KONSEP KEILMUAN PADA MASA SALAFUSSALIH

dan."('Thaahaa: 114) . tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan. "Tuhanku.

.

ƒ Secara Bahasa ilmu adalah lawan kata dari bodoh/jahil. .

.ƒ Secara istilah ƒ Suatu yang akan dengannya akan tersingkap segala hakikat yang di butuhkan secara sempurna.

 Al-Bashar (pengelihatan) asas ilmu yang di butuhkan untuk mengamati sesuatu dan mencobanya. .  Al-Fuad (hati) adalah asas aqli yang harus dimiliki oleh setiap penuntut ilmu. As-sam u (pendengaran) asas ilmu dan di gunakan baik dalam penerimaan wahyu.

menuntutnya adalah jihad. karena mempelajari ilmu dengan mengharap ridla allah itu mencerminkan rasa khassah.ƒ Pelajarilah ilmu. mengajarkannya adalah taqarrub.mengkajinya adalah tasbih. .

ilmu yang tidak memberikan kesempurnaan diri. . ilmu yang memberikan kesempurnaan diri. 2.ƒ ƒ 1.

1. 3. Ilmu merupakan syarat diterimanya seluruh amal perbuatan seorang hamba. Ilmu adalah sarana dan alat untuk mengenal Allah lebih jauh. . 2. Ilmu akan menunjukkan jalan menuju kebenaran dan meningggalkan kebodohan.

ƒ .

1. 2. 3. 4. Menghilangkan kebodohan Merubah pola pikir agar suatu kaum tidak ditindas (dizolimi) Agar umat islam tidak di anggap ketinggalan zaman. .

1. 2. Sederajat dengan mujtahid fi sabililah. 3. . Allah memudahkan jalan bagi orang yang pergi menuntut ilmu. Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orangorang yang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful