OSEANOGRAFI PIM 2213

Pengantar dan perkembangan sejarah oseanografi

Introduction to Oceanography
Pengantar, Perkembangan Oseanografi

Pengantar Oseanografi       Apakah Oseanografi? Ocean= Laut. Oseanografer => Mengaplikasikan ilmu dasar kedalam dunia kelautan. Graphy= Deskripsi Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari tentang laut dan habitatnya untuk mengetahui proses dan fenomena yang terjadi didalamnya. Oseanografi merupakan ilmu terapan dari ilmu dasar. tawar Contoh : Ikhtiolog Asin Interesnya ikan laut => ahli biologi laut atau Biologi Osenografi .

siklus hidup.Pengantar Oseanografi     Ahli Biologi laut => Mendalami organisme laut terfokus pada organismenya Ahli Biologi Oseanografi => Berupaya mempelajari organisme yang mendiami suatu tempat di laut Oseanografi mencakup dan terintegrasi dengan ilmu dasar lain: Geologi Oseanografi .lempeng tektonik. ekosistem .gelombang. tenaga di laut Kimia Oseanograpfi ² kimia air. geologi laut. siklus biogeokimia Biologi Oseanografi ² organiasme laut. karakteristik air. sejarah laut Fisika Oseanografi .

1.Pemenuhan kebutuhan hidup dan tingkat eksploitasinya saat ini. . berinteraksi dengan aspek lain pada seluruh sistem dibumi. B. Pengembangan Sain ² mengembangkan dunia pengetahuan (model atau paradigma) tentang laut. Sumberdaya laut . 2. Sebagian besar kebutuhan hidup berasal dari laut. cara bekerja.Why we need to Study Oceanography? A. Penangkapan/buddidaya/konservasi. Minerals/Energy Exploitation -. Isu perubahan iklim global.

Polusi laut ² Aktivitas manusia menyebabkan polusi pada skala global. red tides. hanya memperkecil dampak negatifnya. gempa bumi. 2. Manajemen pesisir dan laut ² Mencegah. 4. dsb adalah gejala alam yang merupakan bagian dari lingkungan laut dan berdampak pada aktivitas manusia.Why we need to Study Oceanography? C. melindungi. memperbaiki kawasan pantai dari kerusakan. Transportasi/Rekreasi ² Manusia diperkirakan telah menjelajahi laut lebih dari 5000 tahun yl. Bencana ² Angin putar. Sejak itu terjadi perdagangan dan koloni wilayah baru melalui laut.Aktivitas manusia didarat dan dilaut berdampak buruk pada laut dan komunitas didalamnya. Kita tidak bisa menghindar. alih fungsi atau dampak negatif lainnya. Dampak Aktivitas manusia. badai. tsunami. letusan gunung berapi. 3. . 1.

sepanjang pantai timur laut Mediteran. Eksploitasi laut pada era kuno . 4000BC-500 AD: Kolonisasi bangsa Polynesia di kepulauan Pacific menggunakan rakit yang sangat sederhana didorong tenaga angin B. C. A. laut Merah dan laut Arab. 3200BC --seterusnya : Bangsa Egyp mengembangkan tenaga dayung dan angin untuk mendorong perahu pada pelayaran di sungai Nil.SEJARAH OSEANOGRAFI     I. Teluk Persi dan laut Arab. . 3200BC -seterusnya: Bangsa Mesopotamia mengembangkan tenaga dayung dan angin untuk nedorong kapal pada pelayaran di sugai Tigris dan Eprat.

E. Mereka dan orang Yunani yang pertama kali memulai kolonisasi laut sebagai bagian dari ekspansi dan perdagangan. dan labyrin). Bangsa Mino sebagai negara laut yang berpusat di Crete (legenda Theseus.SEJARAH OSEANOGRAFI   D. . 1500-500 BC. minotaur. 2000-1300 BC. bangsa Ponik membangun penjelajahan yang ektensif melalui laut Mediteran dan paling timur Samodra Atlantik (khususnya paling barat Afrika).

Perkembangan awal pada sain dan teknologi untuk mengetahui laut dan keperluan Navigasi  A. Ia menyatakan pula bahwa pa-sut dipengaruhi oleh bulan.II. . Ia menggunakan cara: Tinggi lintang merupakan jarak dari equator ke kutub utara/selatan. Setiap tempat di equator memiliki lintang 0o. Pengembangan awal sain pada bangsa Yunani 1) 384-322BC: Aristoteles membuat katalog organisme laut. 2) 325BC: Pytheas menetapkan tinggi lintang di bumi dalam pelayarannya dari Greece ke Iceland dengan berpatokan bintang Utara.

Pada puncak musim semi. matahari melewati Aswan dan Alexandria. Cara yang digunakan adalah: Membuat sumur di Aswan dan membangun gedung di Alexandria. . Pada tengah hari ketika matahari secara penuh menyinari sumur vertikal di Aswan.II. pada saat yang sama diukur sudut bayangan gedung vertikal di Alexandria. Perkembangan awal pada sain dan teknologi untuk mengetahui laut dan Navigasi 3) 265-194BC: Eratosthanes meyakini bahwa bumi bulat dan menghitung keliling bumi.

tegak lurus equator jarak Aswan-Alexandria 500 stadium (800 km) . Perkembangan awal pada sain dan teknologi untuk mengetahui laut dan Navigasi Asumsi : Jarak bumi-matahari sangat besar sehingga sinar jatuh di kedua tempat tersebut paralel Aswan dan alexandria terletak pada garis utaraselatan.II.

2o atau 1/50 sudut keliling. Sekarang kita hitung: Jari-jari =6.000 km.356 km (kutub). Sehingga keliling bumi = 50 x 800 km = 40. maka keliling= 40.378 km (equator). 6. .Sudut yang terbentuk antara Bayangan sinar matahari dengan gedung vertikal di Alexandria sebesar 7.090 km 4) 265-194BC: Aristarchus menghitung diameter bumi dari pengamatan elevasi matahari pada tengah hari pada dua lokasi sepanjang garis utara-selatan antara Yunani dan Mesir.

.SEJARAH OSEANOGRAFI     B. sudah memasukkan samodra Hindia dan Pasifik. Ia memperkenalkan dunia sebagai sebuah bola (globe) dan mengenalkan garis bujur dan garis lintang pada petanya sehingga setiap pelayaran dapat menentukan posisinya dipermukaan bumi dengan menggunakan metodanya pytheas 2) Bangsa Polynesia membuat potongan potangan peta yang menunjukkan arus laut relatif dominan terhadap suatu pulau. 1) 127-151AD: Ptolemy membuat atlas dunia pertama kali yang menunjukkan tingkat pengetahuan bangsa romawi saat itu. Pembuatan peta bumi ² Kebutuhan yang akurat deskripsi bumi sebagai alat navigasi.

 C. . garis bujur membutuhkan jam yang akurat. kemudian menyebar ke Eropa melalui Arab sekitar 900 AD. Alat Navigasi 1) Bangsa Yunani membuat mercu sebagai tanda garis pantai dan alat bantu pelayaran. 3) Garis lintang dan bujur dikembangkan oleh bangsa Yunani untuk menentukan posisi di bumi. 2) China mengembangkan kompas magnet sejak milenium pertama.

1420: Pangeran Henry dari Portugal pertama kali mendirikan sekolah pelayaran. D. 1490's: Kolumbus berlayar ke Atlantik dan menemukan benua Amerika. B. Magellan (1520) dan Sir Francis Drake (1580) berlayar mengelilingi bumi . 1486.Bartolomeu Dias dan kemudian Vasco de Gama berlayar mengelilingi Afrika dan samodra Hindia. Era penemuan dan ekplorasi oleh bangsa Eropa      A. C.1498 .III. 1513: Ponce de Leon menemukan samodra Pacifik E.

Ia menemukan New Zealand. . membuat garis besar samodra Pasifik. Dengan menggunakan chronometer dari John Harrison. melakukan sounding. Era Modern   A. arus laut dan suhu. Australia. dapat menentukan posisi lintang/bujur suatu tempat. pengembangan pelayaran dan peta. penelitian coral reefs.IV. Ia membuat peta yang akurat permukaan bumi. mengukur angin. 1728-1761: John Harrison mengembangkan chronometer untuk berlayar di laut. Sandwich and dan kepulauan Hawaii. Great Barrier Reef. 1768-1779: Kapten James Cook ² pada keempat pelayarannya. B.

. Ia merupakan orang pertama kali yang menulis buku textbook pada tahun 1855. 1831-1836: Charles Darwin melakukan pelayaran dengan kapal HMS Beagle. F.    C. berawal sebagai tentara karir di USA Navy. E. 1777: Benjamin Franklin mempublikasikan peta yang berisi arus Teluk berdasarkan hasil pelayarannya. Ia melakukan pengamatan yang mengarah pada asal usul Species. 1806-1873: Matthew Fontaine Maury. disebut father of modern oceanography. 1815-1854: Edward Forbes mengembangkan sebaran vertikal kehidupan di laut dan membagi kehidupan laut berdasarkan kedalaman. Ia mengumpulkan catatan analisis angin dan arus dan mempublikasikan bentuk peta angin dan arus. berjudul ´The Physical Geography of the Seaµ. Ia mengklaim bahwa dibawah kedalaman 550 meter tidak ditemukan kehidupan. D.

melakukan eskpedisi pengumpulan data dan spesimen pada setiap kolom air. .717 spesies baru.600 km.    G. Royal Navy. 1893-1895: Fridtjof Nansen memetakan Laut Artik I. Jarak yang ditempuh 127. 7 Des 1872 ² 26 Mei 1876. dengan hms Challenger yang merupakan kapal laut dalam pertama yang modern. 492 kedalaman air. 133 dradge/sampling dasar laut. 1925: Jerman dengan kapal Meteor memetakan dasar laut dengan echo sounding. mengukur kedalaman palung Mariana (8185 m) H. menemukan 4. 263 suhu air.

1818: John Ross. 1960: Bathyscaph Trieste (Switzerland & USA): kapal selam yang dikendalikan menyelam hingga 10.916 m di palung Mariana. mendeskripsikan hewan laut dalam L. 1828: J Vaughan Thompson: pertama kali mengumpulkan plankton M. . 1957: Vitiaz (USSR): Meneliti biologi deep-sea trenches. menamakan Vitiaz-Deep kepada palung Mariana dibelahan bumu barat. K.      J. O.915 m. 1960: Kapal selamTrieste diturunkan hingga kedalaman 10.000 m N. 1950: Galathea (Denmark): melakukan deep-sea dredging hingga kedalaman 10. dasar laut paling dalam.

1977: Kapal selam Alvin (USA): menemukan sumber panas pada laut dalam . P.

  . menggunakan kapal penelitian ´Glomarµ mengebor dasar laut lebih dari 600 tempat. Membuktikan teori pergeseran kulit bumi Menyajikan usia dasar laut dan lapisan dasar laut. Melanjutkan penelitian dan meneliti laut seluruh dunia untuk mengetahui lebih jauh tentang komposisi dan sejarah bumi. ODP (Osean Drilling Program) menggunakan kapal yang lebih besar-panjang 146 m.   Th 1968 JOIDES (Joint Oceanographic Institutions For Deep Earth Sampling).

. Menerbitkan Herbarium Amboinense.1904 didirikan stasiun perikanan (Visscherij Station) di pasar ikan Jakarta.Pieter Bleeker: ahli ikan. Kapal penelitian Gier secara rutin melakukan penelitian perikanan  .V. terdiri 700 publikasi yang 500 diantaranya berisi tentang ikan. 1200 deskripsi tumbuhan . berisi 700 gambar. mendirikan majalah Natuurkundig Tujdschrift voor Nederlansch Indie.Rumphius : deskrisi flora/fauna yang hidup di darat/laut di wilayah Ambon. . menerbitkan Atlas Ichthyologique. Perkembangan oseanografi di Indonsia Era sebelum kemerdekaan: Dilakukan para penggemar hewan/tumbuhan laut yang mengumpulkan contoh hewan/tumbuhan untuk koleksi.

Weber de Beaufort menulis The fishes of the IndoAustralian Archipelago didasarkan koleksi ikan dari periaran indonesia dan sekitarnya. Peneliti yang sempat terkenal: Delsman tentang telur dan larva ikan. Hardenberg seorang ahli biologi perikanan. Perkembangan oseanografi di Indonsia    1922 stasiun perikanan diganti laboratorium penelitian perikanan. . Ekspedisi Snellius: 1929-1930. meneliti kondisi fisika. dilengkapi akuarium umum.V. terdiri 11 volume. kimia dan geologi kelautan Indosia Timur. Verwey tentang ekologi terumbu karang.

1957) Era Setelah 1960  Berdiri 3 lembaga baru: 1) Lembaga Oseanologi Indonesia.  .Era pasca kemerdekaan 1950 Laboratorium penelitian perikanan diganti Lembaga penyelidikan laut. terungkap upwelling di laut Banda (Wyrtki. 3) Dinas Hidrografi Angkatabn Laut. Hasil terpenting: pemetaan sebaran salinitas bulanan diperairan Indonesia (Veen)  1952 kapal riset samudera meneliti perairan Indonesia Timur. 2) Lembaga Penelitian Periakanan Laut.

operasi cendrawasih: melakukan riset tentang kelautan Kerjasama dengan pemerintah/lembaga asing: penelitian kelautan di perairan Indonsia Timur. .Baruna II.Era pasca kemerdekaan     1964. 1967. Penunjukan beberapa perguruan tinggi untuk meneliti tentang kelautan. melibatkan berbagai lembaga penelitian dan Perguruan Tinggi.Ekspedisi dengan kapal Baruna 1: ekspedisi ilmiah pertama diperairan Indonesia Timur.