Sabtu, 04 Agustus 2007 KATA BAKU Kata-kata baku adalah kata-kata yang standar sesuai dengan

aturan kebahasaaan yang berlaku, didasarkan atas kajian berbagai ilmu, termasuk ilmu bahasa dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kebakuan kata amat ditentukan oleh tinjauan disiplin ilmu bahasa dari berbagai segi yang ujungnya menghasilkan satuan bunyi yang amat berarti sesuai dengan konsep yang disepakati terbentuk. Kata baku dalam bahasa Indonesia memedomani Pedoman Umum Pembentukan Istilah yang telah ditetapkan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa bersamaan ditetapkannya pedoman sistem penulisan dalam Ejaan Yang Disempurnakan. Di samping itu, kebakuan suatu kata juga ditentukan oleh kaidah morfologis yang berlaku dalam tata bahasa bahasa Indonesia yang telah dibakukan dalam Tata Bahasa Baku Bahasa Indoensia. Dalam Pedoman UmumPembentukan istilah (PUPI)diterangkan sistem pembentukqan istilah serta pengindonesiaan kosa kata atau istilah yang berasal dari bahasa asing. Bila kita memedomani sistem tesebut akan telihat keberaturan dan kemanapan bahasa Indonesia. Kata baku sebenanya merupakan kata yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan. Konteks penggunaannya adalah dalam kalimat resmi, baik lisan maupun tertulis dengan pengungkapan gagasan secara tepat. Suatu kata bisa diklasifikasikan tidak baku bila kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang ditentukan. Biasanya hal ini muncul dalam bahasa percakapan sehari-hari, bahasa tutur.

Baku - Tidak Baku apotek - apotik atlet - atlit bus -bis cenderamata - cinderamata konkret - konkrit-kongkrit sistem - sistim telepon - tilpon-telpon pertanggungjawaban - pertanggung jawaban utang - hutang pelanggan - langganan hakikat - hakekat kaidah - kaedah dipersilakan - dipersilahkan anggota - anggauta pihak - fihak disahkan - disyahkan lesung pipi - lesung pipit mengubah - merubah mengesampingkan- mengenyampingkan kualitas - kwalitas universitas - university teater - theatre struktur - structure monarki - monarkhi devaluasi - defaluasi abstrak - abstrac akomodasi - akomodir legalisiasi - legalisir diagnosis -diadnosa hipotesis -hipotesa kultur - culture deputi - deputy sekuritas - Security aktivitas - aktifitas relatif - relative repertoar - repertoire teknologi - tekhnologi; technologi elektronik - electronik direktur - director konduite - kondite akuarium - aquarium kongres - konggres hierarki - hirarkhi aksi - action

himbau berpikir .Di sekolahku diadakan pesta.sportifitas sportif .taxi sekadar .Sekolahku mengadakan pesta.standarisasi objek . Beberapa kesalahan yang menghasilkan kalimat tidak baku: 1. . Kalimat baku · Kalimat yang secara efektif dapat dipakai untuk menyampaikan gagasan secara tepat.nasehat terempas .pengreditan mengkreditkan .jam 19. · Tujuannya.pasca panen dasawisma .berfikir nasihat .obyek sportivitas .psikiatri grup .30 WIB standardisasi .institute aki .sportip aktivitas . Terpengaruh bahasa asing contoh: . 3. .aktifitas aktif .mengreditkan antarnegara .panca roba - psychiatry Penggunaan ragam baku ‡ Surat menyurat antarlembaga ‡ Laporan keuangan ‡ Karangan ilmiah ‡ Lamaran pekerjaan ‡ Surat keputusan ‡ Perundangan ‡ Nota dinas ‡ Rapat dinas ‡ Pidato resmi ‡ Diskusi ‡ Penyampaian pendidikan ‡ Dan lain-lain.dasa wisma pancaroba . Kerancuan contoh: .mempesona imbau . Terpengaruh bahasa daerah contoh: Apa kamu sudah makan? Apakah kamu sudah makan? Bukumu ada di saya ~ Bukumu ada pada saya.sekedar memesona .Di sekolahku mengadakan pesta.accu taksi .aktip pengkreditan .antar negara pascapanen . 2.terhempas pukul 19. agar intonasi tersampaikan secara baik.Orang yang berbaju putih itu abangku.route institut . . .30 WIB .Orang yang mana berbaju putih itu abangku.group rute .

Kepada ibunya ia mengadu. 4. Latihan soal-soal ! 1. kita dituntut mempunyai kreatifitas yang tinggi dan tidak gagap tekhnologi modern. c. Saya akan berbicara sama dia. saya mengucapkan terima kasih banyak. Terpengaruh bahasa tutur Contoh : . Pada era globalisasi. a. Analisa D. d. Kalimat tersebut akan menjadi baku bila ditulis menjadi«. ± globalisasi . Perbaikilah kalimat-kalimat di bawah ini ! Bagiamanakah bentuk benar kalimat berikut? ‡ Kenapa ia tidak masuk ! ‡ Walaupun terlambat. Akhli politik dan pendeta ini berasal dari Inggris.kreativitas . a. Ia menjadi tauladan kami. tetapi ia tetap datang. Atas perhatian Anda. saya ucapkan terima kasih.Saya sudah bilang sama dia.Emangnya itu bini Tono ? .modern c. Orang pertama yang menulis secara sistematis tentang bahaya pertumbuhan penduduk adalah Thomas Maltus. a. c.Kami semua sudah hadir. 6. Anda harus terampil bahasa Indonesia. saya haturkan banyak terima kasih. . Atas perhatian Bapak. 5. Ia menerbitkan buku Analis kependudukan.Kami sudah baca suratmu. dan mempertahankan pendapatnya bahwa hukum alamiah akan mempengaruhi pertumbuhan penduduk.Apakah itu istri Tono? 6. Warna bajunya sangat menyolok.kreatifitas . banyak anak-anak kecil. Harap pelan-pelan. .Suratmu sudah kami baca. saya ucapkan banyak terima kasih. Salah susunan kata Contoh : . Banyak alumni yang berhasil. d.globalisasi .kreativitas . Akhli C. Kemubaziran Contoh: . Penulisan kata yang benar adalah«.modern . ‡ Kami mengikuti program ketrampilan di kelas. ‡ Saya suka batuk kalau terkena debu jalan. Sistimatis 2.modern b.Kami sudah hadir. Sertifikat rumahnya sudah di hipotik.4.tehnologi .teknologi . d. Kata yang tercetak miring dalam kalimat berikut ini baku«. Atas perhatian Bapak. c. b. b. Perbaikan penulisan kata yang bercetak miring tersebut adalah«. Atas perhatian Bapak. b. .Saya sudah berkata dengan dia. a. . ± globalisasi -technologi . saya mengucapkan terima kasih. . A. 3. 5. ‡ Banjir sering terjadi pada musim penghujan. Sistematis B. Kalimat baku terdapat pada«. Atas perhatian Bapak.

b. Kata baku yang digunakan dalam kalimat terdapat pada«. ABRI bersama rakyat mengkikis ajaran komunis. .bermanpaat ~ bermanfaat 8.Saptu ~ Sabtu 9. Maksudnya agar kebun itu lebih bermanpaat. Setiap sore Kemis dan Saptu mereka latihan. d.kreatifitas . Kata baku terdapat dalam kalimat «. c. sering berkumpul dahulu. Di desaku terdapat sebuah group sepak bola.anggautanya ~ anggotanya .group~ grup . nggak usah tengok kiri dan kanan. Rencananya yang separuh akan digunakan untuk klinik dokter spesial mata. Tetanggaku membeli pekarangan dekat apotik. 15. Anggotanya banyak sekali. Ayo terus.apotik ~ apotek . Tuliskan kata-kata yang tidak baku dari paragraf tersebut ! Jawaban : .globalisasi . c. Sebelumnya. Bilang saja terus terang. tidak apa-apa.Kemis ~ Kamis . a. 11. Kita sendiri yang mampu merobah nasib kita. Para pengusaha harus menerapkan upah minimum regional. a. Kita harus mensukseskan gerakan disiplin nasional . Obat itu hanya bisa dibeli di apotik. d. Tim basket kita menjadi juara piala dunia. Tuliskan kata-kata yang tidak baku pada paragraf tersebut ! Jawaban : Kata-kata yang tidak baku: . 14. Betulkan kalimat tersebut agar menjadi kaliamat yang baku! Jawaban : Kalimat yang baku : Dia sudah berbicara kepada saya. Buku itu saya sudah kembalikan sama dia. b. a. a. Kalimat berikut ini yang tidak menggunakan kata baku adalah«. Betulkan kalimat tersebut agar menjadi kalimat yang baku! Jawaban : Kalimat yang baku : Buku itu sudah saya kembalikan kepadanya.d. . d. 12. Dia bilang sudah sama saya. Ardi sedang menganalisa limbah. Tiap bulan ayah mengirim duit untuk adik. 13. Apa yang disebut bilangan prima? b. c. Hari Rabo kemarin ibu baru pulang. Pekerjaan itu bertele-tele sehingga tidak efektif.moderen 7.teknologi . Kata bercetak miring dalam kalimat berikut yang baku adalah «.Kenapa kemarin kamu tidak masuk ? Betulkan kata-kata yang tidak baku pada kalimat tersebut! Jawaban : Kalimat yang baku atau kata-kata yang baku : Mengapa kemarin kamu tidak masuk? 10.

Fotocopi STTB harus dilegalisasi. badanku terasa pegal-pegal. d. (4) Saliman memberikan buku baru kepada adiknya. Kalimat yang mengandung kata yang tidak baku terdapat pada«. 18. Kata bercetak miring yang termasuk kata tidak baku terdapat pada kalimat«. c. Dia murid teladan di sekolah ini. d. pemakaiannya pun harus dilakukan secara cermat. Perhatikan pula penggunaan akhiran ±kan pada contoh berikut. Seorang atlit harus berusaha keras untuk meraih juara. Kita berdoa agar indonesia tetap aman dan damai. (6a) Gubernur menugasi walikota untuk menyelesaikan masalah itu. d. d. a. (2) Saliman memberi adiknya buku baru. Siapa yang hadir dalam upacara itu? 19. Bentuk yang seharusnya digunakan ialah menugasi sehingga kalimat perbaikannya menjadi seperti berikut. Masalah utang piutang sebaiknya tercatat pada kwitansi. c. Pukul 07. d. (5) Buku baru diberikan (Saliman) kepada adiknya. (1) Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan iman. atau Semoga kekuatan iman diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan. b. 20. Mengapa kemarin Anda tidak masuk? b. Seluruh masyarakat berkumpul di balai desa. (3) Adiknya diberi (Saliman) buku baru. Khotbah Jumat dimulai pada pukul 12. Jam 13. b. b. a. a. Wiwik sama Rahmat pergi berlibur ke Bali. 17. (6) Gubernur menugaskan walikota untuk menyelesaikan masalah itu. Jangan kuwatir. Orang tua harus bisa menjadi suri teladan bagi anak-anaknya. suasana Jakarta terasa lengang. Polisi memberikan isyarat agar kami segera menepi. Saudara bilang bahwa ia akan datang. Petani bawa cangkul dan benih padi. Oleh sebab itu. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah«. Bandingkan dengan kalimat-kalimat berikut. Kalimat itu seharusnya berbunyi: Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman. Setelah terjadi kerusuhan. Akhiran ±kan pada kata diberikan seharusnya tidak muncul. c. Sumber: UN 06 Pemakaian Bentuk Kata yang Tepat Imbuhan pada sebuah verba memberikan makna tertentu pada verba itu. Saya kuatir dengan kondisi jalan yang ruwet. yang perlu diperhatikan. persediaan barang masih banyak. 16. dalam hal ini akhiran.00. c. Jika membeli obat. Kami sedang membersihkan kelas. Setelah bekerja berat. Kalimat yang menggunakan kata baku adalah«. Kalimat berikut yang menggunakan kata tidak baku adalah«. Pada bulan Februari dia merayakan hari ulang tahunnya. . d. c. Bentuk menugaskan tidak tepat digunakan dalam kalimat di atas.b.00 ayah sudah pergi ke kantor. b.00 murid SMP sudah pulang. sebaiknya di apotek. a. c. Berikut ini beberapa contoh pemakaian imbuhan. a.

Dari contoh-contoh di atas. dapat disimpulkan bahwa menugaskan berarti 'menjadikan tugas'. (9) Ia menugasi saya (untuk) menyusun buku. (8) Penyusunan buku itu ditugaskan kepada saya. . sedangkan menugasi berarti 'memberi tugas kepada'. (7) Ia menugaskan penyusunan buku itu kepada saya.Agar lebih jelas perhatikan kalimat-kalimat berikut.