P. 1
Tugas 1 - Analisis Laporan Keuangan

Tugas 1 - Analisis Laporan Keuangan

|Views: 528|Likes:
Published by depees

More info:

Published by: depees on Mar 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

TUGAS AKUNTANSI MANAJEMEN ANALISIS dan INTERPRETASI LAPORAN KEUANGAN

DISUSUN OLEH Jatmiko Edi Waluyo Devi Destiani Erna Dharmalia Cucu Kurniati Novi Yanita Ersy Ervina Dhony Yusuf Amir

: 201017272 201017268 201017269 201017293 201017279 201017288 201017292

PROGRAM PASCA SARJANA STP BANDUNG ANGKATAN X TAHUN 2010

so too. however.ANALISIS dan INTERPRETASI LAPORAN KEUANGAN 1. we need to be skilled with the financial tool we use. -Dianne MorrisonCEO R. you can't use the same golf club for every shot and expect to be a good golfer. investor dan pihak-pihak terkait lainnya. the beeter able you will be to gauge wich club to use on one shot. the better analysis. Analisis laporan keuangan sebagai suatu proses 2 . Poin penting yang perlu diperhatikan dalam analisis laporan keuangan adalah perlunya kehati-hatian/kejelian pada saat membaca laporan keuangan sekaligus berbagai catatan pentingnya. for example. sehingga segala sesuatunya menjadi fiktif. Introduction ratio are tools and their value is limited when used alone the more tools used. 2. Menginterpretasikan suatu laporan keuangan agar beguna bagi pembuatan keputusan merupakan tanggung jawab pihak manajerial. Pembuat laporan keuangan harus waspada bilamana terdapat intervensi dari pihak manajemen terhadap hasil akhir laporan keuangan yang dibuat sedemikian rupa hanya untuk menrik kreditur. Analisis Laporan Keuangan Gambar 1.C Inc.E. the more you practice with each club. Hasil analisis juga akan semakin optimal dengan melengkapi berbagai informasi yang bersifat kualitatif lainnya. Laporan keuangan memberikan informasi tentang kondisi perusahaan saat ini yang dapat digunakan untuk menentukan arah pengembangan kebijakan dan strategi di masa yang akan dating.

Sedangkan menurut Bernstein. Tiga jenis transaksi yang mempengaruhi perubahan modal. analisis laporan keuangan merupakan suatu proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu mengevaluasi posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan pada masa sekarang dan masa lalu. Laporan Laba-Rugi. yaitu investasi.Analisis laporan keuangan terdiri dari 2 kata. 4. aktivitas operasional dan aktivitas pendanaan. Laporan Arus Kas Laporan yang menggambarkan setiap komponen penyebab perubahan arus kas. dengan tujuan utama untuk menentukan estimasi dan presiksi yang paling mungkin mengenai kondisi kinerja perusahaan pada masa mendatang. 1. Dasar analisis laporan keuangan adalah pemahaman terhadap modelmodel akuntansi seperti yang tercermin pada laporan keuangan yang dipublikasikan. yaitu Analisis dan Laporan Keuangan. Sebelum lebih dalam membahas mengenai Analisis Laporan Keuangan. pendapatan dan beban. sedangkan yang dimaksud laporan keuangan adalah empat laporan keuangan utama yaitu Neraca. Laporan Laba-Rugi Laporan yang menunjukkan laba/rugi yang diperoleh perusahaan selama priode tertentu. Neraca Laporan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu Neraca menunjukkan : Aktiva = Kewajiban + Modal Pemilik 3. berikut sedikit overview mengenai jenis-jenis Laporan Keuangan sebagai bentuk input bagi proses Analisis Laporan Keuangan. serta prive (penarikan pribadi) 3 . Laporan Laba-Rugi menunjukkan : Laba/Rugi = Pendapatan – Biaya 2. yaitu aktivitas investasi. serta penguasaan terhadap alat-alat analisis keuangan. Laporan Arus Kas dan Laporan Modal Pemilik. Laporan Modal Pemilik Laporan yang menunjukkan perubahan ekuitas pemilik selama jangka waktu tertentu. Analisis berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

oleh karena itu akuntansi dinamakan bahasa bisnis.Gambar 2. Laporan keuangan dapat digunakan sebagai media komunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan. Manajer atau analis harus menelaah laporan-laporan tersebut. sangatlah penting untuk mengetahui kondisi dan perkembangan keuangan perushaan tersebut. Informasi ini bisa diperoleh melalui laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan. laporan akuntansi adalah suatu usaha untuk mencerminkan. yang menghasilkan baik peningkatan maupun penurunan bersih nilai ekonomi bagi ekuitas pemilik. menafsirkan artinya. dan menerapkan teknik-teknik standar sekaligus pertimbangan eksplisit dalam mengevaluasi prestasi keuangan dan ekonomi dari suatu perusahaan. Transaksi dan keputusan yang akan diambil merupakan seperangkat pergerakan dana yang saling terkait dan telah digambarkan dalam gambar 2 tersebut. 4 . Jenis Laporan Keuangan Dalam keterbatasan prinsip akuntansi dan pertimbangan akuntan. dengan konsistensi yang dpat diterima semua transaksi usaha sepanjang wakktu. Bagi pihak-pihak yang berkepentingan terhadap suatu perusahaan tertentu. yang merupakan produk dari system akuntansi sebagai realisasi fungsinya sebagai penyedia jasa informasi keuangan yang relevan bagi pihak-pihak yang berkentingan.

Table tersebut mengidentifikasi akuntansi keuangan. profitabilitas serta nilai buku/lembar saham. 1993. baik jangka pendek maupun jangka panjang. 5 . tetapi tetap saling terkait terutama dalam pertukaran informasi dan data. Gambar 3.20) Tabel diatas merupakan suatu pemaparan konteks agar kita dapat memahami dalam penyajian data dan orientasi analitis. likuiditas. dan ditujukan bukan hanya untuk melakukan interpretasi dan analisis. distribusi aktiva. Melalui analisis laporan keuangan. Analisis Laporan Keuangan. analisis keuangan dan ekonomi manajerial sebagai proses yang mempunyai tujuan berbeda. A. • Forecasting Analisis digunakan untguk meramalkan kondisi keuangan perusahaan di masa yang akan datang. akan dapat diketahui kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya. Erich. Tujuan yang berbeda dari Proses Keuangan Sumber : Hefert. Jakarta: Erlangga (pg. mengukur struktur modal.Analisis laporan keuangan perlu dilakukan karena laporan keuangan yang disusun perusahaan masih bersifat umum. Tujuan Analisis Laporan Keuangan menurut Bernstein (1983) : • Screening Analisis digunakan sebagai dasar melihat kemungkinan merger atau investasi. Edisi ketujuh.

dan lain-lain. efisiensi produksi. 2. Beberapa langkah dalam proses analisis laporan keuangan. • Evaluation Analisis dilakukan untuk menilai prestasi tim manajemen.• Diagnosis Analisis dimaksudkan untuk melihat kemungkinan-kemungkinan akan munculnya permasalahan baik dalam manajemen operasional. Analisis Horizontal (dinamis) Analisis dilakukan dengan cara membandingkan laporan keuangan untuk beberapa tahun/periode (dinamically) sehingga dapat diketahui perkembangan dan kecenderungannya. Disebut analisis horizontal karena metode ini membandingkan pos yang sama untuk periode yang berbeda. keuangan ataupun dalam pada divisi lainnya. Analisis Vertikal (statis) 6 . yaitu: • Memahami laporan keuangan dasar • Memahami lebih jauh masalah yang melekat pada sistem • Melakukan analisis menggunakan rasio • Menginterpretasikan hasil analisis • Menggunakan hasil interpretasi tersebut sebagai panduan pengambilan keputusan Metode Analisis Laporan Keuangan 1.

b. rasio keuangan dapat dibedakan menjadi uda. Liquidity Ratio yang umum digunakan antara lain : a. Teknik Analisis Laporan Keuangan (Analisis Rasio) Berdasarkan sumber analisis. 7 . yaitu : a.Analisis dilakukan dengan cara membandingkan pos satu dengan pos yang lain pada laporan keuangan yang sama (vertically) untuk tahun/periode yang sama (statis). Perbandingan Eksternal (Cross Sectional Approach) yaitu membandingkan rasio-rasio antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya yang sejenis pada saat yang bersamaan atau membandingkannya dengan rasio rata-rata industri pada saat yang sama. Jenis rasio laporan keuangan. merupakan alat ukur bagi kemampuan likuiditas (solvabilitas jangka pendek) yaitu kemampuan untuk membayar hutang yang segera harus dipenuhi dengan aktiva lancar. pada umumnya dikelompokkan ke dalam empat kelompok rasio. Perbandingan Internal (Time Series Analysis) yaitu membandingkan rasio-rasio financial perusahaan dari satu periode ke periode lainnya. yaitu : 1. Liquidity Ratio yaitu rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendek tepat pada waktunya. Current Ratio.

d. Inventory turnover merupakan alat ukur efisiensi penggunaan persediaan atau pengukuran kemampuan dana yang persediaan untuk berputar dalam suatu periode tertentu. Leverage Ratio yaitu rasio untuk mengukur seberapa besar perusahaan dibiayai dengan hutang. Debt To Total Assets Ratio. Rasio -rasio ini antara lain : a. 2.b. yaitu rasio untuk mengukur seberapa besar keuntungan dapat berkurang (turun) tanpa mengakibatkan 8 . Total assets turnover yaitu rasio pengukuran efisiensi penggunaan aktiva secara keseluruhan 3. Receivable turnover b. Quick Ratio. Average days inventory e. Activity Ratio merupakan alat ukur sejauh mana efektivitas perusahaan dalam menggunakan sumber daya . Activity Ratio yang umum digunakan antara lain : a. b. Average collection period c.sumber dayanya. yaitu rasio yang menghitung berapa bagian dari keseluruhan kebutuhan dana yang dibiayai dengan hutang. Time Interest Earned Ratio. merupakan alat ukur bagi kemampuan perusahaan untuk membayar hutang yang segera harus dipenuhi dengan aktiva lancar yang lebih likuid.

4. Return on equity Seperti yang telah digambarkan pada Gambar 1. • Bagi kreditor untuk mengetahui kemampuan perusahaan melunasi utang beserta bunganya. *** 9 . persetujuan untuk go public. Return on assets e. Profitability Ratio yaitu rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan dari penggunaan modalnya. Gross profit margin b. kompensasi.adanya kesulitan keuangan karena perusahaan tidak mampu membayar bunga. Net profit margin d. antara lain : • Bagi pihak manajemen untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. hasil dari suatu proses analisis laporan keuangan berupa informasi penunjang pengambilan keputusan. • Bagi pemerintah penetapan pajak. keamanan investasi. pendapatan. Operating profit margin c. a. informasi tersebut dibutuhkan oleh berbagagai pihak baik internal maupun eksternal perusahaan. pengembangan karier • Bagi pemegang saham untuk mengetahui kinerja perusahaan.

LAMPIRAN 10 .

DAFTAR PUSTAKA 11 .

Erich. Schneider. Analisis Laporan Keuangan. 1993. Jakarta: Erlangga 12 . 2002. dan Aji Suryo. Henry. 2006. 1999.. Olds.. T. A. C. 3rd edition.. Jakarta: Salemba Empat Darminto. Fundamental Managerial Accounting Concepts. Yogyakarta: ANDI Hefert. New York: McGraw-Hill Irwin Simamora. Analisis Laporan Keuangan Hotel.Edmonds. Edisi ketujuh. Edmonds. Akuntansi Manajemen. N.. Dwi Prastowo. P.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->