombol radio pada opsi I accept the terms in the license agreement. Teruskan dengan menekan tombol Next jika sudah.

Gambar 8.3. Memilih opsi I accept the terms in the license agreement

6

5. Lantas pilihlah lokasi penginstalan program ini. Secara default, Family Tree Legends akan masuk ke dalam disk C:\Program Files. Jika Anda ingin mengubah tujuan lokasi tekanlah tombol Change dan pilihlah lokasi penginstalan. Tekanlah tombol Next apabila sudah.

Gambar 8.4. Memilih lokasi penginstalan

6. Untuk memulai proses instalasi, tekanlah tombol Install.

Gambar 8.5. Menekan tombol Install

7

7. Kemudian tunggulah proses instalasi untuk beberapa saat.

Gambar 8.6. Proses instalasi Family Tree Legends

8. Tekanlah tombol Finish untuk mengakhirinya.

Gambar 8.7. Menekan tombol Finish

Meluncurkan Family Tree Legends
8

Lakukanlah petunjuk singkat di bawah ini untuk meluncurkan program Family Tree Legends: 1. Pertama-tama, klik-ganda ikon Family Tree Legends pada desktop.

Gambar 8.8. Mengklik-ganda ikon Family Tree Legends

2. Berikutnya, muncul kotak dialog Welcome to Family Tree Legends di mana Anda harus memilih opsi akses internet yang digunakan oleh komputer Anda pada bagian How this machine access the internet? Klik salah satu pilihan Anda pada tombol radio yang tersedia.

Gambar 8.9. Pilihan pengaksesan internet

3. Kemudian masukkan serial number yang bisa Anda dapatkan dari situs resmi Family Tree Legends di 9

www.familytreelegends.com pada kotak teks tersedia. Jikalau sudah tekanlah tombol Finish.

yang

Gambar 8.10. Memasukkan Serial Number

4. Berikutnya, Anda akan masuk jendela Family Tree Legends dan siap melacak silsilah keluarga Anda dengan menggunakan software ini.

Mengenal User Interface Family Tree Legends
Jendela Family Tree Legends dipenuhi ikon-ikon yang bisa Anda gunakan untuk mengakses menu pilihan dengan cepat dan mudah. Ikon-ikon tersebut terletak di bagian toolbar, sidebar dan sebagian lagi berada di dalam lembar silsilah keluarga. Pada bagian ini, Anda bisa mengenal nama-nama ikon dalam Family Tree Legends beserta fungsi masing-masing. Selain itu, menu-menu yang disajikan software ini juga akan dibahas secara tuntas dan mendalam. Simaklah uraian berikut ini.

10

Gambar 8.11. Jendela Family Tree Legends

Mengenal Ikon-Ikon di Toolbar
Ikon-Ikon di dalam toolbar berfungsi untuk menyingkat akses menuju menu pilihan Anda. Jika ingin mengakses menu grafik misalnya, Anda tidak perlu membuka menu-menu yang tersedia dalam program ini. Cukup dengan mengklik ikon Chart , Anda bisa langsung memilih jenis grafik yang akan digunakan. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang ikonikon yang terdapat di toolbar.

Gambar 8.12. Ikon-ikon yang terdapat dalam toolbar

Adapun fungsi dari masing-masing ikon adalah sebagai berikut: 1. Back Gunakanlah ikon ini untuk kembali ke halaman sebelumnya. Cara kerja Family Tree Legends hampir 11

menyerupai browser internet sehingga dapat merekam semua kegiatan program yang sedang dibuka. 2. Forward Pilihlah ikon selanjutnya. 3. Home Ikon ini berfungsi untuk menuju halaman utama Family Tree Legends. 4. Navigate Klik ikon ini jika Anda ingin membuat bagan atau pohon keluarga untuk mengetahui silsilah keluarga Anda dari generasi ke generasi. 5. Index Berisi data pribadi masing-masing individu yang Anda masukkan ke dalam Family Tree Legends. 6. Search Gunakanlah opsi ini untuk mencari data anggota keluarga Anda secara spesifik. 7. Charts Pilihlah ikon ini jika ingin menampilkan silsilah keluarga dalam bentuk grafik yang tersedia dalam berbagai pilihan. 8. Reports Anda dapat membuat laporan silsilah keluarga yang dibuat secara lebih spesifik dengan memilih ikon ini. 9. Books Buku keluarga berfungsi untuk mengumpulkan semua data anggota keluarga, bagan keluarga serta informasi lainnya yang memudahkan Anda untuk melihat silsilah keluarga Anda secara keseluruhan. 10. Records ini jika Anda ingin menuju halaman

12

Apabila Anda mengklik ikon ini, Anda akan langsung terhubung dengan situs resmi Family Tree Legends di mana Anda bisa melacak sejarah keluarga Anda berdasarkan data keluarga yang telah Anda simpan. 11. Smart Match Klik ikon ini untuk meluncurkan jendela Smart Match. Anda bisa berkolaborasi dengan pengguna Family Tree Legends lainnya dalam menelusuri jejak leluhur Anda. 12. Print Pilihlah ikon ini untuk mencetak silsilah keluarga Anda yang telah dibuat dengan bantuan Family Tree Legends. 13. Learn Klik ikon ini jika Anda belum begitu memahami penggunaan program ini dan tambahan informasi menarik lainnya seputar nenek moyang Anda. 14. Help Gunakanlah ikon ini untuk meluncurkan menu Help yang berisi petunjuk lengkap penggunaan Family Tree Legends.

Mengenal Ikon-Ikon di Sidebar
Family Tree Legends juga menyediakan ikon-ikon yang diletakkan di sidebar agar Anda bisa memasukkan data tambahan seperti alamat, riwayat kesehatan, dan lain sebagainya dengan sekali klik. Ikutilah keterangan selengkapnya berikut ini.

13

1 2 3 4 5 6 7

Gambar 8.13. Tampilan ikon-ikon pada Sidebar

Fungsi masing-masing ikon adalah sebagai berikut: 1. Home Ikon ini berfungsi untuk kembali ke halaman utama. 2. Facts Untuk menampilkan data dan fakta individu secara lengkap, pilihlah ikon ini. 3. Medical Gunakanlah ikon ini jika Anda ingin menampilkan atau menambahkan riwayat kesehatan anggota keluarga. 4. Notes

Berisi catatan khusus yang menampilkan informasiinformasi tertentu yang berkaitan dengan anggota keluarga tersebut. 5. Address anggota

Klik ikon ini untuk menambahkan alamat keluarga yang masuk dalam silsilah keluarga.

14

6.

Names and Aliases

Dengan mengklik ikon ini, Anda bisa menambahkan nama tambahan, nama alias atau nama julukan pada masingmasing anggota keluarga. 7. Scrapbook

Fasilitas Scrapbook memungkinkan Anda untuk memasukkan data tambahan yang berupa foto, musik, dan video yang berguna sebagai dokumentasi pribadi.

Mengenal Ikon-Ikon Lainnya
Ikon-ikon lainnya yang terdapat pada lembar silsilah keluarga adalah ikon Smart Matches, Navigate Spouse, Navigate Parents, dan Source. Adapun fungsi dari masing-masing ikon dapat Anda simak pada penjelasan di bawah ini:

Gambar 8.14. Tampilan ikon-ikon lainnya

1. Smart Matches Klik ikon ini jika Anda ingin berkolaborasi dengan pengguna Family Tree Legends lainnya yang mungkin merupakan salah satu saudara Anda. 2. Navigate Spouse Pilihlah ikon ini untuk menambahkan suami atau istri dari seorang anggota keluarga. 3. Navigate Parents Klik ikon ini untuk menambahkan data orang tua dari individu tersebut. 4. Source 15

Ikon ini berfungsi untuk menambahkan sumber data yang digunakan dalam membuat silsilah keluarga tersebut. Sementara itu, dalam kotak dialog Welcome to Family Tree Legends, Anda akan menjumpai beberapa tombol khusus yaitu tombol New, Import, Open, Restore, Update, Exit, dan Help. Adapun fungsi dari tombol-tombol tersebut adalah sebagai berikut : 1. New Pilihlah tombol ini untuk membuat file silsilah keluarga yang baru. 2. Import Klik tombol ini untuk mengimpor atau mengambil data keluarga dari file lainnya. 3. Open Gunakanlah tombol ini untuk membuka file atau dokumen silsilah keluarga yang telah dibuat sebelumnya. 4. Restore Pilihlah tombol keluarga Anda. 5. Update Gunakanlah tombol ini untuk meng-update data silsilah keluarga Anda. 6. Exit Tekanlah tombol ini jika ingin keluar dari program ini. 7. Help Apabila Anda ingin mengetahui petunjuk penggunaan Family tree Legends, tekanlah tombol ini. ini untuk me-restore data anggota

16

Gambar 8.15. Tampilan kotak dialog Welcome to Family Tree Legends

Mengenal User Interface Scrapbook
Masing-masing anggota keluarga dapat menambahkan koleksi foto, video, dan dokumentasi lainnya melalui fasilitas Scrapbook sehingga anak cucu Anda nantinya bisa melihat penampilan leluhur mereka. Sebelum Anda menggunakan fasilitas ini, sebaiknya Anda mengenal user interface Scrapbook terlebih dahulu agar Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan baik. Pada bagian ini Anda dapat mengenal ikon-ikon yang terdapat dalam Scrapbook beserta dengan fungsi masingmasing. Untuk itulah, simak penjelasan singkat di bawah ini.

17

1 2 3 4 6 7 8 9 1 0

5

Gambar 8.16. Tampilan user interface Scrapbooks

Fungsi dari tiap ikon itu adalah sebagai berikut: 1. Image Pilihlah ikon ini jika Anda ingin menambahkan foto anggota keluarga yang masuk dalam silsilah tersebut lengkap dengan keterangannya. 2. Audio Tekanlah ikon ini untuk menyisipkan musik atau file audio lainnya yang berkaitan dengan individu yang masuk dalam silsilah keluarga. 3. Video Klik ikon ini untuk menambahkan video tentang keluarga Anda. 4. Dokumen Untuk menyisipkan dokumen yang berkaitan dengan anggota keluarga Anda, pilihlah ikon ini. 18

5. Properties Klik ikon ini jika ingin mengetahui keterangan yang terdapat dalam foto keluarga Anda. 6. Open Klik ikon ini jika ingin membuka foto dalam ukuran sebenarnya. 7. Slideshow Gunakanlah ikon ini untuk menampilkan koleksi foto keluarga Anda dalam bentuk slideshow. 8. Scan Tekanlah opsi ini untuk menghubungkan scanner dengan komputer Anda sehingga Anda dapat men-scan foto-foto kuno milik keluarga Anda. 9. GenGram Pilihlah ikon ini untuk mempublikasikan silsilah keluarga dan berbagi informasi dengan pengguna Family Tree Legends lainnya melalui situs resmi program ini. 10. Options Klik ikon ini untuk mengatur banyaknya foto yang ditampilkan dalam satu halaman dan digunakan untuk mengedit judul Scrapbooks.

Menu-Menu yang Terdapat dalam Family Tree Legends
Berikut ini jenis menu yang bisa Anda gunakan dalam program Family Tree Legends beserta fungsinya masingmasing: 1. File Menu File memiliki opsi-opsi sebagai berikut: • New Family Tree digunakan untuk membuat file silsilah keluarga yang baru. 19

• • •

Open Family File berfungsi untuk membuka file-file silsilah keluarga yang telah dibuat sebelumnya. Backup Family File to Disk berfungsi untuk membackup file silsilah keluarga ke dalam hard disk Anda. Backup Family File to CD/DVD digunakan untuk mem-backup data silsilah keluarga Anda ke dalam CD atau DVD. Create Shareable CD digunakan untuk menyimpan data ke dalam CD sehingga bisa berbagi dengan anggota keluarga lainnya. Statistics berfungsi untuk mengetahui jumlah anggota keluarga beserta data-data yang masuk dalam program ini. Print digunakan untuk mencetak dokumen silsilah keluarga yang telah selesai dibuat dengan Family Tree Legends. Exit berfungsi untuk keluar dari program ini.

2. Edit Opsi-opsi yang terdapat dalam menu Edit antara lain: • • • • • • Add Spouse berfungsi untuk menambahkan data pasangan baik suami atau istri. Add Child berguna untuk menambahkan data anak yang dimiliki oleh individu. Add Father digunakan untuk menambahkan data ayah. Add Mother berfungsi untuk menambahkan data ibu. Add Sibling digunakan untuk menambahkan data saudara kandung. Attach berfungsi untuk meng-attach salah satu anggota keluarga dengan anggota lainnya untuk memperlihatkan hubungan kekerabatan di antara mereka.

20

Detach digunakan untuk men-detach atau melepaskan hubungan kekeluargaan antara satu individu dengan individu lainnya.

3. View Berikut opsi-opsi yang terdapat dalam menu View: • Index of Individuals berfungsi untuk menunjukkan data masing-masing anggota keluarga yang terdapat dalam silsilah tersebut. Search for Individual digunakan untuk mencari data anggota keluarga. Navigate Ancestor digunakan untuk membuat bagan nenek moyang Anda. Sources berisi sumber data yang digunakan untuk membuat silsilah keluarga. Addresses berfungsi untuk menambahkan alamat anggota keluarga yang masuk dalam silsilah keluarga. Contacts berisi daftar kontak yang aktif dalam forum di situs resmi Family Tree Legends.

• • • • •

4. Charts Dalam menu Charts terdapat opsi-opsi sebagai berikut: • • • Ancestor Chart digunakan untuk menampilkan grafik leluhur Anda. Descendant Chart digunakan untuk menampilkan grafik keturunan Anda. Hourglass Chart berfungsi untuk menampilkan grafik nenek moyang dan keturunan secara bersamaan.

5. Reports Opsi-opsi yang terdapat dalam menu ini adalah: • Ancestor Report berfungsi untuk menampilkan laporan leluhur Anda yang dikemas dalam sebuah jurnal khusus. 21

• •

Pedigree berfungsi untuk menampilkan laporan yang dibuat dalam bentuk Pedigree. Individual Timeline digunakan untuk menampilkan catatan khusus tentang individu berdasarkan timeline atau rentang waktu tertentu.

Family Group Sheet berisi laporan yang mencantumkan lembar silsilah keluarga secara menyeluruh. 6. Scrapbook Opsi-opsi yang terdapat dalam menu Scrapbook adalah: • • • • • • View digunakan Scrapbook. Print Scrapbook Scrapbook. untuk memunculkan untuk tampilan mencetak

berfungsi

Insert Image berfungsi untuk menyisipkan atau menambahkan foto ke dalam Scrapbook. Insert Audio digunakan untuk menambahkan file musik atau file audio lainnya ke dalam Scrapbook. Insert Video digunakan untuk menambahkan video ke dalam Scrapbook.

Insert Object digunakan untuk menambahkan objek tertentu ke dalam Scrapbook. 7. Books • • • • • New Book berfungsi untuk membuat buku keluarga yang baru. Open Book digunakan untuk membuka keluarga yang telah dibuat sebelumnya. buku

Preview Book digunakan untuk melihat tampilan buku keluarga secara sekilas. Print Book berfungsi untuk mencetak buku keluarga. Organize Book berguna untuk mengorganisasikan semua buku keluarga yang pernah dibuat sebelumnya.

22

8. Internet • FamilyTreeLegends.com digunakan untuk mengakses langsung website resmi Family Tree Legends. FTL Records Collection berfungsi untuk membuka koleksi file RTL. Send a GenGram digunakan untuk mengirimkan GenGram kepada pengguna Family Tree Legends lainnya. View GenGrams berfungsi untuk melihat tampilan GenGrams yang telah dibuat sebelumnya. View GenGram Address Book digunakan untuk melihat koleksi alamat GenGram yang telah disimpan. SmartMatches by Individual berfungsi untuk mencari kesamaan data keluarga dengan pengguna Family Tree Legends lainnya secara individu. SmartMatches by File digunakan untuk mencari kesamaan data berdasarkan file yang telah di-share ke dalam situs Family Tree Legends. GenCircles.com GenCircles.com. digunakan untuk mengakses

• •

• • •

• • •

View Your File at GenCircles berfungsi untuk menampilkan data silsilah keluarga di GenCircles. Edit Your GenCircles Registration untuk mengedit akun GenCircles. digunakan

9. Bookmarks • Bookmarks this page digunakan untuk menandai halaman tertentu sehingga memudahkan Anda untuk mengakses halaman tersebut di masa mendatang. Go to Bookmark digunakan untuk mencari halaman yang telah disimpan dalam bookmark.

10. Options 23

File Options berfungsi untuk mengedit opsi-opsi yang tersedia dalam Family Tree Legends seperti Internet Backup, Sharing, Privatization, dan lain-lain. Program Options digunakan untuk mengedit user Interface Family Tree Legends, mengatur folder, format tanggal dan lain sebagainya.

11. Help Menu Help digunakan untuk mengakses petunjuk penggunaan dan informasi lainnya yang berkaitan dengan Family Tree Legends.

24

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->