FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEBELAS MARET

JURUSAN AKUNTANSI
Jl. Ir. Sutami No. 36A Kentingan Surakarta Telp (0271) 668765

PROPOSAL PENGAJUAN KULIAH KERJA MANAJERIAL MAHASISWA S-1 JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

1. Latar Belakang Program S-1 dibentuk dengan tujuan menghasilkan sumber daya manusia yang siap pakai dan ahli dibidangnya serta tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni, maupun masalah yang dihadapi khususnya berkaitan dengan pelayanan langsung di bidang keahliannya. Pada kenyataannya, dewasa ini sering dijumpai lulusan baru dari perguruan tinggi mengalami kesulitan dalam menghadapi kenyataan yang ada dalam dunia kerja. Hal ini disebabkan kurang siapnya lulusan tersebut dengan kenyataan yang ada di lapangan yang ternyata jauh berbeda dengan apa yang didapat dibangku perkuliahan. Kurangnya bekal teknikal yang dimiliki oleh mahasiswa dapat mengakibatkan sumber daya manusia yang dihasilkan kurang mempunyai kualifikasi dan kompetensi seperti yang diinginkan oleh pemberi kerja. Sedangkan perubahan yang cepat dan dinamis dalam segala bidang kehidupan meliputi ekonomi, politik, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan teknologi di era globalisasi ini membawa dampak yang besar untuk pengembangan kualitas manusia yang maju dan mandiri. Hal ini mendorong Perguruan Tinggi untuk dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki keunggulan dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan ketrampilan. Oleh karena itu, sebagai proses pendidikan, mahasiswa perlu meningkatkan pemahamannya atas disiplin ilmu yang ditekuni melalui tambahan wawasan, pengetahuan, ketramplian, dan kemampuan bermasyarakat yang salah satunya adalah dengan Kuliah Kerja Manajerial. Berdasarkan paparan di atas, saya sebagai mahasiswa S-1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sebelas Maret Surakarta merasa perlu untuk diadakannya suatu praktek kerja demi terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu
1

Berkaitan dengan pengenalan dan penerapan kemampuan baik secara teoritis maupun teknis pada suatu bidang kerja.FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEBELAS MARET JURUSAN AKUNTANSI Jl. 3. Manfaat Kuliah Kerja Manajerial 3. 2 . bimbingan. Hal tersebut ditujukan untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang praktek dan dunia kerja sesungguhnya. maka kami memilih Percetakan Widya Duta yang bertempat di Jalan Honggowongso kota surakarta sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Manajerial dengan harapan agar pihak Widya Duta bersedia memberikan arahan. dan pengetahuan agar kami dapat mengaplikasikan disiplin ilmu sesuai dengan konsentrasi yang sedang kami tekuni saat ini yaitu bidang keuangan. 2. Berdasarkan uraian di atas. sumber daya manusia. 36A Kentingan Surakarta Telp (0271) 668765 saya bermaksud mengenal lapangan kerja sebelum terjun dalam dunia kerja yang sesungguhnya. 2. Dapat menguji kemampuan pribadi dalam berkreasi pada bidang ilmu yang dimilki serta dalam tata cara hubungan masyarakat di lingkungan kerjanya. Memperdalam dan meningkatkan ketrampilan dan kreativitas diri dalam lingkungan yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya. Dapat menyiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan kerjanya di masa mendatang. 4.1 Bagi Mahasiswa 1. Ir. Tujuan Kuliah Kerja Manajerial Kegiatan Kuliah Kerja Manajerial ini kami laksanakan untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi semua pihak. Sutami No. Sehingga nantinya akan menjadi lulusan-lulusan berpotensi dan berkompetensi. kami akan memperoleh pengetahuan tentang dunia kerja yang sesungguhnya. Dapat mengenal lebih jauh realitas ilmu yang telah diterima di perkuliahan dengan kenyataan yang ada di lapangan atau dunia kerja riil. Kuliah Kerja Manajerial adalah alternatif yang kami pilih untuk memenuhi tujuan tersebut. 3. dan pemasaran. baik pihak perusahaan maupun bagi mahasiswa sendiri. Kami mengharapkan dengan Kuliah Kerja Manajerial ini.

Memperoleh sumbangan pemikiran dan tenaga dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan. 4. Sebagai sarana peningkatan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia. Sutami No.FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEBELAS MARET JURUSAN AKUNTANSI Jl. 36A Kentingan Surakarta Telp (0271) 668765 5. Ketentuan Pelaksanaan Kuliah Kerja Manajerial 3 . pengetahuan. Merupakan sarana untuk alih ilmu di bidang ekonomi khususnya manajemen dan lain-lain bagi kemajuan instansi atau perusahaan yang bersangkutan. Fakultas Ekonomi. 3. Membantu tugas dari karyawan instansi atau perusahaan dalam bidang yang berhubungan dengan pekerjaan yang bersangkutan. terutama calon tenaga kerja sehingga memudahkan dalam proses pencarian tenaga kerja profesional. 3. 2. Sebagai bahan masukan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana program atau kurikulum yang telah diterapkan sesuai kebutuhan masyarakat sebagai pengguna dari lulusan. Menambah wawasan. Ir. Merupakan sarana penghubung antara instansi atau perusahaan dan Lembaga Pendidikan Tinggi. 5. dan pengalaman selaku generasi yang dididik untuk siap terjun langsung di masyarakat khususnya lingkungan kerjanya.2 Bagi Penyelenggara Program 1. dilihat dari segi sumber daya manusia yang dihasilkan Lembaga Pendidikan Tinggi. 6. Untuk memperkenalkan instansi pendidikan Jurusan Manajemen.3 Bagi Instansi atau Perusahaan yang bersangkutan 1. 4. 2. 3. Sebagai sarana untuk memberikan pertimbangan dalam menentukan kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan oleh instansi atau perusahaan yang bersangkutan. Universitas Sebelas Maret Surakarta kepada instansi atau perusahaan yang membutuhkan lulusan atau tenaga kerja yang dihasilkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

sehingga ada suatu keuntungan timbal balik antara kami dengan pihak instansi atau perusahaan. Demikian harapan kami. dan kebijaksanaan dari pihak instansi atau perusahaan yang bersangkutan. kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. 2. 36A Kentingan Surakarta Telp (0271) 668765 1. bantuan. Mengenai jam kerja Kuliah Kerja Manajerial sesuai dengan ketentuan. Ir. Bidang kajian Kuliah Kerja Manajerial yang diambil sesuai dengan ketentuan dan kebijakan dari instansi atau perusahaan yang bersangkutan berdasarkan bidang ilmu peserta Kuliah Kerja Manajerial. kesepakatan. atas perhatian. 6. Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Manajerial sanggup memenuhi segala peraturan yang ada. Penutup Kami akan berusaha untuk melaksanakan Kuliah Kerja Manajerial sesuai aturan yang berlaku di instansi atau perusahaan dengan sebaik-baiknya. Note: Surat Permohonan Kuliah Magang Mahasiswa (Kuliah Kerja Manajerial) terlampir 4 . 5. dan bimbingan pihak perusahaan.FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEBELAS MARET JURUSAN AKUNTANSI Jl. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kuliah Kerja Manajerial Kuliah Kerja Manajerial dilaksanakan pada kisaran bulan Januari sampai Februari 2008 selama 4 minggu bertempat di Percetakan Widya Duta Jalan Honggowongso kota Surakarta. Sutami No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful