KONSEP KEILMUAN PADA MASA SALAFUSSALIH

tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan."('Thaahaa: 114) . "Tuhanku.dan.

.

ƒ Secara Bahasa ilmu adalah lawan kata dari bodoh/jahil. .

.ƒ Secara istilah ƒ Suatu yang akan dengannya akan tersingkap segala hakikat yang di butuhkan secara sempurna.

 Al-Bashar (pengelihatan) asas ilmu yang di butuhkan untuk mengamati sesuatu dan mencobanya.  Al-Fuad (hati) adalah asas aqli yang harus dimiliki oleh setiap penuntut ilmu. As-sam u (pendengaran) asas ilmu dan di gunakan baik dalam penerimaan wahyu. .

mengkajinya adalah tasbih.menuntutnya adalah jihad. karena mempelajari ilmu dengan mengharap ridla allah itu mencerminkan rasa khassah. mengajarkannya adalah taqarrub. .ƒ Pelajarilah ilmu.

ilmu yang tidak memberikan kesempurnaan diri. .ƒ ƒ 1. ilmu yang memberikan kesempurnaan diri. 2.

1. . Ilmu akan menunjukkan jalan menuju kebenaran dan meningggalkan kebodohan. 2. 3. Ilmu adalah sarana dan alat untuk mengenal Allah lebih jauh. Ilmu merupakan syarat diterimanya seluruh amal perbuatan seorang hamba.

ƒ .

.1. Menghilangkan kebodohan Merubah pola pikir agar suatu kaum tidak ditindas (dizolimi) Agar umat islam tidak di anggap ketinggalan zaman. 3. 4. 2.

.1. 3. Sederajat dengan mujtahid fi sabililah. Allah memudahkan jalan bagi orang yang pergi menuntut ilmu. Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orangorang yang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat. 2.