Marketing Plan for Service JNE

Researcher team :
Dian Kusuma A.P Lindra Deviza Imas Maulin A.W (108400192) (108400216) (108400247)

Isnaini Annisa Linda Dwi Lupitasari Kelas C 2008

(108400251) (108400254)

INSTITUT MANAJEMEN BISNIS TELKOM YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM Komplek TTC Jl. Gegerkalong hilir No. 47 Bandung 40152, Telp. 022-2011384, 85, 88
1.Ringkasan Eksekutif Perkenalan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di targetkan menjadi perusahaan jasa distribusi yang berstandar Internasional. Dalam hal ini mampu melayani permintaan/kebutuhan berbagai lapisan masyarakat sehingga bisa eksis menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Untuk mewujudkan hal ini maka JNE melakukan sejumlah jurus. Misalnya strategi pada kekuatan JNE yang artinya mampu mendistribusikan barang di Indonesia jauh lebih luas dibandingkan perusahaan lainnya. Bahkan jauh ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia di banding perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia. Langkah strategis lainnya adalah memperluas segmen pasar dan meningkatkan kualitas layanan.

JNE sendiri memang didesain untuk bisa mengantisipasi perkembangan bisnis jasa pengiriman barang di dalam negeri. JNE menetapkan strategi untuk fokus di pasar domestik, karena memiliki kekuatan dan kelebihan yang tidak dimiliki perusahaan lain, termasuk asing. Untuk bisnis global, maka JNE fokus pada distribusi barang impor. Dari sisi kepabeanan, JNE tidak kalah cepat dari perusahaan asing. Maka, waktu itu JNE mengkonsentrasikan pasar impor daripada ekspor. JNE memiliki kemampuan lebih cepat untuk pengeluaran barang. JNE bisa melakukan suatu proses kepebaenan dalam waktu yang sesingkat mungkin.

JNE sendiri membangun jaringan binsis dengan konsep kualitas kelas dunia. Dalam hal ini, JNE tidak mungkin menjadi tuan rumah di negeri sendiri kalau tidak memunyai jaringan yang solid dan mengusung kualitas layanan. Yang terpenting bagi JNE adalah membangun SDM (sumber daya manusia) yang handal. Bagi JNE, SDM merupakan aset yang berharga bagi perusahaan Terkait hal ini, maka dilaksanakan dua program, yakni pemberdayaan manusia dan membangun yang sudah baik, artinya, meningkatkan kualitas mutu SDM agar lebih bagus lagi. Jadi meningkatkan kualitas SDM dilakukan melalui berbagai program pelatihan,

seperti program pembangunan fisik dan emosional diri karyawan serta spiritual untuk membangun jiwa/moral karyawan yang bersih dan takwa. Dengan adanya pelatihan untuk SDM, maka sudah memberikan manfaat signifikan bagi JNE.

JNE melayani pengiriman cepat, penanganan kepabenan, serta distribusikan Indonesia. Lewat situs yang efektif dan efisien, JNE juga memberikan kemudahaan akses atas informasi seputar layanan. Salah satunya mutu layanan dan kemampuan manajemen JNE telah diakui Pemerintah Indonesia melalui penghargaan "Adhi-karya Pos" pada 1998-2001. Ini merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang perposan. Selain itu, JNE juga mendapatkan ISO 9000-2000 atas jasa yang diberikan.

Prospek Bisnis & Profit Seiring perkembangan internet dan tingkat penetrasinya yang sangat cepat di Indonesia, maka secara cepat pula merubah pola konsumsi masyarakat kita. Maraknya Online Shop atau pun FJB merupakan bukti meningkatnya pola konsumerisme praktis. Dengan pola tersebut para konsumen hanya tinggal Klik & Transfer. Dan barang dikirim oleh seller melalui Jasa Ekspedisi tentunya. Pola ini meningkat setiap tahunnya mengingat konsumen online di Indonesia masih terus berkembang dan berpenetrasi.

Tercatat sebagai salah satu bisnis yang tetap prospektif dalam 20 tahun ke depan, bisnis jasa JNE tetap menjanjikan bagi pemain baru. Bagi yang modalnya paspasan, ada banyak tawaran menjadi agen perusahaan JNE.

Saat ini sebagian besar orang mengirimkan kabar dan menanyakan kabar seseorang sudah menggunakan media elektronik. baik kepada orang tua, pacar ataupun teman mereka yang bertempat tinggal jauh dari tempat tinggalnya. Media elektronik yang mereka gunakan ada beberapa macam, seperti via telepon, via sms, via e-mail atau langsung saja chatting melalui internet. Tetapi tidak semua informasi dan data bisa dikirimkan secara elektronik. dokumen atau paket barang misalnya, jasa pengiriman barang dan dokumen tetap harus dikirim secara fisik.

sediakan modal sekitar Rp 50 juta. Selain harus mempekerjakan lebih banyak karyawan. Maksudnya adalah mampu mendorong para agen melakukan penjualan dan mendatangi pelanggan. Sebab. Agen akan menikmati komisi sebesar 20% dari omzet yang berhasil dia kumpulkan. Tiki JNE akan terus memperluas jaringan keagenannya. Target ini tidak terlalu sulit untuk dicapai. agen tak membutuhkan ruang luas untuk menaruh paket. Tapi. bahkan jumlah pemainnya terus bertambah dari waktu ke waktu. beberapa gerai Tiki JNE yang sudah eksis bisa . Menjadi agen aktif tentu membutuhkan modal yang lebih besar. Sekitar 4 x 3 meter sudah cukup. Ini sudah termasuk deposit sebesar Rp 1. potensi omzet dan komisi yang bakal diraih tentu lebih besar pula ketimbang agen pasif yang menunggu datangnya pelanggan. Soal lokasi bisa di pusat bisnis. Untuk itu perusahaan JNE menganjurkan kepada semua pegawai dan agennya harus lebih aktif menjemput bola. Setiap pagi dan sore pihak Tiki JNE akan mengangkut paket-paket tersebut. Untuk menjadi agen aktif. Buktinya. Bahkan. Namun. Dengan begitu. Modal segini untuk mempersiapkan gerai berikut semua perlengkapan untuk melakoni bisnis ini. jasa pengiriman barang dan dokumen secara fisik tetap diperlukan.20% menjadi sekitar Rp 175 miliar pada tahun 2006. bisa dilewati kendaraan roda empat dan memiliki lahan parkir yang memadai. Tak heran bisnis jasa JNE tetap eksis. Semua agen Tiki JNE harus aktif melakukan pemasaran dan memberikan layanan jemput paket ke tempat konsumen. International Franchise Association mengategorikan jasa pelayanan kuris dan kargo ini sebagai satu dari sepuluh usaha unggulan sampai 20 tahun ke depan. Luas gerainya sendiri tak perlu gede-gede amat. atau di kawasan perkantoran. perumahan. si agen juga harus menyediakan kendaraan untuk menjemput paket dari pelanggan.Ini menunjukkan meskipun dunia elektronik sudah semakin maju. bisa berupa sepeda motor atau mobil boks. Tiki JNE untuk menerek omzetnya naik 15% . Tahun ini perusahaan mencari 200 agen baru untuk wilayah Jakarta.5 juta. dalam waktu sekitar 10 bulan agen akan balik modal. semakin banyaknya pemain di bisnis pengantaran dokumen dan paket ini membuat para pelakunya harus bersaing ketat menjaring pelanggan. Deposit ini semata-mata untuk pengurusan izin dan biaya membuat sign board. Dengan asumsi agen mampu mencetak omzet sebesar Rp 5 juta. Yang penting lokasinya gampang di aksen pelanggan.

Kalau bisa menggaet perusahaan besar sebagai pelanggan tetap. Rp 20 juta. Rp 50 juta. Melihat prospek yang sangat bagus dari ekspedisi ini maka perusahaan JNE menawarkan kepada investor untuk menginvestasikan dana mereka untuk menjalankan bisnis JNE. tawaran investasi tersebut akan dijelaskan di bawah ini: Jenis Usaha Nama Usaha Pelayanan y y y y : jasa Pengiriman Barang (ekspedisi) : Agen JNE di Bandung : Jasa Kiriman Barang Domestik & Internasioanal Jasa Moving & Trucking Jasa Kiriman Motor Jasa Kiriman Barang Berharga . Maka dari itu JNE melakukan sejumlah strategi untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.mencetak komisi yang lumayan besar. Tawaran Investasi Perkembangan JNE saat ini perkembangannya sangat pesat dan sangat menjanjikan untuk kedepannya. Rahasia memperoleh komisi besar tentu saja lokasi yang pas dan kelihaian si agen dalam memperoleh pelanggan tetap. tetapi semuanya rata-rata diatas Rp 1 juta. Yang dibawah Rp 5 juta juga banyak. tentu akan lebih menguntungkan. Resiko Usaha Resiko dari usaha ini adalah banyak badan usaha sejenis yang sudah dikelola oleh perusahaan pesaing dan memiliki brand yang ternama di mata masyarakat. langkah stategis yang lainnya yaitu memperluas segmen pasar dan meningkatkan layanan terhadap konsumen. Jenis jasa yang mereka tawarkan cenderung sama dengan yang di sediakan oleh perusahaan JNE sendiri. yaitu dengan mendistribusikan barang Indonesia jauh lebih luas dibandingkan perusahaan yang lainnya bahkan jauh ke pelosok-pelosok Indonesia. Ada yang Rp 100 juta. dan Rp 5 juta sebulan.

Fix Profit 1 .000.Harga per Slot Kuota Slot Jangka Invest Minimal Pembelian : Rp 500. Untuk ketertiban perubahan Opsi Profit setelah tanda tangan kontrak dikenakan biaya 5% dari nilai investasi .20 SLOT Investor mendapatkan 3% per bulan dari nilai yang diinvestasikan 21 40 SLOT Investor mendapatkan 4% per bulan dari nilai yang diinvestasikan y y y y y Modal Investor dikembalikan seluruhnya pada bulan ke-12 Untuk opsi A profit diberikan setiap tanggal 3 s/d 10 setiap bulannya (tergantung datanya invoice dari JNE pusat untuk agen) Untuk opsi B profit diberikan sesuai tanggal investasi Laporan bulanan diberikan setiap tanggal 2 s/d 10 kepada seluruh investor dan disertakan hasil scan invoice resmi dari JNE pusat.: 80 Slot : 12 bulan (1 tahun) : 1 Slot Keuntungan Investasi A. Profit Berdasarkan Laba Neto Setiap bulan investor mendapatkan 1% / slot dari laba Netto per bulan B.

725.Apabila Menggunakan Opsi Profit A.963. .Ket.745.725.Cash Flow Tabel & Diagram Contoh: Investasi 20 SLOT = Rp.Maka Profit yg di terima pada bulan april adalah : Rp 1.000.000. (1%/SLOT) Maka setiap bulan mendapatkan : 1% x 20 SLOT = 20% dari Laba Netto Perusahaan Contoh : Berdasarkan data cashflow bulan April Di dapat Laba Netto Rp 1.10.x 20% = Rp 392.963..: keuntungan dari Profit A akan Fluktuatif berdasarkan Laba yang didapat perusahaan setiap bulannya.

(dikurangi) Expense.. 300. Apabila mau keduanya.000.x 3% = Rp. anda bisa bekerjasama dalam 2 surat kontrak./bulan. Komisi AGEN = Komisi yang didapat AGEN dari Total Penjualan tersebut.000.Ket CashFlow : Tahun kedua Usaha ini berencana mulai menggunakan Pegawai. Apabila Menggunakan Opsi B (Fix 3% /bulan dari nilai investasi Maka setiap Bulan mendapatkan : Rp 10. Expense = Pengeluaran AGEN setiap bulan Netto = Komisi Agen . Profil Umum Perusahaan . Maka kedepan akan timbul Tambahan expense untuk gaji pegawai.. Contoh : 10 SLOT profit A 10 SLOT profit B Keterangan: y y y y Gross Profit = Total Penjualan dari AGEN belum di potong komisi. anda Boleh pilih salah satu Opsi ini untuk satu Kontrak Kerja sama.000. 2.

TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR JNE : 1990 :JNE : 51 100 people : US$5 Million US$10 Million : . Pada tahun 1991.Gambaran Umum PT. JNE juga memberi kemudahan akses atas informasi seputar layanan JNE. Saat ini. JNE sendiri telah berdiri sejak tahun 1990.Eastern Asia : ISO 9000/9001/9004/19001:2000. Company Profile Company name Year Established Legal representative/CEO Number of Company Employess Total Annual Sales Volume Main Markets Management Certification Contract Manufacturing : PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia. JNE memperluas jaringan internasionalnya dengan bergabung bersama perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia. Kehandalan JNE juga telah dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan yang telah diberikan. JNE yang didukung oleh lebih dari 1000 karyawan dan tidak kurang dari 500 gerai yang tersebar luas di Indonesia. melayani pengiriman cepat. penanganan kepabeanan serta distribusi di Indonesia. Lewat situs yang efektif dan efisien. Others : .

jne. CV Titipan Kilat (Tiki) membentuk perusahaan baru yang diberi nama JNE. Tapi.Contact Information Registered Address Country Province Post Code Company Website URL : Cash Counter Agency JNE Antasari Jln. di awal era globalisasi.1. Pangeran Antasari No. Hamka Usman : Marketing : +6221 71113867 : +0-0 : +622191053111 Sejarah Perusahaan JNE Didirikan pada 26 November 1990. awalnya sangat sulit bersaing karena pemain-pemain asing yang sudah mendunia. Saat dibentuk. bahkan terkait ekspor-impor. Cipete Selatan : Indonesia : Jakarta : : http://www. JNE ditargetkan untuk bisa memenuhi kebutuhan korporat/ perusahaan.id/ Contact Person Name Job Title Phone Fax Mobile Phone : Mr. .co.

Salah satunya mutu layanan dan kemampuan manajemen JNE telah diakui Pemerintah Indonesia melalui penghargaan "Adhi-karya Pos" pada 1998-2001. Untuk bisnis global. berbagai penghambaan sudah diterima JNE. JNE juga mendapatkan ISO 9000-2000 atas jasa yang diberikan. Atas keberhasilan yang dicapai beberapa tahun terakhir ini. Kepemilikan Founder . Pendapatan bruto tahun 2008 sebesar 250 miliar dan tahun 2009 mengalami kenaikan 20 persen. Awalnya hanya memiliki delapan orang tenaga kerja dan dengan modal Rp 100 juta. JNE memperluas jaringan internasionalnya dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir di beberapa negara ASEAN (ACCA) yang bermarkas di Hong Kong. Dilihat dari sisi kinerja JNE sepanjang tahun 2008 tergolong cukup baik. JNE bisa melakukan suatu proses kepebaenan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Maka. Darah distribusi seolah mengalir di tubuhnya sehingga bisa menguasai seluk-beluk bidang distribusi. Ini memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah distribusi barang hingga ke seluruh dunia. termasuk asing.000 karyawan dan tak kurang 500 gerai yang tersebar luas di Indonesia. Seperti diketahui. JNE menetapkan strategi untuk fokus di pasar domestik. "Dari sisi kepabeanan. termasuk "isi perut" JNE. Komitmen Johari pada JNE terbukti karena terus eksis hingga saat ini. Saat ini JNE didukung 1. Selain itu. Pada 1991. Ja-hari Zein menduduki jabatan Executive Director JNE sejak 1990. JNE memiliki kemampuan lebih cepat untuk pengeluaran barang. Pengalamannya fokus di satu bidang membuat pengelolaan JNE semakin baik. waktu itu kita konsentrasikan pasar impor daripada ekspor. Ini merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang perposan. JNE tidak kalah cepat dari perusahaan asing. karena memiliki kekuatan dan kelebihan yang tidak dimiliki perusahaan lain.Untuk mengantisipasinya. maka JNE fokus pada distribusi barang impor.

NURAINI SUPRAPTO : R. RUSMADI : HUI MARIAWATI President Director Executive Director Finance Director Operatin Director Marketing Diretor : H SUPRAPTO SUPARNO : H.M JOHARI ZEIN : HUI CHANDRA FIRETA : EDI SANTOSO : MOHAMAD FERIADI . SOELASMO : Hj.President Commissioner Commissioner Commissioner Commissioner : H.

y Mendayagunakan jaringan dan infrastruktur yang dimiliki sebagai kontribusi pada proses perputaran roda ekonomi dengan didukung SDM yang professional dan memiliki itegritas moral yang tinggi. y Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara tepat guna. kepabeanan.  Misi y Memadukan jasa pengiriman. Visi menjadi perusahaan dengan standar internasional dibidang jasa distribusi yang mampu melayani kebutuhan segenap lapisan masyarakat dan dapat diterima menjadi tuan rumah di negeri sendiri. pendistribusian dalam satu sistem yang terintegrasi secara efektif dan fleksibel. pergudangan. Nilai-Nilai Dasar .

24:00. Efisien. Customs hours : Rush Handling Setiap hari : 08:00 . Fleksibel & Seimbang SUMBER DAYA MANUSIA & INFRASTRUKTUR Oktober 2009 SDM : 1836 Kendaraan : 140 Jam Operasional 24 hours 6 days a week. . Jujur  Adil  Disiplin  Tanggung jawab  Kerjasama  Peduli  Visioner Filosofi Efektif. Normal Cargo Senin .Jumat : 08:30 .17:00.

000 Surat Izin Pengusaha Jasa Titipan (SIPJT) No.63.05/KP 0803/2007 Domisili No. 090200596 Tanda Daftar Perusahaan Perseroan Terbatas (TDPPT) No. Minggu : Tutup.13:00. 240/SIPJT/DIRJEN/1996 Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUPJT) No.281/1.824. 04416/1.Sabtu : 08:30 .07745 Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak No.51 Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) No.IX/99 Sertifikat Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) No.03/2009 y y y y y y y y y PENGHARGAAN & KEANGOTAAN .003/KW.2-036. 275/WBC.272/AL. 01.710. PEM-002 45/WPJ.1. Perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) No. B.539. 09.02.45/KJ-03/PPJK/1997 Angka Pengenal Importir-umum (APR-U) No.824.

Tahun 1998 ADIKARYA POS .2000 . SUPERBRANDS Indonesia .Penghargaan ADIKARYA POS .Tahun 2008 SATYALANCANA WIRAKARYA .2000 .Tahun 2009 y y y y y y Anggota Asosiasi ASPERINDO (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress Indonesia) FIATA (International Federation of Freight Forwarders Associations) IATA (International Air Transport Associations) GAFEKSI (Gabungan Forwarder & Expedisi Indonesia) y y y y Sertifikat y y ISO 9001 .diraih tahun 2009 .Tahun 2004.Tahun 2001 SATYALANCANA WIRAKARYA .Tahun 2005 ANUGRAH PRODUK ASLI INDONESIA .diraih tahun 2004 ISO 9001 .

namun dengan adanya jaminan uang kembali merupakan komitmen JNE untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. melayani pengiriman Express. penanganan kepabeanan serta distribusi di Indonesia. Walaupun layanan JNE berpengaruh terhadap faktor lain seperti cuaca dan layanan penerbangan. Produk layanan kami sangat bervariasi namun YES (Yakin Esok Sampai) yang disertai laporan penyampaian secara otomatis melalui layanan SMS adalah merupakan produk andalan JNE saat ini. Layanan Regular mencapai kota dan kabupaten tujuan di seluruh Indonesia.Network Growth By Oktober 2009 PROVINSI JAKARTA JAWA SUMATERA KALIMANTAN SULAWESI BALI / NTT / NTB PAPUA / MALUKU TOTAL CABANG 13 6 4 3 2 1 29 AGEN 14 7 3 4 2 3 33 SUB-AGEN 39 66 36 17 5 2 165 GERAI 243 289 151 37 32 16 1 769 Lingkup Usaha & Posisi Perusahaan Saat ini JNE adalah perusahaan kurir dan logistik terbesar yang yang didukung secara ONLINE yang tersebar luas di Indonesia. .

Dengan memperkenalkan suatu layanan yang sangat terjangkau namun tetap memberikan peningkatan kualitas layanan baik kecepatan maupun keamanannya. JNE terus berusaha untuk mengembangkan sayapnya merambah dunia internasional sesuai dengan visi perusahaan.jne. Saat ini jasa trucking JNE didukung oleh 9 armada truck yang siap mengangkut barang barang kiriman customer dan siap melayani jasa penjemputan kiriman (pick-up service) mulai pukul 13.co. tidak temasuk untuk biaya packing dan asuransi. Selama bulan Februari adalah bulan promo untuk pengiriman jalur darat tujuan kota-kota besar di Pulau Jawa. Promo ini lebih jelasnya dapat dilihat pada www. Selain melayani kiriman melalui jalur udara dan laut. Tahun 2010 sesuai target pengembangan jaringan JNE dimana saat ini telah mencapai 2000 point of services.Kini JNE juga telah memperluas layanannya dengan mengaktifkan pengiriman cargo melalui jalur darat.id. Artinya JNE telah memiliki kemampuan yang cukup untuk memasarkan produk trucking yang memiliki konsep berbeda dari yang selama ini dirasakan masyarakat. JNE juga melayani jasa perpindahan (moving) dan juga warehousing. Pada website JNE. Mengembangkan bisnis baru bukan berarti tidak ada kendala sama sekali bagi sebuah perusahaan ekspedisi. sedikit kendala yang ada. Dimana seorang pelanggan boleh melakukan pengiriman untuk maksimal 100kg. Target utama dalam peluncuran layanan angkutan darat dan laut antar pulau adalah berkat keinginan yang besar dari JNE untuk dapat mengangkat daya saing pengusaha lokal dan nasional dalam berkompetisi secara global. pelanggan juga dipermudah dengan adanya fasilitas trace & tracking. yaitu dapat melihat harga pengiriman dan menelusuri status pengiriman barang. bahwa memperkenalkan suatu kualitas atau nilai tambah kepada konsumen pengguna jasa angkutan darat tidaklah mudah. customer selama ini . Kiriman dengan menggunakan jasa trucking JNE saat ini sudah sampai ke seluruh kabupaten di Pulau Jawa dan juga memiliki asuransi dalam setiap pengirimannya.00 WIB dengan minimum beban 10 kilogram per kiriman.

Kirim e-mail permintaan penjemputan barang kiriman anda ke customercare@jne.jne. pengembangan bisnis seperti ini juga dilakukan sebagai bentuk apresiasi JNE terhadap pelanggan sesuai dengan nilai-nilai dasar perusahaan yaitu jujur. Pengangkutan ini pun terjamin keamanannya. tanggung jawab.co. JNE menyadari pentingnya tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi akan citra positif perusahaan. Pelan-pelan JNE harus merubah mindset para pengguna layanan darat ini bahwa pengiriman barang bukan hanya murah. namun juga cepat dan aman. disiplin. trace & tracking sampai dengan penerimaan oleh customer.id untuk mengetahui posisi kiriman. atau hubungi pusat layanan logistik JNE di nomor telepon 021-632-7702/03. Dengan menggunakan layanan ini customer juga bisa melakukan pengecekan secara online di website www. ditangani oleh SDM yang terlatih dan bertanggung jawab. Kiriman layanan darat JNE akan dilengkapi dengan Standard Operation Procedure yang mengutamakan kecepatan dan keamanan.terbiasa dengan kualitas yang belum memenuhi standard internasional. . labelling. Dimulai sejak proses serah terima.co. kerjasama dan visioner.id. adil. kelayakan packing. Sistem komunikasi online juga akan mempermudah konsumen dalam memonitor posisi kirimannya. Selain selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan memanjakan pelanggannya. manifesting. 633-3238. seluruh armada JNE dilengkapi oleh teknologi GPS (Global Positioning System).

SERVICES  Services Express Generasi baru YES (Yakin Esok Sampai) Setelah PRODUK YES mendapatkan penghargaan produk asli Indonesia. customer akan mendapatkan status pengiriman secara otomatis di Handphone atau email. JNE terus berupaya untuk meningkatkan layanan YES. Jasa Kurir Dalam Negeri & Intra Kota y Jasa Kurir Dalam Negeri . Dimana layanan YES (Yakin Esok Sampai) akan muncul dalam format baru. Dengan mencantumkan nomer Handphone atau alamat email. Sistem Money Back Quarantee (Garansi Uang Kembali) format lama pun akan berubah menjadi Money Back Quarantee Otomaticly (Garansi Uang Kembali Otomatis) walaupun anda tidak mengklaimnya.

