2011

Yoga Arief Prasatria 5210100126 3/8/2011 STATISTIKA A

KUISIONER

Dalam pembuatan kuisioner perlu dipahami tentang hal – hal berikut ini : a. Bahasa dalam kuisioner sendiri haruslah mudah dipahami oleh pengisi kuisioner Setelah itu. Tahap Instrumen Tahap dimana desain kuisioner dibuat sesingkat mungkin dan pertanyaan harus disesuaikan dengan data yang diperlukan. Bagaimana jawaban atas prtanyaan tersebut dalam tabulasi Adapun langkah – langkah dalam merancang sebuah kuisioner adalah sebagai berikut : a. b. Tahap Formulir Tahap ini dimana memperhatikan jumlah pertanyaan yang secukupnya dan juga waktu pengisian formulir. Isi pertanyaan yang disuguhkan kepada pengisi kuisioner ada beberapa macam diantaranya : • • • • Pertanyaan tentang fakta Ex : umur. agama Pertanyaan tentang pendapat dan sikap Menyangkut kepada perasaan dan sikap seseorang Pertanyaan tentang informasi Menyangkut apa yang diketahui responden Pertanyaan tentang presepsi diri Menilai perilaku responden terhadap orang lain Beberapa cara pemakaian kuisioner • • • Melalui tatap muka Diisi sendiri melalui kelompok Telepon . Menentukan soal – soal yang ingin diidentifikasi b. Apakah pertanyaan relevan c. tabel ataupun grafik. tahap pembuatan kuisioner dibuat dengan memperhatikan hal – hal berikut : a. pendidikan. Tujuan dari kuisioner sendiri adalah memperoleh informasi yang relevan dengan tujuan survey dan memperoleh informasi yang reliabilitas dan validitas tinggi.Kuisioner adalah cara atau bentuk dari pengumpulan data atau informasi yang dioperasionalkan melalui bentuk pertanyaan. Hasil – hasil kuisioner ini akan erjelma dalam bentuk angka – angka. Biasanya pertanyaan umum diletakkan pada awal kuisioner dan yang khusu di akhir. Apakah pertanyaan tersebut diperlukan b. Pertanyaan dalam kuisioner haruslah berkaitan dengan hipotesis dan tujuan penelitian.

tidak perlu dan tidak relevan Menghindari pertanyaan yang sugestif. Bentuk 2 alternatif Jawaban yang disediakan hanyalah 2 alternatif. Pertanyaan Terbuka dan Tertutup Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang memiliki alternatif tetapi dibawahnya mengapa responden memilih jawaban tersebut (alasan). Dilihat dari struktur jawaban yang disediakan dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk yaitu : a. b. tergantung dari bagaimana cara responden menangkap pertanyaan yang disuguhkan. Setuju 2. Tips tersebut adalah sebagai berikut : • • • • • • • Ada petunjuk jelas mengenai maksud diberikannya kuesioner Ada petunjuk jelas mengenai cara pengisian kuesioner Menggunakan kalimat yang mudah dimengerti dan tidak bias arti Menghindari pertanyaan yang tidak jelas. Setiap pertanyaan dapat dijawab bebas oleh responden. Tidak Setuju d. biasanya ini adalah pertanyaan yes / no question. responden diminta untuk memilih jawaban yang telah ditentukan. bernada menekan/mengancam dll Menggunakan urutan pertanyaan yang logis dan sistematis Merahasiakan identitas responden agar responden obyektif dalam menjawab . Pertanyaan Terbuka Pertanyaan terbuka ini adalah pertanyaan yang menyakan pendapat. Bentuk pilihan ganda c. dan hasil pemikiran dari responden. tanggapan. Ada tips – tips agar kita bisa membuat kuisioner yang baik. Jawaban dari responden bisa saja panjang atau pendek. Diantaranya adalah : 1. Kuisioner jawaban uraian singkat 1. Jawaban dari pertanyaan terbuka ini tidak mustahil ataupun menyimpan. Kuisioner yang dihubungkan dengan skala nilai Ex : 1. Pertanyaan Tertutup Kemungkinan jawaban sudah ditentukan terlebih dahulu. Alternatif – alternatif jawaban tersebut biasanya disediakan di bawah jawaban sehingga tampak seolahah pertanyaan nampak seperti pertanyaan multiple choice. Contoh : Bagaimana pendapat anda mengenai lalu lintas di Kota Surabaya ? 2.• • Melalui pos Melalui internet Ada 3 macam jenis pertanyaan. Ragu 3.

d.).com/2010/10/teknik-pembuatankuesioner.com/2008/10/27/sekilastentang-pembuatan-kuesioner/ Teknik Pembuatan Kuisioner.html .d. 2011.wordpress. Retrieved March Tuesday.blogspot. (n. Retrieved March Tuesday. from Wordpress: http://inunkbebek. from Blogspot: http://kesmas-unsoed. (n.Bibliography Sekilas Tentang Pembuatan Kuisioner.). 2011.