P. 1
respirasi pada serangga

respirasi pada serangga

|Views: 2,582|Likes:
Published by Ganda_Fitrandi_7101

More info:

Published by: Ganda_Fitrandi_7101 on Mar 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

Respirasi Pada Belalang

Anggota Kelompok: Ganda Fitrandia Islami Ismi Arinal Haq Rizki Nanda Amalia Samuel Kresna Susilo

Halaman Pengesahan Laporan Hasil Penelitian ini telah di setujui serta di sahkan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Biologi pada : Hari Tanggal Tempat : : : Guru Pembimbing. Tri Susila Hidayati .

∋ Tanpa karya. 2. ∋ Kegagalan adalah suatu langkah awal menuju keberhasilan. kita dapat menjadi bijaksana. Persembahan: Penulisan makalah ini kami persembahkan kepada: 1. Kepala sekolah dan dewan guru yang senantiasa membimbing kami. ∋ Tanpa kesulitan di dalam hidup ini. ∋ Jika kita berbuat baik. ∋ Tak ada kesuksesan yang diraih tanpa adanya usaha keras. Tuhan Yang Maha Esa. Pembaca yang setia. 3. kebaikan pula yang kita terima. hidup menjadi tak bermakna.Moto dan Persembahan Moto ∋ Hidup adalah perjuangan yang tak pernah berakhir. Keluarga yang kami sayangi. Teman-teman yang mendukung kami. 5. . seseorang tidak akan mengenal kebahagiaan. 4. ∋ Melalui Pengalaman.

selain itu tujuan penyusun dalam penulisan makalah ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya para pelajar mengenai laju konsumsi oksigen oleh serangga. Dan semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. 4. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas biologi. Teman-teman semua yang telah memberikan motivasi kepada kami. Respirasi pada Belalang. 3. Dengan judul. Dalam penulisan makalah ini penyusun banyak mengalami kesulitan. Tri Susila Hidayati yang telah memberikan kepercayaan dan memberikan pengarahan kepada kami. akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Ayah dan Bunda tercinta yang banyak memberikan dorongan baik moral maupun spiritual bagi kami. Walaupun masih banyak kekurangan dan kekeliruan. Dra. Tegal.Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. mudah-mudahan makalah ini dapat memberikan pengetahuan dan bermanfaat bagi masyarakat. terutama disebabkan karena kurangnya ilmu pengetahuan dan buku-buku panduan.oleh karena itu sepantasnya jika penyusun mengucapkan terima kasih kepada 1. 13 Februari 2011 Penulis . Namun berkat bimbingan dari berbagai pihak. Harapan penulis. 2.

... Motto dan Persembahan ............................................................................. 3............................................... Bab 3 Metodologi 3......................................................................................................................................................6 Tanaman Kacang Hijau.......................................................7 Sistematika Penulisan......... 3........................................................4 Fotosintesis..................................................................................................................................... 16 16 16 17 18 18 3 4 5 8 12 14 1 1 1 2 2 2 2 i iii iv v vi vii Bab 4 Pembahasan 4......... Kata Pengantar...............................3 Metode Pengumpulan Data.................... 1.................................................................................................................................. 2............................................1 Hasil Penelitian Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau....................5 Alat dan Bahan Penelitian........1 Waktu dan Tempat Penelitian.................................................................................................................................................................................................................. Bab 1 Pendahuluan 1...1 Latar Belakang......2 Rumusan Masalah......... Halaman Pengesahan.................................. 2....... 2........................................................................................2 Metode Penelitian.............................................................................................5 Media Tanam...........5 Hipotesis............. 19 .......................... 1. 2.................. 3...................................................................................................Daftar isi Halaman Judul.................... 2.........................4 Ruang Lingkup............................................................................... Bab 2 Landasan Teori 2...............................................6 Sumber Data...........2 Perkecambahan.................... 1................................................. Daftar Isi.........................................................................................................1 Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan.............................. 1......................................... 3... 1...4 Populasi dan Sampel.... 3......................6 Langkah Kerja..................................... 1......................................3 Tujuan Penelitian.............................................3 Faktor yang mempengaruhi Perkembangan.............. Abstrak............................................................

