P. 1
Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna

|Views: 1,511|Likes:
Published by Matt_Linken_Li_7945

More info:

Published by: Matt_Linken_Li_7945 on Mar 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2013

pdf

text

original

Bentuk Bentuk

PASAR

Pasar dibagi dalam
• • • • • Pasar Persaingan Sempurna Oligopsoni Monopsoni Oligopoli Monopoli

Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian
Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/ tidak terbatas.

Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna
Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak. b. Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen). c. Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
a.

d. Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual. e. Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga. f. Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengikut harga).

Kurva Permintaan dan penawaran pada Pasar Persaingan Sempurna
Penawaran Pasar

Harga Keseimbangan

ag a H r

Permintaan Pasar

Output

Kurva permintaan yang dihadapi tiap perusahaan

Output

Pada kurva sebelum ini, harga keseimbangan terjadi pada perpotongan kurva permintaan dan penawaran. Harga ini adalah satusatunya harga dimana suatu perusahaan dapat menjual barangnya. Jika suatu perusahaan menaikkan harga jual produknya, maka produk itu tidak laku, karena orang akan membeli produk lain yang lebih murah harganya. (Masih memakai harga keseimbangan)

Titik pulang pokok
Adalah keadaan ketika total penerimaan sama dengan total biaya yang dikeluarkan. Untuk produsen perseorangan, harga pasar merupakan indikator dalam menentukan produksinya.

Keputusan untuk menaikkan dan menurunkan harga barang dalam perusahaan perseorangan akan sangat mempengaruhi produksinya. Untuk menghindari resiko kerugian karena perubahan harga tersebut, pengusaha harus dapat memperhitungkan Titik Pulang Pokok ini.

Penerimaan total (Total Revenue)
Merupakan pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan produk. Dalam persaingan sempurna, kita asumsikan bahwa pembeli dan penjual di pasar persaingan sempurna merupakan pengikut harga (price taker) . Harga ditentukan oleh kekuatan pasar, sementara pembeli dan penjual tidak bisa mempengaruhi harga. Tetapi mereka dapat menentukan kuantitas yang ditawarkan dan diminta.Secara matematis maka disimpulkan bahwa: TR= P x Q

Kurva penerimaan total

TR

naa m e ne P ir

Output

Penerimaan Rata-rata
Merupakan penerimaan total per unit yang diproduksi. Dalam pasar persaingan sempurna, karena harga tetap, maka pendapatan rata-rata tiap unit sama dengan harga produk. Secara matematis dapat disimpulkan :
AR = TC Q =P

Penerimaan marjinal
Merupakan tambahan penerimaan ayang diperoleh sebagai hasil dari penjualan satu unit produk lagi. Karena harga tetap, maka penerimaan marjinal konstan sesuai dengan harga. Karena itu, kurva penerimaan marjinal sama dengan kurva penerimaan rata-rata dan sama dengan kurva permintaan. Secara matematis maka : MR = TRn – TRn-1

Kurva Penerimaan Marjinal

P = AR = MR

naa m eneP ir

Output

Biaya Marjinal
Merupakan biaya tambahan yang harus dikeluarkan sebagai akibat dari memproduksi satu unit tambahan. Secara matematis dapat ditulis: MC = TCn – TCn-1

Biaya total rata-rata
Merupakan biaya total yang harus dikeluarkan untuk setiap unit produksi. Secara matematis maka: TC ATC = Q

T itik K e m b a li M o d a l
70 60 50 30 20 10 0 1 2 3
O u tp u t Biaya dan Penerimaan

40

TR TC 4 5 6

BEP

L a b a p a d a P a s a r P e rs a in g a n S e m p u rn a
18 16 14 12
Biaya

ATC

10 8 6 4 2 0 1 2 3
Output

A TC MR MC

P=AR=MR

Total

Laba

Laba per unit

4

5

6
Biaya per unit

MC

Peranan Pasar Persaingan Sempurna bagi Masyarakat
Harga pada pasar persaingan sempurna bersifat datum, artinya produsen tidak akan menambah atau mengurangi produksi. Karena itu, harga yang terbentuk di pasar merupakan batas bagi produsen untuk mengukur apakah produsen sudah bekerja efektif dan efisien dalam menekan biaya dan berproduksi secara optimal. Produsen yang menjual produknya diatas harga pasar akan mengalami kerugian. Sebaliknya produsen yang menerapkan teknologi maju, cara kerja baru, dan dapat menekan harga produksi seminimal mungkin sehingga dapat melepas produknya ke pasar dengan harga dibawah harga pasar akan mendapat keuntungan.

Pasar Tradisional

Tawar menawar antara pembeli dan Penjual

Pasar di Timor Leste

Sekian, Terima kasih.

By:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->