PENCEMARAN AIR DI LINGKUNGAN KAMPUS IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Air merupakan pelarut yang baik, sehingga air di alam tidak pernah murni akan tetapi selalu mengandung berbagai zat terlarut maupun zat tidak terlarut serta mengandung mikroorganisme atau jasad renik.Apabila kandungan berbagai zat maupun mikroorganisme yang terdapat di dalam air melebihi ambang batas yang diperbolehkan, kualitas air akan terganggu, sehingga tidak bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik untuk air minum, mandi, mencuci atau keperluan lainya. Air yang terganggu kualitasnya ini dikatakan sebagai air yang tercemar. Dari beberapa sumber air yang ada di sekitar kampus IAIN SYEKH NURJATI Cirebon, ada beberapa tempat yang diambil sampel airnya untuk diamati dan di teliti tingkatan pencemarannya dan kadar kimia yang terdapat pada air tersebut. Sumber air yang diambil sampelnya untuk diteliti yaitu:
y y y y

Air kolam laboratorium Biologi Air Mancur di Taman Tarbiyah Air kran di Laboratorium Air selokan di Masjid

1.2 Rumusan masalah 1. Bagaimana sifat umum, sifat fisik, dan sifat kimia pada beberapa sumber air di lingkungan kampus IAIN SYEKH NURJATI CIREBON 2. Bagaimana tingkat pencemaran air pada beberapa sumber air di Lingkungan kampus IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

1.3 Tujuan

Laporan Praktikum Berbasis Proyek Kelompok IV

Page 1

dan mengetahui tingkat pencemaran air yang ada di wilayah terdekat. nutrien dan padatan. gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air. dan sifat kimia pada beberapa sumber air di lingkungan kampus IAIN SYEKH NURJATI CIREBON 2. sifat fisik.4 Manfaat Manfaat yang didapat dalam praktikum ini adalah menambah wawasan menambah wawasan tentang pencemaran air. sungai.5 Tinjauan pustaka Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi. Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Persyaratan disini ditinjau dari persyaratan kandungan kimia. untuk treatment air minum dan untuk treatmen air sanitasi. fisika dan biologis. yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.  Pengertian Air bersih Air bersih itu pengertiannya air yang memenuhi persyaratan untuk pengairan sawah. 1. toksin organik. terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik. Mengetahui tingkat pencemaran air yang berada di lingkungan kampus IAIN SYEKH NURJATI CIREBON 1. Secara Umum: Air yang aman dan sehat yang bisa dikonsumsi manusia. Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem. Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat. Pengertian Air Persih: 1. Laporan Praktikum Berbasis Proyek Kelompok IV Page 2 . Untuk mengetahui sifat umum.1. Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi. hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran. dan dapat mengaplikasikan agar tidak mencemari air yang ada di sekitarnya. Air limbah tersebut memiliki efek termal. badai. minyak.

DO. Kita sering mendengar berita adanya keracunan dan kematian karena air yang tercemar ini. kanker. terganggunya sistem penceranaan dan metabolism  Fisik: asbestos.TSS dan konductiviti memenuhi aturan pemerintah setempat Pencemaran ini sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan. Secara Kimia: a. Secara Fisik : Tidak berwarna. gangguan pembuangan air seni. getah. ginjal dan sistem metabolisme Laporan Praktikum Berbasis Proyek Kelompok IV Page 3 . gatal. TS. c. tidak berbau. kaleng. besi Efek kesehatan: kanker.Parameter-parameter seperti BOD. COD. kadas. racun herbisida.pusing dan gangguan pencernaan  Kimiawi: limbah pabrik. rusaknya sel darah merah. Tidak mengandung racun dan logam berat berbahaya. plastik. bisul dll). detergent Efek kesehatan: penyakit ginjal. gangguan sistem saraf pusat. Berikut adalah berbagai bahan pencemar air dan efeknya terhadap kesehatan. sampah organik. gangguan sistem saraf pusat. kanker. Gejala yang lain adalah gangguan pada ginjal. PH netral (bukan asam/basa) b.2.  Biologis: bakteri dan virus Efek kesehatan: mual. penyakit kulit (panu. keracunan. Efek yang paling ringan adalah penyakit kulit. muntaber. 3. tidak berasa. . racun pestisida. saraf pusat dll. hepatitis.

4.2 Alat dan Bahan Alat: Beker glass Pipet tetes Kertas indicator Mikroskop Kaca objek Kapas / tisu Alat tulis WIB di lingkungan kampus IAIN SYEHK NURJATI Bahan: Sampel air selokan Sampel air kolam Sampel air kran Sampel air mancur taman 2. 6. 2. Mengamati organisme yang tumbuh pada air tersebut dengan meneteskan sampel air ke dalam kaca objek dan mengamatinya di mikroskop. Mengambil sampel air dari masing-masing tempat dan memasukkannya ke masing-masing beker glass. 5. Mengamati sifat-sifat air yaitu warna.1 Waktu dan Tempat Praktikum Berbasis proyek Ekologi tentang pencemaran air di lingkungan kampus IAIN CIREBON Jumat. BAB III Laporan Praktikum Berbasis Proyek Kelompok IV Page 4 .3 Prosedur Kerja 1. dan mencocokan wana dengan kertas panduan untuk pH. Mengamati perubahan warna yang terjadi pada kertas indicator. 30 September 2009 sampai 1 Oktober 2009 pada pukul 08. 3.00-09. Memasukan kertas indicator ke setiapmasing-masing beker glass yang telah diisi oleh sampel air yang berbeda. Memaukan data ke dalam tabel pengamatan. dan bau.30 CIREBON 2.METODE PRAKTIKUM 2.

Analisis Secara Biologi No Sampel Air 1 Air Kolam Laboratorium Mikroorganisme Keterangan Terdapat diatom. berwarna hijau. berbentuk bulat tidak bergerak 4 Air Selokan Dekat Masjid Terdapat ganggang Laporan Praktikum Berbasis Proyek Kelompok IV Page 5 .1 Hasil Pengamatan A. berbentuk bulat pH 6 5 6 8 Bau Tidak berbau Berbau Tidak berbau Berbau menyengat Warna Keruh Keruh dan berwarna hijau Bening Keruh 2 Air Kolam Taman Tarbiyah Terdapat ganggang. berbentuk helaian. panjang 3 Air Kran Kampus (sebagai kontrol) Terdapat diatom. Analisis secara Kimia dan Fisik No Sampel Air 1 Air Kolam Laboratorium 2 Air Kolam Taman Tarbiyah 3 Air Kran Kampus 4 Air Selokan Dekat Masjid B.HASIL DAN PEMBAHASAN 3. bergerak.

Air bersih itu pengertiannya air yang memenuhi persyaratan untuk pengairan sawah. serta memenuhi Parameter-parameter seperti BOD. Apabila kandungan berbagai zat maupun mikroorganisme yang terdapat di dalam air melebihi ambang batas yang diperbolehkan.2 Pembahasan Air merupakan pelarut yang baik.DO. Persyaratan disini ditinjau dari persyaratan kandungan kimia. Secara Umum persyaratan yang harus ada adalah Air yang aman dan sehat yang bisa dikonsumsi manusia. Secara kimia rata-rata pH air di lingkungan kampus masih diambang batas atau tidak melebihi ambang batas. ikan mas. fisika dan biologis.TSS dan konductiviti aturan pemerintah setempat. sehingga tidak bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik untuk air minum.3. mencuci atau keperluan lainya. Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. sungai. Tidak mengandung racun dan logam berat berbahaya. Air kolam disamping Laboratorium memiliki pH 6. lumut dan tumbuhan air lainnya yang berperan dalam fotosintesis. hydrilla. katak. sehingga air di alam tidak pernah murni akan tetapi selalu mengandung berbagai zat terlarut maupun zat tidak terlarut serta mengandung mikroorganisme atau jasad renik. untuk treatment air minum dan untuk treatmen air sanitasi. ikan lele. TS. Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem. Secara Fisik yaitu Tidak berwarna. diatom. Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi. Proses fotosintesis ini menyediakan oksigen bagi makhluk hidup dalam kolam tersebut sehingga dapat digunakan oleh makhluk hidup walaupun warna air keruh. Air yang terganggu kualitasnya ini dikatakan sebagai air yang tercemar. mandi. dan secara kimia yaitu pH netral (bukan asam/basa). kualitas air akan terganggu. tidak berasa. COD. tidak berbau. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. tidak berbau dan berwarna keruh hal ini masih normal karena di dalamnya terdapat banyak organisme seperti ganggang. hal Laporan Praktikum Berbasis Proyek Kelompok IV Page 6 .

kita dapat mengurangi pencemaran air. atau degradable (dapat didegradasi) alam ? Apakah barang yang kita konsumsi nantinya dapat meracuni manusia. kritis terhadap barang yang dikonsumsi. seperti mencuci. warnanya bening dan tidak berbau artinya msaih diambang batas atau tidak melebihi ambang batas. mendaur ulang (recycle).tersebut dikarenakan oleh sampah. berwarna keruh dan baunya menyengat. Air kolam Taman Tarbiyah memiliki pH 5. memasak. Menjadi konsumen yang bertanggung jawab merupakan tindakan yang bijaksana. Air selokan masjid yaitu air yang berasal dari pemakaian Air Wudhu dan MCK kamar mandi sebelah masjid. yaitu dapat digunakan untuk mencuci. membersihkan rumah. hanya ada ganggang yang memiliki ketahanan diri yang sesuai dengan kondisi seperti itu. atau sisa metabolisme makhluk hidup yang ada dalam kolam. dan sebagainya. hewan. dan tumbuhan. mendaur pakai (reuse). Selain basa warnanya juga keruh karena limbah rumah tangga seperti sabun dan zat kimia lain. Baunya sangat menyangat dikarenakan limbah dari MCK. memiliki pH 8. Air ini bersifat basa karena sudah melebihi ambang batas atau melewati pH kontrol sekitar 6-7. yang menggunakan ratusan jenis zat kimia dalam keseharian kita. berbau dan keruh(berwarna hijau). Air kran kampus memiliki pH 6. apakah nantinya akan menjadi sumber pencemar yang persisten. aman bagi mahluk hidup dan lingkungan ?. Air kola m ini sudah tercemar karena pH sudah asam sehingga tidak ada ikan atau katak yang hidup di tempat tersebut. eksplosif. selain itu airnya juga berbau dikarenakan banyak sampah dari daun mangga yang jatuh ke kolam dan mengalami pembusukan yang mengakibatkan air keruh dan bau. dengan cara mengurangi jumlah sampah yang kita produksi setiap hari (minimize). Kita pun perlu memperhatikan bahan kimia yang kita buang dari rumah kita. Teknologi dapat kita gunakan untuk mengatasi Laporan Praktikum Berbasis Proyek Kelompok IV Page 7 . dan lain-lain. Sebagai contoh. memupuk tanaman. memasak. Dalam keseharian kita. Air kran digunakan sebagai control dalam percobaan ini. Air kran berasal dari dalam tanah sehingga sudah memiliki kriteria air bersih. Karena saat ini kita telah menjadi "masyarakat kimia". korosif dan beracun.

PENUTUP KESIMPULAN Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. yang dioperasikan dan dipelihara baik. Instalasi pengolahan air bersih. instalasi pengolahan air limbah. fisika dan biologis. Secara Fisik yaitu Tidak berwarna.pencemaran air. Secara Umum persyaratan yang harus ada adalah Air yang aman dan sehat yang bisa dikonsumsi manusia. tidak berbau. serta memenuhi Parameter-parameter seperti BOD. dan Air selokan masjid. Walaupun demikian. sungai. Air kran kampus sebagai kontrol. Tidak mengandung racun dan logam berat berbahaya. mampu menghilangkan substansi beracun dari air yang tercemar. COD. Air yang diamati adalah Air kolam disamping Laboratorium. Air kolam Taman Tarbiyah.DO. Air yang baik harus mempunyai syarat. dan secara kimia yaitu pH netral (bukan asam/basa). langkah pencegahan tentunya lebih efektif dan bijaksana. tidak berasa. Laporan Praktikum Berbasis Proyek Kelompok IV Page 8 . lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. TS.TSS dan konductiviti aturan pemerintah setempat. Persyaratan disini ditinjau dari persyaratan kandungan kimia.

Si. M. S.Si Ali Imron Laporan Praktikum Berbasis Proyek Kelompok IV Page 9 . 13 Desember 2010 Diketahui Dosen Praktikum Disetujui Asisten Djohar Maknun.Lembar Pengesahan Laporan Praktikum Kelompok Nama : Ekologi : IV : Andi Wiebowo Dewi Yanuar Ida Farida Nurul Oktaviani Toatun Imsiyah Zimzim Fauziah Cirebon.

L m i Sampel i lam Lab Sampel Ai Keran Sampel Air Sel an Sampel Air Mancur Taman erubahan kertas indicat r Sampel Air keran Sampel kolam Lab Sampel Air Mancur Taman Sampel Air Selokan Contoh Mikroba yang terdapat pada AIR Ganggang (protista) La ra rak k m r as s r k m kI P 10 .

Si Oleh: Andi Wiebowo Dewi Yanuar Ida Farida Nurul Oktaviani Toatun Imsiyah Zimzim Fauziah Kelas Kelompok Asisten : Biologi A/ IV : IV : Mudatsir Ali Imron B L G L B R T R JURUSAN B L G A ULTAS TARB YAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREB N 2010 La ra rak k m r as s r k m kI P 11 . M.Si.PENCEMARAN AIR Diajukan Untuk Memenuhi Tugas raktikum Mata Kuliah : kologi Dosen :Djohar maknun S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful