AGAMA dan RUANG LINGKUPNYA 1.

Definisi Agama Dalam Masyarakat Indonesia selain kata Agama, dikenal juga kata Din dari bahasa Arab dan kata Religi dari bahasa Eropa sedang kata Agama berasal dari bahasa Sanskrit Dalam kamus An English Reader s Dictionary, A. S hombydan Parnwell (1989)Mengartikan Religi sebagai berikut: a) Belief in Godas creatorand control, of the universe ( Percaya kepada tuhan sebagai pencipta dan pengatur alam semesta) b) System of faith and worship based on such be life ( Sistem iman dan penyembahan didasarkan atas kepercayaan tertentu) Drs. Sidi Gazalba (1991) Mendefinisikan Agam adalahkepercayaan pada hubungan manusia dengan yang Kudus, di hayati sebagai hakikat yang Ghoib, hubungan yang menyatakan diri dalam bentuk serta system kultus dan sikap hidup berdasarkan doktrin tertentu. Kata Agama dalam bahasa Arab dan dalam Al-qur an disebut Din yang diulang 92 kali. Menurut asal usul kata(etimologi) mengandung pengertian mengasai, ketaatan dan balasan, Sedadangkan menurut istilah atau terminology, din diartikan sebagai sekumpulan keyakinan, hokum dan norma yang akan mengantarkan manusia kepada kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Dari rumusan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian Agama itu meliputi tiga system penting, yaitu i. ii. iii. Suatu system kepercayaan terhadap Tuhan Suatu system penyembahan terhadap Tuhan Suatu system yang mengatur nilai hubungan manusia dengan Tuhan (Hubungan vertical) dan hubungan Manusia dengan Manusia( Hubungan Herizontal)

2. Unsur Agama  Unsur keyakinan atau kepercayaan(Credial)  Unsur penyembahan atau peribadatan(Ritual)  Unsur aturan atau tata cara dalam peribadatan(Ritus)  Respons yang bersifat emosionil dari manusiaR Respon itu bisa berupa perasaan takut atau perasaan cinta yang sangat mendalam terhadap Agama yang dipeluknya(fanatik beragama) yang kadang kala sampai ekstrim membela Agamanya dengan berlebihan jika Agamanya dihina oleh Agama atau golongan lain. 3. Tujuan beragama Semua Agama monotisme mempunyai tujuan akhir sama yaitu, selamat bahagia dan sejahtera hidupnya di dunia dan di akhirat(Sa adatun fiddunya wal akhirah) jadi, tujuan orang beragama tidak hanya keselamatan di dunia yang bersifat materi tapi lebih penting lagi adalah keselamatan dan kebahagiaan hidup ukhrowi yang bersifat spiritual.

. tanpa adanya pengawasan akan ringanlah menjalankan aturan-aturan dan undang-undang di masyarakat dan negaranya. Ciri-ciri Agama wahyu  Disampaikan oleh rasul.4. memiliki kitab suci. Ajaran berubah-ubah. umumnya tidak memiliki kitab suci. Berdasarkan parameter tersebut untuk saat sekarangini Agama yang masih layakdan pantas disebut sebagai Agama samawi atau Agama wahyu hanyalah islam yang ajaranya dibawa oleh Rasulullah Muhammad Saw. konsep ketuhananya.animism. ajaran konstan/tetap dan diturunkan kepada masyarakat  Agama Ardli/Agama budaya adalah Agama yang tumbuh dan berkembang melalui pemikiran.  Agama mendidik pemeluknya untuk mempunyai pendirian yang kokoh dan sikap positif  Agama mendidik manusia agar mempunyai ketentraman jiwa  Agama mendidik manusia supaya berani menegakkan kebenaran dan takut untuk melakukan kesalahan  Agama adalah alat untuk membebaskan manusia dari perbudakan terhadap materi. tumbuh dan berkembang dalam masyarakat penganutnya. polyteisme. karena sudah terbiasa menjalankan aturan dan undang-undang tanpa adanya pengawasan. Agama Hindu dan budha Ciri-ciri Agama budaya  Tidak di sampaikan oleh Rasul. Macam-Macam Agama  Agama Samawi/Wahyu adalah Agama yang diterima dari Allah SWT melalui malaikat jibril disampaikan serta disebarkan oleh RasulNya umat manusia. konsep ketuhanan monotisme mutlak. Agama mendidik manusia agar tidak ditundukan oleh materi yang bersifat duniawi. kebenaran universal. dinamisme. adat-istiadat dan budaya manusia. Akan tetapi. Jelaslah bahwa Agama sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia terutama pada siapa saja yang memeluknya. Contohnya. manusia hanya disuruh tunduk kepada Tuhan Yang Maha Esa 5. monotisme nisbi (relative)kebenaranya tidak universal. Manfaat beragama Agama bagi kehidupan Manusia menjadi pedoman hidup (Way of life) orang yang biasa menjalankan perintah dan aturan Agama. Contohnya Islam. yahudi dan nasrani.

Definisi Islam Ditinjau dari etimologi atau asal-usul bahasa. Maksutnya Agama Islam menganjurkan untuk mewujudkan perdamaian dan keamanan dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat. patuh. Yasin: 58. bahagia. QS. baik lahir maupun batin QS. tunduk. artinya perdamaian. Apabila islam dipelajari sebagaian akan menghadirkan pemeluk islam yang skeptis (ragu) terhadap islamnya dan akan dimungkinkan banyak timbul pertentantangan dan kesalah pahaman dalam islam. Al Anfal: 61. taat. An Nisa : 125 Kata islam juga berasal dari kata assilm. petunjuk dan peraturan hokum Allah SWT QS.Qur an dan Sunnah rasulullah) Memahami islam hanya dari ulama-ulama dan pemeluk-pemeluknya atau mengenal islam hanya dari kitab-kitab fikih yang orientit adalah suatu kekeliruan. Begitu cara terbaik untuk memahami islam agar menjadi muslim yang mantap dan yakin atas islamnya. patuh. tuntunan. 84 Di tinjau dari segi terminology/istilah islam adalah Agama yang diturunkan oleh Allah kepada Umat manusia melalui RasulNya. QS. Muhammad: 35. Islam juga diambil dari kata salimun yang berarti suci dan bersih.  Islam harus dikaji secara integral bukan parsial Artinya harus mempelajari islam secara menyeluruh sebagai suatu kesatuan yang utuh tidak sebagian atau sepotong-potong saja. Kekeliruan seperti itu akan menjadikan pemeluknya sebagai pemelik islam yang sinkritisme. QS.  Islam harus dikaji dari perpustakaan muslim atau sarjana Pada umumnya orang-orang yang memiliki kemampuan memahaman yang integral tentang islam. Az Zumar: 73. jauh dari ajaran islam yang murni. sejahtera. Islam juga diambil dari kata Assalam. artinya selamat. Ali Imron: 83. berarti berserah diri. hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam semesta. hidup penuh kurafat dan bid ah artinya ibadah dan keyakinanya bercampur aduk dengan halhal yang tidak islam. QS. Menurut Nasruddin Razaq (1989: 49)dalam bukunya dinul islam.  Islam harus dikaji dari sumber aslinya (Al. dijelaskan empat metode atau cara mengkaji islam yang benar. Aslama-yuslimu. berbangsa dan bernegara. Pengertian ini menuntut para pemeluknya untuk berserah diri. yang berisi hokum yang mengatur hubungan manusia dengan Allah. yaitu pemahaman yang lahir dari ilmu yang dalam terhadap Al-qur an dan . istilah islam diambil dari bahasa arab.Maksutnya Agama islam menganjurkan kepada pemeluknya untuk menjaga kesucian diri(kehormatan) kebersihan diri dan lingkungan QS. tunduk dan taat kepada ajaranaya.AGAMA ISLAM dan RUANG LINGKUPNYA A. Metode dalam mengkaji islam Memahami islam secara kaffah atau menyeluruh adalah sangat penting walaupun tidak detail. kerukunan dan keamanan.maksudnya Agama Islam menganjurkanpada pemeluknya agar mewujudkankesejahteraan dan keselamatan dalam kehidupan bermasyarakat. B. As syu aro: 89 QS As Shoffat.

syariah(aturan hukum). S Al. Aqidah(keimanan/keyakinan). yaitu dengan cara mendalami ilmu tassawuf da melaksanakan ajaranajaranya secara istiqomah. Jadi islam sangat menekankan kemanusiaan(memanusiakan manusia)(Q. Dengan kata lain islam adalah agama Rahmatal Lil Alamin(Q.Ini adlah permasalahan umum umat islam di Indonesia. C. kesalahan besar. Tujuan dan mengharapkan RidhonNya. S Al-Ankabut: 45) o Syumuliyah Agama yang berlaku secara universal(seluruh umat manusia) artinya agama yang berlaku bagi semua zaman. semua perintah dan laranganNya bermanfaat utuk manusia itu sendiri. Akan tetapi dapat memperhatikan keseimbangan dunia dan akhirat. semua kehidupan. o Insaniyah Agama yang sesuai dengan jiwa manusia. spiritual maupun material(Q. Di samping cara tersebut. Karakteristik islam o Rabbaniyah Yaitu Agama yang tujuan akhirnya(limit goal) adalah berhubungan baik dengan Allah. keamanan.Sunnah Rasulullah.Anbiyak: 107) o Wasatiyah Yaitu agama yang bersifat moderat(tengah-tengah) Artinya Agama yang mengajarkan pada pemeluknya agar tidak condong pada kehidupan materi saja atau ukrowi saja. Ruang lingkup agama islam Endang Syaifudin Anshory(1980 : 73) dalam bukunya Kuliah Al Islam ajaran islam terdiri dari tiga bagian. Jika kita mengkaji yang demikian itu. banyak ditemukan umat islam terbelakang dalam bidang pendidikan. yaitu. masih ada cara lain yang lebih penting dalam mengkaji islam secara benar. semua tempat serta dapat diterima bagi semua manusia di dunia sampai akhir masa.  Jangan mengkaji islam dari kenyataan hidup atau realita umatnya. kebodohan dan kemiskinan. tetapi dari ajaran yang komprehensif Apabila mengkaji islam dari realita kehidupan umatnya. S Al-Baqoroh: 201) D. dan Akhlak (etika/moral) . Dan hendaknya jangan mempelajari islam dari buku-buku atau literature orang-orang orentalis kebanyakan orang orentalis itu non muslim.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful