P. 1
pengertian Cerpen

pengertian Cerpen

|Views: 107|Likes:
Published by Ajat Sudrajat Tea

More info:

Published by: Ajat Sudrajat Tea on Mar 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/10/2011

pdf

text

original

pengertian Cerpen Cerita Pendek Cerpen, akronim dari cerita pendek, merupakan jenis prosa yang baru berkembang

pada masa modern. Sebagai bagian dari genre prosa, yang membedakan cerpen dari jenis prosa yang lain, seperti hikayat dan novel, adalah plotnya yang tidak rumit, tokoh yang terbatas, persoalan yang tidak banyak dan bentuk karangannya yang pendek. Sebuah cerpen memiliki tema, pesan moral dan gaya penulisan tersendiri, sesuai dengan kecenderungan dan kemampuan pengarangnya. Proses penulisan sebuah cerpen cenderung lebih mudah dibanding penulisan sebuah novel, oleh sebab itu genre ini lebih banyak dimanfaatkan oleh para penulis untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka kepada khalayak. Sifat cerpen juga sangat elastis dan cepat mengakomodasi persoalan yang sedang berkembang di masyarakat. Dengan posisinya yang seperti itu, cerpen bisa dijadikan gambaran dan cermin sosial mengenai kondisi sosial budaya suatu tempat saat cerpen itu ditulis. Sebagai karya sastra yang pendek, biasanya cerpen yang baik memiliki kata dan kalimat yang tepat, kuat dan enerjik, sehingga pesan dan maksud pengarang akan terasa lebih merasuk di hati para pembaca. Dalam sastra Melayu lama, sebenarnya penulisan model cerpen ini sudah pernah dirintis oleh Haji Ibrahim dari Kesultanan Penyengat, Riau sejak tahun 1865. Namun, saat itu genre ini tidak mendapat tanggapan yang berarti dari kalangan sastrawan apalagi khalayak, sehingga kalah bersaing dengan hikayat, syair dan pantun. Oleh sebab itu, cerpen tidak mengalami perkembangan yang berarti. Barulah ketika memasuki abad ke-20, cerpen mulai mengalami perkembangan yang cukup baik dan terus berkembang semakin pesat dewasa ini.

Pengertian Cerita Pendek (Cerpen)
Dalam dunia sastra kita mengenal prosa dan puisi. Prosa meliputi roman(novel), dan cerita pendek(cerpen). Ada juga jenis prosa yang lebih pendek dari novel, tetapi lebih panjang dari cerpen, yang disebut novelet. Cerpen, novelette atau novel, tergolong tulisan kreatif (creative writing).

Menulis Cerpen Lalu apakah yang disebut cerita pendek atau cerpen itu? Cerpen adalah cerita yang ditulis pendek. Tetapi seberapa pendeknya? Bukankah panjang atau pendek itu relative? Karena itu lalu dibuat patokan yang sudah umum berlaku. Sebagai patokan atau pedoman umum, ceroen terdiri dari 2000 kata sampai dengan 10.000 kata. Penggolongannya adalah sebagai berikut : 
 

Cerita Pendek (short story) Cerita pendek yang pendek (short, short story) Cerita pendek yang sangat pendek (very short-short story)

Pada umumnya. Cerpen yang ideal adalah sebagai berikut: y y Ditulis terdiri dari 3. yaitu slice of life short-story.nya.000 kata. cerpen tipe ini seringkali sulit dipahami sehingga perlu dibaca berulang-ulang. dialog.cerpen jenis ini ditulis dengan gaya kontemporer dan bersumber dari ide atau gagasan murni. maka disebut juga dengan cerpen gagasan. konflik. Pada umumnya. Kurun waktu peristiwa sangat terbatas. memencar. Mengandung elemen plot. yaitu cerpen yang ditulis dengan sempurna disebut well made shortstory dan cerpen yang ditulis tidak utuh disebut slice of life short-story. tokoh/pelaku. sekarang atau yang akan datang) Jumlah tokoh yang ditampilkan satu atau paling banyak tiga orang. cerpen tersebut dapat di baca kurang dari satu jam dan isinya tidak terlupakan oleh pembacanya sepanjang waktu. Bahasa dan isinya mudah dipahami. Amerika Latin dan AS tahun 1940 ± 1960-an pada umumnya ditulis begitu panjang dan layak disebut cerpan. Dengan demikian. Dengan demikian. Pembaca awam dapat membaca cerpen jenis ini kurang dari satu jam.Jenis cerpen ini bisa dikembangkan menjadi novelette atau novel pendek. Sedangkan cerpen yang ditulis sampai dengan 10.000 kata bisa disebut dengan cerpan(cerita pendek yang panjang). Maka cerpen tipe ini biasanya enak dibaca dan mudah dipahami. yang ditulis sebagai cerpen standar. Sebaliknya. karya dipublikasi di media-massa sebelum diterbitkan dalam bentukkumpulan cerpen. cermin(flash) maupun cerpan mempunyai beberapa persamaan: y y y y y y Bercerita tentang manusia atau sesuatu yang dimanusiakan Menyajikan satu (tunggal) peristiwa(lampau. Ada dua tipe cerpen. Jenis ini tergolong dalam very short-short story. Cerpen tersebut pada umunya bersifat kovensional dan berdasar pada realitas /fakta. sudut pandang. Di Barat cermin disebut flash ± yang artinya sekilas atau sekelebatan membacanya. cerpen tipe kedua.Pembaca karya seperti itu adalah kalangan tertentu yang memang paham akan karya-karya sastra. Plot(alur) ceritanya kadang dibuat mengambang oleh pengarang. Cerpen tipe mana pun. Karya-karya cerpen para sastrawan Eropa. Tipe pertama adalah cerpen yang ditulis secara fokus yaitu: satu tema dengan plot yang sangat jelas dan ending yang mudah dipahami. Cerpen jenis ini biasanya disebut cerita mini yang lazaim disingkat cermin.Cerpen yang pendek hanya terdiri dari 750 sampai dengan 1000 kata. tidak terfokus temanya. sehingga plot tidak terstruktur.000 atau 4. setting dan suasana hati (mood/atmosphere) .

.Sumber: y y y Buku CREATIVE WRITING. Jurus Menulis Cerita Pendek Oleh Naning Pranoto Penerbit Rayakultura.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->