.Dengan keberadaan jaringan dalam negeri yang dapat diandalkan JNE menjamin kecepatan pengantaran keseluruh wilayah di Indonesia. y Diplomat Layanan yang diberikan JNE kepada pengguna jasa/customer yang memerlukan penanganan khusus dimana barang kiriman (dokumen atau paket) dibawa langsung oleh petugas JNE dengan cara Hand Carry. JNE menawarkan waktu penjemputan dan transit yang cepat dan fleksibel kepada pelanggan. y Yakin Esok Sampai Layanan yang diberikan oleh JNE bagi pengguna jasa/customer yang mengirimkan barang kirimannya dengan masa waktu hari ini kirim besok sampai. Beroperasi 24 jam sehari. y Layanan Super Speed Layanan yang diberikan oleh JNE kepada pengguna jasa/customer yang memerlukan waktu yang cepat. Batas waktu penerimaan barang minimal 2 jam sebelum jam keberangkatan armada dan diterima tujuan sesuai dengan kondisi yang berlaku. Waktu penyampaian keesokan hari maksimal jam 24.00. Apabila besok tidak sampai dimana merupakan kesalahan/kelalaian JNE maka customer dibebaskan biaya kirim (biaya dikembalikan).00. dimana barang yang dikirimkan akan diterima pada hari yang sama dengan maksimal penyampaian jam 24. 7 hari seminggu.

00. waktu penyampaian paling cepat 3 hari kerja sejak barang diterima oleh JNE. Selain memiliki tim yang professional. Batas waktu penerimaan barang yaitu jam 23.y Layanan Reguler Layanan yang diberikan oleh JNE bagi pengguna jasa/customer yang mengirimkan barang kirimannya dimana waktu penyampaian 1-5 hari kerja sesuai dengan estimasi kota tujuan.00. Batas waktu permintaan pick-up kiriman jam 18. JNE dapat melayani pelanggan dengan fleksibel sesuai kebutuhannya. Semua kiriman dimonitor setiap saat melalui program situs JNE oleh para tim JNE secara professional. y Ongkos Kirim Ekonomis Layanan yang diberikan JNE bagi pengguna jasa/customer yang membutuhkan harga ekonomis dimana kecepatan tidak diperlukan. JNE juga melayani pengantaran khusus untuk kiriman peka waktu hingga tujuan akhir. Jasa Kurir Luar Negeri / Internasional Express y Internasional Express JNE memindahkan dokumen hingga paket besar ke berbagai tujuan di seluruh dunia dengan kecepatan dan kehandalan yang teruji. . Selain itu. JNE dapat melayani tepat dan cepat pengelolaan logistik dan pengantaran bagi banyak perusahaan terkemuka. y Cargo Service Dengan lebih dari 50 kantor cabang dan lebih dari 150 depot pengantaran di berbagai kota di Indonesia.

galeri atau rumah memindahkannya ke lokasi baru serta membuka pengepakan. JNE mengadakan kunjungan untuk mendiskusikan pengemasan. pengepakan serta pengaturan transportasi angkutan yang tepat sampai ke tujuan. Angkutan Darat & Pergudangan JNE menyediakan jasa perpindahan dan pengepakan barang seluruh isi kantor. y Jasa Layanan Kapabean Antisipasi dan persiapan proses kepabeanan telah ditangani sepenuhnya untuk menghindari keterlambatan. Service Logistics y Jasa Kargo Laut dan Udara Kecepatan dan keamanan serta keakuratan kegiatan impor dan ekspor adalah jaminan JNE kepada pelanggan untuk keperluan jasa Kargo Laut dan Udara. y Logistic & Distribusi . JNE memiliki sumber daya dan kemampuan menangani pengiriman kargo laut dan udara kemana saja setiap saat. Pengalaman telah menjadikan JNE dipilih oleh berbagai institusi pemerintah dan non pemerintahuntuk menangani distribusi dan kapabean untuk proyek-proyek mereka. y Jasa Perpindahan. Dengan jaringan luas dan strategis diberbagai negara. pabrik.

CEPAT.00 (hari berikutnya) dan pada hari SABTU/MINGGU/LIBUR harus dengan konfirmasi. .000 (sepuluh juta rupiah) Mengambil Uang: Pengambilan uang antara jam 19. Bebas biaya administrasi untuk setiap transaksi penerimaan uang 3. JNE dapat melayani pelanggan dengan fleksibel sesuai kebutuhannya. 10.00 (Satu hari sebelumnya) Keuntungan Bertransaksi di Western Union-JNE Berbagai keuntungan bisa ditemukan di Western Union JNE: 1. uang dapat diterima dalam beberapa menit setelah dikirim.00 sampai dengan pukul 08. BEBAS BIAYA MATERAI. Catatan:   y Konfirmasi pengambilan uang (Senin. JNE dapat melayani tepat dan cepat pengelolaan logistik dan pengantaran bagi banyak perusahaan terkemuka. MUDAH.  Service Money Remittance y Buka 24 jam Western Union _ JNE Tomang Jakarta Sekarang 24 jam.Dengan lebih dari 50 kantor cabang dan lebih dari 150 depot pengantaran di berbagai kota di Indonesia.00 (hari yang sama) Konfirmasi Pengambilan Uang (Sabtu/Minggu/Libur) maksimal pukul 19.Jumat) maksimal pukul 19. Dengan Western Union.000. Selain memiliki tim yang professional.00 sampai 08. BEBAS BIAYA. 4. Syarat dan ketentuan : Mengirim Uang: Pengiriman antara jam 21.00 (hari berikutnya). Dapat melakukan transaksi penerimaan hanya dengan menunjukkan kartu identitas yang berlaku dan melengkapi formulir aplikasi pengiriman/penerimaan tanpa harus memiliki rekening bank. 2. Berlaku untuk setiap transaksi Western Union. serta pada hari SABTU/MINGGU/LIBUR maksimal Rp.

SIM. Dalam beberapa menit uang dapat segera dibayarkan kepada penerima di agen lokasi Western Union. Pemisahan counter layanan pengiriman barang dan penerimaan uang *). jam operasional di beberapa lokasi 24 jam. jam operasional customer support center Head office 12 jam. Western Union berpengalaman mengirim uang kepada pelanggannya lebih dari 150 tahun. TERPERCAYA. Dengan teknologi terkini serta didukung jaringan computer unik diseluruh dunia. Negara pengirim dan jumlah yang dikirim (wajib di ketahui) 2. NYAMAN. yang berlaku sebagai nomor identitas transaksi. LOKASI 24 JAM*). 6. Lengkapi formulir TO Receive Money termasuk nama pengirim. yang dapat melakukan pembayaran segera ke 190+ Negara dank e barbagai lokasi di dunia 7. Lengkapi formulir pengiriman uang 2. 9. KITAS) untuk pengesahan transaksi . 3. Hubungi si penerima uang dan kabarkan bahwa Anda telah mengirim uang. minggu dan Hari libur tetap buka. Berikan uang yang akan dikirim dan biaya pengirimannya di counter. CUSTOMER SUPPORT CENTER 12 JAM. KITAS). Pastikan pembayaran yang dikirim. AMAN. Note: *) untuk di beberapa lokasi y Tata Cara Menerima & Mengirim Uang Mengirim Uang : 1. Passport. sabtu. Pasport. cepat dan dapat diterima oleh yang berhak. Kembalikan formulir dengan bukti identitas yang sah yang masih berlaku (KTP. pelanggan akan ditangani oleh petugas layanan yang terlatih dan pengalaman 8.5. SIM. Menerima Uang : 1. Simpan tanda terima (formulir beserta print out) dan Money Transfer Control Number (MTCN) 4. Hanya penerimaan yang ditunjuk yang dapat menerima kiriman uang dan setiap pengiriman dilindungi system keamanan kelas dunia dengan adanya Money transfer Control Number (MTCN). Mengetahui nomor kode transfer/ (MTCN Money Transfer Code Number) yang diinformasikan oleh pengirim 3. Kembalikan formulir ke counter dan serahkan bukti indentitas yang sah yang masih berlaku (KTP.

Adapun biaya asuransi yang menjadi tanggungan pengirim adalah: 0. Voucher isi ulang. 5. Barang kiriman yang bernilai lebih dari 10 kali biaya kiriman wajib di asuransikan. membantu pelanggan menghindari keterlambatan dan antrian yang tidak perlu. Informasikan nilai kiriman anda saat transaksi dihadapan petugas. JNE menyediakan jasa pendamping melalui proses imigrasi dan kepabeanan. Setelah disahkan. penginapan serta reservasi tiket. Barang elektronik dan barang kiriman yang bernilai tinggi lainnya.2 % x nilai barang + Rp.4. Mengatur transportasi. 3. 2. penerima dapat menerima uangnya segera. y Berat Volumetrik (kg) Panjang (Cm) x Lebar (Cm) x Tinggi (Cm) _________________________________ x 1 Kg .  Other Service y Asuransi Untuk Kiriman Bernilai Tinggi 1.000 ( biaya administrasi ) * Kiriman bernilai tinggi : Telepon genggam. Kamera.  Executive Concierge Service y Jasa penjemputan Bandara Bertujuan untuk menjamin kelancaran proses kedatangan. transit atau keberangkatan para pelanggan. arloji.

6000 Apabila hitungan volumetrik lebih berat dari berat aktual, maka biaya kirim dihitung berdasarkan berat volumetrik. y 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Kiriman Yang Dilarang Surat, Warkat Pos dan atau Kartu Pos. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri. Narkotika dan atau obat-obat terlarang lainnya. Pornografi, barang cetakan/benda yang menyinggung kesusilaan. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional. Alkohol,minuman keras dan makanan basah. Tanaman & hewan. Senjata api, pisau & petasan. Perhiasan, batu akik/batu-batu berharga, perangko &uang tunai. Perlengkapan dan peralatan judi.

BIAYA TAMBAHAN 1. Barang kiriman yang dikategorikan sebagai barang berbahaya dikenakan biaya tambahan 100% dari biaya kirim. 2. Barang kiriman yang memiliki berat per koli 150 kg atau lebih, dikenakan biaya tambahan sebesar 50% dari biaya kirim. 3. Kendaraan bermotor/mesin dikenakan biaya tambahan sebesar 100% dari biaya kirim.

TRACE & TRACKING Lacak Keberadaan Paket & Dokumen anda melalui www.jne.co.id atau no. Telp. 022-7335454 / 7335455 / 7335462 (JNE Kawaluyaan Bandung)

Cek Harga

Ingin mengetahui harga kiriman klik www.jne.co.id atau no. Telp. 022-7335454 / 7335455 / 7335462 (JNE Kawaluyaan Bandung) TARIF PENGIRIMAN DARI BANDUNG KE : (belum termasuk PPN 1%, asuransi dan packing kayu jika diperlukan)
REG Ambon Balikpapan Banda Aceh Bandarlampung Bandung/Soreang Banjar Banjarmasin Bantul Banyuwangi Batam Bekasi Belawan Bengkulu Biak Bima Binjai Bitung 40,000 23,000 26,000 14,000 4,000 11,000 20,000 17,000 25,000 19,000 9,000 23,000 18,000 75,000 28,000 25,000 50,000 YES 28,000 20,000 7,000 14,000 28,000 22,000 25,000 14,000 36,000 25,000 35,000 15,000 6,000 15,000 OKE 16,000 18,000 12,000 3,000 7,000 15,000

Bogor Bontang Boyolali Ciamis Cianjur Cibinong Cilegon Cirebon Denpasar Depok Fakfak Garut Gorontalo Gresik Jakarta Jambi Jatinangor Jayapura Jember Karawang Kebumen

8,000 27,000 18,000 9,000 10,000 9,000 9,000 9,000 15,000 10,000 95,000 8,000 37,000 18,000 8,000 15,000 5,000 45,000 17,000 9,000 22,000

14,000 23,000 12,000

6,000 22,000 6,000 7,000

14,000 16,000 21,000 16,000

7,000 6,000 7,000 11,000 6,000

10,000 24,000 12,000 9,000 18,000 -

6,000 6,000 4,000 6,000 -

Kediri Kendari Klaten Kupang Madiun Magelang Magetan/Ngawi Makasar Malang Mamuju Manado Mataram Medan Mojokerto Padang Palangkaraya Palembang Pandaan Pangkalpinang Pekanbaru Pontianak

16,000 27,000 18,000 27,000 16,000 17,000 19,000 20,000 17,000 36,000 27,000 19,000 19,000 18,000 19,000 20,000 15,000 19,000 19,000 19,000 20,000

23,000 22,000 28,000 23,000 27,000 23,000 24,000

20,000 22,000 14,000 16,000 13,000 20,000 17,000 13,000 15,000 16,000

22,000 28,000 23,000 24,000 27,000

13,000

17,000 15,000 15,000

000 7.Probolinggo Purwakarta Purworejo Samarinda Semarang Serang Sleman Solo Sorong Sragen Sukabumi Sumedang Surabaya Tangerang Tanjungpandan Tanjungpinang Tarakan Tasikmalaya Temanggung Ternate Timika 17.000 9.000 10.000 22.000 22.000 14.000 6.000 75.000 - 6.000 10.000 8.000 9.000 6.000 65.000 80.000 10.000 8.000 14.000 11.000 30.000 18.000 10.000 32.000 15.000 6.000 9.000 22.500 19.000 12.000 17.000 22.000 23.000 18.000 19.000 25.000 30.000 14.000 9.000 17.000 18.500 17.000 .000 12.

Kekuatan & Kelemahan  Kekuatan .000 Berlaku untuk tingkat Kab/kota.000 - - 17.000 20.000 10.000 22.000 12.Tondano Wates Wonosobo Yogyakarta 50. Untuk tingkat kecamatan silakan hubungi kami.

Analisis Situasi A.y y y y y y y y y hemat. . Mudah. Lacak. Penjemputan. 3. sementara untuk pengiriman ke daerah. melayani pengirimancepat.  Kelemahan Kelemahan pada PT JNE yaitu dibidang pelayanan terhadap customer yang dinilai kurang ramah sehingga membuat customer merasa segan dan cenderung dapat mengurangi konsumen. Pertumbuhan yang kian merata membuat jasa pengiriman dibutuhkan hingga sampai ke pelosok pelosok tanah air.Analisis lingkungan makro Perkembangan negara Indonesia ke arah yang positif membawa dampak pertumbuhan ekonomi yang positif pula. Aman. serta distribusi di Indonesia. Kemudahan Pembayaran. Dalam regulasinya UU Pos juga mengatur perusahaan Asing dibidang jasa pengiriman. dimana perusahaan asing hanya bolehkan mengirim hingga pelabuhan serta Bandara Internasional. JNE merupakan jasa pengiriman barang yang telah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun yang didukung oleh 1000 karyawan dan lebih dari 500 gerai yang tersebar luas di Indonesia. Demand yang besar akan jasa pengiriman terbukti dengan semakin bertambahnya jumlah perusahaan jasa pengiriman di Indonesia yang melayani pengiriman barang baik lokal maupun internasional. Pasti. mereka harus bermitra dengan perusahaan lokal. sehingga dapat membuka peluang kerjasama yang baik bagi perusahaan lokal. Cepat. dan JNE telah siap mengantisipasi hal tersebut. penanganan kepabeanan. Sumber Daya Manusia.

kemudahan. Strategi yang dilakukan PT JNE dalam .B. terpercaya. Layanan WU di JNE telah dikenal dengan kecepatan.Analisis Struktur Industri (5 forces) Model Lima Pesaing Lima five forces model-Michael Porter Gambar 7. dan keamanannya. Western Union adalah perusahaan jasa pengiriman uang secara cepat (real time on line) yang dilakukan lintas negara atau dalam satu negara hanya dalam hitungan detik. Selain itu layanan WU JNE bebas biaya adminstrasi & materai. JNE dipercaya oleh Western Union (WU) untuk menjadi mitra kerja. Model 5 forces (Michael porter) 1) Barriers to Entry Dalam hal ini persaingan ancaman produk pengganti adalah layanan pengiriman uang.

Dalam menghadapi ancaman pendatang baru. Cito Express. JNE untuk menunjukan kinerjanya. Cahaya Nusantara Express. Dalam menghadapi persaingan bisnis tersebut PT. dan lain-lain. PT JNE menggunakan dana internal maupun eksternal yaitu melaui pinjaman bank dan melaui kemitraan dengan perusahaan asing. cara yang harus dilakukan PT JNE adalah memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pengiriman. Dalam hal ini.pengembangan produknya adalah dengan mempertahankan kualitas produk dan memperluas jaringan hingga ke pelosok seta memaksimalisasikan jam operasional. ASPERINDO. 3) Power of Buyers Ancaman pendatang baru dalam bisnis kurir adalah perusahaan kurir seperti DHL. Fedex. serta tepat waktu dalam pengiriman. 2) Rivalry Among Competitor Persaingan yang semakin ketat dalam perusahaan penyedia ekspedisi/kurir baik dalam negeri/luar negeri merupakan tantangan bagi PT. Menghadapi daya tawar pemasok JNE yaitu dengan dibukanya lagi kerjasama guna meningkatkan kerjasama perusahaan serta membina hubungan yang baik dengan para pemasok. 4) Power of Supplier Dalam upaya mempercepat pengembangan dan pembangunan diburuhkan investasi. 5) Availability of Substitutes . JNE memperluas jaringan dan memaksimalkan lokasi-lokasi yang berpotensi bagi JNE. memberikan harga yang terjangkau. Pos Indonesia.

TIKI JNE juga telah mengeluarkan JNE Card sehingga bagi pelanggan yang memiliki kartu JNE tersebut. JNE tidak mungkin menjadi tuan rumah di negeri sendiri kalau tidak memunyai jaringan yang solid dan mengusung kualitas layanan. C. akan memperoleh potongan dengan poin yang mereka kumpulkan. .Daya tawar konsumen pada JNE adalah masyarakat umum. sehingga kinerja JNE bisa terus tumbuh 30 hingga 40 persen per tahun.  market share : Dalam langkah strategis lainnya JNE mampu memper-i luas segmen pasar dan meningkatkan kualitas layanan. bahkan hingga1 ke mancanegara. JNE sendiri memang didesain untuk bisa mengantisipasi perkembangan bisnis jasa pengiriman barang di dalam negeri. strategi pada kekuatan JNE yang artinya mampu mendistribusikan barang di Indonesia jauh lebih luas dibanding perusahaan lainnya. Analisis persaingan  posisi pasar : JNE ditargetkan menjadi perusahaan jasa distribusi yang berstandar internasional.  kekuatan pasar : kekuatan JNE yaitu mampu mendistribusikan barang di Indonesia jauh lebih luas dibanding perusahaan lainnya. Untuk lebih mendekatkan diri dengan pelanggan. Sehingga dapat melayani kebutuhan/permintaan berbagai lapisan masyarakat sehingga bisa eksis menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Bahkan jauh ke pelosokpelosok daerah di Indonesia dibanding perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia. Dalam hal ini. Bahkan jauh ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia dibanding perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia. JNE membangun jaringan binsis dengan konsep kualitas kelas dunia.  kelemahan : Dibidang pelayanan terhadap customer yang dinilai kurang ramah sehingga membuat customer merasa segan dan cenderung dapat mengurangi konsumen. Dengan menghadapi daya tawar konsumen dan mempertahankan konsumen TIKI/JNE lebih meningkatkan fasilitas dan pelayanan sehingga kepercayaan pelanggan semakin tinggi.

berbagai penghambaan sudah diterima JNE. Dasar Konsentrasi berdasar produk tertentu JNE adalah perusahaan dengan standar Internasional dibidang jasa distribusi (logistik) yang memiliki banyak layanan dan dasar konsentrasinya adalah jasa kurir. D. Pelayanan JNE yang memuaskan. Analisis Pelanggan y Jumlah Pelanggan Jumlah customer dari JNE belum begitu pasti . Harga yang sesuai dengan layanan yang dipakai customer 3. dunia usaha dan industri di dalam negeri serta perusahaan whole seller dari luar negeri. Factor Pendorong Customer memilih menjadi pelanggan atau memakai layanan JNE dikarenakan factor-faktor berikut ini : 1. y y y y . tetapi dari data yang didapat .Hal ini yang membuat customer memilih memakai jasa layanan JNE.Dilihat dari sisi kinerja JNE sepanjang tahun 2008 tergolong cukup baik. Tipe Pelanggan JNE mengembangkan strategi pemasaran secara customize dengan target pasarnya adalah masyarakat umum dari tingkat menengah. Atas keberhasilan yang dicapai beberapa tahun terakhir ini.sesuai dengan layanan yang dipilih oleh customer 2. Pendapatan bruto tahun 2008 sebesar 250 miliar dan tahun 2009 ditargetkan mengalami kenaikan 20 persen. Banyaknya gerai JNE sehingga customer mudah menjangkau dengan mudah dan cepat 4. JNE juga mengusung semboyan melayani dengan sepenuh hati kepada seluruh pelanggan yang menggunakan jasa mereka dalam mengantarkan barang. Sedikitnya pesaing yang selevel dengan JNE Proses pengambilan Keputusan Dengan adanya pilihan layanan yang beragam sesuai harga dan jenis layanan yang dapat dipilih oleh customer. selama ini JNE mengirimkan sekitar 1juta paket per bulan.

Gerai-gerai tersebut terbagi antara lain.di Sulawesi 32 gerai.pada bulan Oktober tahun 2009 JNE sudah memiliki 769 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.id) Tampak dari table diatas. .di Jakarta terdapat 243 gerai.E.di Bali/NTT/NTB 16 gerai. Analisis Ukuran Pasar Total dan Pertumbuhannya Network Growth By Oktober 2009 PROVINSI JAKARTA JAWA SUMATERA CABANG 13 6 4 AGEN 14 7 3 4 SUB-AGEN 39 66 36 17 GERAI 243 289 151 37 32 KALIMANTAN 3 SULAWESI BALI / NTT / NTB PAPUA MALUKU TOTAL / 29 1 2 2 5 16 3 33 2 165 1 769 (sumber : www.di Papua/Maluku 1 gerai dengan total 769 gerai.di Kalimantan 37 gerai.jne.di Sumatera 151 gerai.co.di Jawa 289 gerai.

Analisis Internal a. JNE sendiri membangun jaringan binsis dengan konsep kualitas kelas dunia. awalnya sangat sulit bersaing karena pemain-pemain asing yang sudah mendunia. . termasuk "isi perut" JNE. karena memiliki kekuatan dan kelebihan yang tidak dimiliki perusahaan lain. Darah distribusi seolah mengalir di tubuhnya sehingga bisa menguasai seluk-beluk bidang distribusi. Komitmen Johari pada JNE terbukti karena terus eksis hingga saat ini.Evaluasi Strategi dan Program Pemasaran yang Sudah Dijalankan PT.000 karyawan dan tak kurang 700 gerai yang tersebar luas di Indonesia. JNE tidak mungkin menjadi tuan rumah di negeri sendiri kalau tidak mempunyai jaringan yang solid dan mengusung kualitas layanan. 4. di awal era globalisasi. JNE ditargetkan untuk bisa memenuhi kebutuhan korporat/ perusahaan. CV Titipan Kilat (Tiki) membentuk perusahaan baru yang diberi nama JNE.Pertumbuhan JNE JNE didirikan pada 26 November 1990. Untuk mengantisipasinya. yaitu Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara) untuk meningkatkan lalu lintas pengiriman barang. Saat dibentuk. Saat ini JNE didukung 1. Pada 1991. maka JNE fokus pada distribusi barang impor. Ini memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah distribusi barang hingga ke seluruh dunia. saya akan mencoba membahas mengenai strategi pemasaran yang diambil JNE dengan dikeluarkannya Pesona. JNE memperluas jaringan internasionalnya dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir di beberapa negara ASEAN (ACCA) yang bermarkas di Hong Kong. Untuk bisnis global. Pengalamannya fokus di satu bidang membuat pengelolaan JNE semakin baik. Awalnya hanya memiliki delapan orang tenaga kerja dan dengan modal Rp 100 juta. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang bergerak di jasa pengiriman barang mengenalkan layanan baru. Tapi. bahkan terkait ekspor-impor. Dalam blog saya kali ini. JNE menetapkan strategi untuk fokus di pasar domestik. termasuk asing. Dalam hal ini.

sehingga mereka meningkatkan penggunaan jasa JNE otomatis meningkatkan pembelian. Dengan produk PESONA ini JNE menarik konsumen yang baru (new customer) sekaligus juga meningkatkan pemakaian (more usage).COMPETITION STRATEGY Dengan asumsi JNE adalah market leader di Indonesia maka dengan diluncurkannya layanan pesona. y More Usage Dengan PESONA. . Layanan ini membuat konsumen personal yang sebelumnya jarang menggunakan jasa JNE dan belum pernah atau sebelumnya tidak menggunakan jasa menggunakan jasa JNE dapat tertarik menggunakan jasa JNE dengan adanya layanan pengiriman makanan khas daerah ini. JNE juga melakukan cross selling. Selain itu. JNE juga melakukan starategi pertahanan berupa Preemptive Defense dimana JNE mengeluarkan variasi layanan baru sebelum pesaingnya mengeluarkan jenis layanan baru atau dengan kata lain JNE menyerang pesaing sebelum pesaing menyerang. Hal ini dicapai oleh JNE dengan mengidentifikasikan cara yang baru dan berbeda untuk menggunakan merk-nya. dimana JNE memperluas target customer yang dapat dilayani dan menambah layanan dengan diperkenalkannya layanan Pesona. y New Consumer PESONA membidik pasar konsumen. menawarkan layanan ini pada para pelanggan JNE yang ada. maka JNE dalam menghadapi kompetisi menggunakan strategi agresif yaitu meningkatkan pasar (Expanding Total Market).

Dalam hal ini mampu melayani kebutuhan/permintaan berbagai lapisan masyarakat sehingga bisa eksis menjadi tuan rumah di negeri sendiri. .b.Evaluasi Kinerja Pemasaran yang Telah Dicapai Identifikasi Hasil Penjualan Jasa Layanan JNE Tabel diatas (kiri) menunjukkan pertumbuhan pengiriman bulanan periode tahun 1997-2005. JNE ditargetkan menjadi perusahaan jasa distribusi yang berstandar internasional.000 paket yang dikirim .Pada tahun 2005 tercatat 400. tetapi dari data yang kami dapat pada tahun 2010 paket pengiriman kembali naik mencapai angka 1juta pengiriman paket per bulan.

Gambaran ini menunjukkan situasi pasar JNE akan tetap berkembang untuk beberapa tahun yang akan datang. Misalnya strategi pada kekuatan JNE yang artinya mampu mendistribusikan barang di Indonesia jauh lebih luas dibanding perusahaan lainnya. Bahkan jauh ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia dibanding perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia.FORECASTING a Asumsi-asumsi peramalan Dalam bab ini akan dijelaskan rencana JNE untuk mendapatkan pelanggan sesuai dengan kekuatan perusahaan dan peluang pasar yang tersedia. JNE sebagai salah satu bisnis jasa kurir memiliki prospek yang menjanjikan buat masa yang akan datang. Ini menunjukkan meski teknologi digital sudah begitu maju. JNE optimistis dengan langkah-langkah ini.Untuk mewujudkan ha] ini. Selain itu. Tak heran JNE sebagai perusahaan bisnis jasa pengiriman barang tetap eksis. Johari Zein mengungkapkan sejumlah jurus. jasa pengiriman paket dan dokumen secara fisik tetap diperlukan. Langkah strategis lainnya adalah memper-i luas segmen pasar dan meningkatkan kualitas layanan. berbagai penghambaan sudah diterima JNE. JNE juga mendapatkan ISO 9000-2000 atas jasa yang diberikan. kinerja JNE bisa terus tumbuh 30 hingga 40 persen per tahun. Ramalan Ukuran Pasar secara Kuantitatif Proyeksi Ukuran dan Pertumbuhan Pasar dalam 3-5 Tahun Mendatang . 5. Pendapatan bruto tahun 2008 sebesar 250 miliar dan tahun 2009 ditargetkan mengalami kenaikan 20 persen. Dilihat dari sisi kinerja JNE sepanjang tahun 2008 tergolong cukup baik. Atas keberhasilan yang dicapai beberapa tahun terakhir ini. Ini merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang perposan. Semakin hari pengguna jasa kurir untuk pengiriman barang bukannya semakin berkurang. b. bahkan jumlah pemainnya terus bertambah dari waktu ke waktu. Salah satunya mutu layanan dan kemampuan manajemen JNE telah diakui Pemerintah Indonesia melalui penghargaan "Adhi-karya Pos" pada 1998-2001.

000 405.000 3.000 Tabel Proyeksi Kuantitatif Penjualan Per Bulan Untuk 5 Tahun Ke Depan Adalah (Dalam Ribuan) Estimasi untuk penjualan tahun 2010 sampai dengan 2014 kedepan Perkiraan omset JNE per bulan di Tahun 2009 250 pelanggan X Rp.000 -2 -1 0 1 2 0 X X2 XY 2005 2006 2007 2008 2009 TOTAL 4 1 0 1 4 10 -4000 -3000 0 80.000 4.000 478.500 80. 27000 X 30hari = Rp.500 292.500.Proyeksi Kuantitatif Penghasilan Per Bulan Untuk 5 Tahun Ke Depan Adalah (Dalam Ribuan) Tahun Y (data penghasilan JNE per bulan) 2. 202.000 202.000 .

200.800.800 (TAHUN 2010)= 58. 201.600 (TAHUN 2011)= 58.400+47.000.800(6) = 345.800(7) = 393.200 (TAHUN 2013)= 58.297.Y=A+Bx A= Y/n =292. . Rp. perubahan harga dan lain sebagainya. penambahan cabang.000/5 =58400 B= XY/ X2 = 478.000/10 = 47800 Persamaan estimasi penghasilan: Y = A+BX Y=58.000.400+47.800X Ramalan tingkat penghasilan per bulan tahun 2010 s/d 2014 Y Y Y Y Y (TAHUN 2009)= 58. 249. 393.400+47.800(4) = 249.000 Hasil dari estimasi penjualan yang kita dapat adalah berasal dari data rata rata penghasilan dari JNE yang meningkat setiap tahunnya.400+47. Rp.000 Jadi estimasi penjualan pertahun untuk tahun 2010 sampai dengan 2014 adalah Rp.000.600.800(5) = 297.000. Rp. 345. Jadi hasil estimasi yang didapat tidak dipertimbangkan jika ada factor-faktor tambahan lain seperti jumlah customer. Rp.400.000.800(3) = 201.400+47.400 (TAHUN 2012)=58.400+47.

b. Sasaran Pemasaran Pelayanan Kepada Pembeli yang Baik Dalam memenuhi kebutuhannya konsumen selalu menginginkan empat hal penting yaitu kualitas.C. Menyadari hal tersebut maka segmentaasi pasar harus dilakukan agar dapat memberikan pelayanan yang mengarah kepada pasarnya. y 5 Sasaran dan Tujuan Pemasaran a. Karena JNE memberikan pilihan harga sesuai dengan masing-masing paket servicenya. Harga dan kualitas kadang menjadi nomor dua dibanding pelayanan. Ramalan Kondisi Pasar secara Kuantitatif y Lingkungan Makro Dari segi Ekonomi Keadaan ekonomi Indonesia yang tidak merata (antara yang kaya dan yang miskin) tidak terlalu mempengaruhi customer JNE.Selain itu. Banyak konsumen lari ketempat lain karena masalah pelayanan. Lingkungan Mikro Dari sisi Konsumen dari JNE terbagi 2 yaitu masyarakat umum dan pelaku bisnis. harga yang terjangkau. promosi yang dilakukan melalui blog-blog pelanggan di internet dan website JNE menjadikan JNE lebih dikenal oleh masyarakat/konsumen. pelayanan yang baik dan memuaskan.Seiring dengan berkembangnya teknologi internet sehingga memuncullkan e-commerce yang memperbanyak Online Shop atau pembelian lewat internet atau media lain yang membutuhkan jasa pengiriman barang memberi peluang yang cukup besar bagi JNE untuk meraup banyak konsumen. Tujuan Pemasaran . Dari keempat hal tersebut yang sangat dominan adalah perihal pelayanan.serta ketepatan waktu.

Peningkatan service barang sesuai dengan keinginan konsumen. JNE beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. melainkan juga sebagai tempat pelayanan pengiriman barang yang efisien dan efektif bagi konsumen. 4. Forum ini dapat meningkatkan citra JNE dalam bidang penanganan kiriman Cargo dan Logistics.  Peningkatan kepuasan pelanggan JNE sangat menjunjung tinggi kepuasan pelanggan. memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara tepat guna. adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran 1. JNE berhasil menjadi tuan rumah di Indonesia dalam forum ASPACNET. 3. Image yang ingin diciptakan JNE 1-5 tahun mendatang bukan hanya sebagai perusahaan jasa kurir yang sekedar menerima pengiriman barang.baik dari segi keamanan barang maupun segi pelayanan terhadap para konsumen JNE  Peningkatan Profit Untuk tahun 1990 JNE berhasil meraih omset dalam setahun 100an miliar.Tujuan Pemasaran 1-3 tahun mendatang  Peningkatan Market Share JNE mentargetkan agar setiap tahunnya market sharenya terus meluas dan bertambah. hal ini akan terus ditingkatkan oleh JNE dengan tujuan bahwa adanya peningkatan profit maka dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. mempererat hubungan dan memperkuat jaringan antara JNE dengan agen-agen dan antar agen itu sendiri.JNE menjamin kecepatan dan ketepatan pengantaran barang. 2. Semua kiriman dimonitor setiap saat melalui program situs JNE yang dimonitor oleh para JNE secara profesional Tujuan pemasaran atau marketing objective. Dengan keberadaan jaringan yang menyebar diseluruh wilayah Indonesia.meningkatkan kualitas karyawan. Peningkatan profit memberikan kekuatan (+) bagi perusahaan.  Peningkatan Image Peningkatan image perusahaan dapat diciptakan dengan peningkatan pelayanan terhadap konsumen yang datang ke JNE. titik awalnya adalah konsumen target fokusnya adalah kebutuhan konsumen sasarannya adalah laba melalui kepuasan konsumen caranya melalui paduan antara promosi dan komunikasi pemasaran -> komunikasi pemasaran terpadu .JNE menawarkan waktu penjemputan dan transit yang cepat dan fleksibel bagi pelanggan.

dan psikologis sebagai berikut : a. harganya -> dapat terjangkau oleh konsumen target pelayanannya -> kepada konsumen memuaskan. 7.demografis. propinsi. sehingga konsumen menjadi beralih pada layanan lain dan akan terjadi adanya kerugian. atau lingkungan. berkualitas dan memenuhi kebutuhan citra layanan -> baik dari sudut pandang konsumen konsumen Apabila kepuasan konsumen tersebut terpenuhi. Karena JNE selain menyediakan jasa pengiriman barang di atas 500 gram. yaitu perolehan laba. Untuk bisnis global.Kepuasan konsumen akan tercapai apabila perusahaan mampu untuk menyediakan consumer value package. dan akhirnya tujuan pemasaran dapat tercapai. JNE juga telah memperluas jaringan internasionalnya dengan bergabung sebagai anggota asosiasi . dimana masyarakat dari level ekonomi bawah sampai dengan atas dapat menggunakan jasa ini dan menjadi target pasar JNE. apabila perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya berfikir dari sudut pandang laba saja. JNE menetapkan strategi pada segmen geografis untuk fokus di pasar domestik. saat ini juga mengeluarkan layanan baru yaitu Pesona. Kepuasan konsumen adalah segalanya bagi perusahaan yang berorientasi kepada pemasaran/marketing. Dimana Pesona ini menyediakan jasa pembelian dan pengiriman makanan khas (oleh-oleh) daerah di Indonesia. Sebaliknya. yang berupa : 1. negara bagian. kemungkinan hasil pelayanan kepada konsumen akan menurun. Namun JNE mencakup wilayah nusantara dan luar negeri. Semua layanan yang disediakan JNE tidak dikelompokkan untuk jenis pasar tertentu. termasuk asing. maka jasa pelayanannya akan semakin disukai oleh konsumen. Strategi Pemasaran JNE Segmen pasar dan positioning yang diinginkan Dilihat dari sudut pandang JNE maka segment pasar yang digunakan adalah Full Market Coverage . 3. 2. Segmentasi Geografis Segmentasi geografis mengharuskan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara. kota . wilayah. Segmentasi pasar meliputi segmen geografis. karena memiliki kekuatan dan kelebihan yang tidak dimiliki perusahaan lain. maka JNE fokus pada distribusi barang impor.

b. jenis kelamin. ukuran keluarga. penghasilan. pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variable-variabel demografis seperti usia. JNE sendiri telah memiliki cabang diseluruh wilayah indonesia.hal ini dimaksudkan agar JNE dapat dengan mudah memantau pergerakan pengiriman barang. Dalam hal ini untuk kelas sosial JNE menyediakan berbagai macam bentuk pelayanan sesuai dengan kemampuan konsumen. Segmentasi Demografis Dalam segmentasi demografis. JNE telah menempatkan perusahaannya sebagai penghubung antar daerah diberbagai wilayah Indonesia. . siklus hidup keluarga. menjangkau seluruh nusantara. c. Sedangkan JNE sendiri melayani segala macam jenis barang termasuk dokumen-dokumen penting yang dapat dijamin keamanannya. JNE berhasil melayani kebutuhan konsumen dengan berbagai macam jenis layanan yang dibutuhkan oleh konsumen. kewarganegaraan. JNE menyediakan berbagai macam pelayanan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan konsumen.kelas menengah. Layanan ini melayani pengiriman makanan khas daerah yang mudah. pekerjaan. Khusus layanan Pesona.jadi JNE dikhususkan untuk melayani konsumen-konsumen yang ada di Indonesia dan pelayanan pengiriman barang antar wilayah di Indonesia.JNE melihat perilaku konsumen yang menyukai makanan khas daerah.namun JNE lebih memusatkan segmen pasar hanya domestik. gaya hidup.dan kelas menengah kebawah. Untuk kedepannya JNE berharap dapat melayani seluruh konsumen dari berbagai macam kewarganegaraan. dan atau kepribadian. Segmentasi Psikografis Dalam segmentasi psikografis. tanpa biaya tambahan. Pada segmen ini JNE tidak mematok kelompok konsumen tertentu. ras dan kelas sosial.Selama ini pun JNE telah berhasil melayani berbagai macam konsumen . pembeli dibagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial.yaitu kelas menengah keatas. Positioning yang diinginkan JNE untuk pengembangan usaha ke depannya Pada segmen pasar dijelaskan bahwa JNE telah mengeluarkan layanan baru yaitu pesona. agama. dan terjaga keaslian rasa dan kualitasnya. pendidikan.perusahaan-perusahaan kurir di beberapa negara ASEAN (ACCA) yang bermarkas di Hong Kong.

Stategi penjualan lainnya adalah bekerja sama dengan competitor dalam hal pemenuhan kuota bagasi agar lebih efisien. Promosi yang dilakukan kepada pelanggan seperti diskon jika dalam 5 kali pengiriman untuk kota yang sama dan dengan berat minimal 10 kg tiap pengiriman akan diberikan voucher discount free 1kg.Cargo Service (Cargo). iklan di Koran dan televisi. Paket tersebut antara lain Layanan Super Speed (SS).Ongkos Kirim Ekonomis (EKO) . . dan pemasangan banner. Strategi Penjualan Sebagai jasa pengiriman barang yang cukup dikenal oleh para pebisnis (perusahaan) dan masyarakat umum di Indonesia.Layanan Reguler(REG).Disini JNE membagi jenis servicenya menurut kecepatan pengiriman paketnya dan tingkat segmentasi market nya.pemasangan iklan di media massa seperti Yellow pages. Dengan demikian penjualan menjadi lebih meningkat. Oleh karena itu agar nilai dari jasa yang diberikan tersampaikan kepada customer secara efisien maka JNE memberikan penawaran produk yang digolongkan terdiri dari beberapa segmen dan jenis paket.selalu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi customernya dengan cara memberikan kecepatan dan ketepatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan pengiriman barang. JNE juga berusaha mencari pangsa pasar baru dengan melakukan strategi mebuat website.Yakin Esok Sampai (YES).JNE sebagai perusahaan yang bergerak di bidang logistic yang melayani jasa pengiriman barang bagi masyarakat umum (B to C) atau perusahaan (B to B).pemberian brosur kepada pelanggan yang datang. strategi penjualan yang diterapkan adalah bekerja sama dengan pelaku usaha online dan perusahaan. Selain itu.

JNE akan mengembangkan layanan baru yaitu jasa pengiriman paket berupa hewan.Menyusun Rencana Differensiasi Produk Produk utama yang ditawarkan oleh JNE adalah jasa pengiriman barang.Hal ini dikarenakan masih jarang adanya competitor sejenis dan cukup banyaknya demand. yaitu cara JNE untuk memudahkan konsumen untuk mendapatkan oleh-oleh khas kota lain dikirim langsung dari cabang JNE kota yang bersangkutan. 2.Rencana Pengembangan Produk Tidak hanya layanan pesona.tetapi saat ini JNE sudah memiliki beberapa produk lain di bidang logistic. .Rencana Konsep Produk Untuk penetapan rencana konsep produk. 3.antara lain adalah PESONA JNE(Pesanan Oleh-oleh).JNE menyesuaikan dengan konsep awal yang diusung oleh JNE adalah menjual jasa dalam bidang cargo dan logistic yaitu layanan pengiriman barang. Batas waktu penerimaan barang minimal 2 jam sebelum jam keberangkatan armada dan diterima tujuan sesuai dengan kondisi yang berlaku.JNE juga mengenalkan layanan diplomat yaitu layanan yang diberikan JNE kepada pengguna jasa/customer yang memerlukan penanganan khusus dimana barang kiriman (dokumen atau paket) dibawa langsung oleh petugas JNE dengan cara HandCarry.8. website terbaru yang dilaunching bersamaan dengan layanan diplomat. Program Pemasaran 1.

6.JNE akan menetapkan manajemen untuk melakukan pengawasan di setiap lini agar kualitas layanan yang diberikan tetap terkontrol.4.Rencana Penetapan Harga JNE menetapkan harga tetap seperti semula yaitu : Berat Volumetrik (kg) Panjang (Cm) x Lebar (Cm) x Tinggi (Cm) _________________________________ x 1 Kg 6000 Apabila hitungan volumetrik lebih berat dari berat aktual. Dan juga dikalikan dengan biaya berdasarkan kota yang akan dijangkau.Rencana Merek Merek yang akan digunakan tetap JNE karena mengingat nama JNE sudah terkenal di kalangan masyarakat khususnya yang sering menggunakan jasa cargo dan logistic khususnya jasa pengiriman barang. Khusus untuk pengelolaan produk layanan pengiriman hewan. 5.Sehingga layanan JNE dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan.Rencana Pengelolaan Lini Produk Dalam mengelola lini produk. y . maka biaya kirim dihitung berdasarkan berat volumetrik.manajemen JNE akan mengeluarkan aturan-aturan khusus dan menyediakan dokter hewan di setiap cabang untuk memeriksa apakah hewan yang akan dikirim JNE lulus standar tes kesehatan.

9.Rencana Promosi Saat ini JNE telah melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik. . 8.JNE telah memiliki website untuk mempermudah customer untuk mengakses atau mencari informasi tentang jasa yang ditawarkan JNE.para karyawan baru akan di training agar bekerja sesuai job desk dan juga harus memiliki etika yang baik dan ramah sehingga konsumen dilayani dengan baik dan maksimal.Sedangkan penetapan harga untuk pengiriman hewan akan dikenakan biaya tambahan untuk dokter dan asuransi. Rencana Desain Saluran Distribusi Desain saluran distribusi dari JNE adalah dari JNE pusat menuju JNE cabang hingga kepada konsumen sesuai dengan flowchart yang berlaku. 7.Selanjutnya JNE akan memperluas area promosi yakni dengan mengiklankan di majalah dan tabloid agar menjangkau pasar yang lebih luas dan agar dapat mencapai tujuan dari JNE yaitu memperluas market share.Orang-orang yang Dibutuhkan Dalam Proses Pelayanan JNE mempekerjakan orang-orang yang berkompeten dan sebelum menjadi karyawan tetap.

3. Outsanding Outbound . 2. Unmanifesting report Unediting Report Unapproved Manifest report Print Manifest Bag List Informasikan Kepada Manifest Susulan Kota Unmanifesting 4.9. Flow Chart Customer Travel to JNE Parkir Ngantri Nyerahin barang Choose service Pay Leave JNE Timbang approve Proses outbound B. Flow Chart Proses OutBond Incoming outbound Cash Counter Receiving Connote Packaging proses Shortir Per Destination manifesting Timbang Ulang Bagging Shortir Per service Editing Connote Coordinator Approve Manifest Clossing Labelling Check: 1. Rancangan Pelayanan A.

dll Kertas Resi Pelayanan baik .sopan. kertas resi .Tabel Alat Bantu penyusunan Service Blue Print JNE MOT Tindakan Pelanggan Respon dari Frontliner Dukungan dari Backroom Dukungan Sistem Physical Evidence yang nampak Halaman parkir . spidol Menginput data ke database Komputer Memberikan kertas resi customer Memproses barang lebih lanjut hingga ke tangan penerima Menyortir kertas salinan resi sebagai kertas accounting .informasi lengkap tentang jasa yang akan dipilih Proses cepat 2 Memasuki ruangan / ngantri Menyiapkan formulir 3 Menyerahkan barang/paket Mengambil barang 4 5 Menandatangani resi dan Membayar sejumlah tagihan dari jasa yg diterima Menerima kertas resi . lobby bersih Alat timbangan Standard Layanan (Hard & Soft) 1 parkir Membantu menyediakan space untuk parkir Menyapa dan menanyakan keperluan customer Menanyakan layanan yang di pilih Menyiapkan tempat antrian Mencatat nomor kendaraan pada karcis Memanggil customer sesuai antrian Menimbang barang Senyum.instruksi benar dan dapat diikuti.ruangan dingin ber-AC Karyawan memakai seragam.POD.tempat parkir aman Karyawan ramah.Tempat duduk nyaman.Meninggalkan ruangan memberi cap pada kertas resi Menyiapkan cap .tukang parkir Kursi tunggu.

JNE Delivery service (blueprint) Customer phisycal evidence Travel to JNE parkir Order package Memanggil customer Weight the pcket Tawaran layanan Choose service pay Layanan parkir contact person (back stage) (on stage) Cusomer check out Receive package destination Arrive package Deliver package Receive packge Terminal n load for delivery package Support process .

00. Batas waktu penerimaan barang yaitu jam 23.00 - 2 Mengantre y y y y y Mendapatkan nomor urut antrean sehingga tidak terjadi saling mendahului dengan konsumen yang lebih dahulu datang Diberi senyum dan sapaan dari petugas JNE yang lewat atau berada dalam lobby Disediakan Koran Pelayanan dipercepat sehingga tidak lama menunggu antrean Ruangan yang nyaman dan ber-ac - Waktu mengantre tidak lama . Waktu penyampaian keesokan hari maksimal jam 24.Zone of Tolerance Ekspektasi Konsumen pada Setiap MOT NO 1 MOT Konsumen memilh layanan JNE EKSPEKTASI PELANGGAN REGULAR atau YES PERKIRAAN STANDARD LAYANAN JNE YES : Yakin Esok Sampai (Layanan yang diberikan oleh JNE bagi pengguna jasa/customer yang mengirimkan barang kirimannya dengan masa waktu hari ini kirim besok sampai. 5-10 menit.) JNE REGULAR : Layanan yang diberikan oleh JNE bagi pengguna jasa/customer yang mengirimkan barang kirimannya dimana waktu penyampaian 1-5 hari kerja sesuai dengan estimasi kota tujuan. Batas waktu permintaan pick-up kiriman jam 18. Apabila besok tidak sampai dimana merupakan kesalahan/kelalaian JNE maka customer dibebaskan biaya kirim (biaya dikembalikan).00. Paling lama 15 menit .

3 Dilayani oleh cash counter: y y Mendapat pelayanan yang ramah Cash counter mencatat data-data dengan benar agar barang yang dikirim sampai dengan tepat Lebih hati-hati dalam handle barang . barang sampai dalam waktu 1 hari kondisi barang masih utuh menggunakan layanan apapun petugas ramah kepada penerima barang penyampaian paket langsung kepada penerima agar paket tidak hilang - Diberi senyum oleh cash counter Diberi penjelasan tentang layanan JNE 4 Barang diproses oleh JNE y y y y barang tidak rusak di packing dengan baik barang tidak hilang 5 Barang dikirim oleh JNE kepada penerima y y y jika memakai YES 1 hari .tidak dipakasakan masuk dalam tas yang sempit agar barang tidak rusak barang sampai sesuai dengan layanan yang digunakan . jangan membanting atau melempar barang.Jika mengantar barang harap di packing yang benar. jika regular 3 hari barang sampai pada penerima dengan keadaan barang utuh dan tidak rusak atau hilang y 6 Barang diterima oleh penerima y y y y petugas memberikan resi untuk ditandatangani penerima barang harus sampai ke tangan penerima selama alamat dan identitas penerima lengkap . jadi misalnya memakai layanan YES .

Pelanggan menunggu antrian 3 Hard standar : Tidak adanya nomor antrian. waktu antrian maksimal 5 menit (waktu antrian dipersingkat dengan cara menambah jumlah petugas transaksi . waktu antrian tidak dapat dipersingkat dengan cara mempercepat pelayanan tarnsaksi oleh Petugas transaksi. waktu antrian terlalu lama 4 Pelanggan menyerahkan barang kiriman Soft standar: petugas ada yang tidak ramah dan tidak memberikan senyuman Hard standar: kertas resi habis Soft standar: Petugas nya harus ramah dan selalu memberikan senyuman Hard standar: computer systemnya di perbanyak 5 Petugas memproses barang yang akan dikirim Soft standar : petugas kasar dalam memperlakukan barang saat mengukur Soft standar: petugas bersikap hati-hati terhadap barang .GAP Analisis NO MOT Pelanggan Memarkir Kendaraan 1 GAP (MASALAH) Soft standar : Petugas Parkir tidak Berseragam Hard standar : Tidak ada Sistem Parkir 2 Pelanggan masuk ke dalan ruangan Hard standar : Pintu masuk manual EKSPEKSTASI Soft standar : Petugas Parkir Menggunakan Seragam Hard standar : Menggunakan Sistem Parkir Hard standar : Membuat Pintu Otomatis Hard Standar : Membuat nomor antrian agar terstruktur Menyediakan fasilitas koran dan majalah disekitar jalur antrian.

6 Pelanggan memilih layanan yang akan dipakai Soft standar : petugas tidak menginformasikan layanan JNE yang akan digunakan dengan lengkap soft standar : petugas membanting barang yang akan di kirim Hard standar: pintu keluar manual Soft standar: petugas menginformasikan layanan dengan jelas 7 Pelanggan keluar dari JNE. jumlah petugas parkir ditambah menjadi 2 orang.pulang sementara barang dikirim oleh JNE Soft standar: barangnya jangan di banting Hard standar: pintu keluat otomatis Soft standar : Petugas parkir menggunakan seragam Hard standar : Luas lapangan parkir tidak perlu ditambah. Analisis masalah dan gap pelayanan pada setiap MOT . tidak perlu menggunakan sistem parkir Pelanggan mengambil kendaraan dari tempat parkir 8 Soft standar : Petugas parkir tidak berseragam Hard standar : Tidak ada sistem parkir sistem parkir 14 Pelanggan mengecek website JNE untuk mengetahui keberadaan barang Hard standar: Websitenya mudah di akses Hard standar: Website nya eror * Rekomendasi diberikan berdasarkan keadaan physical evidence yang ada saat ini Tabel.

No 1. waktu antrian terlalu lama Pihak JNE tidak menyediakan nomor antrian Konsumen tidak puas dengan pelayanan JNE . Dampak strategis Konsumen tidak percaya dengan petugas parkir yang tidak menggunakan seragam dan akan merugikan apabila petugas parkir tersebut bukan dari JNE Kurang efektif untuk masuk konsumen keluar 2. MOT Pelanggan memarkir kendaraan GAP (masalah) Soft standar : Petugas Parkir tidak Berseragam Hard standar : Tidak ada Sistem Parkir Penyebab -Tidak tersedianya seragam dari pihak JNE -Petugas parkir tidak dari pihak JNE (ilegal) Dampak operasional Dengan adanya petugas parkir liar. Dalam penerapanya tentunya dibutuhkan kematangan dan persiapan para pegawai untuk memahami dan mengetahui bagaimana melakukan yang optimal kepada konsumenya.untuk itu mereka pun harus mampu menambahkan aksen-aksen maupun trik2 namun sesuai dengan standar baku yang telah ditetapkan sesuai dengan posisi mereka. Apabila terjadi kesenjangan yang ada di setiap Moment of Truth dapat dilihat dampaknya pada operasional dan dampak strategis perusahaan tersebut.service merupakan sebuah proses yang termediasi melalui standar dan cara yang unik serta spesifik yang dapat dilakukan secara optimal. Pelanggan ruangan masuk kedalam Hard standar : Pintu masuk manual Tidak tersedianya pintu otomatis dari pihak JNE Kurang efektif untuk pelayanan keluar masuk konsumen Petugas tidak efektif dalam melayani konsumen 3.nama JNE secara tidak langsung akan jelek.Analisis Penyebab dan Dampak Kesenjangan pada setiap Moment of Truth Pada kenyataannya . Pelanggan menunggu antrian Hard standar : Tidak adanya nomor antrian.

Petugas parkir tidak dari pihak JNE ( ilegal ) Konsumen tidak percaya dengan petugas parkir yang tidak menggunakan seragam dan akan merugikan apabila petugas parkir tersebut bukan dari JNE Konsumen tidak dapat mengetahi segala hal tentang JNE dan 9. Petugas memproses barang yang akan dikirim Soft standar : petugas kasar dalam memperlakukan barang saat mengukur Barang yang terlalu banyak akan dikirim Keamanan tejamin barang tidak Konsumen dapat dirugikan apabila ternyata barang rusak 6.Konsumen yang datang dalam sehari melebihi kapasitas yang diperkirakan.karyawan lamban dalam menyediakan kertas cadangan. Pelanggan mengecek website JNE untuk mengetahui Hard standar: Website nya eror Kinerja manajemen JNE kurang bagus sehingga tidak - .nama JNE secara tidak langsung akan jelek. . .Konsumen terlalu banyak dan menuntut haknya msingmasing.4. Pelanggan menyerahkan barang kiriman Soft standar: petugas ada yang tidak ramah dan tidak memberikan senyuman Hard standar: kertas resi habis . Pelanggan keluar dari JNE sementara barang dikirim oleh JNE Pelanggan mengambil kendaraan dari tempat parkir Kurang efektif untuk pelayanan keluar masuk konsumen Dengan adanya petugas parkir liar. Pelayanan terhadap konsumen sangat tidak memuaskan Mengurangi respect konsumen terhadap pelayanan JNE Operasional berhenti karena tidak dapat menerima barang - Konsumen tidak puas dengan pelayanan JNE Konsumen tidak dapat mengirim barang pada waktu yang diinginkan ( failed ) 5. -Tidak tersedianya seragam dari JNE . Kurang efektif untuk masuk konsumen keluar 8.Tidak adanya peraturan dan pelatihan khusus yang diberikan kepada petugas dalam pelayanan konsumen. Pelanggan memilih layanan yang akan dipakai Soft standar : petugas tidak menginformasikan layanan JNE yang akan digunakan dengan lengkap Soft standar : petugas membanting barang yang akan di kirim Hard standar: pintu keluar manual Soft standar : Petugas parkir tidak berseragam Hard standar : Tidak ada sistem sistem parkir Tidak adanya rekomendasi langsung dari manajemen JNE untuk hal tersebut Tidak tersedianya pintu otomatis dari pihak JNE - Mempersulit yang tidak tersebut bagi konsumen mengetahui hal 7.

keberadaan barang.keberadaan barang terlalu memperdulikan hal-hal kecil yang ternyata sangat penting bagi konsumen. .

Data Responden Jumlah responden yang kami dapatkan untuk dimintai pendapatnya tentang layanan pengiriman JNE sebanyak 50 responden .1. Dengan data sebagai berikut : a. DATA USIA Usia 10-20 Usia 21-40 Usia 41-60 Usia 61> Jumlah 26 21 3 0 71 Diagram untuk Usia 3 21 26 Usia 10-20 Usia 21-40 Usia 41-60 .

DATA PEKERJAAN Pelajar a asis a PNS/BU N Lain2 Jumlah £ ¤ £ ¥ 2 43 0 0 50 Diagram untuk Pekerja 0 2 Pelajar a asis a ¡   ¢   PNS/BU N 43 Lain2 .b.

DATA GENDER Pria Wanita Jumlah 16 34 50 Diagram untuk Gender 16 Pria Wanita 34 .c.

d. DATA PERUSAHAAN JNE TIKI Lain2 Jumlah 30 15 5 50 Diagram untuk Perusahaan 5 15 30 JNE TIKI Lain2 .

3 kali 4 .e.3 kali 39 4 .6 kali >6 kali . DATA FREKUENSI PENGIRIMAN 0 .6 kali >6 kali Jumlah 39 6 5 50 Diagram untuk Frekuensi Pengiriman 6 5 0 .

Analisis Prioritas Perbaikan Kesenjangan Pelayanan MATRIKS SERVQUAL Importance Performance A R E RL T .

Hal ini dikarenakan bobot tangible memiliki nilai paling kecil dan paling dibutuhkan konsumen. Empathy masih berada dibawah performance. Setelah itu diikuti oleh Reliability. dapat ditarik kesimpulan bahwa dari servqual yang harus diperbaiki terlebih dahulu adalah bagian Tangible.13333. Maka JNE harus lebih merespon konsumennya. realibility JNE juga dirasa sangat penting bagi konsumen.5.Keterangan : Tangible Reliability : (0.46667) Dari gambar matriks di atas.-0.-0. Performance Empathy belum sesuai dengan ekspektasi konsumen.15. seperti halnya Tangibles. Namun. Resposiveness berada di tingkat kepentingan kedua bagi konsumen.-0. . Namun Assurance yang diberikan JNE termasuk masih kurang bagus dan belum mendekati sempurna. Dan harus meningkatkan perhatian kepada konsumen. Performance nya pun juga masih kurang dari yang diharapkan oleh konsumen.325) : (0. Resposiveness performance JNE pelayanannya.4) Assurance Empathy : (0. Realibility JNE merupakan hal kedua yang harus dibenahi karena performance-nya terjelek kedua. Tangible sendiri merupakan tingkat kepentingan yang paling rendah bila dibandingan dengan yang lain.2. dilihat kurang bagus Assurance JNE berada di tingkat kepentingan paling tinggi bagi konsumen.-0.-1.7) Resposiveness : (0.3.2) : (0.

pelanggan dapat menyerahkan barang kiriman kepada petugas. pulang dan dapat mengambil kendaraan dan pulang. Kemudian petugas akan menawarkan layanan apa saja yang diberikan oleh JNE dan pelanggan dapat memilih layanan yang akan digunakan. . Kemudian pelanggan keluar JNE. Setelah petugas akan memproses barang yang akan dikirim. Setelah dipanggil menurut nomor antrian. Terakhir pelanggan dapat mengecek website JNE untuk mengetahui keadaan barang.B. pelanggan masuk menuju ke dalam. i. Setelah masuk pelanggan diberi nomor antrian dan dipersilahkan untuk menunggu antrian. Rekomendasi Siklus Pelayanan Pelanggan mengecek website JNE Pelanggan mengambil kendaraan dari Pelanggan keluar dari Pelanggan memilih layanan yang akan dipakai Parkir kendaraan Pelanggan masuk ke dalam ruangan Pelanggan menunggu antrian Pelanggan menyerahkan barang kiriman Petugas memproses barang yang akan dikirim Keterangan : Pengunjung yang memakai kendaraan Parkir kemudian memarkir kendaraan.

layanan yang ditawarkan Ruang tunggu Pelanggan JNE Resi Pembayaran CUSTOMER Masuk ke area parkir JNE Masuk ke gedung JNE Menunggu Nomor antrian Pelanggan menyerahkan barang kiriman Keluar dari JNE Mengecek barang kiriman via website OUT STAGE CONTACT PERSON Petugas Parkir menunjukkan tempat parkir Menyambut pelanggan dengan ucapan selamat datang Menunggu giliran sesuai Menginput barang kiriman dengan nomor antrian yang yang diserahkan kepada petugas akan di panggil Menyerahkan resi pengiriman kepada pelanggan BACK STAGE Memberikan nomor beserta memperilahkan duduk diruang tunggu Menyiapkan barang yang akan dikirim Menghitung resi pengiriman sesuai dengan berat barang dan jarak pengiriman barang SUPPORT PROCESS Alat menginput barang kiriman .ii.Rekomendasi Rancangan Cetak Biru Pelayanan (service blueprint) (bagaimana usulan blueprintnya) PHYSICAL EVIDENCE Parkir JNE Seragam Petugas.

Perusahaan memiliki departemen pelayanan pelanggan dengan karyawan yang baik yang dapat memberikan jawaban yang spesifik. artinya bahwa kinerja pelayanan telah dilakukan dengan baik sesuai dengan penilaian pelanggan. menjawab pertanyaan-pertanyaan (dalam 2 jam). ketika perjanjian di buat maka perwakilan dari perusahaan tersebut akan tiba sesuai dengan harapan pelanggan. dan panggilan perbaikan (dalam waktu 30 menit dari waktu yang diperkirakan). Standarisasi yang halus mengarahkan. Bentuk standar operasiolan yang menjadi harapan pelanggan tentunya merupakan sebuah dream expectation meskipun tingkat probabilitas tidak mencapai titik high order quantity.iii. Sebagai contoh adalah Right first time (benar untuk pertama kalinya). dan memberikan umpan balik kepada karyawan dalam rangka mencapai kepuasan pelanggan dan jumlah pelanggan dengan cara menghitung persepsi pelanggan dan kepercayaan pelanggan. seperti kecepatan pengiriman barang (dalam dua hari kerja). perusahaan harus dapat memberikan pelayanan dengan baik untuk pertama kalinya dan menepati janji sistem penilaian dengan cara membangun standar kepercayaan. memiliki panduan. Untuk menentukan kebutuhan yang tepat. Hal ini sangat penting untuk hubungan antara orang yang satu dengan orang lain seperti proses penjualan. menangani keluhan (kurang dari 1 hari ). Contoh lainnya adalah right on time (tepat waktu) yang artinya bahwa pelayanan diberikan sesuai dengan waktunya. dan proses pengiriman untuk pelayanan yang profesional.sebagai perusahaan untuk mewujudkannya tentunya juga akan dilakukan segmentasi maupun diversifikasi yang terintegrasi oleh sebuah standar operasional yang berperioritas pada produktivitas atau efisiensi.Salah satunya dari Standar operasional adalah work order procedure personal service . Soft Standart Pelayanan yang soft (halus) adalah hal-hal yang harus di dokumentasikan dengan menggunakan pengukuran secara perseptual. Rekomendasi Hard dan Soft Standart Pelayanan Hard standart Standar pelayanan yang hard (tegas) untuk menjawab setiap pertanyaan pelanggan.

Selanjutnya. .memiliki ruang yang ber-AC dan tempat duduk yang cukup nyaman untuk konsumen menunggu giliran.JNE akan memberikan tambahan fasilitas untuk menunjang service yang diberikan kepada customer seperti kartu antrean agar customer lebih tertib dalam mengantre. Peralatan.kantor cabang atau agen-agennya sehingga para pelanggan mudah menjangkau lokasi JNE.lokasi yang strategis inilah yang akhirnya memberi keputusan kepada calon customer untuk memilih layanan JNE . Dukungan Sistem dan Physical Evidence Pelayanan y y y y y y y Pintu Masuk Otomatis Menyediakan bangku yang lebih nyaman dan bagus untuk ruang tunggu Menyediakan fasilitas pelayanan minuman gratis di ruang tunggu Memperbanyak komputer Memperbanyak timbangan Menggunakan timbangan yang lebih bagus dan moderen agar pelayanan lebih efektif Menggunakan sistem antrian otomatis (teknologi komputer) Strategi Physical Evidence & Service Environment JNE memilih tempat yang strategis untuk mendirikan kantor pusat. Rekomendasi Peningkatan Fasilitas.Selain daripada itu.salah satu kantor cabang JNE yang ada di Kompleks Mall Setra Sari misalnya.JNE memiliki kantor cabang yang bersih dan nyaman.Contohnya: y Petugas Parkir Menggunakan Seragam y Semua Karyawan Selalu Memberikan senyum dan ramah terhadap semua customer y Petugas selalu menginformasikan layanan terhadap setiap pelanggan yang datang iv.

JNE memasarkan jasanya dengan menggunakan World of Mouth. dan facebook. Memberikan informasi yang benar dan lengkap jika dibutuhkan 4. Pemasangan reklame di depan agen JNE dan x-banner di loby JNE.Standar cash counter tersebut adalah : 1.salam.cepat dan cekatan dalam melayani customer 3.Dan saat ini JNE juga memasarkan jasanya dengan menggunakan jaringan pertemanan yang saat ini sedang berkembang yaitu dengan iklan yang dilakukan yaitu pemasaran melalui Blog.sopan kepada customer 2. Teliti.v.pemasaran ini dapat menarik konsumen yang lebih luas. seperti menggunakan iklan yang dipasang di media cetak. Melayani customer dengan sopan Program komunikasi pemasaran Advertising JNE melakukan pemasaran melalui beberapa media. memberikan brosur kepada setiap pengunjung yang datang. .Sebelumnya calon cash counter harus mengikuti tes psikologi untuk mengetahui bagaiamana keadaan psikis calon karyawan tsb agar ketika nantinya melayani customer menjadi lebih terkontrol dan diberi training agar memenuhi standar dalam melayani customer.yang biasanya tersebar melalui antar teman atau bisa juga komunitas para pemilik online shop.Selain itu JNE juga telah memiliki website resin sehingga sangat membantu para customer dan memperluas pemasaran dengan mudah.Selain yang telah disebutkan juga memasang iklan di yellow pages. Strategi Pengelolaan SDM Pelayanan JNE akan menempatkan 3 orang di cash counter untuk melayani customer secara langsung. Twitter. Senyum.

begitu pula dengan JNE.kantor cabang maupun pusat yang tetap dan sesuai jadwal operasional.. telepon.Sales Promotion Sales promotion yang dilakukan biasanya melalui cash counter dan juga karyawan.penjelasan fasilitas-fasilitas yang dimiliki dan juga bantuan-bantuan lainnya. Public Relation Contoh pemasaran lewat Public relation adalah menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Promosi dapat berupa penawaran free diskon.Mengontrol setiap pekerjaan yang ada di cabang tersebutdan mengendalikan serta mengoreksi jika pekerjaan tidak sesuai dengan job desk nya.contohnya dengan menjemput barang yang akan dikirim oleh member tsb. Promosi melalui karyawan seperti pelayanan yang memuaskan. Strategi penanganan keluhan pelanggan dan recovery pelayanan Di dalam sebuah bisnis.JNE menggunakan media-media seperti media langsung. Memberikan kemudahan kepada member. Program pengelolaan outlet pelayanan Program yang ditetapkan untuk pengelolaan outletnya adalah jam operasional agen. JNE menyediakan media sebagai perantara yang bisa digunakan pelanggan untuk menyampaikan keluhannya. Dalam menangani keluhan yang terjadi pada pelanggan. serta fax. . sering sekali terjadi ketidakpuasan yang ada pada sisi konsumen. hotline.sms. termasuk bisnis yang mengutamakan service.penawaran membership.JNE juga dapat dihubungi lewat telepon untuk pemesanan layanan dan akan menghubungi member jika ada penawaran-penawaran yang terbaru. Manajer juga melakukan promosi. promosi dilakukan secara langsung oleh cash counter saat pelanggan datang kemeja cash counter dan menanyakan informasi yang ia butuhkan. penawaran-penawaran dan ketepatan waktu.

pihak JNE akan memfollow up keluhan dari customer dan merespon dengan cepat serta meminta maaf atas ketidakpuasan customer agar customer merasa puas dan tidak berpindah menggunakan jasa pengiriman di tempat lain. 10.Selanjutnya.00 .JNE akan menindaklanjuti secara intern dan mengevaluasi hal yang menjadi akar ketidakpuasan pelanggan akan pelayanan JNE.000.000.Estimasi Kinerja keuangan Apabila implementasi strategi dan program pemasaran berhasil mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh JNE maka akan semakin baik Proforma Keuangan dan Return on Marketing Investment (RoMI) 10.Recovery Pelayanan Untuk mengatasi pelayanan yang tidak memuaskan.250.1 Biaya Investasi selama 5 (lima) tahun Biaya Interior dan Peralatan (ukuran min 6m x 12m) Rp 1.

000.000. mobil.000.2 Potensi Keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan dan Perhitungan RoMI Perusahaan . motor. Peralatan Penunjang Operasional Outlet.00 + Rp 1.625.00 Biaya Sewa Tempat *) Sewa Tempat 5 tahun (Rp 35.450.00 Rp 1.y y y y y y y y Renovasi Interior Kursi tunggu.000. Timbangan dll Biaya Promosi Awal dan Grand Opening y 11Brosur y Website & X-Banner y Discount promo 50 % saat Grand Opening y (Selama Tiga Hari) Rp 20.000.000.00 10.000. komputer.00/thn) Total Biaya Investasi Rp 175.000.000.000.

504 -2 -1 0 1 2 0 X Rp.5 tahun mendatang (dalam jutaan) Tahun 2005 2006 2007 2008 2009 TOTAL Y (Omset JNE per Tahun) 24 36 54 960 2.000.000.000 x 250 paket = Total omset penjualan per Tahun = Rp.000 x 60% Potensi Keuntungan 3.6.000 Rp 2.000 x 30 hari x 12 bulan = Laba (60% x harga layanan) Laba Per Tahun Rp 2.458.750. 27.Rata rata omset pendapatan per hari saat ini = Rp.860 5.700 XY  Estimasi untuk penjualan tahun 2010 sampai dengan 2014 kedepan .430.000 Rp. 6.000.430.430 3.000 X2 4 1 0 1 4 10 -48 -72 0 960 4. 1.750.

000 .430.700.000 B= XY/ X2 = 5.000.800.800.504.800.000/10 = 570. 2.000.000 Persamaan estimasi penjualan: Y = A+BX Y=700.800.000.000. 2.000 (3) = Rp.000/5 =700.410.000.000+570. 27000 X 30hari X 12 = Rp.Perkiraan omset JNE per tahun di Tahun 2009 250 paket X Rp.000+570.000 Y=A+Bx A= Y/n =3.000.000X Ramalan OMSET per Tahun JNE dari tahun 2010 s/d 2014 Y (TAHUN 2010)= 700.

*) Angka.Y Y Y Y (TAHUN 2011)= 700.550.000 x 60% = Rp.000.690.000 x 60% = Rp.800. 3. 2.980. 4.4.000 Keterangan *) Besarnya Laba masih merupakan laba kotor yang belum dikurangi biaya Investasi dan biaya operasi serta biaya Lainnya.000.4.480.446.800.800.000 Laba Kotor Tahun 2011 = Rp.000 (5) = Rp.814.800.480.800.800.000 (4) = Rp. 4.480.980.000 (7) = Rp.000 x 60% = Rp.800. 2. 2. 2. 1.000 Ramalan Laba Kotor per Tahun JNE dari tahun 2010 s/d 2014 Laba Kotor Tahun 2010 = Rp.480.472.000. 1.800.800.690.120.000 (6) = Rp. 2.000+570.000 x 60% = Rp.550.800.000 Laba Kotor Tahun 2014 = Rp.120.000 (TAHUN 2013)= 700.000+570.000 Laba Kotor Tahun 2012 = Rp.130.000.000+570.410.000+570.angka yang disebutkan diatas merupakan ilustrasi yang researcher lakukan yang berdasar dari hasil wawancara *) Data sesungguhnya tidak dapat dikeluarkan perusahaan karena merupakan data rahasia .788.000 Laba Kotor Tahun 2013 = Rp.800.800.800.000 x 60% = Rp. 2.480. 3.000 (TAHUN 2014)= 700.000 (TAHUN 2012)= 700.

Proyeksi Pengiriman Barang 5000 4500 4000 3500 3000 2500 2000 1500 1000 500 0 2004 2005 2006 2007 2008 2009 2010 2011 2012 2013 2014 Proyeksi Pengiriman Barang 11.Rencana Pemantauan dan Pengendalian Rencana .

JNE melakukan quality control terhadap produk layanan-layanan yang mereka sediakan.Dalam urusan keuangan dilakukan oleh manajemen keuangan masing-masing cabang dan nantinya akan melapor kepada kantor pusat setiap kuartalnya agar dapat mengetahui bagaimana tingkat keuangan dari perusahaan dan setiap tahunnya membuat annual report. Hal ini dilakukan untuk mengetahui Jika kesalahan yang terjadi bukan terhadap program/planning A. Dan JNE juga melakukan evaluasi terhadap system pemasaran dan keuangan yang terjadi. 12. .Sehingga kualitas dari service JNE tetap terjaga. Rencana kontingensi Jika plan A gagal dan menyebabkan menurunnya pendapatan maka JNE akan mengevaluasi kembali pelayanan yang telah berjalan dan membuat program pelayanan yang baru sehingga dapat memenuhi keinginan pelanggan dan pendapatan JNE juga akan meningkat.Dalam pemantauan dan pengendalian rencana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful