P. 1
Klasifikasi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan

Klasifikasi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan

|Views: 346|Likes:
Ilmu alamiah dasar
Ilmu alamiah dasar

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: ARIFATUN NISAA, SKM, MPH on Mar 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2013

pdf

text

original

Klasifikasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup

1. Berdasarkan Sifatnya Berdasarkan sifatnya, SDA dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu sumber daya hayati dan sumber daya fisik. a). Sumber Daya Hayati (SDA Biotik) merupakan sumber daya yang terdiri dari makhluk hidup, seperti hutan, rumput, tanaman perkebunan, pertanian, hewan peliharaan, ikan, margasatwa, mikroorganisme. b). Sumber Daya Fisik (SDA Abiotik) merupakan sumber daya yang bukan makhluk hidup, seperti tanah, air, udara, batuan.

2. Berdasarkan Macam Habitat atau Substratnya Berdasarkan substratnya, SDA dapat dibedakan menjadi: a). SDA terestris (daratan) b). SDA akuatik (perairan)

3. Berdasarkan Kemungkinan Pemulihannya
Berdasarkan kemungkinan pemulihannya, SDA dapat dibedakan menjadi SDA terpulihkan, SDA tak terpulihkan, dan SDA yang tak akan habis. a). SDA yang terpulihkan atau dapat diperbaharui adalah SDA yang dapat diproduksi secara berkesinambungan, seperti tumbuhan, hewan, dan bahan sintetik. b). SDA yang tak terpulihkan atau tak dapat diperbaharui adalah SDA yang tidak dapat diproduksi terus menerus, seperti bijih logam, gas bumi, batubara, dan minyak bumi.

c). SDA yang tak akan habis adalah SDA yang akan selalu tersedia sepanjang masa, seperti energi matahari, energi pasang surut, dan air dalam siklus hidrologi. Energi gelombang, angin dan matahari merupakan SDA yang kekal dan tidak menimbulkan pencemaran. Sayang, energi tersebut belum banyak dimanfaatkan. Sebenarnya, batubara dan minyak bumi termasuk SDA yang terpulihkan, karena keduanya terbentuk dari sisasisa organisme yang mengalami perubahan sifat. Akan tetapi, karena proses terjadinya sangat lama, maka orang cenderung memasukkan keduanya ke dalam golongan SDA yang tidak terpulihkan. Air juga merupakan SDA yang terpulihkan karena air dapat melakukan daur hidrologi. Akan tetapi dalam pembahasan ini, SDA yang terpulihkan khusus diartikan sebagai SDAH, yang terdiri dari tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme.

4. Berdasarkan Macamnya Penggolongan SDA menurut macamnya dikemukakan oleh Djojohadikusumo dan Katili. Menurut Djojohadikusumo, SDA dapat digolongkan menjadi: a). Sumber daya tanah dan air b). Sumber daya tanaman dan pepohonan c). Sumber daya akuatik, termasuk perikanan laut dan darat d). Sumber daya mineral dan energi, termasuk energi matahari dan pasang surut.

Menurut Katili, SDA dapat dibedakan menjadi: a). Sumber daya tanah (land and soil) b). Sumber daya hutan c). Sumber daya air d). Sumber daya lautan e). Sumber daya mineral

5. Berdasarkan Pemanfaatannya Berdasarkan pemanfaatannya, SDA dapat diklafisikasikan sebagai berikut: a). SDA energi, yaitu SDA yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, misalnya minyak bumi, angin, air, cahaya matahari, batubara, dan gas bio. b). SDA materi, yaitu SDA yang dimanfaatkan dalam bentuk benda. Misalnya kapas, kayu, kaca, dan logam. c). SDA hayati, yaitu SDA yang berupa makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan. d). SDA ruang. e). SDA waktu.

Nilai Sumber Daya Alam Hayati • Nilai lingkungan : mempertahankan kelestarian lingkungan. Makhluk hidup memiliki peranan tertentu di dalam lingkungan. Hutan tropik di Indonesia berfungsi sebagai paru-paru bumi dan menjaga kestabilan iklim bumi. Namun, sebagian besar hutan di Indonesia telah wasalam karena manusia kurang memahami etika terhadap lingkungan. Etika lingkungan tumbuh dari kesadaran lingkungan dan moral, dan bersumber pada pandangan seseorang tentang lingkungan. • Nilai biologis : mempertahankan kehidupan, untuk pengembangan biologi di masa depan • Nilai ekonomi : dapat mendatangkan devisa, untuk industri • Nilai sosial budaya : untuk rekreasi, mempertahankan tradisi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->