P. 1
Harga Mata Uang

Harga Mata Uang

|Views: 71|Likes:
Published by Desmond L' Gaol

More info:

Published by: Desmond L' Gaol on Mar 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/07/2011

pdf

text

original

Harga Mata Uang Pasal 23B amandemen keempat Undang-Undang Dasar Tahun 1945 (UUD 1945) yang

disahkan pada tanggal 10 Agustus 2000 mengamanatkan bahwa macam dan uang mata uang ditetapkan dengan undang-undang. Ketentuan tersebut sebenarnya merupakan penegasan kembali ketentuan Pasal 23 ayat (3) UUD 1945 sebelum amandemen yang menentukan bahwa macam dan harga mata uang ditetapkan dengan undang-undang. Sampai saat ini pengaturan Iebih Ianjut tentang mata uang ke dalam UndangUndang organik dimuat dalam Undang-Undang No 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, sebagaimana" telah diubah dengan Undang- Undang No 3 Tahun 2004 (UU Bank Indonesia). Di daiam Undang-Undang tentang Bank Indonesia tersebut ketentuan secara materiil tentang mata uang diatur dalam Pasal 19, Pasal 20, Pasal 21, Pasal 22, Pasal 23, dan PasaI 77A.

Pasal 19 Bank Indonesia berwenang menetapkan macam, harga ciri uang yang akan dikeluarkan, bahan yang digunakan dan tanggal mulai berlakunya sebagai alat pembayaran yang sah. Pasal 20 Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang dimaksud dari peredaran. Pasal 21 Uang yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dibebaskan dari bea materai. Pasal 22 Bank Indonesia tidak memberikan panggantian atas uang yang hilang atau musnah karena sebab apapun. Pasal 23 (1) Bank Indonesia dapat mencabut dan menarik uang rupiah dari peredaran dengan memberikan penggantian dengan nilai yang sama. (2) Apabila 5 (lima) tahun sesudah tanggal pencabutan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) masih terdapat uang yang belum ditukarkan, nilai uang tersebut diperhitungkan sebagai penerimaan tahun anggaran berjalan. (3) Uang yang ditukarkan sesudah berakhirnya jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diperhitungkan sebagai pengeluaran tahun anggaran berjalan.

dan Pasal 23 Undang-Undang ini dinyatakan tetap beriaku hingga diatur lebih ianjut dengan undang-undang tersendiri ". baru sekedar rancangan akademis mengenai Undang-Undang tentang mata uang yang diajukan oleh DPR pada tahun 2010 . Ketentuan Pasai 77A tersebut tersirat makna bahwa tentang mata uang akan diatur dengan undang-undang tersendiri terlepas dari UU Bank Indonesia. Pasai 21. Pasai 20. (5) Pelaksanaan pencabutan dan penarikan yang dari peredaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Peraturan Bank Indonesia. Akan tetapi hingga saat ini belum ada UU selain UU Bank Indonesia yang mengatur tentang mata uang. Pasal 77A UU Bank Indonesia menentukan bahwa ³ Ketentuan Mengenai mata uang sebagaimana dimaksud daiam Pasai 19. Pasai 22.(4) Hak untuk menuntut penukaran uang yang sudah dicabut. Kata ³dengan´ mempunyai pengertian bahwa pengaturan lebih ianjut dilanjutkan dengan menuangkan cialam undangundang yang khsuus mengatur tentang itu. Pasai 23B UUD 1945 menentukan bahwa ³ macam dan harga mata uang ditetapkan dengan undang²undang". tidak berlaku lagi setelah 10 (sepuluh) tahun sejak tanggal pencabutan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->