Contoh karangan eksposisi

I. Contoh Wacana Eksposisi ------------------------------------------------------------------------------------------------------------1. Yang Kedua bagi American Airlines Jatuhnya pesawat berkapasitas 266 penumpang airbus A300- 600 merupakan peristiwa kedua bagi American Airlines beberapa detik lepas landas dari bandar udara internasional O¶Hare Chicago, tiba-tiba mesin kiri lepas dari dudukannya. Pilot tidak bisa mengendalikan pesawat akibat keseimbangan pesawat mendadak berubah dengan jatuhnya mesin berbobot sekitar 5 ton. Pesawat mendarat dan menghujam tempat parkir kendaraan 31 detik kemudian dan 271 penumpang plus awak tewas seketika. Kecelakaan lain menyangkut mesin copot dialami oleh pesawat kargo El-Al milik flag carier Israel, 4 Oktober 1992. Mesin nomor empat atau yang paling ujung pada sayap kanan, tiba-tiba lepas akibat dua fuse-pin (baut kedudukan mesin) lepas. Disusul kemudian oleh mesin nomor tiga. Mendadak kehilangan dua mesin, pilot tidak dapat mengendalikan pesawat dan menabrak gedung bertingkat di Amsterdam, Belanda. Empat awak tewas berikut 47 penghuni flat yang ditabrak.

2. Contoh Karangan Eksposisi: Bagaimana Caranya Merawat Anjing Pug

Aku memiliki anjing dengan jenis Pug. Namanya Brownie. Seperti anjing Pug lainnya, Brownie memiliki bulu coklat muda yang pendek, dan terasa halus jika

dipegang. yang bentuknya seperti pasta gigi. maka ia diberi susu bayi. Brownie juga diberi vitamin untuk menjaga kesehatannya. Lalu dibilas kembali. Kemudian bulunya dihembus dengan angin dari blower. Brownie mengkonsumsi makanan anjing kusus yang kering. yaitu jenis makanan yang dikonsumsi dan perawatan tubuh yang terdiri dari kulit dan bulu. Setelah itu. . Setiap kali diberi susu sebanyak 1 gelas. Brownie makan makanan anjing sebanyak satu gelas aqua. Karena vitamin ini berbau amis seperti bau ikan basah. agar bulunya nampak mengkilat dan berat badannya bertambah dengan baik. Brownie juga minum susu dua kali sehari. Makanan ini juga kusus untuk jenis anak anjing denga ukuran badan kecil. dengan frekuensi tiga kali sehari. Brownie memiliki berat badan yang ideal di usianya yang 5 bulan. Mungkin bau seperti ini menarik bagi seekor anjing. yaitu seberat 5 kilogram. Ada dua hal yang akan dijelaskan di sini. Brownie sangat menyukai susu. Selain mengkonsumsi makanan anjing. Pertama-tama. cara merawat anjing jenis ini. Berikutnya adalah perawatan kulit dan bulu. makanan ini dicampur dengan susu. Kemudian disiram sabun wangi. dari merk SGM1. Sebab. Kemudian dia disiram dengan sabun yang sudah dicampur air. Ia berjenis kelamin jantan. di rumahku ada anjing lain yang sedang terserang jamur. Cara memandikannya cukup rumit. Karena usia Brownie masih termasuk anak anjing. Seperti pada umumnya anjing ras. dalam waktu singkat akan dihabiskannya. Brownie sangat menyukai vitaminnya. tubuhnya dibasahi dengan air. Pertama-tama adalah jenis makanan yang dikonsumsi. dibilas dengan air bersih. Kadang-kadang. Sabun ini kusus untuk menghindarkan Brownie dari serangan jamur. Aku akan menjelaskan. Setiap hari Sabtu. ayahku memanggil petugas dari salon anjing untuk memandikan Brownie.

Dengan perawatan yang baik. Karena Pug adalah jenis anjing dengan kuku hitam. aku pun menunjukkan rasa sayangku pada anjingku. Dalam memelihara ikan kita harus berhati-hati. jenis dan warna ikan air laut juga lebih beragam. MEMELIHARA IKAN Ikan merupakan salah satu binatang yang biasa diprlihara oleh manusia. Dengan memelihara ikan.Setelah itu. Demikianlah cara merawat anjing dari ras Pug. Untuk memelihara ikan. telinganya dibersihkan dengan kapas. Dengan demikian.jangan terlalu banyak karena akan membuat air keruh. sehingga batas antara jaringan kuku dan pembuluh darah tidak tampak. Jika kurang berhati-hati. oleh dan ikan akan mati. maka penampilan anjing pun akan menjadi menarik. Dalam memilih ikan sebaiknya yang masih segar. karena jika perawatannya tidak sesuai maka ikan air tawar. Kemudian kukunya dipotong dengan sangat hati-hati. dan kondisinya baik tanpa ada cacat ataupun goresan. Dalam memberi makan ikan harus teratur.kesegaran bagi pemiliknya begitu juga orang melihatnya. Akuarium harus ditata seindah mungkin dan sesuai dengan keadaan sebenarnya. yang mungkin tidak begitu berbeda dengan anjing dari ras lain. Setelah akuarium diisi dengan air. jenis juga harganya. kukunya dapat berdarah saat dipotong. 3. Ikan sangat beragam mulai dari warna. akan memberikan ketenangan. selanjutnya ikan dimasukan ke akuarium tersebut. . dengan begitu ikan-ikan akan merasa betah. Memberi makanikan sebaiknya dilakukan tiga atau sampai empat kali sehari.hal pertama yang harus disiapkan yaitu akuarium. pilihlah makanan ikan yang sesuai dan bergizi.

Ketika mengganti air akuarium. 4. penulis terlebih dahulu harus mengamati berbagai persoalan yang terjadi : Setelah pengamatan dilakukan timbulah sebuah opini atau pernyataan atas pengamatannya tersebut. Opini yang dimunculkan tersebut harus berlandaskan pada alasan-alasan yang logis dan rasional bahkan lengkapnya dengan pembuktian. Akuarium juga dapat diletakan diruang tamu. ikan-ikan harus dipindahkan terlebih dahulu ke dalam ember yang berisi air bersih.Air untuk ikan air tawar makin lama makin keruh.dan bersemangat kembali. jangan sampai ikan yang besar disatukan dengan ikan kecil. baik ikan air tawar maupun ikan air laut. bisa-bisa ikan besar tersebut memangsa ikan kecil. . Karangan Argumentasi Karangan argumentasi disebut juga karangan alasan untuk membuat karangan ini.tak heranlah banyak orang yang mempunyai hobi memelihara ikan. hal ini dapat memberikan nilai tambahyaitu membuat asri suasana dan juga memberikan kesegaran bagi orang yang melihatnya. oleh karena itu harus diganti minimal sekali dalam seminggu. Hati-hati dalam memilih jenis ikan. Kesegaran yang diberikan oleh pemandangan di akuarium dapat membuat orang yang stress menjadi bugar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful