Cara Memperbaiki Harddisk Kerusakan yg terjadi pada level 1 ini bisanya disebabkan Bad sector.

Untuk menanganinya ada beberapa cara dan variasi percobaan, disesuaikan dengan merk harddisk dan banyaknya bad sector.

- Untuk penangan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C (sesuaikan dengan drive yg akan diformat). /C digunakan untuk mebersihkan cluster yg rusak.

- Langkah kedua jika belum berhasil bisa gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk.

- Jika belum berhasil juga anda bisa gunakan software HDDREG , silahkan download di internet programnya.

- Jika belum berhasil coba cara Low Level Format atau Zero File. – Jika masih belum bisa, anda bisa lakukan pemotongan sector harddisk yg rusak, dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak.

Level 2 Kerusakan yang terjadi pada:

Level 2 adalah Kehilangan Partisi Harddisk dan Data . Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility. Ada yg perlu diperhatikan dalam mengembalikan Partisi harddisk yang hilang, yaitu kapasitas harddisk dan Jenis File Systemnya. Partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux. – Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager – Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.

Level 3 Kerusakan yg menyebabkan harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer melakukan POST. Biasanya ini disebabkan FIRMWARE dari harddisk tersebut yg bermasalah. Untuk gejala ini banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.

5″ pakai USB.. tolong ya kalau ada triknya. Pilih Opsi yang “Show Hidden files and folder” 4.exe(Command Prompt) yang di sediakan oleh windows : ..ini mau menyelamatkan datanya.saya punya external hard disk 2. Nah. Sumber : http://vertuoso. Klik Tools->FolderOption pada menu bar di Windows Explorer 2.Level 4 Kerusakan yang menyebabkan Harddisk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Ini level yang tersulit menurut saya.. mungkin itu semua gara – gara virus. Untuk mengembalikan menjadi normal lagi. Melihat file folder yang di hidden: 1. Biasanya… anti virus cuma berhasil menghapus virus-virus itu tanpa memulihkan folder yang telah di buat “hilang”. Menganggulangi harddisk yang tidak terdeteksi oleh BIOS banyak cara. Hapus centangan yang ada pada “Hide protected operating system files”. Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. gimana cara memperbaikinya kalau di format berarti data hilang. silahkan berjumpa lagi dengan folder/file yang telah hilang tadi… ( meskipun masih di-hidden) Meskipun dapa dilihat. gunakan CMD.. 5. hardware bisa dideteksi artinya driver working tetapi pas dilihat pake explorer informasinya disk corrupt.wordpress. Ditunggu J: Yups.com T: mas. Virus yang biasanya menyamar dirinya dan “anak buahnya” menjadi folder sering kali menyembunyikan (menghidden) files atau folder yang bersangkutan untuk mensukseskan misi penyamarannya. Pilih Tab View 3. file/folder tersebut masih mempunyai attribute hidden (dihidden).

Untuk keterangan lebih lanjut penggunaan perintah attrib. Save as : “balikin_folderQ. 4.bat”. Contoh: attrib -s -h programku. . 6. Ketik perintah attrib -s -h nama_file. Double-Click file “balikin_folderQ. Open cmd dengan mengetik ‘cmd‘ pada run atau StartMenu->AllPrograms>Accessories->CommandPrompt 2. Buka notepad. copy dulu di folder tempatnya berada. Gunakan perintah di atas untuk masuk ke folder di mana file/folder yang terhidden itu tersimpan. contoh= D: Untuk masuk ke suatu folder ketik cd alamat_folder. ketik help attrib pada CMD. maka cukup ketik: attrib -s -h /s /d 5. Tunggu beberapa waktu (tidak lama) untuk memporsesnya. langsung ketik nama_drive:. contoh = cd D:\folderku\photo 3. 5. Alternative lain: 1.exe atau jika ingin mengembalikan folder yang ter-hidden beserta seluruh isinya. 2.bat“ 4.1. Catatan: Jika ingin menormalkan file/folder yang lain. Gunakan perintah-perintah DOS untuk mengoperasikannya:Untuk berganti drive. Tulis script ini:@echo off attrib -s -h /s /d 3. Letakkan file tersebut di folder yang ada file/folder yang akan di normalkan. 6. Tunggu prosesnya..

.Ya. tapi masih banyak orang yang belum tahu cara tersebut. meskipun itu cara yang sudah lama dan di posting kesana kemari. Semoga ini bisa membantu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful