1.

BEKICOT GAMBAR

CIRI-CIRI : A. CANGKANG  warna garis-garis pada tempurung/cangkangnya tidak begitu mencolok, dan sebagian besar mempunyai cangkang berbentuk kerucut terpilin atau spiral. B. ALAT GERAK  Menggunakan perut sebagai kaki untuk berjalan. Gerakan dihasilkan dari kontraksi-kontraksi otot yang membentuk gelombang dari belakang menjalar ke depan. Kaki bagian depan memiliki kelenjar yang menghasilkan lender untuk mempermudah berjalan. C. ORGAN KHUSUS LAINNYA : A. SISTEM PENCERNAAN  mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. B. ALAT PERNAFASAN  Bekicot yang hidup di darat bernafas menggunakan paru-paru, sedangkan yang hidup di laut bernafas menggunakan insang. 2.CUMI-CUMI GAMBAR

CIRI-CIRI : A. CANGKANG  berupa lempengan yang melekat pada mantel B. ALAT GERAK  kaki (satu pasang setiap ruas pada abdomen) C. ORGAN KHUSUS LAINNYA : A. SISITEM PENCERNAAN  terdiri atas mulut, esophagus

ALAT GERAK  kaki yang berfungsi untuk merayap dan menangkap mangsanya. ORGAN KHUSUS LAINNYA : A. Cangkang di bagian dorsal lebih tebal dibandingkan cangkang ventral. KERANG GAMBAR CIRI-CIRI : A. KITON GAMBAR CIRI-CIRI : A. ORGAN KHUSUS LAINNYA : A.3. 4. simetri bilateral. B. CANGKANG  Mempunyai dua belahan cangkang yang dapat dibuka dan di tutup menggunakan otot aduktor. ALAT PERNAFASAN  bernafas dengan insang . C. Dan anus serta memiliki kelenjar pencernaan. lambung. Usus. kerongkongan. B. SISTEM PENCERNAAN  mulut. Kakinya yang pipih dapat di julurkan keluar untuk berjalan dan menggali substrat. C. ALAT PERNAFASAN  memiliki insang berupa lembaran yang banyak mengandung batang insang. ALAT GERAK  Mempunyai kaki yang pipih seperti kapak kecil. CANGKANG  berbentuk pipih bulat telur. B.

CANGKANG  berbentuk kerucut seperti terompet atau tanduk yang ujungnya berlubang. Panjangnya sekitar 5 cm. ALAT PERNAFASAN  Bernafas menggunakan insang PERTANYAAN : 1. Apakah kesimpulan yang dapat kamu ambil? JAWABAN : 1. Ciri yang manakah yang digunakan untuk mengelompokkan kelima hewan tersebut menjadi kelas yang berbeda? 3. Apakah persamaan dan perbedaan yang terdapat pada kelima jenis Mollusca di atas? 2. Persamaan : bentuk tubuh yaitu simetri bilateral . ORGAN KHUSUS LAINNYA : A. ALAT GERAK  Perut & kaki C. di kedua ujungnya terbuka. SIPUT BERCANGKANG TANDUK (DENTALIUM VULGARE) GAMBAR CIRI-CIRI : A.5. B.

Organ pernafasan. organ pernafasan 3. ada yang bernafas dengan paruparu.Perbedaan : 1. ada yang memiliki tentakel dan ada yang tidak memiliki tentakel 4. ada yang menggunakan kaki dan ada yang menggunakan tentakel 3. alat gerak. Mollusca memiliki ciri-ciri yaitu : 1. Cangkang. ada yang memiliki cangkang dan ada yang tidak memiliki cangkang 2. Cangkang. namun ada beberapa jenis yang tidak memiliki 3. Umumnya memiliki mantel yang dapat membentuk cangkok/cangkang. Alat gerak. insang. Tentakel. Bentuk tubuh umumnya simetri bilateral 2. Biasanya bernafas dengan insang atau paru-paru NAMA : SAFITRI EKA MAULANI . dan rongga mantel 2.

KELAS : X-2 .