P. 1
Karburator Dan Efi

Karburator Dan Efi

|Views: 1,163|Likes:
Perbedaan, cara kerja Karburator, Busi, Efi, noozle, scr, mesin, diesel, otto, motor bakar, reciproating machine, kapal, siskal, mesin kapal, container, kargo, tanker, syehbandar, nelayan, deramaga, laut, pelabuhan, ferry, jepang, gempa, dan lain-lain
Perbedaan, cara kerja Karburator, Busi, Efi, noozle, scr, mesin, diesel, otto, motor bakar, reciproating machine, kapal, siskal, mesin kapal, container, kargo, tanker, syehbandar, nelayan, deramaga, laut, pelabuhan, ferry, jepang, gempa, dan lain-lain

More info:

Published by: Erwin Paulian Sihombing on Mar 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

original

PRINSIP KERJA KARBURATOR DAN FUEL INJECTION

PRINSIP KERJA KARBURATOR 

Pada dasarnya karburator bekerja menggunakan Prinsip Bernoulli: semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil tekanan statis-nya namun makin tinggi tekanan dinamis-nya. Pedal gas pada mobil sebenarnya tidak secara langsung mengendalikan besarnya aliran bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar. Pedal gas sebenarnya mengendalikan katup dalam karburator untuk menentukan besarnya aliran udara yang dapat masuk kedalam ruang bakar. Udara bergerak dalam karburator inilah yang memiliki tekanan untuk menarik serta bahan bakar masuk kedalam ruang bakar.

PRINSIP KERJA KARBURATOR
y

Pada waktu mesin di hidupkan silinder mengadakan gerak isap maka isapan tersebut mengisap udara luar masuk ke dalam motor melalui spoeyer/jet, maka tekanan udara di permukaan jet rendah dan dari dalam spoeyer tadi memancarkan bensin. Sedangkan pancaran tersebut berupa kabut bensin/atomisasi yang disebabkan oleh udara yang mengalir melalui saluran udara ke masing-masing spoeyer. Baik itu merupakan slow jet atau main jet. Sehingga dengan mudah bercampur udara menjadi gas yang diperlukan oleh motor dan pencampuran ini disebut venture. Dan inilah cara kerja karburator pada umumnya baik pada putaran mesin rendah maupun tinggi.

KARBURATOR

KOMPONEN KARBURATOR
Float chamber Klep / jarum pelampung Float Skep / Katup Gas needle jet Katup Cuk ( choke valve ) Jet needle Pemancar besar / induk ( main jet ) Pemancar kecil / stasioner ( slow jet ) Sekrup Gas / Baut Gas ( throttle screw ) Skrup udara / baut udara ( air Screw )

Komponen Utama Karburator
Float Chamber Menyimpan bensin pada waktu belum digunakan Klep / jarum pelampung Mengatur masuknya bensin kedalam mangkok karburator Float mengatur agar tetapnya bahan bakar didalam float chamber Skep / Katup Gas mengatur banyaknya gas yang masuk kedalam silinder Main jet / needle jet memancarkan bensin waktu motor di gas besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep Katup Cuk ( choke valve ) menutup udara luar yang masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya digunakan pada waktu start

Komponen Utama Karburator
Jet needle mengatur besarnya semprotan bensin pada waktu motor di gas Pemancar besar / induk ( main jet ) memancarkan bensin waktu motor di gas full (tinggi) Pemancar kecil / stasioner ( slow jet ) memancarkan bensin waktu stationer Sekrup Gas / Baut Gas ( throttle screw ) setelan posisi skep sebelum di gas Skrup udara / baut udara ( air Screw ) mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar

EFI (Electric Fuel Injection)

TUJUAN PENGAPLIKASIAN SISTEM EFI
Tujuannya adalah sebagai berikut : y meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar (fuel efficiency), y kinerja mesin lebih maksimal (optimal engine performance), y pengendalian/pengoperasian mesin lebih mudah (easy handling), y memperpanjang umur/lifetime dan daya tahan mesin (durability), y emisi gas buang lebih rendah (low emissions).

Komponen Utama EFI
ECU (Electrical Control Unit) Fuel Pump Pressure Regulator Temperatur Sensor Inlet Air Temperatur Sensor Inlet Air Pressure Sensor Crank Shaft Sensor Camshaft Sensor Throttle Sensor Fuel Injector Speed Sensor Vehicle-Down Sensor

Komponen Utama EFI
ECU (Electrical Control Unit) Pusat pengolah data kondisi penggunaan mesin, mendapat masukkan/input dari sensor sensor mengolahnya kemudian memberi keluaran/output untuk saat dan jumlah injeksi, saat pengapian. Fuel Pump Menghasilkan tekanan BBM yang siap diinjeksikan. Pressure Regulator Mengatur kondisi tekanan BBM selalu tetap (55~60psi).

Komponen Utama EFI
Temperatur Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi suhu mesin, kondisi mesin dingin membutuhkan BBM lebih banyak. Inlet Air Temperatur Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi suhu udara yang akan masuk ke mesin, udara dingin O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.

Komponen Utama EFI
Crankshaft Sensor Memberi masukan ke ECU posisi dan kecepatan putaran mesin, putaran tinggi membutuhkan buka INJECTOR yang lebih cepat. Throttle Sensor Memberi masukan ke ECU posisi dan besarnya bukaan aliran udara, bukaan besar membutuhkan buka INJECTOR yang lebih lama.

Komponen Utama EFI
Fuel Injector Gerbang akhir dari BBM yang bertekanan, fungsi utama menyemprotkan BBM ke dalam mesin, membuka dan menutup berdasarkan perintah dari ECU. Speed Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan sepedamotor. Vehicle Down Sensor Memberi masukan ke ECU kondisi sepedamotor, jika motor Terjatuh dengan kondisi mesin hidup maka ECU akan menghentikan kerja FUEL PUMP, IGNITION, INJECTOR, untuk keamanan dan keselamatan.

INJEKTOR

PRINSIP KERJA EFI
Jumlah aliran/massa udara yang masuk ke dalam silinder melalui intake manifold diukur oleh sensor aliran udara (air flow sensor), kemudian bahan bakar dicampur dengan udara oleh fuel injector. y Fuel injector terletak di dalam intake manifold di belakang intake valve. Injector ini berupa solenoid elektrik yang dioperasikan oleh ECU. Kemudian data ±data lain tentang kondisi mesin akan informasikan ke ECU (Electronic Control Unit). y ECU menggunakan serangkaian sensor untuk menentukan oksigen intake, outtake oksigen, tekanan manifold, kecepatan, tegangan, suhu dan posisi throttle untuk perhitungan yang akurat jumlah bahan bakar yang dibutuhkan.
y

PRINSIP KERJA EFI
ECU akan memberi sinyal ke injector dengan mengubah-ubah injector ground circuit on dan off bergantian. y ECU akan mengatur lama pembukaan injektor, sehingga bensin yang masuk ke dalam pipa saluran masuk (intake manifold) melalui injektor telah terukur jumlahnya. Bensin dan udara akan bercampur di dalam intake manifold dan masuk ke dalam silinder pada saat langkah pemasukan. Campuran ideal siap dibakar.
y

PERBEDAAN SISTEM EFI DAN SISTEM KARBURATOR
SISTEM KARBURATOR (manual)
bensin dari tangki disalurkan ke ruang pelampung dalam karburator melalui pompa bensin dan saringan bensin. Selanjutnya bensin masuk ke mesin melalui lubang jet dalam ruang venturi (ruang untuk menambah kecepatan aliran udara masuk ke mesin). Sehingga jumlah bensin yang masuk tergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk dan besar lubang jet. Karburator tidak bisa mendapatkan jumlah bahan bakar yang masuk berdasarkan kadar O2 yang ada di udara saat itu. Sehingga campuran bahan bakar yang terjadi tidak lagi ideal. Bahan Bakar dihisap oleh mesin

PERBEDAAN SISTEM EFI DAN SISTEM KARBURATOR
SISTEM EFI (electric)
bensin diinjeksikan ke dalam mesin menggunakan injektor dengan waktu penginjeksian yang dikontrol secara elektronik. Injeksi bensin disesuaikan dengan jumlah udara yang masuk (kandungan O2) dan putaran engine, sehingga campuran ideal antara bensin dan udara akan terpenuhi sesuai dengan kondisi beban dan putaran mesin. Bahan Bakar di injeksikan/disemprotkan ke dalam mesin.

KEUNGGULAN SISTEM EFI DIBANDINGKAN SISTEM KARBURATOR
y

Sistem EFI lebih mampu mengendalikan kerugian yang ditimbulkan karena perbandingan udara dan bahan bakar tidak ideal yang menjadikan bensin boros pada campuran yang terlalu banyak bensin. Sistem EFI lebih mampu mengendalikan emisi gas buang berlebihan dan tenaga tidak optimal yang disebabkan karena pembakaran tidak sempurna. Sistem EFI lebih mampu mengendalikan kerusakan mesin pada jangka pendek maupun jangka panjang yang lebih cepat terjadi serta beban kerja mesin dan kondisi lingkungan (suhu dan tekanan). Sistem EFI bisa meningkatkan performa engine dan lebih hemat bahan bakar.

y

y

y

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->