........................................................4.................................................... 20 Bab 5 Penutup 5..........1 5.....................2 Hasil Penelitian Kecepatan Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau…....... Saran.....24 23 23 ............................................................................................................... Lampiran.......................2 Kesimpulan...............

dibaca "insekta") adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang bertungkai enam (tiga pasang). Ukuran serangga relatif kecil dan pertama kali sukses berkolonisasi di bumi. Belalang betina umumnya berukuran lebih besar dari belalang jantan. Hymenoptera (misalnya semut.Bab I Pendahuluan 1. Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. karena itulah mereka disebut pula Hexapoda (dari bahasa Yunani yang berarti "berkaki enam"). Tabung .1 Latar Belakang Serangga (disebut pula Insecta. Kelompok Apterigota terdiri dari 4 ordo karena semua serangga dewasanya tidak memiliki sayap.lubang kecil pada eksoskeleton yang disebut stigma atau spirakel. Serangga merupakan hewan beruas dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. antara lain Diptera(misalnya lalat). dan 25 ordo lainnya termasuk dalam kelompok Pterigota karena memiliki sayap. dan Lepidoptera (misalnya kupu-kupu dan ngengat). Serangga termasuk dalam kelas insekta (subfilum Uniramia) yang dibagi lagi menjadi 29 ordo.katup yang diatur oleh otot. walaupun sayapnya kadang tidak dapat dipergunakan untuk terbang. Serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki ovipositor pendek. Salah satu contoh dari serangga adalah belalang. Udara keluar masuk ke pembuluh trakea melalui lubang . Femur belakangnya umumnya panjang dan kuat yang cocok untuk melompat. Kajian mengenai peri kehidupan serangga disebut entomologi. Suara yang ditimbulkan beberapa spesies belalang biasanya dihasilkan dengan menggosokkan femur belakangnya terhadap sayap depan atau abdomen(disebut stridulasi). Serangga ini umumnya bersayap. atau karena kepakan sayapnya sewaktu terbang. Belalang bernapas dengan menggunakan tabung udara yang disebut trakea. dan tabuhan). lebah.bulu untuk menyaring debu. Stigma dapat terbuka dan tertutup karena adanya katup . Stigma dilengkapi dengan bulu . Coleoptera (misalnya kumbang).

3 Alat Respirasi pada Serangga Corong hawa (trakea) adalah alat pernapasan yang dimiliki oleh serangga dan arthropoda lainnya. Pembuluh trakea bermuara pada lubang kecil yang ada di kerangka luar (eksoskeleton) yang disebut spirakel. 2. 1.1nanometer. Spirakel men punyai katup yang dikontrol oleh otot sehingga membuka dan menutupnya spirakel terjadi secara teratur. Menyelesaikan Ujian Praktek Biologi SMA Negeri 1 Tegal. dan terletak berpasangan pada setiap segmen tubuh.cabang ke seluruh tubuh.3 Tujuan Tujuan penelitian ini adalah: 1. Cabang ini disebut trakeolus.sel di dekatnya. berisi udara dan cairan. tetapi melalui trakea.trakea bercabang . Pada umumnya spirakel terbuka selama serangga terbang.oksigen tidak diedarkan melalui darah. Mengetahui laju konsumsi oksigen pada respirasi belalang. Cabang terkecil berujung buntu dan berukuran kurang lebih 0. Oksigen larut dalam cairan ini kemudian berdifusi ke dalam sel . 1.2 Rumusan Masalah Bagaimana laju konsumsi oksigen pada respirasi belalang? 1. dan tertutup saat serangga beristirahat. Spirakel berbentuk pembuluh silindris yang berlapis zat kitin. Jadi pada insekta. .

Pada serangga air seperti jentik nyamuk udara diperoleh dengan menjulurkan tabung pernapasan ke perxnukaan air untuk mengambil udara. Trakeolus tidak berlapis kitin. . Mekanisme pernapasan pada serangga. Serangga air tertentu mempunyai gelembung udara sehingga dapat menyelam di air dalam waktu lama. mempunyai gelembung udara di organ yang menyerupai rambut pada permukaan ventral.Gbr. jika otot perut belalang berelaksasi maka trakea kembali pada volume semula sehingga tekanan udara menjadi lebih kecil dibandingkan tekanan di luar sebagai akibatnya udara di luar yang kaya 02 masuk ke trakea. Selanjutnya dari cabang halus ini oksigen diedarkan melalui pembuluh trakea. dan dibentuk oleh sel yang disebut trakeoblas. misalnya belalang. Selain itu. Trakea pada serangga Oksigen dari luar masuk lewat spirakel. atau pengambilan udara melalui cabang-cabang halus serupa insang. ada pula serangga yang mempunyai insang trakea yang berfungsi menyerap udara dari air. Kemudian udara dari spirakel menuju pembuluhpembuluh trakea dan selanjutnya pembuluh trakea bercabang lagi menjadi cabang halus yang disebut trakeolus sehingga dapat mencapai seluruh jaringan dan alat tubuh bagian dalam. Sistem trakea berfungsi mengangkut OZ dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. darah pada serangga hanya berfungsi mengangkut sari makanan dan bukan untuk mengangkut gas pernapasan. O2 dalam gelembung dipindahkan melalui sistem trakea ke sel-sel pernapasan. Selama menyelam. Pertukaran gas terjadi antara trakeolus dengan sel-sel tubuh. kepik Notonecta sp. Dengan demikian. dan sebaliknya mengangkut C02 basil respirasi untuk dikeluarkan dari tubuh. adalah sebagai berikut : Jika otot perut belalang berkontraksi maka trakea mexrupih sehingga udara kaya COZ keluar. Di bagian ujung trakeolus terdapat cairan sehingga udara mudah berdifusi ke jaringan. Trakeolus ini mempunyai fungsi yang sama dengan kapiler pada sistem pengangkutan (transportasi) pada vertebrata. berisi cairan. Misalnya. Sebaliknya.

jika otot perut belalang berelaksasi maka trakea kembali pada volume semula sehingga tekanan udara menjadi lebih kecil dibandingkan tekanan di luar sebagai akibatnya udara di luar yang kaya 02 masuk ke trakea. Misalnya. Selanjutnya dari cabang halus ini oksigen diedarkan melalui pembuluh trakea. Selain itu.Mekanisme pernapasan pada belalang. Pada serangga air seperti jentik nyamuk udara diperoleh dengan menjulurkan tabung pernapasan ke perxnukaan air untuk mengambil udara. kepik Notonecta sp. atau pengambilan udara melalui cabang-cabang halus serupa insang. Laporan Pratikum Biologi . dan sebaliknya mengangkut C02 basil respirasi untuk dikeluarkan dari tubuh. mempunyai gelembung udara di organ yang menyerupai rambut pada permukaan ventral. Selama menyelam. ada pula serangga yang mempunyai insang trakea yang berfungsi menyerap udara dari air. Sistem trakea berfungsi mengangkut O2 dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. darah pada serangga hanya berfungsi mengangkut sari makanan dan bukan untuk mengangkut gas pernapasan. Serangga air tertentu mempunyai gelembung udara sehingga dapat menyelam di air dalam waktu lama. adalah sebagai berikut : Jika otot perut belalang berkontraksi maka trakea mexrupih sehingga udara kaya CO2 keluar. Dengan demikian. Di bagian ujung trakeolus terdapat cairan sehingga udara mudah berdifusi ke jaringan. O2 dalam gelembung dipindahkan melalui sistem trakea ke sel-sel pernapasan. Sebaliknya.

antara lain dengan menggunakan mikrorespirometer. dan tabung kapiler berskala. kadar Oksigen dalam air ditentukan dengan cara titrasi. Mikrorespirometer⊗ dipakai untuk mengukur konsumsi oksigen hewan yang berukuran kecil seperti serangga atau laba-laba. Meskipun gerakan-gerakan berdenyut ini menyiram udara dari satu ujung tubuh yang lain melalui trakea longitudinal batang. Respirometer⊗ scholander/ sederhana terdiri atas syringe. Alat ini terdiri atas syringe. Dalam metode ini. tabung spesimen. metode Winkler. Metode dan Tata Kerja Alat bahan : . kita dapat mengetahui banyaknya oksigen yang dikonsumsi oleh hewan air seperti ikan. maupun respirometer Scholander atau respirometer sederhana. Mereka menggunakan reaksi metabolik yang sama seperti binatang lain (glikolisis. atom oksigen bereaksi dengan ion hidrogen untuk menghasilkan air. kran 3 arah. tabung spesimen. Titrasi merupakan penambahan suatu larutan yang telah diketahui konsentrasinya (larutan standar) ke dalam larutan lain yang tidak diketahui konsentrasinya secara bertahap sampai terjadi kesetimbangan (Chang. Serangga kecil hampir secara eksklusif pada difusi pasif dan aktivitas fisik untuk pergerakan gas dalam sistem trakea.org). dan sistem transportasi elektron) untuk mengubah zat gizi (misalnya gula) ke dalam energi ikatan kimia ATP. 1996). reaksi kimia yang terjadi dalam respirasi dapat dituliskan sebagai berikut: C6H12O6 + 6O2 → 6 CO2 + 6H2O + ATP Laju konsumsi oksigen dapat ditentukan dengan berbagai cara. dan tabung kontrol. serangga yang lebih besar mungkin memerlukan ventilasi aktif dari sistem trakea (terutama ketika aktif atau di bawah tekanan panas). Sistem pernapasan serangga (dan banyak lainnya arthropoda) adalah terpisah dari sistem peredaran darah Ini adalah jaringan kompleks tabung (disebut sistem trakea) yang memberikan udara yang mengandung oksigen ke setiap sel tubuh. Namun. Selama langkah terakhir dari proses ini. Metode Winkler⊗ merupakan suatu cara untuk menentukan banyaknya oksigen yang terlarut di dalam air (Anonim. 3. Teori Dasar Semua serangga adalah organisme aerobik mereka harus mendapatkan oksigen (O 2) dari lingkungan mereka untuk bertahan hidup. Kreb's siklus. wikipedia. Saluran masuk Saluran keluar. Sistem pernapasan bertanggung jawab untuk memberikan cukup oksigen ke semua sel tubuh dan untuk menghilangkan karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan sebagai produk limbah respirasi selular. difusi masih penting untuk mendistribusikan oksigen ke sel-sel individual melalui jaringan yang lebih kecil tabung trakea. manometer. Dengan metode Wingkler.1. Penggunaan masing-masing cara didasarkan pada jenis hewan yang akan diukur laju konsumsi oksigennya. Mereka melakukannya dengan membuka dan menutup beberapa spiracles serangga lain saat menggunakan otot perut untuk bergantian memperluas dan tubuh kontrak volume. Tujuan Pratikum Menghitung penggunaan oksigen untuk respirasi belalang atau serangga lainnya 2. melepaskan energi yang ditangkap dalam sebuah ikatan fosfat ATP.

72 Rata-rata : 0.59 Kalibrasi: 0.0189 mL/ 4.4 gr 0.59 skala x 0.57 Rata-rata : 0. Tutuplah pipa berskala dengan jari lebih kurang 1 menit.65 0.0255 mL/ 6.• Respidometer sederhana • Timbangan • Pipet • Kristal NaOH/KOH • Belalang atau serangga lain dengan ukuran yang berbeda • Vaselin. laju konsumsi O2 belalang = 0. lalu masukkan dalam tabung respirometer 2.5 ml -15.040 mL/gram/jam V rata-rata kecoa= 0.0255 ml Jadi. Pertanyaan : .62 0.48 0.79 Jumlah perubahan skala pada belalang :⊗ 3.0189 ml Jadi. laju konsumsi O2 belalang = 0. Bungkuslah kristal NaOH/KOH dengan kapas.043 mL/gram/jam 5.5/15. Masukan belalang atau serangg lain yang telah ditimbang beratnya kedalam botol respirometer.58 0.82 0. kemudian lepaskan dan masukkan eosin dengan menggunakan pipet/syring 5.9 1 2 Kecoa 4. kapas.3 gr 0.5 skala maka 1 skala = 0.5 = 0.79 skala x 0.3 gr / (6/60) jam = 0. Amati dan catat perubahan kedudukan eosin pada pipa berskala setiap 1 menit selama 6 menit 6.4 0. kemudian tutup dengan pipa berskala 3.77 0.4gr / (6/60) jam = 0. aosin • Stopwatch/jam • Alat tulis Cara kerja : 1.0322 ml = 0. Hasil Pengamatan dan Pengolahan Data Tabel Pengamatan No Jenis Serangga Berat tubuh Hewan Skala Kedudukan Eosin I II III IV V VI 1 Belalang 6.57 0.7 0.0322 ml = 0. Oleskan vaselin/plastisin pada celah penutup respirometer 4. Lakukan percobaan yang sama menggunakan serangga lain atau belalang dengan ukuran yang berbeda 4.0322 ml V rata-rata Belalang= 0.8 Jumlah perubahan skala pada belalang :⊗ 4.

Apakah yang menyebabkan terjadinya pergeseran eosin dalam percobaan ini? 2. 3.043 mL/gram/jam . Jawaban: 1. 4.0322 ml = 0. 2. Buatlah grafik hubungan antara berat belalang dengan penggunaan oksigen/menit! 3. Dari grafik yang diperoleh pada no.0255 mL/ 6. Adapun reaksi yang terjadi antara KOH dengan CO2 adalah sebagai berikut: KOH + CO2 → K2CO3 + H2O 7. C6H12O6 + 6O2 → 6 CO2 + 6H2O + ATP (38 ATP) 6.79 skala x 0.59 skala x 0.V rata-rata kecoa= 0. sehingga pergerakan dari eosin benar-benar hanya disebabkan oleh konsumsi oksigen 5.0322 ml = 0. Apa fungsi oksigen dalam proses respirasi makhluk hidup? Tuliskan persamaan reaksinya! 6. mengapa demikian? 4. laju konsumsi O2 belalang = 0.4gr / (6/60) jam = 0.3 gr / (6/60) jam = 0. Kesimpulan . Apa fungsi KOH dalam percobaan ini? 5. Fungsi dari KOH adalah untuk mengikat CO2. Melebihi dari Berat tubuh. sehingga setiap serangga memperoleh oksigen dan eosin akan bergerak.2 jelaskan hubungan antara variasi berat dengan penggunaan oksigen.0255 ml Jadi. Pembahasan Dalam percobaan ini.V rata-rata Belalang= 0. mengikat CO2.040 mL/gram/jam . laju konsumsi O2 belalang = 0. Karena setiap makhluk hidup membutuhkan O2 (Oksigen) dalam jumlah yang besar. Hubungan antara berat dengan penggunaan oksigen berbanding terbalik. kita menggunakan KOH.1.0189 ml Jadi.0189 mL/ 4. sehingga pergerakan dari larutan eosin benar-benar hanya disebabkan oleh konsumsi oksigen. karena serangga berusaha menghirup oksigen (O2) dari luar melalui tabung kapiler berskala.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->