P. 1
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT

PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT

|Views: 1,880|Likes:
Published by Husni Nugroho

More info:

Published by: Husni Nugroho on Mar 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2013

pdf

text

original

PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT

.

metodologi. estetik dsb. Filsafat sebagai proses ‡ Cabang cabang filsafat : Metafisika.A. epistimologi. logika. ‡ Secara harpiah filsafat mengandung makna CINTA KEBIJAKSANAAN ‡ Pengelompokan arti filsafat : 1. PENGERTIAN FILSAFAT ‡ Secara etimologis (dari b. Yunani) philein artinya cinta dan sophos artinya kebijaksanaan. Filsafat sebagai produk 2. . etika.

dan sebagai pribadi berdiri sendiri. fungsi sendiri. . ‡ Susunan kesatuan sila-sila pancasila yang bersifat organis. isi dari silasila pancasila.sendiri namun secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan yang sistematis.B.bagian yaitu sila-sila pancasila setiap sila pada hakikatnya merupakan suatu asas sendiri. ‡ Rumusan hubungan kesatuan sila-sila pancasila yang saling mengisi dan saling mengkualifikasi. ‡ Susunan pancasila yang bersifat hierarkis dan berbentuk piramidal. Bersumber pada hakikat dasar ontologis manusia. RUMUSAN KESATUAN SILA-SILA PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM ‡ Pancasila yang terdiri dari bagian. Yang menjadikan sila ketuhanan yang maha esa menjadi basis untuk keempat sila lainnya.

nilai pancasila sebagai suatu sistem adalah sila-sila pancasila yang berbeda-beda namun keseluruhan nilai tersebut merupakan satu kesatuan. ‡ Dasar antropologis sila-sila pancasila adalah manusia. KESATUAN SILA-SILA PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM FILSAFAT ‡ Memiliki dasar ontologis. . ‡ Dasar epistimologis sila-sila pancasila adalah pengimplikasian dari ontologis . Dan tergantung pada sudut pandang masing. ‡ Nilai.masing. epistimologis dan aksiologis.C. ‡ Dasar aksiologis sila-sila pancasila adalah hubungan antara nilai dengan manusia.

D. . ‡ Nilai-nilai pancasila sebagai nilai fundamental negara. Pancasila merupakan cita-cita tentang kebaikan yang harus diwujudkan menjadi suatu kenyataan. PANCASILA SEBAGAI NILAI DASAR FUNDAMENTAL BAGI BANGSA DAN REPUBLIK INDONESIA ‡ Dasar filosofisnya. Penjabaran sila-sila pancasila bukanlah secara langsung melainkan melalui pebukaan UUD 45 dan barulah di jelaskan dalam pasal-pasal UUD 45. kemudian dijabarkan dalam berbagai macam peraturan perundang-undangan.

INTI ISI SILA-SILA PANCASILA ‡ Sila ketuhanan yang maha esa sebagai dasar dan jiwa dari keempat sila-sila lainnya. ‡ Persatuan Indonesia sebagai penjelmaansifat kodrat manusia. . bermoral dan beragama. ‡ Sila kemanusiaan yang adil dan beradab sebagai perwujudan nilai kemanusiaan sebagai makhluk berbudaya. ‡ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan merupakan asal mula kekuasaan negara. ‡ Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesiasebagai tujuan negara yaitu tujuan dalam hidup bersama.E.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->