TUJUAN PENDIDIKAN A.

PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan hal yang bisa dikatakan sebagai ke butuhan dasar manusia untuk didapatkan agar ia menjadi manusia seutuhnya sesuai dengan yang diharapkan oleh manusia. Sebelum mengadakan proses pendidikan, tentunya harus ada suatu perancangan desain maupun bentuk pendidikan yang dapat membantu orang yang dididik menjadi manusia. Dalam perancangan pendidikan ini, perancang pendidikan harus mempunyai tujuan pendidikan yang jelas, sehingga segala sesuatunya pun bisa dicapai dengan tingkat keberhasilan yang diharapkan. Perancangan tujuan pendidikan ini harus sedikitnya difahami agar bisa diaplikasikan secara tepat dan akurat. Oleh karena itu, mari kita bahas apa sebenarnya tujuan pendidikan, bagaimana proses perbaikan mutu pendidikan untuk menciptakan masyarakat madani dan menggapai ridho Ilahi.

B. PEMBAHASAN
Tatkala orang mendesain pendidikan, maka ia harus memulainya dengan merumuskan tujuan yang hendak dicapai. Berdasarkan dasar pendidikan yang menjadi pandangan hidup pendesain itu ia merumuskan tujuan pendidikan. Jadi, tujuan pendidikan pada dasarkan ditentukan oleh pandangan hidup (way of life) pendesain pendidikan itu. Pikiran inilah yang menyebabkan berbeda -bedanya desain pendidikan. Tujuan pendidikan adalah hal pertama dan terpenting bila kita merancang, membuat program serta mengevaluasi pendidikan. Program pendidikan 100% ditentukan oleh rumusan tujuan. Mudahnya: mutu pendidikan akan segera terllihat pada rumusan tujuan pendidikan. Adapun dalam pembahasan ini, ada beberapa hal yang perlu kita ulas sebagaimana Prof. Ahmad Tafsir uraikan, berikut pembahasannya:

Dan rumusan tersebut juga belum tentu sesuai dengan filsafat negaranya. meskipun demikian tetap saja ia menginginkan tujuan pendidikan itu haruslah manusia terbaik. Dari sinilah timbul perbedaan-perbedaan tentang tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan suatu negara merupakan hasil musyawarah para wakil rakyat. terjadilah pro-kontra antara orang yang berpandangan hidupnya berupa agama. Penganut agama menginginkan tujuan pendidikan dirumuskan berdasarkan agamanya. karena pada tahap ini. namun tidak serta merta tujuan pendidikan ini disepakati oleh seluruh masyarakat. Meski mereka mewakili. Hasil rumusan ini akan lebih sempit dibandingkan tujuan pendidikan menurut orang pada umumnya. Namun hal ini dapat dihindari jika negara . Maka sesuai dengan filsafat negaranya itulah tujuan pendidikan dirumuskan. Manusia Terbaik Sebagai Tujuan Pendidikan Tujuan pendidikan akan sama dengan gambaran manusia terbaik menurut orang tertentu. Namun untunglah karena setiap negara mempunyai filsafat negara. filsuf menginginkan tujuan pendidikan negara sesuai dengan ajaran filsafatnya dan yang teguh memegang adat istiadat menginginkan tujuan pendidikan negaranya merupakan pelestarian adat istiadat nenek moyangnya. Kualitas orang baik seseorang ditentukan oleh pandangan hidupnya. rumusan tujuan pendidikan suatu negara bisa menjadi penyebab hancurnya suatu negara apabila pemeri tah n memaksakan semua usaha pendidikan harus melaksakan pendidikan persis seperti rumusan tujuan itu. Contohnya ketika merumuskan tujuan pendidikan negara. karakteristik manusia baik telah tergambarkan sebagai tujuan. Mungkin seseorang tidak dapat menggambarkan manusia terbaik dengan kata-kata. menjadi manusia yang baik. termasuk anak keturunannya. Namun perbedaan muncul dalam peng karakteristikan manusia yang baik itu. filsafat dan adat nenek moyang. Manusia menginginkan semua manusia. Tujuan pendidikan sama dengan tujuan manusia. Oleh karena itu. Perdebatan-perdebatan mungkin akan terjadi yang disebabkan ketidaksetujuan seorang dan/atau golongan tertentu atas tujuan pendidikan yang telah dirumuskan oleh negaranya.A.

maka lulusan yang diharapkan juga adalah lulusan yang merupkan manusia terbaik. Dengan keimanan yang kuat. tegasnya tidak penyakitan. 2. Karakteristik Lulusan Yang Diharapkan Sebagaimana dijelaskan di awal. dengan syarat rumusan itu tidak menyimpang jauh sehingga mengancam keberlangsungan negara itu. Tugas pendidik melatihnya. Sehat adalah tidak sakit. IQ tidak dapat ditingkatkan malinkan dapat dila tih agar aktual efektif. Kerna buktinya bahwa banyak orang yang mempunyai IQ yang . Kemampuan ini dibawa sejak kecil. hal inilah yang dapat ditingkatkan. Kebijakan ini dapat dilakukan dengan menerapkan otonomi di bidang pendidikan sekalipun terbatas. jarang memerintah atau menyuruh orang lain. Maka.membolehkan usaha pendidikan menambah atau mengurangi tujuan itu. Cirinya cukup dua saja yaitu (1) mampu hidup tenang dan (2) produktif dalam dalam kehidupan bersama. dalam menghadapi perbedaan-perbedaan pendapat itu kita harus mengambil sikap demokratis. bahwa tujuan manusia adalah manusia terbaik. Beriman kuat. Cirinya yang paling mudah dikenali adalah bahwa ia mampu menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Adapun pandai adalah banyak pengetahuan. B. Ukuran standar yang biasanya digunakan adalah IQ. Otaknya cerdas dan pandai. Kesimpulannya. Kuat adalah kemampuan oto dan non-otot dalam menyelesaikan pekerjaan. Artinya. Badan sehat. demi beroperasinya negara. Tetapi dua ciri itu masih terlalu umum sehingga program pendidikan agak sulit didesain untuk mencapai dua tujuan itu. Ini penting agar dapat berproduksi secara maksimal. Ini diperlukan agar tenang dan mampu roduktif. asal dapat menjamin lulusannya menjadi warga negara yang baik. menjadi tiga saja sebagai berikut: 1. dukung pelaksanaan rumusan itu. biarkan rumusan itu. IQ tinggi dengan pengetahuan yang kurang seperti kekurangan onderdil. 3. seorang akan mam hidup pu tenang. kita perlu menjabarkan dua ciri tersebut. Cerdas artinya pintar. atau dengan cara memberikan otonomi sekalipun tidak penuh.

tinggi dengan pengetahuan yang luas namun hidupnya tidak tenang. 4. ia akan terus berfikir dan mengemmbangkan apa yang telah dihasilkannya. yang berarti pada aspek psikologis ia percaya diri dan pada aspek kemampuan ia benar-benar mampu dan profesional. Maka dari itu pendidik harus mampu memberikan stimulus kepada peserta didik agar senantiasa meningkatkan iman. orang ulet adalah orang yang tidak mudah putus asa. berdisiplin tinggi Berdisiplin tinggi adalah sikap mental yang ditandai dengan adanya konsistensi yang tinggi. dan biasanya orang seperti inilah yang dapat bersaing. rasa pengabdian yang tinggi terhadap pekerjaan dan tugas-tugasnya. tidak menyukai status quo. dan sulit bagi manusia untuk hidup sendiri. Kehidupan manusia tidak pernah lepas dari komunikasi karena manusia selalu berada dalam suatu komunitas. memiliki visi normatif yan terjabarkan pada visi strategik yang berupa target-target dalam waktu tertentu untuk diwujudkan sehingga memunculkan sifat dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya. pada zaman modern ini jarak bukanlah lagi menjadi penghalang untuk hidup . dapat digambarkan lebih mendetail lagi menjadi sembilan karakteristik terperinci. Berdaya saing tinggi Bisa dikatakan berdaya saing tinggi di sini adalah sifat profesionalisme yang tinggi. Mampu hidup berdampingan dengan orang lain Manusia merupakan makhluk sosial. Jujur Sifat ini merupakan salah satu turunan dari hati yanbg iman. 5. Ulet Simpelnya. selalu berusaha hingga kemampuan terakhir. Jujur baru akan terwujud apabila ia telah mampu untuk jujur terhadap diri sendiri karena jujur kepada orang lain belum tentu dikatakan jujur 3. antara lain: 1. 6. Hal ini bisa disebabkan karena keimanan yang lemah. Dari tiga karakteristik tersebut. Di samping itu. 2. Kreatif Orang yang kreatif akan selalu merasa tidak puas dengan yang ada.

Agama. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional. Dan hal demikian akan menyebabkan perpecahan yang sangat besar. antara lain. Pengembangan potensi. antara lain learning to know. Dinamika perkembangan global. kecerdasan dan minat. yaitu toleransi yang tinggi terhadap sesama. learning to be dan learning to live together. 8. 5. yaitu aspek kognitif. 2. Menghargai waktu Dalam islam. 20 tahun 2003. Penghargaan waktu ini tentunya berhubungan dengan ketertiban diri yang tercermin dalam sifat disiplin yang tinggi. Keragaman potensi daerah dan lingkungan. Dalam komunikasi satu dengan yang lainnya. Perkem bangan ilmu pengetahuan. setidaknya ada 10 hal yang menjadi tujuan pendidikan Indonesia. Bagi orang yang beriman kuat. 9.berdampingan. manusia harus mempunyai rasa toleransi yang tinggi untuk dapat meangsungkan suatu komunikasi yang baik. Nah. Ahmad Tafsir. Pengembangan iman dan taqwa. itu inti tujuan pendidikan menurut Prof. learning to do. sedangkan menurut UNESCO menyatakan bahwa ada empat poin tujuan pendidikan. 4. Karena apabila rasa toleransi kurang . waktu sangatlah dihormati dalam arti mengerjakan sesuatu harus tepat pada waktunya dan selalu mengisi waktu jangan dibiarkan berlalu begitu saja tanpa menghasilkan sesuatu. psikomotor. . 1. Tuntutan dunia kerja. 7. 7. Dari keempat poin tersebut. 3. Pengembangan akhlaq mulia. 10. 9. teknologi dan seni. kita dapat pelajari bahwa setidaknya ada empat potensi yang harus dicapai dari hasil pendidikan seseorang. 8. maka secara otomatis kedemokratisan dalam dirinya pun akan mulai hilang. Dalam Undang-Undang no. afektif dan sosial. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan. Demokratis Sifat ini sangat erat hubungannya dengan sifat sebelumnya. berkemampuan pengendalian tinggi. 6. pastilah mudah untuk menghargai waktu baik waktunya sendiri maupun waktu orang lain.

kehidupan di sana berangsur -angsur membaik. hukum itu ditaati dan ada penegak h ukum. ada tiga aspek yang harus dimiliki untuk menjadi masyarakat madani. Pada masyarakat rimba berlaku hukum rimba. Pengertian Masyarakat Madani Mungkin akan lebih mudah difahami bila kita menengok istilah itu dari segi kata (epstimologi). Salah satu contoh masyarakat yang baik adalah masyarakat kota Madinah pada zaman Nabi Muhammad SAW. Unsur-Unsur Utama Masyarakat Madani Dari uraian tadi. Masyarakat Madani Secara umum tujuan pendidikan adalah manusia yang baik.C. Masyarakat Madinah pada Masa Rasul Pada saat sebelum Rasul masuk ke kota Madinah. Pada segi ini dapat diartikan bahwa masyarakat madani ialah masyarakat yang punya hukum dan anggota masyarakatnya taat hukum. masyarakat madinah selalu berseteru antar kabilah sehingga menimbulkan banyak peperangan. 3. Dan hukum yang diterapkan ini dapat disebut sebagai hukum kota. Tindakan pertama Rasul saat ke Madinah ialah mempersaudarakan dua kelompok besar. Secara umum pula diketahui bahwa bila setiap orang sudah menjadi orang yang baik maka masyarakat ankan menjadi masyarakat yang baik. 2. Langkah Mewujudkan Masyarakt Madani Langkah untuk menciptakan masyarkat madani setidakya ada tiga langkah utama. antara lain: . 4. 1. pada masyarakat kota seharusnya berlaku hukum kota. Kata madani seakar dengan kata madinah dalam bahasa arab yang berarti kota. Jadi masyarakat madani adalah masyarakat kota. Dengan kedatangan Rasulullah ke kota tersebut. yaitu adanya huku yang mengatur kehidupan masyarakat manusia sesuai dengan kemanusiaannya. Kata tersebut akan lebih mudah difahami bila kita dilawankan dengan masy arakat rimba. kemudia mengeratkan persaudaraan diantara kabilah yang ada dan selanjutnya menerapkan hukum yang diajarkan Allah secara lebih luas.

Membuat hukum yang manusiawi. Namun secara umum dapat diwakili bahwa tujuan pendidikan adalah membantu manusia menjadi manusia terbaik. c. yang penting adalah mampu menegakkan hukum. KESIMPULAN Kesimpulan yang dapat diambil dari makalah ini adalah bahwa tujuan pendidikan itu merupakan hal yang paling mendasar yang harus ada dalam merancang suatu sistem pendidikan dan tergantung dari perancang pendidikan tersebut. Adapun cara yang paling tepat untuk menciptakan masyarakat yang taat hukum adalah melalui pendidikan. Adanya penegak hukum. Itupula yang menjadi tujuan pendidikan islam. C. Menciptakan masyarakat yang taat hukum.a. Penegak hukum tidak usah semuanya ahli hukum. kebutuhan yang paling me ndasar dalam hubungan masyarakat adalah keadilan. . b. Hukum yang manusiawi adalah hukum yang sesuai dengan hakikat manusia.

Bandung: Remaja Rosdakarya Tafsir. Ahmad. Bandung: Remaja Rosdakarya Undang-Undang no. Filsafat Ilmu. 20 tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2010. . Di download dari docstoc tanggal 12 Desember 2010. 2004. Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam.DAFTAR PUSTAKA Tafsir.