PROGRAM KERJA

RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN (RTP)
Maintenance Building
KAPTEN JACK SPARROW

RUMAH SAKIT PRASETYA BUNDA 2011

BAB I PENDAHULUAN
Pengertian Maintenance atau pemeliharaan pada bangunan serta sarana dan prasarana yang ada didalamnnya dimaksudkan untuk mempertahankan dan memulihkan fungsi dan keandalannya sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnnya,indikatornya dilihat dari keberhasilan keseluruhan komponen ada pada kondisi yang diharapkan. Yang dipengaruhi oleh beberapa persyaratan antara lain : y Persyaratan fungsional y Persyaratan performance y Persyaratan Perundang-undangan y Persyaratan Menurut user

y Persyaratan fungsional : persyaratan yang terkait dengan

fungsinnya masing-masing, setiap komponen bangunan atau sarana dan prasarana yang ada didalamnnya memiliki persyaratan fungsional umum dan khusus yang perlu dipenuhi. Persyaratan umum contohnya bangunan mampu melindungi penghuninnya dari lingkungan luar, listrik mampu memberikan penerangan yang dibutuhan suatu ruangan.sedangkan persyaratan khusus sangat tergantung dari jenis dan fungsinya. y Persyaratan performance : persyaratan yang terkait dengan performance yang spesifik, persyaratan ruangan Perinatologi sangat berbeda dengan persyaratan ruangan laboratorium, Performance mencakup banyak aspek mulai dari performance desain interior ruangan samapai pada mechanical & electrical. y Persyaratan menurut undang-undang : persyaratan menurut undang-undang merupakan persyaratan yang tidak bisa diabaikan ,karena menyangkut regulasi dan legalitas ,seperti misalnnya persyaratan ketinggian cerobong inecerator. y Persyaratan menurut user : persyaratan menurut user biasannya berkaitan dengan kenyamanan,kenyamanan user merupakan indikator keberhasilannya. Seperti misalnnya ruangan perkatoran yang dipasang audio untuk mendengarkan musik.

Kegiatan pemeliharaan meliputi berbagai aspek ,Secara sederhana pemeliharaan dapat diklasifikasikan menjadi 2 (dua) macam, yaitu :
y Pemeliharaan rutin adalah pemeliharaan yang dilaksanakan

dengan interval waktu tertentu untuk mempertahankan kondisi yang diinginkan/sesuai. (Charter barie&swallow P,1996,hal 119) contohnya pengecatan dinding luar 2 (dua) tahunan, pembersihan lantai, pembesihan kaca, dll. Namun jenis pekerjaan pemeliharaan rutin juga bisa berupa perbaikan atau penggantian komponen yang rusak. Kerusakan-kerusakan tersebut bisa diakibatkan oleh proses alami (contoh : Kusam,kerapuhan) atau proses pemakaian (Contoh : goresan,Aus, pecah). y Pemeliharaan Remedial adalah pemeliharaan perbaikan yang diakibatkan oleh beberapa factor diantarannya adalah kegagalan konstruksi, kegagalan pemeliharaan, kecelakaan kerja dll.

Lebih rinci lagi ditinjau dari yang direncanakan atau yang tidak .kegiatan pemeliharaan dapat diklasifikasikan menjadi : y Pemeliharaan terencana (Planned) y Pemeliharaan tidak terencana (Unplanned) Dibawah ini adalah diagram yang menunjukan klasifikasi kegiatan pemeliharaan : .

y Corrective maintenance : Pemeliharaan yang dilakukan setelah suatu kegagalan terjadi dan ditujukan untuk memperbaiki suatu item untuk suatu keadaan yang item tersebut dapat melakukan fungsinya yang diperlukan. y Scheduled maintenance : Preventive maintenance yang dilaksanakan untuk suatu interval waktu yang telah ditentukan sebelumnya.kontrol dan laporan ±laporan untuk suatu rencana yang telah ditentukan sebelumnnya. y Preventive maintenance : Pemeliharaan yang dilaksanakan pada interval yang ditentukan sebelumnnya atau kriteria yang ditentukan dan ditujukan untuk mengurangi kemungkinan kegagalan atau mengurangi performasi. y Condition based maintenance : Preventive maintenance yang dimulai dari suatu hasil pengetahuan kondisi suatu hal dari pemantauan rutin. y Unplanned maintenance : Pemeliharaan yang dilaksanakan untuk rencana yang tidak di tentukan sebelumnnya.Definisi : y Planned maintenance : Pemeliharaan yang diorganisasikan dan dilaksanakan dengan perencanaan . . y Emergency maintenance : Pemeliharaan yang diperlukan dengan segera untuk menghindari akibat-akibat yang serius.

BAGIAN II MANAJEMEN/ ORGANISASI.TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB Struktur Organisasi .

y Penganggaran dan perencanaan sumber daya manusia serta y y y y y peralatan pemeliharaan. Penyusunan dan pengelolaan dokumentasi pemeliharaan.Program dan perencanaan. Pelaporan dan evaluasi pelaksanaan pemeliharaan.Kegiatan pemeliharaan mencakup antara lain : y Perumusan kebijakan. Pemantauan pelaksanaan pemeliharaan. Pemeliharaan selama pemakaian dan penyimpanan untuk mempertahankan kondisi dan fungsi. . Perawatan dalam hal kerusakan dan penggantian komponen untuk memulihkan fungsi.

Membuat pelaporan dan penyusunan dokumentasi pemeliharaan.budgeting .dan sasaran )dengan y y y y berorientasi pada misi Rumah Sakit Prasetya Bunda. Menetapkan prosedur pemeliharaan. RumahTangga Dan Perlengkapan (RTP). y Menetapkan Program kerja (Planing. . Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program pemeliharaan.TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PERSONIL RUMAH TANGGA DAN PERLENGKAPAN (RTP) 1. Mengorganisasi Sumber daya manusia (termasuk mengatur jadwal dan penugasan personel) dan perlatan kerja pemeliharaan.

Staf Administrasi gudang/ Logistik internal. dan daya hasil logistik. y Melakukan Inventarisasi dan pencatatan keluar masuk logistik. y Melakukan penyaluran logistik yang tepat niali.jenis dan tempat. y Membuat pelaporan logistik.waktu. y Melakukan pengendalian terhadap persediaan dan penyimpanan (Gudang). daya guna. y Pengendalian dan pemeliharaan kondisi teknis.2. . y Melakukan perancanaan/penganggaran logistik.

. Menerapkan sistem pengarsipan yang teratur untuk seluruh dokumen. buku manual .3. Melakukan pemeriksaan ke seluruh komponen bangunan yaitu struktural.mingguan dan bulanan. Kepala unit teknisi bangunan dan taman.mekanikal (instalasi plumbing dan peralatan sanitasi). Mengatur penggunaan bahan dan peralatan kerja. suratsurat. Membuat laporan rutin kepada Rumah Tangga Dan perlengkapan (RTP). tata luar dan Taman. Mengatur dan mengkoordinir pekerjaan harian. Arsitektural.laporan-laporan. y Membantu Rumah Tangga dan Perlengkapan (RTP) dalam menetapkan y y y y y y rencana kerja serta prosedur pemeliharaan bangunan dan taman. Memberi masukan dan mengevaluasi mengenai estimasi dan penggunaan bahan serta biaya opersional.

4.Elektronika dan elektromedis. Melakukan pemeriksaan ke seluruh komponen Listrik. elektronika dan elektromedis. suratsurat.mingguan dan bulanan. Membuat laporan rutin kepada Rumah Tangga Dan perlengkapan (RTP). Mengatur dan mengkoordinir pekerjaan harian. Kepala unit teknisi Listrik. buku manual . Mengatur penggunaan bahan dan peralatan kerja.elektronika dan Elektromedis. Menerapkan sistem pengarsipan yang teratur untuk seluruh dokumen. y Membantu Rumah Tangga dan Perlengkapan (RTP) dalam menetapkan rencana y y y y y y kerja serta prosedur pemeliharaan Listrik. Memberi masukan dan mengevaluasi mengenai estimasi dan penggunaan bahan serta biaya opersional. .laporan-laporan.

mingguan dan bulanan. Membuat laporan rutin kepada Rumah Tangga Dan perlengkapan (RTP). pengelolaan limbah medis dan sanitasi. . y Membantu Rumah Tangga dan Perlengkapan (RTP) dalam menetapkan y y y y y y rencana kerja serta prosedur dan standar kebersihan. suratsurat. Mengatur dan mengawasi pelaksanaan kebersihan. Menerapkan sistem pengarsipan yang teratur untuk seluruh dokumen. Kepala unit tenaga kebersihan . buku manual . Mengatur dan mengkoordinir pekerjaan harian. Mengatur penggunaan bahan dan peralatan kerja. Memberi masukan dan mengevaluasi mengenai estimasi dan penggunaan bahan serta biaya opersional.pengelola limbah medis dan sanitasi.laporan-laporan.5.

y Melakukan Inspeksi dan pencatatan (check list secara rutin) y Memberikan masukan perihal jadwal pemeliharaan rutin dan pemeliharaan remedial/perbaikan. y Melaksanakan pemeliharaan bangunan dan taman sesuai dengan program dan prosedur yang berlaku. y Membuat laporan rutin kepada kepala unit Teknisi bangunan dan taman. y Membuat konsep prosedur pemeliharaan. . PelaksanaTeknisi bangunan dan Taman.6.

7. Membuat laporan rutin kepada kepala unit Listrik. . Melaksanakan pemeliharaan dan pendistribusian Gas medis dibawah koordinasi farmasi. Melaksanakan pemeliharaan Listrik.Elektronika dan Elektromedis.Elektronika dan Elektromedis.Elektronika dan Elektromedis sesuai dengan program dan prosedur yang berlaku. y Melakukan Inspeksi dan pencatatan (check list secara rutin) y Memberikan masukan perihal jadwal pemeliharaan rutin dan y y y y pemeliharaan remedial/perbaikan. Pelaksana Teknisi Listrik. y Membuat konsep prosedur pemeliharaan. Melaksanakan pemeliharaan Informasi dan teknologi dibawah koordinasi dengan IT.

pengelola limbah medis dan sanitasi. Pelaksana tenaga kebersihan. y Melakukan Inspeksi dan pencatatan (check list secara rutin) y Memberikan masukan perihal jadwal kebersihan harian. Melaksanakan tugas higieny service. .mingguan dan y y y y y bulanan. Melaksanakan tugas general cleaning. Melaksanakan tugas pest control. Membuat laporan rutin kepada kepala unit Listrik.8. y Membuat konsep prosedur kebersihan. Melaksanakan tugas kebersihan sesuai dengan program dan prosedur yang berlaku.Elektronika dan Elektromedis.

y Membuat konsep dan mengawasi pengaturan tata tertib dengan maksud menegakan pengaturan tata tertib. .9.. y Melaksanakan tugas-tugas satpam diarea dalam Rumah Sakit prasetya Bunda. Kepala unit Satpam. y Membuat laporan rutin kepada Rumah Tangga Dan perlengkapan (RTP). y Mengatur dan mengkoordinir pekerjaan harian. y Membuat konsep standar keamanan dan ketertiban.

y Melaksanakan sistem keamanan (pengaturan tata tertib.Pengawalan dan patroli). y Mengatur perparkiran kendaraan. Pelaksana Satpam. y Membuat laporan rutin kepada kepala unit Satpam.10.penjagaan. .

y Membuat perencanaan kebutuhan linen dan bahan y y y y y pencuciannya.11. Melakukan Inspeksi dan pencatatan (check list secara rutin). Melakukan Pengaturan pendistribusian linen. Melakukan perbaikan linen. Pelaksana laundry. Membuat laporan rutin kepada Rumah Tangga Dan perlengkapan (RTP). . Melakukan Pencucian Linen.

DISKUSI««. TANYA JAWAB««« .DENGAR PENDAPAT«.

Misi. Visi. Prosedur yang dilaksanakan untuk pemeliharaan fasilitas-fasilitas RSPB.BAGIAN III ORIENTASI DAN PELATIHAN I. ORIENTASI Orientasi diberikan pada saat pekerja memulai bekerja dibagian atau unit nya masing-masing.Orientasi mencakup materi-materi : A. Jenis-Jenis pelayanan atau program yang tersedia atau dilaksanakan. Orientasi Organisasi y y y y y y Struktur organisasi dan tata laksana dalam pelayanan di RSPB. . Fasilitas-Fasilitas yang ada di RSPB. Sistem Pengamanan dan ketertiban serta peraturan di RSPB. dan Tujuan organisasi dan Pelayanan di RSPB.

Pedoman keselamatan.cuti. Tata letak bangunan /gedung.kesejahteraan). Orientasi kebijakan tentang SDM. y y y y Wewenang dan larangan. .B. Sistem pengembangan. C. Hak Dan kewajiban pegawai (insentif. Sistem Evaluasi pekerja. Deskripsi pekerjaan (tugas dan tanggunga jawab). Sistem pelaporan. y y y y y y y Program kerja. Oreintasi tugas personel. Universal precautions.libur. Manual book peralatan.

y Operasi dan pemeliharaan Instalasi pengolahan LImbah padat medis (Inecerator). y House keeping for hospital. y Sistem penangkal petir untuk peralatan di dalam bangunan.pelatihan mencakup materi-materi : y Pengenalan instalasi mekanikal dan elektrikal dalam gedung.II. y Operasi dan pemeliharaan LIFT/Elevator. y Septik dan Aseptik kamar bedah. y Pelaporan. y Service exelent. y Pemeliharaan peralatan kesehatan (elektromedik) y Building management. y Manajemen Logistik non medis. y Maintenance sistem tata udara Operasi dan pemeliharaan AC (air conditioning) dan exhauepent. y Sistem pengendalian bahaya kebakaran (fire protection system). Pelatihan dilakukan setelah pekerja bekerja untuk menambah pengetahuan dan keahlian pada bidangnya masing-masing . . y Pengelolaan Limbah Rumah Sakit. PELATIHAN. y Operasi dan Pemeliharaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL). y Operasi dan pemeliharaan GENSET. y Preventive and predictive maintenance.

y Melakukan pemeliharaan untuk mempertahankan daya guna. y Melakukan penyampaian/penyaluran logistik. y Melakukan perencanaan dan penganggaran logistik. .tepat jenis.daya hasil. y Membuat laporan rutin administrasi gudang. y Melakukan inventarisasi dan pencatatan masuk keluar logistik . STAFF ADMINISTRASI GUDANG/LOGISTIK INTERNAL Menyelenggarakan penyimpanan dan penyampaian/penyaluran logistik yang tepat nilai. y Melakukan pengendalian dan penyimpanan (gudang)logistik.daya teknis logistik.tepat kondisi serta pengendaliannya agar selalu siap pakai dan umur pemakaian mencapai batas waktu yang optimal.tepat waktu.BAGIAN IV LINGKUP TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANA I.

y Melakukan perawatan terhadap Arsitektural bangunan. . y Memelihara kerapihan tata luar gedung dan taman. TEKNISI BANGUNAN DAN TAMAN.sehingga bangunan selalu layak fungsi . Menjaga keandalan bangunan beserta sarana dan prasarananya. y Melakukan perawatan terhadap Struktural bangunan.kenyamanan. y Melakukan perawatan Mekanikal bangunan.II.sesuai fungsi yang ditetapkan dan memenuhi persyaratan teknis : keselamtan.kemudahan dan kelestarian lingkungan.

ELEKTRONIKA. . y Melakukan Pemeriksaan dan pendistribusian gas medis ( O2 dan N2O). y Melakukan pemeliharaan peralatan kesehatan (ALKES) /elektromedik.III. yang Optimal dan selalu siap pakai serta layak pakai. y Melakukan perawatan Mekanikal dan Instalasi listrik. perawatan dan perbaikan untuk seluruh komponen mekanikal dan elektrikal gedung untuk menjamin kondisi teknis. pengujian. daya guna dan daya hasil Peralatan dan perlengkapan Mekanikal dan elektrikal. y Melakukan pemeliharaan komponen Elektrikal dalam gedung. TEKNISI LISTRIK. DAN ELEKTROMEDIS. Pemeliharaan.

menghilangkan hama nyamuk. y Pemeliharaan kebersihan (harian. pengasapan (fogging) atau fumigasi. PETUGAS KEBERSIHAN . y Program general cleaning . baik ¶indoor· maupun ¶outdoor·.IV. kerapihan laintai. y Pemeliharaan Pest Control. harum. keindahan. Pemeliharaan kebersihan.Bulanan) y Pemeliharaan higieny service : pemeliharaan dan perawatan untuk pengharum ruangan dan anti septik yang memberikan kesan bersih. atap diniding dan perlengkapan gedung didalamnya sesuai dengan standar kebersihan yang ada. serangga dengan cara penggunaan pestisida. tikus. penyemprotan.mingguan.

Kegiatan mencegah/mengatasi timbulnya ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban secara fisik melalui kegiatan pengaturan. penjagaan dan perondaan serta kegiatan lain yang disesuikan dengan kebutuhan sehingga Terwujudnya keamanan. Mengadakan pengaturan dengan maksud menegakan tata-tertib yang berlaku dilingkungan RSPB khususnya yang menyangkut keamanan dan ketertiban atau tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan-pimpinan. .ketertiban dan keteraturan dilingkungan internal khusunya dan lingkugan eksternal umumnya. PETUGAS SATPAM . Melakukan pengawalan baik uang atau apapun yang disesuaikan dengan perintah atasan. Melaksanakan penjagaan dengan maksud mengawasi masuk/keluarnya orang atau barang dan mengawasi keadaan-keadaan atau hal-hal yang mencurigakan disekitar RSPB.y y y y V. penelitian dan pemeriksaan terhadap segala segala sesuatu yang tidak wajar dan tidak pada tempatnya yang dapat atau diperkirakan menimbulkan ancaman atau gangguan. Melakukan perondaan sekitar kawasan RSPB menurut rute dan waktu tertentu dengan maksud mengadakan.

. PETUGAS LAUNDRY. y Menyusun laporan kegiatan unit laundry y Melakukan stok opname secara periodik. Mencegah terjadinya infeksi nosokomial bagi pasien dan petugas dengan mengelola dan mengendalikan bahan linen.menytrika dn melipat) y Mengatur sistem distribusi untuk kelancaran pelayanan linen. serta menciptakan ketersediaan linen sesuai dengan kebutuhan dan tujuan RSPB. (mencuci. y Merencanakan kebutuhan Linen dan bahan pencucian linen.VI. y Menjaga kebersihan dan kerapihan linen . menjemur.

BAGIAN V MATRIK PROGRAM KERJA .

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

SEKIAN DULU TERIMAKASIH«!!! ´Wahai orang-orang yang beriman janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu sedangkan kamu mengetahuiµ [Al-Anfal : 27] .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful