P. 1
Energi, Usaha Dan Daya

Energi, Usaha Dan Daya

|Views: 2,357|Likes:
Published by Gita Nurul Puspita
Materi Pembelajaran Fisika SMP
Materi Pembelajaran Fisika SMP

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Gita Nurul Puspita on Mar 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

ENERGI, USAHA DAN DAYA

Gita Nurul Puspita, M. Pd.

Standar Kompetensi 5. Memahami peranan usaha, gaya ,dan energi dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi Dasar 5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip ´usaha dan energiµ serta penerapannya dalam kehidupan seharihari

Materi Inti
ƒ 1. 2. 3. 4.

5. 6. 7.

Energi, Usaha, dan Daya Pengertian energi Bentuk-bentuk energi Perubahan energi Energi mekanik: energi potensial dan energi kinetik Pengertian usaha Hubungan energi dengan usaha Daya

Bagan Hubungan Energi dan Usaha

1. Pengertian Energi
Semua makhluk hidup membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup mereka. Apa yang dimaksud energi? Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Apa satuannya? Satuan energi dalam Sistem Internasional (SI) adalah Joule (J). Satuan energi dalam sistem yang lain adalah kalori atau kWh (kilo Watt hours). 1 kalori = 4,2 Joule atau 1 Joule = 0,24 kalori

2. Bentuk-bentuk Energi
Energi panas (kalor) Energi listrik Energi cahaya Energi kimia Energi mekanik Energi bunyi Energi nuklir

3. Perubahan Energi pada Peralatan Listrik

a

c b

d

e

f

g

Jangan ditiru!

4. Energi Mekanik (Em)
Energi yang dimiliki suatu benda berkaitan dengan gerak. Terdiri atas? Energi potensial dan energi kinetik. Em = Ep + Ek dengan: Em = energi mekanik (Joule) Ep = energi potensial (Joule) Ek = energi kinetik (Joule) Energi potensial? Ialah energi yang disebabkan oleh posisi benda. Ep = mgh dengan: Ep = energi potensial (Joule) m = massa benda (kg) g = konstanta gravitasi (9,8 ) h = ketinggian (m) Pelajari CONTOH SOAL halaman 169 Buku Paket

Energi kinetik? Ialah energi yang dimiliki benda karena kelajuannya.

Pelajari CONTOH SOAL halaman 170 buku paket. Ketika benda dijatuhkan, energi potensial berubah menjadi energi kinetik. Semakin bergerak ke bawah, energi potensialnya semakin berkurang tapi energi kinetiknya semakin bertambah. Mengapa? Semakin bergerak ke bawah, ketinggian benda dari permukaan bumi semakin kecil (Ep berkurang) tapi kelajuannya semakin besar (Ek bertambah)

Hukum Kekekalan Energi
Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tapi energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Kita lihat animasi gerak rollercoaster berikut.
Ek Ep Em

Ketinggian

Kelajuan

Energi Mekanik, Kinetik, dan Potensial pada Rollercoster
Telah kamu ketahui bahwa energi mekanik merupakan penjumlahan dari energi potensial dan energi kinetik.

Apabila benda selama bergerak naik dan turun hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi, besar energi mekanik selalu tetap. Dengan kata lain, jumlah energi potensial dan energi kinetik selalu tetap. Pernyataan itu disebut Hukum Kekekalan Energi Mekanik. Pelajari CONTOH SOAL halaman 171 buku paket.

5. Usaha
Usaha sangat dipengaruhi oleh dorongan atau tarikan (gaya). Jika setelah didorong benda itu tidak berpindah, gayamu tidak melakukan usaha. Dengan kata lain, usaha juga dipengaruhi oleh perpindahan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa usaha dihasilkan oleh gaya yang dikerjakan pada suatu benda sehingga benda itu berpindah tempat. Bagaimanakah ketika kamu mendorong dinding kelasmu? Apakah dinding berpindah tempat? Walaupun kamu telah sekuat tenaga mendorongnya, tetapi dinding tetap ditempatnya. Oleh sebab itu, menurut Fisika gayamu dikatakan tidak melakukan usaha.

Apabila gaya disimbolkan dengan F dan perpindahan dengan s, secara matematis usaha dituliskan dalam persamaan berikut. W=Fs dengan: W = usaha (J) F = gaya (N) s = perpindahan (m) Persamaan ini berlaku untuk gaya yang arahnya sama dengan perpindahan, seperti terlihat pada Gambar 2.
Gambar 2. Arah gaya yang diberikan pada balok searah dengan perpindahannya.

Usaha memiliki satuan yang sama dengan energi, yaitu Joule. Dengan ketentuan bahwa 1 Joule sama dengan besar usaha yang dilakukan oleh gaya sebesar 1 N dengan perpindahan 1 m. Pelajari CONTOH SOAL di buku paket halaman 173.

6. Apa Hubungan antara Usaha dan Energi?
Lakukan kegiatan ini! Angkat bukumu sampai ketinggian sekira 0,5 meter. Pada saat gayamu melakukan usaha mengangkat buku sampai setengah meter, apakah terjadi perubahan energi? Jelaskan. Doronglah sebuah buku sejauh setengah meter. Pada saat gayamu melakukan usaha pada buku tersebut, apakah terjadi perubahan energi? Jelaskan. Dari kegiatan di atas, apakah hubungan antara usaha dan energi? Berilah kesimpulan. Kamu sudah mengetahui bahwa energi adalah kemampuan melakukan usaha. Definisi tersebut menunjukkan bahwa usaha memiliki kaitan yang erat dengan energi.

1.

2.

3.

Usaha untuk Gaya Vertikal
Ketika kamu mengangkat sebuah buku, kamu akan memberikan gaya dorong terhadap buku. Pada saat buku ke atas, berlaku: Saat buku ke bawah: Usaha yang dilakukan sama dengan perubahan energi potensial gravitasi karena gaya yang dilakukan secara vertikal. Secara matematis ditulis sebagai berikut.

dengan: W = usaha (Joule) Ep = perubahan energi potensial (Joule) Ep1 = energi potensial awal (Joule) Ep2 = energi potensial akhir (Joule) Gambar 3 .Benda diangkat dengan gaya dorong Ftangan = mg.

Usaha untuk Gaya Horisontal
Usaha yang dilakukan pada sebuah benda yang bergerak horisontal menyebabkan perubahan energi kinetik. Dengan demikian, besarnya usaha sama dengan perubahan energi kinetik benda. Misalnya ketika gayamu berusaha mendorong mobil sehingga bergerak. Secara matematis besarnya usaha ditulis sebagai berikut. W = Ek W = Ek2 ² Ek1 dengan: W = usaha (Joule) Ek = perubahan energi kinetik (Joule) Ek1 = energi kinetik awal (Joule) Ek2 = energi kinetik akhir (Joule)

7. Daya (Power)
Daya? Energi yang dipakai setiap detik, satuannya Watt. P=W t P : Daya (Watt) W: Energi yang dipakai (Joule) t: Waktu (sekon)

Referensi
Teks dan Gambar: Karim, S., et al. (2008). Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar. Jakarta: Pusat Perbukuan. Wasis dan Irianto, S. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan. www.physicsclassroom.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->