RESUME

DISIPLIN ILMU KEWIRAUSAHAAN

Oleh: Nidya Dwistya Anggraeni (140310060003)

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS PADJADJARAN 2010

kemampuan dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin di hadapinya. Menurut seorang pakar pendidikan kewirausahaan telah di ajarkan sebagai suatu disiplin ilmu tersendiri yang independen karena 1. Bila dalam konteks bisnis kewirausahaan adalah hasil dari suatu disiplin serta sistematis penerapan kreatifitas dan inovasi dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar. pembelian. pemerataan persaingan sehingga sekarang mengalami perubahan paradigma di pendidikan. penjualan. Dahulu kewirausahaan dianggap dapat dilakukan melalui pengalaman langsung di lapangan dan merupakan bakat yang di bawa sejak lahir yang tidak dapat di pelajari dan di ajarkan.DISIPLIN ILMU KEWIRAUSAHAAN Kewirausahaan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai. Sejalan dengan tuntuan perubahan yang cepat pada paradigma petumbuhan yang wajar dan perubahan ke arah globalisasi yang menuntut adanya keunggulan. kewirausahaan berisi bidang pengetahuan yang utuh dan nyata yaitu terdapat teori konsep dan metode ilmiah yang lengkap 2. penyediaan modal. yang jelas tidak masuk dalam kerangka pendidikan manajamen umum yang mesisahkan antara manajemen dan kepemilikan usaha . Seseorang yang memiliki bakat kewirausahaan dapat mengembangkan bakatnya dengan pendidikan sehingga orang-orang dapat mengenal potensi dan belajar mengembangkannya untuk menangkap peluang serta mengorganisasi usaha dalam mewujudkan cita-citanya. Kewirausaan telah berkembang di negara Barat khususnya Eropa. pemasangan iklan dan lain-lain. Sehingga untuk menjadi wirausaha yang sukses tidak hanya memiliki bakat saja tetapi harus di bekali dengan pengetahuan dari segala aspek usaha yang di tekuninya. Kemudian pada awal tahun 50-an berkembang di daratan Amerika. Kewirausahaan memiliki 2 konsep : permulaan dan perkembangan usaha. penerimaan dan pengangan tenaga kerja. kepempimpinan organisasi dan komersial. dengan kewirausahaan itu sendiri memiliki banyak tanggung jawab antara lain tangung jawab dalam mengambil keputusan yang menyangkut kepimpinan teknis.

Kemampuan membentuk modal materi. Dalam era seperti sekarang di butuhkan pemerintah yang berjiwa wirausahaan karena dengan memiliki jiwa kewirausahaan maka birokrasi dan intuistusi akan memiliki motivasi optisisme dan berlomba untuk menciptakan cara-cara yang lebih efesien. Dalam bidang tertentu kewirausahaan telah menjadikan kompetinsi inti dalam menciptakan perubahan. Dalam bidang bisnis akan menjadi sukses bila meiliki kreativitas dan inovasi. pembaharuan dan kemajuan sehingga tidak hanya dapat di gunakan sebagai kiat-kiat bisnis jangka pendek tetapi juga untuk menciptakan peluang.3. Dengan memerlukan adanya proses perenungan dan koreksi yang kemudian di baca dan di amati berulang-ulang sampai di pahami apa yang menjadi kemauannya 2. Objek Studi Kewirausahaan Nilai dan kemampuan seseorang yang di wujudkan dalam bentuk perilaku yang mana meliputi : 1. Kewirausahaan merupakan alat untuk menciptakan pemerataan usaha dan pend apatan atau kesejahterasaan rakyat yang adil dan makmur Sama halnya dengan ilmu manajemen yang berkembang di bidang industri pada awalnya dan berkembang lagi di berbagai ilmu begitu juga dengan kewirausahaan yang berkembang di berbagai bidang yang pada awalnya hanya di bidang perdangan. Kewirausahaan merupakan disiplin ilmu yang memilki objek tersendiri dengan kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda 4. Demikian juga di berbagai bidang manapun kemajuan-kemajuan tertentu dapat di ciptakan oleh orang-orang yang memiliki semangat serta jiwa kreatif dan inovatif. inovatif. Kemampuan memotivasi diri untuk melahirkan suatu tekad kemauan yang besar 3. Melalui kreatif dan inovasi dapat menciptakan nilai tambah atas barang dan jasa karena melalui kedua proses terebut menciptakan keunggulan bersaing. Kemampuan berinovasi yang melahirkan kreativitas dan dibiasakan inovatif dalam diri yang dapat dijadikan perangkat dalam menyajikan barang dan jasa bagi kemakmuran masyarakat 5. efektif. Kemampuan merumuskan tujuan hidup/usaha. Kemampuan berinisiatif untuk mengerjakan sesuatu yang baik tanpa di suruh/ menunggu perintah orang yang di lakukan berulang-ulang sehingga menjadi terbiasa 4. fleksibel dan adaptif. sosial dan intelektual .

Seperti yang di kemukakan Peter F. Meskipun banyak yang mengartikan konteks wirausaha namun ada seseorang yang mengartikan wirausaha itu tidak selalu berarti perdagangan atau manajer tetapi juga seseorang yang unik yang memiliki keberanian dalam mengambil resiko dan memperkenalkan poduk-produk inovatif serta teknologi baru dalam perekonomian. fisik. resiko dan kemudian menghasilkan balas jasa berupa uang serta kepuasaan dan kebebasan pribadi. Zimmer mengungkapkan bahwa kewirausahaan merupakan proses penerapan kreatifitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan mencari peluang yang di hadapi setiap orang dalam setiap hari. Setelah inovasi tersebut berhasil di perkenalkan oleh wirausaha maka pengusaha lain mengikutinya sehingga produk dan teknologi baru tersebut tersebar dalam kehidupan ekonomi. Kemampuan mental yang di landasi agama 8. Kemampuan mengatur waktu dan membiasakan diri untuk selalu tepat waktu dalam segala tindakan melalui kebiasaaan dan tidak menunda pekerjaan 7. Pada awalnya istilah wirausaha merupakan sebutan bagi para pedagang yang membeli barang di daerah. Kewirausahaan adalah proses dinamis untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa serta kemakmuran yang menciptalan individu wirausaha yang memiliki keberanian menanggung resiko. Kemampuan membiasakan diri dalam mengambil hikmah dari pengalaman yang baik maupun meyakitkan. Perkembangan Disiplin Ilmu Kewirausahaan Perkembangan kewirausahaan mulai dikenal pada abad 18. Menurut dia hanya sedikit pengusaha yang dapat melihat ke depan dan inovatif yang dapat merasakan potensi penemuan baru dan memanfaatkanya. Dan dari Thomas W.6. .daerah yang kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti. Drucker bahwa wirausahaan adalah proses penciptaan sesauatu yang berbeda untuk menghasilkan nilai dengan mencurahkan waktu dan usaha di ikuti penggunaan uang. menghabiskan waktu serta menyediakan berbagai produk barang dan jasa yang dihasilkan wirausaha yang memilki nilai baru dan berguna. Dalam sebuah buku mengenai kewirausahaan menjelaskan bahwa wirausahaha adalah seseorang yang menan ggung resiko.

tenaga penggerak. Sedangkan inovasi adalah kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan persoalan dan peluang untuk meningkatkan dan memperkaya kehidupan. tenaga daya. peluang. kreativitas adalah berpikir dan melakukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama yang di ajukan dengan cara y ang baru. dan kebebasan. mengangung resiko. kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup. kepuasan pribadi. Oleh karena itu jiwa dan perilaku kewirausahaan tidak hanya di bidang perdagangan tetapi di segala bidang. berorientasi hasil. Kreativitas adalah kemampuan mengembangkan ide-ide dan menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dan peluang untuk meningkatkan dan memperkaya kehidupan. Hakekat Kewirausahaan Hakikat kewirausahan pada umumnya merujuk pada sifat. watak.Sehingga dapat di simpulkan dari beberapa konsep bahwa kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda(kreatifitas dan inovasi) . Secara epistemologi kewirausahaan merupakan nilai yang di perlukan untuk memulai suatu usaha atau proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru dan berbeda.Zimmer kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan upaya memanfaatkan peluang yang di hadapi setiap hari. Ide kreatif muncul apabila wirausaha melihat sesuatu yang lama dan memikirkan sesuatu yang baru atau berbeda. Istilah kewirausahaan dapat di artikan sebagai syaraf pusat perekonomian atau pengendali perekonomian suatu bangsa. mengorganisasi. dan ciri-ciri yang melekat pada seseorang yan mempunyai kemauan keras untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia usaha yang nyata dan dapat mengembangkannya dengan tangguh. sumber daya. Menurut Harvard Theodore Levitt. Sehingga dapat di simpulkan bahwa kewirausahaan adalah kemampuan dalam berf ikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan sebagai dasar. tujuan siasat. Menurut Thomas W. .

tenaga kerja. cara menciptakan konsep usaha yang baru atau peluang dalam perusahaan yang sudah ada. proses produksi. sedangkan wirausaha adalah orang yang menangung risiko keuangan. Pandangan ahli manaj emen Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan sumber daya seperti mengkombinasikan sumber daya seperti keuangan. mengelola. Wirausaha juga merupakan orang yang memperkenalkan perubahan-perubahan. material dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai lebih tinggi. Dun Steinhoff dan John F. visi. keterampilan untuk menghasilkan produk. pelaku bisnis. Wirausaha adalah pelopor dalam bisnis. dan berani menangung risiko sebuah usaha atau perusahaan. material dan sumber daya manusia. optimisme. inovatif dan perbaikan produksi lainnya. bisnis dan organisasi uasaha baru. Menurut Sri Edi Swasono. Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur imternal yang meliputi inovasi. Pandangan Pelaku Bisnis Orang yang menciptakan suatu bisnis baru dalam menghadapi resiko dan ketiakpastian suatu bisnis baru dalam menghadapi resiko dan ketidakpastian dengan maksud untuk memperoleh keuntungan dan pertumbuhan dengan cara menegaki peluang dan mengkombinasikan sumber-sumber daya yang di perlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut..Kewirausahaan Dilihat dari Berbagai Sudut pandang dan Konteks Wirausahaa dapat di pandang dari berbagai sudut dan konteks yaitu ahli ekonomi. . komunikasi. psikologi dan pemodal Pandangan Ahli Ekonomi Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam. penangung risiko yang mempunyai visi ke depan dan memiliki ke unggulan dalam prestasi di bidang usaha. manajemen. inovator. dorongan. semangat. Burges mengartikan pengusaha adalah orang yang mengorganisasikan. material. tenaga kerja. wirausaha adalah pengusaha. tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausaha. dan kemampuan memanfaatkan peluang usaha.

Menurut Soeparman Soemahaidjaja. dan membuka lapangan kerja yang di senangi masyrakat. Memperkenalkan produk atau kualitas baru suatu barang yang belum di kenal oleh konsumen 2. inovatif. berani menangung resiko serta selalu mencari peluang potensi yang di milikinya. menurutnya wirausaha merupakan pengusaha yang melaksanakan kombinasi-kombinasi baru dalam bidang teknik dan komersil ke dalam bentuk praktik.dan tidak selalu identik dengan perilaku dan watak pengusaha karena wirausaha meliputi semua aspek pekerjaan. Rumusan wirausaha yang berkembang berasal dari konsep Schumpeter. baik karyawan swasta maupun pemerintah. Membuka suatu pasar baru yaitu pasar yang belum pernah atau belum pernah di masuki cabang industri yang bersangkutan 4. Pelaksanaan organisasi baru . Melakukan metode produksi dari penemuan ilmiah dan cara-cara baru untuk menangani suatu produk agar menjadi lebih mendatangkan keuntungan 3. mengurangi pemborosan. Berdasarkan gambaran arti berbagi pandangan di berbagai bidang dapat di simpulkan bahwa konsep kewirasuahaan yaitu seseorang yang memilki kemampuan kreatif. menemukan cara-cara baru untuk menggunakan sumber daya. Pandangan Pemodal Wirausaha adalah orang yang menciptakan kesejahterasaan untuk orang lain.Pandangan Psikologi Wirausaha adalah orang yang memilki dorongan kekuatan dari dalam dirinya untuk memperoleh suatu tujuan serta suka eksperimen unuk menampilkan kebebasan dirinya di luar kekuasaan orang lain. Membuka suatu sumber dasar baru atau setengah jadi atau sumber-sumber yang masih harus di kembangkan 5. Hal ini terdapat kemungkinankemungkinan baru di antaranya : 1. wirausaha adalah mereka yang melakukan usaha-usaha kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

Oleh karena berwirausaha merupakan suatu pekerjaan atau ka rier yang harus bersifat fleksibel dan imajinatif. Pengembangan teknologi baru 2. mampu merencanakan. keuangan. mengambil resiko. proses dan hasil bisnis Kewirausahaan adalah kemampuan menciptakan sesautu yang baru dan berbeda . Meskipun di antara para ahli ada yang lebih menekankan kewirausahaan pada peran pengusaha kecil. Menurut Zimmere. Perbaikan produk dan jasa yang sudah ada 4. nilai tambah tersebut di ciptakan melalui cara-cara berikut : 1. yaitu : Kewirausahaan adalah nilai yang di wujudkan dalam perilaku yang di jadikan dasar sumber daya. dan bertindak untuk memperoleh keuntungan dari peluang-peluang tersebut. keputusan dan tindakan untuk mencapai tujuan. Penemuan pengetahuan baru 3. Meredith mengdefinisikan berwirausaha berarti memadukan watak pribadi. mengumpulkan sumber-sumber daya yang di perlukan. sifat ini juga di miliki juga oleh mereka yang bukan merupakan pengusaha. perubahan. Esensi dari kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses kombinasi antara sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda agar dapat bersaing. Jiwa kewirausahaan ada pada setiap orang yang memiliki perilaku inovatif dan kreatif dan pada setiap orang yang memiiki perilaku inovatif dan kreatif dan pada setiap orang yang menyukai perubahan. pembaruan. Penemuan cara-cara yang berbeda untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit.Terdapat 2 tipe sikap dari 2 subjek ekonomi yaitu sikap pengusaha kecil biasa dan sikap pengusaha yang sungguh-sungguh (yang berkembang lebih cepat bila di miliki pengusaha) Menurut Bygrave. dan sumber daya alam. wirausaha adalah orang yang memperoleh peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut. siasat. Terdapat 6 hakikat penting kewirausahaan. tenaga penggerak. kemajuan dan tantangan seperti birokrat. dosen dan masyarakat lainnya. Syarat berwirausaha adalah harus memiliki kemampuan untuk menemukan dan mengevaluasi peluang. tujuan. kiat.

Kewirausahaan adalah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan/usaha Kewirausahaan adalah nilai yang di perlukan untuk memulai dan mengembangkan usaha Kewirausahaan adalah Proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru dan berbeda serta bermanfaat Kewirausahaan adalah Usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. .