MEMELIHARA KUDA LAUT

SECTION 1 Dasar pemeliharaan Memilih kuda laut Pemeliharaan

Perhatian! Memelihara kuda laut memerlukan dedikasi yang tinggi dan komitmen yang kuat dari penghobi, antara lain akuarium khusus dengan persiapan yang memerlukan waktu sedikitnya satu bulan penuh dan pemberian makan minimal dua kali setiap hari non-stop, tanpa libur!

Kuda laut (keluarga SYNGNATHIDAE, genus Hippocampus), mahluk laut anggun yang terlihat seperti kuda kecil itu sebenarnya adalah ikan juga, hanya saja seperti ikan-ikan lain yang juga

berbentuk aneh, kuda laut sudah beradaptasi sedemikian rupa sehingga mempunyai posisi renang vertikal dengan kepala di sebelah atas (bandingkan dengan ikan Pisau-pisau, Aeoliscus strigatus yang mempunyai posisi renang vertikal juga, hanya saja kebalikan dengan kuda laut posisi kepalanya ada di bawah). Kuda laut mempunyai keluarga dekat yang layak dibahas di sini karena

Ikan-ikan laut yang lain yang tidak cocok hidup dengan kuda laut jika dipaksakan hanya akan membuat kuda laut kalah berkompetisi dalam mencari/mendapatkan makanan. ikan pipa juga mempunyai mulut yang memanjang yang berguna untuk menyedot makanan Dasar pemeliharaan Akuarium Akuarium untuk memelihara kuda laut atau ikan pipa harus mempunyai dimensi minimal 130P x 60L x 60T (dalam cm. panjang dibuat sedemikian karena disesuaikan dengan panjang lampu TL 40w). Karena kuda laut adalah perenang yang lamban. . Seperti kuda laut. Ikan ini mempunyai bentuk fisik hampir sama dengan kuda laut dan di alam mereka tinggal di habitat-habitat yang mirip dengan tempat tinggal kuda laut.kebutuhan akan pemeliharaan yang hampir sama. atau dengan beberapa jenis ikan laut lainnya yang cocok tinggal dengannya. Mereka adalah dari genus Doryrhamphus dan Corythoichthys (pipefishes)-ikan pipa atau yang di sini terkenal sebagai Bajulan. perlu ditekankan bahwa akuarium untuk memeliharanya adalah akuarium yang khusus bagi kuda laut saja. Dengan volume ini jumlah kuda laut atau ikan pipa yang akan dipelihara juga dibatasi sampai dengan enam ekor saja maksimum.

rumput laut juga merupakan tempat tumbuh yang baik bagi beberapa macro plankton yang bisa menjadi makanan tambahan bagi kuda laut. dan lain-lain.. Selain untuk kait bagi kuda laut. Hal ini dilalukan pada sebagian besar aktivitas kesehariannya. Ini akan mendekatkan ekosistem dalam akuarium agar mirip dengan lingkungan tinggal alaminya (akan dibahas berikut pada bagian Persiapan). Kuda laut suka mengaitkan ekornya sedemikian rupa pada sesuatu.. Orchestia sp. Idotea sp. Akuarium kuda laut juga sebaiknya mempunyai rumput-rumput laut yang tumbuh di dalamnya.. Filtrasi Seperti penulis telah bahas pada artikel tentang ikan hias air laut. filter . misalnya Calanus sp.Untuk jangka panjang ikan-ikan ini hanya akan merusak ekosistem yang khusus diciptakan untuk kuda laut. biasanya pada rumput laut.

maka kecelakaan yang mengakibatkan kuda laut tersedot ke dalam lubang hisap pompa bisa bahkan sering terjadi. Substrat yang dipakai bisa berupa pasir laut atau pecahan karang.yang tepat untuk memelihara kuda laut atau ikan pipa adalah filter biologis. Arus sebagai kunci utama filtrasi biologis memerlukan perhatian penuh untuk pemeliharaan kuda laut. Untuk itu diperlukan semacam jaring besar yang ditempatkan disekeliling lubang hisap untuk mengurangi daya . Jumlah batu karang minimal yang dibutuhkan adalah sepertiga volume akuarium. Yaitu dengan penggunaan batu karang sebagai media filter (tempat tumbuhnya bakteri pengurai). karena arus yang diberikan harus cukup untuk menjaga kualitas air akuarium sementara juga arusnya tidak terlalu kuat bagi perenang-perenang yang pasif ini. Misalnya dalam contoh dimensi di atas. Karena kuda laut adalah perenang yang tegolong lamban. dan lainlain. pompa yang dibutuhkan adalah yang berkapasitas 800-1600 liter per jam. Pompa celup yang digunakan harus mempunyai kemampuan untuk mengalirkan air sebanyak dua sampai empat kali kapasitas akuarium perjamnya.

dan lain-lain di mana arus alami sekitarnya tergolong lembut. juga tidak terlalu lemah sehingga mengakibatkan kurang baiknya filter biologis bekerja. kuda laut tinggal di perairan yang relatif tenang.sedot pompa. di guagua. Untuk itu lubang output bisa diarahkan sedikit menghadap ke dalam batu karang untuk mengurangi kekuatannya tanpa mengurangi fungsinya. Menempatkan arah arus di dalam akuarium kuda laut juga memerlukan strategi tersendiri. Atau jika diperlukan. Protein skimmer bisa ditempatkan pada . Untuk itu lubang output pompa ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak membuat arus dalam akuarium terlalu kuat. lubang output bisa dibagi menjadi beberapa titik juga untuk mengurangi kekuatannya. Penggunaan protein skimmer juga dianjurkan. Di dalam akuarium dengan pompa berkapasitas seperti disebutkan di atas bisa membuat arus yang terlalu kuat bagi kuda laut. terutama jika jumlah kuda laut yang dipelihara cukup banyak sehingga memerlukan pemberian pakan yang cukup. Di habitat alaminya.

maka diperlukan lima lampu TL 40w. Seperti contoh dimensi di atas. hanya saja perlu dicatat bahwa pompa penggerak untuk skimmer juga harus diberi saringan agar kecelakaan kuda laut tersedot dalam lubang hisap dapat dihindarkan.akuarium utama. Persiapan Akuarium yang akan digunakan sebaiknya dicuci dan dibilas . masing-masing adalah: 2 lampu daylight/biolight dan 3 lampu TL biru atau actinic blue untuk menambahkan kesan kebiruan. maka cahaya sedang dengan jumlah satu watt per 2 liter diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup bagi rumput-rumput laut (akan dibahas berikut pada bagian Persiapan) dan kelangsungan rantai makanan (pertumbuhan phytoplankton sampai dengan zooplankton). Jika diperlukan. bagian dari sistem filtrasi) juga bisa digunakan. Jika sump digunakan. penggunaan kotak overflow (sump – semacam kotak khusus untuk filter. Tapi dalam akuarium yang didesain khusus baginya. maka skimmer bisa ditempatkan pada kotak ini. Pencahayaan Pada dasarnya kuda laut tinggal di daerah yang tidak terlalu terang cahayanya.

taxifolia) tidak dianjurkan karena kemampuan mereka untuk berkembang biak dengan cara melepaskan spora kemudian mati yang dapat mencemari akuarium sewaktu- Title 2 Ti . (Baca juga artikel tentang pemeliharaan ikan hias air laut. Tempatkan akuarium pada tempat yang tepat di dalam ruangan.tanpa menggunakan detergen. Hindarkan dari sinar matahari langsung untuk menghindarkan dari pertumbuhan lumut yang tidak diinginkan. Jenis yang dianjurkan adalah Angguran (Caulerpa recemosa) atau Caulerpa racemosa var. Setelah itu air tawar bisa dimasukkan dan pompa arus dijalankan selama satu minggu (skimmer dan lampu tidak perlu dinyalakan selama masa ini). Yang tidak kalah penting adalah penempatan pompa celup. Jenis Aseman (C. kali ini skimmer dan lampu dinyalakan agar ekosistem segera tercipta. Setelah air laut dimasukkan. Setelah akuarium diletakkan. peltata. atur sedemikian rupa agar tidak menghasilkan arus yang terlalu kuat di dalam akuarium. Dan seminggu kemudian beberapa jenis rumput laut bisa ditanam di dalam akuarium ini.) Setelah seminggu berselang air tawar dikeluarkan dan diganti dengan air laut. substrat/pasir bisa dimasukkan dan batu karang ditata sesuai dengan selera dan diusahakan juga agar membentuk gua-gua kecil untuk tempat tidur bagi kuda laut.

macro plankton berguna sebagai makanan tambahan bagi kehidupan kuda laut di dalam akuarium. dan seterusnya sampai dengan macro plankton).waktu. pemberian karbon (dalam bentuk makanan ikan) bisa diberikan setiap hari dengan jumlah secukupnya (misalnya satu sendok teh tiap hari). Selama masa ini beberapa jenis macro plankton juga berkembang biak di dalam akuarium. bisa diberikan pasir basah yang diambil langsung dari pantai (jika tempat tinggal anda cukup dekat dengan laut) atau dari akuarium lain yang sudah matang ekosistemnya. . Setelah tigaempat minggu berjalan. Rumput laut ini memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri sebelum berkembang biak di dalam akuarium. Bisa juga agar ekosistem mini ini dipenuhi lebih banyak lagi jenis biota yang hidup di dalamnya. Pemberian karbon ini bertujuan untuk memberikan biomass yang cukup bagi terbentuknya rantai makanan dalam skala kecil dalam akuarium (terdapat pertumbuhan micro/phytoplankton yang kemudian dikonsumsi oleh zooplankton yang lebih besar. Seperti dijelaskan sebelumnya. Waktu yang diperlukan berkisar antara 2-6 minggu.

Kuda laut juga merupakan ikan hias laut yang bisa dikembangbiakkan di dalam akuarium.Jika membeli lebih dari satu. kuda laut betina memang mengeluarkan telurnya. Untuk diketahui. Jika memungkinkan pilihlah yang mau menerima makanan yang diberikan di sana. Kantung pada kuda laut jantan itu . Periksalah juga terhadap kemungkinan sakit.Setelah ekosistem ini matang yaitu satu-tiga bulan kemudian. bisa dilihat dari daerah dadanya yang tidak tampak kurus. tapi kuda laut jantanlah yang memelihara telur-telur itu dalam kantungnya hingga burayak kuda laut cukup kuat untuk hidup di alam bebas. terluka. baru kuda laut bisa dimasukkan. sedapat mungkin pilihlah satu ekor jantan dan beberapa betina. dan kemungkinan buruk lainnya. Kuda laut jantan lebih dari satu dalam satu akuarium dapat berebut tempat kekuasaan sehingga terjadi perkelahian di antaranya Kuda laut jantan dapat diketahui dari semacam kantung di daerah perutnya. Pilihlah kuda laut yang dalam keadaan sehat. Sedang kuda laut betina tidak mempunyai kantung ini. Kuda laut yang tampak kurus di dadanya menunjukkan bahwa ikan tersebut sudah lama tidak makan dan sudah terlalu lama di toko ikan tersebut. Memilih kuda laut Kuda laut bisa dibeli di tokotoko ikan hias yang menyediakannya.

Cara yang sama dengan penempatan ikan hias laut. salinitas. maka alternatifnya adalah dengan memberikan makanan beku kepadanya. Setelah kuda laut atau ikan pipa dipilih segera dibawa pulang untuk ditempatkan di tempat tinggal baru mereka. minimal dua kali sehari. Pagi dan sore hari. Makanan terbaik bagi kuda laut adalah anakan dari berbagai jenis udang laut dalam keadaan masih hidup cukup kecil untuk masuk ke dalam mulutnya. Cara yang sama bisa digunakan untuk memilih ikan pipa. Udangudangan yang sudah mati dan dibekukan akan kehilangan beberapa nutrisi yang bagus buat perkembangan dan kesehatan kuda laut. yaitu penyesuaian suhu. dan lainlain perlu dilakukan terlebih dahulu. setiap minggu sekali tambahkan beberapa tetes mulitvitanim ke dalam makanan .mirip dengan kantung pada kanguru betina. Dengan catatan. Pemeliharaan Memberi makan kuda laut Kuda laut harus diberi makan setiap hari. Tetapi karena mendapatkan makanan hidup setiap hari mustahil dilakukan. Juga hindarkan penempatan dua ikan pipa jantan dalam satu akuarium karena mereka bisa berkelahi hingga mati.

Perawatan akuarium Seperti telah disebutkan di atas. kuda laut yang diberi makan jentik-jentik nyamuk setelah kurang lebih enam bulan akan menunjukkan gejala-gejala kekurangan gizi. Agar pertumbuhan macro plankton ini tetap terjaga. Kuda laut bisa mati dalam beberapa hari saja. Terlihat kuda laut semakin kurus kemudian diikuti dengan terkelupasnya kulit tanpa sebab. maka diperlukan adanya tambahan karbon . ekosistem yang diciptakan untuk memelihara kuda laut ini terdiri dari akuarium dengan beragam rumput laut yang hidup dan berkembang di dalamnya. Kuda laut memang terlihat akan memakannya. Jika kulit kuda laut sudah terkelupas maka kemungkinan dia selamat dari problem ini sangat kecil. Beli secukupnya untuk satu minggu. Dengan adanya rumput laut ini beberapa jenis macro plankton bisa tumbuh dan berkembang sehingga bisa menjadi makanan suplemen bagi kuda laut. Memberi makan kuda laut dari sumber lain misalnya anakan ikan guppy atau jentik-jentik nyamuk tidak disarankan. Makanan beku ini juga sebaiknya tidak disimpan lebih dari satu minggu dalam kulkas. Tapi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh mahluk dari laut tidak akan terpenuhi oleh makanan dari dunia air tawar ini. Dari pengalaman penulis.beku ini sebelum diberikan untuk membantu nilai nutrisinya.

Jika berlebih dapat merusak kualitas air. Caranya bisa dengan menambahkan sejumlah makanan ikan (dalam bentuk pelet misalnya. Dengan adanya penambahan sejumlah karbon ke dalam sistem maka rumput laut yang ditanam di dalamnya pun akan tumbuh bertambah banyak. Hatihati dengan pemberian pakan ini. . Pemotongan ini diperlukan agar akuarium tempat memelihara kuda laut tidak menjadi hutan rumput yang pada akhirnya akan mengganggu kehidupan kuda laut itu sendiri. misalnya seminggu sekali. Untuk itu diperlukan pemotongan terhadap rumput laut secara berkala. Jika pemberian pakan ikan ini diberikan secara teratur maka akan terjadi pertumbuhan baik bagi mahlukmahluk mikro maupun makro. karena mudah didapatkan). Untuk akuarium dengan volume kurang lebih 400 liter bisa ditambahkan kurang lebih satu sendok teh makanan ikan ini ke dalamnya setiap dua hari sekali.ke dalam sistem.

maka hasilnya akan lebih baik. Misalnya. beberapa jenis ikan dari keluarga Gobiidae seperti Jabing Kipas (Amblyyeleotris randalli) dan Jabing Kuning (Cryptocentrus cinctus) adalah ikan yang bisa ditempatkan bersama dengan kuda laut.Perawatan lain yang tak kalah penting adalah penggantian air laut. maka penggantian air juga harus dilakukan secara berkala. Kompatibilitas Kuda laut dan ikan pipa memang tidak harus dipelihara dengan sesamanya saja.) atau . Mereka bisa dipelihara dengan beberapa jenis ikan yang tingkat keagresifannya rendah. Misalnya Jabing Kembang (Salarias fasciatus. Beberapa jenis Bleny yang bukan pemangsa dari keluarga Bleniidae juga merupakaan teman yang bagus bagi kuda laut. Jika anda mempunyai waktu untuk melakukannya lebih sering. Seperti pada pemeliharaan ikan hias laut. Air laut bisa diganti sebanyak kurang lebih 20% tiap 3 bulan. Misalnya sebesar 10% tiap bulan.

teritorial yang dapat menjadi pengganggu bagi kuda laut. Hindarkan jenis-jenis ikan lain selain disebutkan di atas. Kebanyakan ikan-ikan lain adalah pesaing untuk mendapatkan pakan. Home Artikel .Ecsenius bicolor. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan adanya kepiting yang masuk ke dalam sistem tanpa sengaja. maka mereka dapat menjadi ancaman bagi kuda laut karena ada kemungkinan memakan kuda laut. Jika kepiting ini termasuk jenis yang besar dan dapat tumbuh menjadi dewasa di dalam akuarium. Misalnya karena terbawa bersama dengan rumput laut dalam bentuk larva.