P. 1
tata-cahaya-1

tata-cahaya-1

|Views: 883|Likes:

More info:

Published by: Surya Aremania Suwarna on Mar 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

STANDAR KOMPETENSI Cahaya Kelas

: Memahami Cara Penggunaan Peralatan Tata : XII Multimedia

MEMAHAMI PENGGUNAAN PERALATAN TATA CAHAYA (Bagian 1)

S

A. MENGENAL PENCAHAYAAN

alah satu unsur penting dalam pementasan teater adalah tata cahaya atau lighting. Lighting adalah penataan peralatan pencahayaan, dalam hal ini adalah untuk menerangi panggung untuk mendukung sebuah pementasan. Sebab, tanpa adanya

cahaya, maka pementasan tidak akan terlihat. Secara umum itulah fungsi dari tata cahaya. Dalam teater, lighting terbagi menjadi dua yaitu: 1. Lighting sebagai penerangan. Yaitu fungsi lighting yang hanya sebatas menerangi panggung beserta unsur-unsurnya serta pementasan dapat terlihat.
2. Lighting sebagai pencahayaan. Yaitu fungsi lighting sebagai unsur artisitik

pementasan. Yang satu ini, bermanfaat untuk membentuk dan mendukung suasana sesuai dengan tuntutan naskah. Dalam seni pertunjukan, tata cahaya berada dalam disiplin teknik produksi bersama dengan tata pentas, kriya panggung (stage craft) dan hal hal lain yang bersifat sebagai pendukung visual suatu pergelarlan. Dalam tata cahaya ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan, antara lain :
1. Tersedianya peralatan dan perlengkapan. Yaitu tersedianya cukup lampu, kabel,

holder dan beberapa peralatan yang berhubungan dengan lighting dan listrik. Tidak ada standard yang pasti seberapa banyak perlengkapan tersebut, semuanya bergantung dari kebutuhan naskah yang akan dipentaskan.
2. Tata letak dan titik fokus. Tata letak adalah penempatan lampu sedangkan titik

fokus adalah daerah jatuhnya cahaya. Pada umumnya, penempatan lampu dalam pementasan adalah di atas dan dari arah depan panggung, sehingga titik fokus tepat berada di daerah panggung. Dalam teorinya, sudut penempatan dan titk fokus yang paling efektif adalah 450 di atas panggung. Namun semuanya itu sekali lagi bergantung dari kebutuhan naskah. Teori lain mengatakan idealnya, lighiting dalam sebuah pementasan (apapun jenis pementasan itu) tatacahaya harus menerangi setiap
1 MEMAHAMI PENGGUNAAN PERALATAN TATA CAHAYA| http://vien16.wordpress.com

bagian dari panggung. Dia juga menjadi bagian penting selain sutradara dan aktor. maka anda harus berhati-hati jika sedang bertugas menjadi light setter atau penata cahaya. 4. cahaya dapat dibedakan menjadi dua. lightingman harus memiliki pengetahuan tentang warna. Cahaya Tak Langsung Cahaya yang berasal dari bulan dengan segala macam pantulannya. Karena penataan cahaya di atas pentas adalah peniruan dari apa yang terjadi di alam semesta raya ini. Tata cahaya sangat berhubungan dengan listrik. Dari sumber cahayanya. Jika salah satu bagian terganggu. stage manager. Begitu pula dengan “tukang tata cahaya’. dan belakang. Pemahaman naskah. kiri dan kanan. juga harus memahami maksud dan jalan pikiran sutradara sebagai ‘penguasa tertinggi’ dalam pementasan. yaitu: 1. Dalam sebuah pementasan. Karakter cahayanya tajam dengan pendaran cahaya yang dapat dibuat amat tajam maupun menyebar karena adanya lensa planno convex yang dapat diatur jaraknya dengan sumber 2 MEMAHAMI PENGGUNAAN PERALATAN TATA CAHAYA| http://vien16. maka akan mengganggu jalannya proses produksi secara keseluruhan.wordpress.Key Light Cahaya utama yang berasal dari lampu-lampu type profile. lekolite maupun ellipsoidale. atas dan bawah. 2. 3. disamping make up. Keseimbangan warna. Artinya lightingman harus paham mengenai naskah yang akan dipentaskan. Studi utama dari penataan cahaya adalah alam beserta seluruh isinya. Cahaya langsung Cahaya yang berasal dari matahari dengan segala pantulannya. dan unsur lainnya. lightingman juga harus memiliki disiplin yang sama dengan semua pendukung pementasan. 5. yaitu dari arah depan. Aplikasi dari sumber pencahayaan alam tersebut diatas pentas menjadi sebagai berikut: . Penguasaan alat dan perlengkapan. Maksudnya adalah keserasian penggunaan warna cahaya yang dibutuhkan.com . Hal ini berarti. serta bagian tengah. Dengan kata lain. Selain itu. semua orang memiliki peran yang sama pentingnya antara satu dengan lainnya. Artinya lightingman harus memiliki pemahaman mengenai sifat karakter cahaya dari perlengkapan tata cahaya.

namun cahayanya dapat dipusatkan maupun disebar dengan mengatur jarak lensanya dengan sumber cahayanya. Namun karena pertimbangan ekonomis PAR CAN Medium menjadi alternatif. Karena jarak yang tidak terlalu jauh. ellipsoidale agar cahaya dapat dikendalikan. Area khusus bagi pemain dengan menjatuhkan cahaya tegak lurus diatas kepala pemain (downlight) meskipun beresiko bohlam menjadi lebih mudah putus oleh panas yang tidak tersalur akibat posisi tersebut.cahaya. penata cahaya harus mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai sistem jaringan listrik dan segala aturan keselamatan pemasangan listrik. Distribusi cahaya menjadi bagian yang penting dalam perencanaan tata cahaya agar seluruh wilayah permainan dapat tercahayai. maka pencahayaan dapat dibagi menjadi: . . Jarak sumber cahaya dan objek cukup jauh maka diperlukan profile.wordpress. Biasanya digunakan untuk mendapatkan suasana dengan menyiram panggung dengan warna.Down Light Area khusus bagi pemain dengan menjatuhkan cahaya tegak lurus diatas kepala pemain.com .Over Head Cahaya berasal dari atas kepala pemain dengan tujuan mencahayai area panggung dari atas. U Melihat ntuk mencapai hasil yang maksimal tentang system tata cahaya.type Fresnell dan Plano Convex (PC) menjadi pilihan. . meskipun beresiko bohlam menjadi lebih mudah putus oleh panas yang tak tersalur 3 MEMAHAMI PENGGUNAAN PERALATAN TATA CAHAYA| http://vien16. Biasanya digunakan untuk mencahayai wilayah yang khusus dan pemakaian yang spesial.Front Light Cahaya yang berasal dari depan pentas yang bertujuan untuk membuat wajah dapat terlihat dari penonton. posisinya terhadap pentas. karena dengan menggunakan shutter cahaya yang menerpa dinding proscenium dapat dihilangkan . Karakter cahayanya lembut dan merata dari pusat hingga pinggir. lekollite.warna hangat maupun dingin. sehingga perubahan gerak dan ekspresi wajah dapat diamati oleh penonton dengan baik.Fill Light Cahaya pengisi yang berasal dari lampu-lampu fresnell dan flood. karena sumber cahayanya dipecah oleh lensa sperikel.

Sebut dan jelaskan pembagian tata cahaya / pencahayaan berdasar posisinya terhadap pentas! 4 MEMAHAMI PENGGUNAAN PERALATAN TATA CAHAYA| http://vien16. . Sebutkan fungsi dari lighting! 3. Apa yang dimaksud dengan lighting? 2. Fresnell dan Lekolite menjadi pilihan. Apa saja unsur penting yang harus diperhatikan dalam tata cahaya.Back Light Cahaya yang berasal dari belakang pemain yang membuat bagian atas pemain menjadi lebih terang dibanding bagian lain.wordpress.akibat posisi tersebut. jelaskan? 4.com . . Cahaya ini amat dibutuhkan untuk karya tari utamanya balet karena banyak gerakan angkat kaki dan lompat. Apa yang dimaksud dengan cahaya langsung dan cahaya tidak langsung? 5. namun PAR CAN Very Nerrow dapat menjadi alternatifnya. Flood dan Striplight dengan berbagai variasinya menjadi pilihan. dengan demikian pemain seakan-akan tidak menempel dengan backdrop. Soal : 1. . Fresnell dan PAR Can Medium menjadi pilihannya.Side Light Cahaya berasal dari damping yang berguna mencahayai sisi kiri atau kanan pemain. Apa yang dimaksud dengan key light dan fill light? 6.Cyclorama Cahaya yang lembut dari atas (upper horizone) dan dari lantai panggung ( lower horizone) yang berfungsi memberikan cakrawala dan perubahan-perubahan suasana. PC.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->