Bagi kalian yang suka mengkonsumsi daging dalam sehari-hari, hati-hati akan akibat negatif dari

mengkonsumsi daging. Dan sebaiknya, kalian pun juga harus prihatin terhadap permasalahan tersebut dan bersegera mengurangi porsi makan daging dalam konsumsi sehari-hari. Sebagaimana diketahui, banyaknya jumlah ternak mengakibatkan meningkatnya emisi gas rumah kaca yang berkontribusi pada pemanasan global. Sebagai pembanding, emisi seluruh mobil, kereta, kapal sampai pesawat terbang hanya menyumbangkan sekitar 13 persen dari emisi gas rumah kaca. peternakan ini bisa menyumbangkan begitu besar karena secara agresif mengurangi lahan hutan yang mengakibatkan penggundulan. Sebagai tambahan, kotoran hewan juga adalah penghasil karbon yang cukup fantastis karena mengandung metana (CH4), menurut penelitian seekor sapi bisa menghasilkan 200 liter gas karbon setiap hari. Wah.. bisa buat gas rumah kaca makin ngebul kan??? Selain itu, ada juga pengaruh buruk bila kita mengkonsumsi daging berlebihan. Dalam suatu penelitian dari para ahli ilmiah terhadap pengaruh buruk bagi para konsumen daging. Dan hasilnya, tercatat lebih dari 70.000 orang meninggal lebih cepat karena mengonsumsi daging lebih banyak daripada mengkonsumsi bahan makanan lainnya. Biasanya tuh rata-rata orang yang meninggal disebabkan kolesterol lho« Ihhh.. ngeri« Oleh karena itu, jadilah vegetarian, makanlah sayuran hijau yang mengandung berbagai manfaat seperti yang telah dijelaskan diatas. Nah, udah tau kan apa penyebabnya kenapa kita harus mengurangi konsumsi daging?? Disamping dapat memberikan pengaruh buruk pada lingkungan kita, harga daging juga relatif mahal lho«! Dan juga gara-gara daging bisa membuat kita kegerahan akan kolesterolnya yang bisa melemahkan jantung kita. Hmmm«buat apa coba kita konsumsi daging kalo negatifnya banyak buat tubuh dan lingkungan kita? Lagi pula manfaat menjadi vegetarian sangatlah berguna bagi kesehatan tubuh kita sendiri kan?? So, change your life to be Vegetarian« karena selain bermanfaat bagi tubuh kita, juga bermanfaat terhadap lingkungan kita. Ayo saatnya kecam pemanasan global dengan menjadi seorang vegetarian!

DEFINISI, DAMPAK, SOLUSI GLOBAL WARMING

CO² dianggap menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Namun hal ini dibantah oleh beberapa Ahli. peternakan. juga terdapat gas yang dapat menimbulkan efek rumah kaca adalah sulfur dioksida (SO²) dan nitrogen monoksida (NO). Padahal. Sinar matahari yang terjebak yang menyebabkan suhu bumi memanas. Angin keras.. Apakah kalian memperhatikan Bumi kita akhir-akhir ini? Selama 10 tahun terakhir terjadi bencana dimana-mana di dunia. Sadarkah kalian kalau Jakarta lebih panas dibanding hari-hari yang ada pada tahuntahun lalu???? Ini bukan panas biasa lho! Cari tahu penyebabnya! Kalangan umum pasti sudah mengerti tentang pemanasan global atau yang sering dibicarain dengan sebutan global warming. pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor. Lebih detail nih pengertian tentang pemanasan global. mesin industri. badai tropis. badai dan curah hujan naik . Dewasa kini. Gas rumah kaca terdiri dari karbon dioksida (CO²). Selain itu. pabrik-pabrik modern. bingungkan jadinya? Just relax. Gas-gas tersebut memiliki peranan penting dalam meningkatkan efek rumah kaca. hal lain yang disebabkan oleh pemasan global seperti angin puting beliung.."Ihh. laut dan daratan bumi akibat menipisnya lapisan ozon. Kebanyakan dari gas rumah kaca ini dihasilkan oleh peternakan. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. hingga kekeringan. dinitro oksida (N²O) dan khloro fluoro karbon (CFC). panas banget. serta pembangkit tenaga listrik. Nah. metana (CH4). secara logika. Jakarta lagi nggak oke nih hari ini!" sahut oleh teman saya saat kami on the way pulang kerumah. hampir sebagian orang menuntut bahwa pernyataan tentang Indonesia Super Panas 2009 kini lebih dicondongkan karena akibat pemanasan global yang kini makin menjadi-jadi.013% di Bumi. pembakaran kayu. bahan penyemprot.. hal ini dapat menyebabkan es di darah kutub mencair sehingga permukaan air laut naik dan dapat mengakibatkan banjir bandang. Dalam perkara ini. Global Warming atau pemanasan global adalah proses perubahan alam atau iklim hal ini ditandai dengan meningkatnya suhu rata-rata atmosfer. hal ini menyebabkan sinar matahari yang masuk ke Bumi tidak dapat dipantulkan kembali ke angkasa. bahwa gas CO² hanya memiliki kapasitas 0. dan perubahan tata guna lahan.. mari telusuri lagi tentang mengapa CO² menjadi salah satu penyebab terbesar pemanasan global . Ada apa dengan Bumi dan pemanasan global? apakah mereka mendakwa manusia untuk lebih kreatif terhadap kepedulian akan Bumi mereka sendiri? Kenapa sih harus terjadi pemanasan global? Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pemanasan global itu terjadi karena diakibatkan oleh efek rumah kaca atau Greenhouse effect. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat. cakupan komposisi gas CO² di Bumi sedikit sekali bukan? Dinyatakan juga oleh beberapa ahli bahwa gas CO² jumlahnya semakin banyak dari tahun ke tahun kian menumpuk di lapisan atmosfer. komposisi gas terbanyak di Bumi adalah nitrogen sebanyak 78%. Karbon dioksida adalah gas yang dihasilkan antara lain oleh asap knalpot kendaraan.

saya ingin menyampai beberapa akibat-akibat akan adanya pemanasan global. Beberapa hal dibawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan kalian untuk lebih peduli dengan luka pada Bumi kini. · Iklim dan cuaca mulai tidak stabil. bukan alam yang berubah. Kebayang gak kalian kalau masa depan Bumi seperti itu? Efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi. para ilmuan yang tergabung dalam Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) mengatakan. Tentu ada peranan alam tetapi eksponensialnya adalah perbuatan manusia. Seluruh kegiatan manusia menghasilkan emisi gas-gas rumah kaca di atmosfer bumi. jumlah energi panas yang ada di atmosfer dan di permukaan laut akan dapat dikontrol oleh mekanisme global conveyor belt.secara signifikan dibelahan dunia sana . Jika es di kutub mencair. secara alamiah di alam. kemunculan suatu masalah terdapat fakta sebab dan akibat. Penebalan CO² di atmosfer seperti selimut yang menaikkan temperature muka bumi secara global. permukaan laut bisa naik sampai empat meter. Pasti salah satu diantara kalian ada yang bertanya. Komponen terbesarnya adalah Karbon Dioksida (CO²). akan mengakibatkan pemanasan global. Lah kok. Dikarenakan terjadinya proses kelebihan kandungan emisi-emisi gas rumah kaca tersebut mengakibatkan dunia secara global mengalami peningkatan temperatur yang diistilahkan pemanasan global. karena tanpanya. "Apakah ada perbedaan pemanasan global dan efek rumah kaca???" Dalam masalah terbesar ini. Dengan temperatur rata-rata sebesar 15 °C (59 °F). pasti dalam pikiran kita. bumi sebenarnya telah lebih panas 33 °C (59 °F)dari temperaturnya semula. jika tidak ada efek rumah kaca suhu bumi hanya -18 °C sehingga es akan menutupi seluruh permukaan Bumi. kehidupan ini berantakan. kemajuan yang dicapai akan hancur. kok ada lagi sih penyebab bumi memanas karena global conveyor belt bukankah hanya karena efek rumah kaca aja? Apa sih yang dimaksud global conveyor belt itu? Global conveyor belt adalah sirkulasi global yang berperan dalam mentransfer (memindahkan) energi panas dari suatu tempat ke tempat lainnya melalui aliran udara dan air laut. tetapi akibat perbuatan manusia. pemanasan global diposisikan sebagai akibat sedangkan efek rumah kaca sebagai penyebabnya. dan yang lebih dahulu kena adalah kaum miskin. Dalam kehidupan. Pola iklim di bumi diatur oleh mekanisme ini. Secara global wilayah yang terkena dampak kekeringan meluas sejak tahun 1970an. seperti contoh bahwa temperatur pada malam hari akan meningkat dan daerah hangat akan menjadi lembab dikarenakan lebih banyak air yang menguap dari lautan dan kemungkinan juga akan . tetapi menurun drastic di bagian dunia yang lain. Kalau naiknnya lebih dari dua derajat Celcius. Ekosistem hidup pun akan mengalami kepunahan. planet ini akan menjadi sangat dingin. Dalam hal ini. apabila gas-gas tersebut telah berlebihan di atmosfer. perbedaan yang mendasar pada pemanasan global dan efek rumah kaca adalah posisi kerja dalam panasnya bumi. Akan tetapi sebaliknya. Tetapi. Pendapat tahun 1980-an mengatakan situasi itu disebabkan alam yang berubah. Sebenarnya. akibat adanya interaksi antara laut dan udara. Efek rumah kaca menyebabkan terjadinya perkumpulan emisi-emisi gas rumah kaca di atmosfir Bumi. Jika terus naik. Tak ketinggalan. Penyakit yang disebabkan oleh vector meluas. anak-anak dan orang tua di Negara berkembang.

menyebabkan banjir besar sehingga dapat membuat sebagian daratan di Bumi tenggelam. dikarenakan akibat dari pemanasan global akan menyebabkan banyaknya wabah penyakit. gunakanlah laptop yang ramah lingkungan dan yang tidak dapat menambah masalah pemanasan global. · Suhu global meningkat secara signifikan dan akan menjadi semakin ganas. · Dapat mengganggu kesehatan manusia. karena dengan secara tidak langsung dapat mengurang melepasnya CO2 ke udara. seperti program yang kini sedang diantisipasikan oleh Pemerintah DKI Jakarta yakni adanya pelaksanaan program Car Free Day (Hari bebas kendaraan!) · Gunakan produk yang ramah lingkungan. banyak hewan maupun tumbuhan yang tidak cocok dengan keadaan lingkungan sekitarnya yang baru dengan pemanasan global. lakukan suatu hal yang bermanfaat untuk mengurangi dampak negatif pemanasan global itu penting. seperti Asma. kita juga harus mengidealkan ajakan "AYO" pada semua orang di Dunia. bahwa daging itu memiliki pengaruh dalam pasokan jumlah emisi gas-gas rumah kaca. Dan juga akan terjadi penyakit-penyakit lainnya. Nah. · Pengubahan tren penggunaan bahan bakar fosil. hal ini dikarenakan pencairan es di kutub selatan dan kutub utara yang menyebabkan volume air laut meningkat sehingga menyebabkan tingginya permukaan air laut. Sebagaimana yang kita sudah tahu. Kita harus berinisiatif untuk menanggulanginya dan untuk mengkiatkan semangat kita semua. · Peningkatan permukaan laut. Misalnya seperti Kanker kulit yang disebabkan karena radiasi sinar ultraviolet secara langsung sampai ke Bumi dan merusak jaringan kulit manusia. diantaranya: · Stop penebangan hutan dan melakukan gerakan penghijauan. Setidaknya dengan melakukan sesuatu yang mempunyai makna besar untuk Bumi yang kita cintai dan menjadikan Bumi sedikit lebih bersih dari polutan yang telah membuat manusia sesak nafas dan teracuni paru-parunya. . Apalagi untuk Indonesia yang saat ini berada pada tingkat polusi yang katanya sudah agak membahayakan bagi kesehatan penduduknya. seperti contoh bagi kalangan pelajar atau pebisnis yang sering menggunakan laptop. Hal ini menjadi sangat penting. kita harus melakukan penanaman pohon lebih banyak lagi. Malaria. Oleh karena itu. berikut ini adalah macam-macam tindakan sederhana yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi pemanasan global. karena telah dibuktikan oleh beberapa Ahli. seperti contoh melakukan gerakan antisipasi Go Green dengan penanaman seribu macam pohon-pohonan. untuk mengurangi dampak polusi yang bercampur dengan CO2. sehingga menyebabkan beberapa habitat dan populasi hewan akan berpindah ke tempat yang lebih baik dan memungkinkan bagi beberapa tipe spesies yang tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan baru akan mengalami kepunahan. Jadi memang tak ada salahnya untuk membuat suatu aksi yang positif. pasti kita merasa "ketakutan" dengan semua hal itu bukan? Oleh karena itu. dan apa akibatnya jika Dunia benar-benar mengalami pemanasan global pada titik klimaks. dll. Diare. Setelah kita tahu apa dan mengapa pemanasan global itu. · Jalani hidup sebagai Vegetarian. kurangi konsumsi BBM. · Gangguan ekologis dan pergeseran ekosistem.

· Jangan terlalu banyak menggunakan bahan-bahan yang mengandung aerosol. Ada apa dengan hutan kita? Menikmati dan menghirup udara segar kini meninggalkan prosentase 92% kesegaran udara. Ayo kita tanami kepedulian terhadap keselamatan Bumi kita. Kita harus bersama tanggulangi perkara ini. · Sebagai tambahan. Lingkungan hijau pun jarang terbangun dan tertata indah. Karena kalau bukan kita sebagai manusia yang melindungi dan melestarikannya. siapa lagi? NASIB-NASIB HUTANKU KINI Kian banyak kasus-kasus seperti ini yang menyumbang banyak dampak negatif pada lingkungan sekitar kita. jangan biarkan Bumi kita hancur oleh karena tangan kita sendiri. Dimana sebagian prosentase lainnya? Hutan di negeri kita telah terkontaminasi dan dirusak oleh masyarakat lokal yang dengan ilegal melancarkan aksinya. Kampanye-kan program gerakan stop global warming! Biar semua orang lebih peduli dengan Bumi kita. . Banyak masyarakat kita masih belum mengerti dan peduli akan lingkungan sekitar mereka. Sebagaimana kita lihat pada gambarangambaran layar kaca maupun media cetak. Apakah anda merasa kini respirasi anda agak sesak? Asap-asap hitam membumbung jauh ke udara memenuhi semak awan yang kian mendung. bahwa hutan kita mengalami banyak kerusakan yang berdampak sangat besar pada lingkungan kita. Tanaman hijau banyak mereka tebang dan bakar.· Kurangi penggunaan/pembelian barang-barang yang terbuat dari plastik karena hampir semua sampah plastik akan menghasilkan gas yang berbahaya ketika dibakar dan dapat mencemarkan lingkungan. mungkin beberapa tindakan sederhana seperti yang telah disebutkan diatas dapat membuat kita lebih peduli terhadap Dunia yang sedang menangis ini. Melakukan hal positif itu tidak merugikan kita bukan? Oleh karena itu. · Penghematan dalam pemakaian air dan pemakaian energi listrik. Kita dapat merasakan bagaimana hebatnya kerusakan hutan di negeri kita sendiri. Kita sebagai mahkluk hidup yang menjajaki Bumi sudah sekian lama. Sering terjadi banjir dan erosi kian hujan mengguyur ketika banyak hutan gundul. tentulah kita harus menjajaki sikap kepedulian kita pula terhadap Bumi yang telah menjadi rumah kita hingga saat ini.

seperti Singapura dan Malaysia yang mengeluh kota mereka berpolusi dikarenakan asap kiriman dari Indonesia. seperti kekeringan meraja-lela.Hutan di Indonesia banyak mengalami kerusakan disebabkan oleh beberapa hal. Jadikanlah Indonesia sebagai Icon Green Country bila kita semua ingin berusaha dalam pelestarian dan menjalin persahabatan dengan Alam. Oleh karena itu. Jangan ditambah dengan kebakaran hutan. masyarakat secara global juga harus ikut berpartipasi dan meningkatkan rasa sosial terhadap lingkungan. akibat dari kebakaran hutan yang terjadi di daerah kalimantan selatan yang menyumbangkan kabut asap hitam hasil pembakaran dan menjadi polusi bagi penduduk lokal dan yang lebih parahnya lagi. Namun. Hal tersebut menghasilkan banyak dampak bagi penduduk lokal maupun penduduk luar negeri. diantaranya banyaknya aktifitas pembakaran hutan dan juga penebangan hutan yang kian memprihatinkan dunia flora kita. siapa yang akan mengubah CO² menjadi O²? Penghijauan maupun reboisasi harus turut disemarakan kegiatannya. tanah longsor. Mereka menuntut kota mereka teracuni polusi udara dari Indonesia. Dengan kata lain. maka banyak sekali dampak negatif yang akan terjadi. Jangan hanya menjadi penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar dengan cara melakukan kebakaran hutan saja. sungguh disayangkan sekali bukan? Dan ditambah lagi dengan penebangan atau penggundulan hutan yang kini marak dilakukan. Ilegal logging furnitur kini kian disamarkan dalam banyak hal. Negeri kita kini kian memanas. Kebakaran hutan yang terjadi dikarenakan oleh hasil kerja para manusia itu sendiri. tetapi harus juga kita perbaiki lingkungan hutan kita dengan penghijauan maupun reboisasi. . erosi kian terjadi. Tanpa adanya hutan. Dan dalam hal ini. Agar ekologi kita seimbang. disamping itu harus ada koordinasi yang baik antara pemerhati lingkungan maupun pengetahuan akan gejala-gejala alam yang kini marak terjadi khususnya masalah lingkungan dalam lingkup pemanasan global. Mereka membakar areal perhutanan hanya untuk membuka lahan mereka dari banyaknya populasi flora yang berdiri di area lahannya. akan jadi apa lahan negeri ini. Hutan kita kini menjadi gundul. Insya Allah. jika di seluruh dunia tidak ada satupun pohon/tanaman yang tumbuh. Sebagai contoh. Banyak dari mereka melakukan penebangan hutan hanya karena urusan mereka sendiri tanpa melihat apa bahaya nyata bila mereka melakukannya. perubahan iklim yang tidak tetap dan yang paling ditakutkan lagi yakni naiknya derajat suhu pemanasan global yang kini kian marak terjadi akibat gas-gas rumah kaca yang terkumpul acapkali kebakaran hutan terjadi. Hal tersebut dipicu oleh banyaknya permintaan ekspor kayu dalam hal furnitur. tanpa ada reboisasi yang jarang dilakukan oleh berbagai pihak ekologi dan pertanian maupun pemerhati lingkungan. Sehingga penebangan hutan yang dilakukan secara ilegal kian terus terjadi tanpa ada pencegahan untuk mengatasinya. Apalagi penebangan hutan yang dilakukan secara ilegal tanpa perijinan dari pemerintah. Jangan pula kita ikut mendukung gerakan penebangan hutan besar-besaran dengan ilegal. bagi pemerintah bagian perhutanan Indonesia diharuskan tegas dalam penanganan kebakaran hutan dan penebangan hutan yang terjadi secara ilegal. pencemaran lingkungan pantai. polusi asap yang mengandung miliaran ton gas karbon oksida yang beralokasikan jumlahnya sebagai gas rumah kaca yang merayap hingga ke negara tetangga. Jika itu terjadi. negeri kita sendiri dianggap sebagai perusak ekologi negara lain. Kita semua berharap hutan-hutan di Indonesia akan menciptakan kesan yang baru bagi penduduk lokal maupun luar negeri. Bayangkan saja.

E-commerce atau Bisnis perdagangan via internet dapat menghemat pemakaian gudang pun juga memotong jalur distribusi/pengkapalan. Amerika Serikat misalnya. terutama berkenaan dengan emisi karbon yang dihasilkan oleh pabrik dalam memproduksi peralatan untuk pemakaian internet dan penetrasi Internet di Indonesia yang masih belum maksimal. akan menghemat sampai 11 persen impor minyak per-tahunnya berkat internet. gas rumah kaca yang notabene-nya sebagai penyebab utama pemanasan global bisa dikurangi hampir sekitar 1 miliar ton dalam satu dekade jika akses broadband internet makin tersebar luas. nampaknya tren yang ada di Indonesia sedang mengarah ke sana.Internet bantu minimalisir dampak pemanasan global! Percaya? Tahukah kamu bahwa Internet (Dunia Maya) bisa mengurang dampak pemanasan global?? Mungkin sebagian kalangan umum disekitar kita masih tidak akan percaya akan hal ini. Mengunduh (download) musik. dan koran via internet menghemat pemakaian kertas serta berbagai hal terkait seperti memotong jalur distribusi. Dalam hasil pembelajaran tersebut. Langkah ini meminimalisir gas rumah kaca sampai 67 juta ton. Kok bisa? gimana caranya? Langkah yang dimulai dengan Sistem bekerja dari rumah via online/internet yang masih belum terlalu diterapkan di Indonesia. Walaupun banyak tudingan mengenai hal tersebut. film. Langkah ini bisa meminimalisir gas rumah kaca sampai 206 juta ton. Gak percaya dengan hal ini? Nothing is Impossible! Hal ini diumumkan oleh sebuah lembaga American Consumer Institute yang berpendapat bahwa Koneksi penggunaan internet berkecepatan tinggi disinyalir bisa mengurangi dampak dari pemanasan global yang makin meresahkan belakangan ini. . Secara faktual. Sistem bekerja tersebut bisa mengurangi pemakaian kendaraan dan menghemat pemakaian ruang kerja. Langkah ini mengurangi gas rumah kaca sampai 200 juta ton. Langkah ini mengurangi gas rumah kaca sampai 588 juta ton dan Rapat-rapat yang berlangsung secara teleconference via internet bisa menghemat penggunaan layanan pesawat terbang.

. dan Prosesor raksasa Intel meluncurkan sebuah program yang memperkenalkan komputer serta sistem server dengan efisiensi energi yang lebih baik. Mengunduh/men-download surat kabar via internet juga bukan barang baru. Perusahaan-perusaahan yang memiliki partner atau sister company di Jakarta. dan tentunya akan memberikan dampak positif pada lingkungan. Coba kita pikir. dari penemuanpenemuan barang berteknologi pun kini mulai menunjukan aksi positif yang mampu mengurangi dampak pemanasan global. efisiensi energi akan membuat biaya untuk pasokan energi menjadi lebih rendah.Kini. Gantilah kebiasaan-kebiasaan yang dapat menambah emisi gas rumah kaca dengan penggunaan Internet yang lebih mudah dan praktis tentunya. Perusahaan Seacrh Engine terkemuka di Dunia Google Inc. misalnya. akan rutin ber-teleconference setiap bulannya. Teleconference juga bukan lagi hal yang asing untuk dilakukan di perusahaanperusahaan besar. langkah efisiensi ini akan mengakibatkan naiknya harga komputer. Program ini dijalankan dengan tujuan untuk menghemat energi dan mengurangi emisi gas rumah kaca guna menanggulangi dampak pemanasan global yang kini kiat menjadi-jadi. Program ini juga dihadiri dan ditandatangani oleh produsen-produsen komputer terkemuka dan lebih dari 25 kelompok lingkungan hidup dan beberapa universitas. pergunakan Internet secara baik dan hemat. Beberapa situs surat kabar maupun buku online juga sudah menyediakan surat kabar dalam bentuk dokumen berekstension PDF dan HTML setiap harinya. Terapkan hidup yang lebih peduli dan lebih ramah lingkungan dengan tujuan untuk mengurangi dampak pemanasan global. Nah. Gunakanlah sesuai pemakaian. Namun. sudah banyak hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global sekaligus menyelamatkan bumi kita bukan? Hingga. bagi para internetholic atau penggemar internet. Seperti apakah komputer yang dapat mengurangi dampak pemanasan global? Apabila Internet saja bisa mengurangi pemanasan global. toh seperangkat komputer juga akan bisa donk?? Iya gak? Oleh karena itu. seperti yang kita temukan di situs-situs Internet yang merupakan dibawah produksi Indonesia sudah bermunculan iklan-iklan yang berisi situs-situs e-commerce lokal. meskipun harganya naik. Namun yang menjadi permasalahannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful