P. 1
Program Sekolah Berbudaya Lingkungan

Program Sekolah Berbudaya Lingkungan

|Views: 301|Likes:
Published by realndi
Draft program
Draft program

More info:

Published by: realndi on Mar 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2013

pdf

text

original

PROGRAM SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN

SMP ISLAM RADEN PATAH

BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG Permasalahan lingkungan hidup merupakan suatu gambaran kondisi kehidupan yang kita hadapi pada masa sekarang ini. Bencana alam yang terjadi belakangan ini di Indonesia, tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu andil dari peran masyarakat itu sendiri. Banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, merupakan sebagian kecil permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh manusia. Sikap mental dan kebiasaan hidup manusia secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap kondisi lingkungan dimana ia berada. Sebagai contoh, kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya akan berakibat penurunan kualitas kebersihan lingkungan yang akan berdampak pada kesehatan masyarakat pada lingkungan tersebut. Belum lagi apabila saluran-saluran yang air tersumbat, maka lambat laun akan menyebabkan banjir. Sehubungan dengan hal tersebut, untuk mewujudkan sikap mental dan kebiasaan hidup yang baik, tentunya tidak akan mungkin dapat dicapai tanpa melalui jalur pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Sekolah, sebagai salah satu lembaga pendidikan formal, diharapkan dapat menjadi tempat untuk menggembleng generasi penerus yang memiliki kesadaran dan pemahaman atas kondisi lingkungan untuk memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup saat ini dan di masa yang akan datang. Dengan kata lain melalui pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah diharapkan dapat membangun warga sekolah yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan kepedulian dan kesadaran yang telah tertanam pada warga sekolah maka akan berdampak secara langsung pada

peningkatan kualitas fisik lingkungan hidup sekolah tersebut dan akan berdampak pada peningkatan kualitas lingkungan hidup di masa yang akan datang. Lingkungan hidup seperti yang tercantum dalam U.U. No. 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan, penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup. Selain untuk kelangsungan mahluk hidup, lingkungan hidup memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya sebagai wadah/tempat pembelajaran. Di lingkungan itu siswa dapat menjadikannya tempat belajar yang paling menyenangkan. Lingkungan sekolah dapat dijadikan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran dan bersifat menyenangkan. Sehingga proses belajar mengajar tidak selamanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga dengan memanfaatkan lingkungan hidup sekitar. SMP Islam Raden Patah berusaha mengembangkan konsep-konsep terpadu dalam rangka membentuk siswa yang peduli dengan lingkungan serta sebuah sekolah dengan suasana dan budaya yang mendukung proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menjadikan sekolah sebagai wahana belajar yang efisien, efektif dan membuat seluruh komponen sekolah memberikan dukungan yang kuat bagi kelestarian lingkungan hidup sehingga menjadi sekolah yang berbudaya lingkungan (SBL).

1.2. TUJUAN Tujuan umum penyelenggaraan program ³Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL)´ adalah menyediakan wahana yang mampu mendukung dan berperan nyata dalam upaya menumbuh kembangkan sumberdaya manusia yang berbudaya lingkungan. Dengan kata lain bahwa sekolah memiliki kesadaran untuk memahami kondisi lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya, serta mampu mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya untuk memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup saat ini dan yang akan datang. Secara khusus, dengan diselenggarakannya program Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) di SMP Islam Raden Patah, maka diharapkan seluruh warga sekolah mampu memfasilitasi upaya menumbuh kembangkan sumber daya manusia yang mampu: 1) memahami dan sadar terhadap kondisi lingkungan saat ini, terutama lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya sebagai satu unit ekosistem, 2) merumuskan upaya untuk memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas lingkungan, terutama lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya sebagai satu unit ekosistem, 3) peduli terhadap lingkungan, terutama lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya sebagai satu unit ekosistem serta mewujudkan kepedulian tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

1.3. SASARAN Sasaran dari pelaksanaan program ´Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL)´ di SMP Islam Raden Patah ini adalah mencakup seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitarnya.

1.4. HASIL YANG DIHARAPKAN Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan program ´Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL)´ di SMP Islam Raden Patah adalah terbentuknya warga sekolah yang peduli lingkungan dan mampu mengimplementasikan kepeduliannya dalam kehidupan sehari-hari.

1.5. MANFAAT Manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan program ´Sekolah Berbudaya Lingkungan´ ini diharapkan sebagai berikut: a) Menanamkan warga sekolah untuk sadar dan peduli terhadap lingkungannya. b) Memberikan pembelajaran bagi seluruh warga sekolah untuk meningkatkan pemahaman, serta kesadaran dan kepedulian terhadap kondisi lingkungan sekolah dan sekitarnya. c) Membudayakan aktivitas sehari-hari warga sekolah mencakup kegiatan pembiasaan lingkungan bersih, kegiatan pembiasaan disiplin diri, dan kegiatan pembiasaan hidup sehat. d) Memberikan sarana pembelajaran bagi mata pelajaran terkait.

BAB II RENCANA PENGEMBANGAN SARAN DAN PRASARANA SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGA

2.1. Sarana Penunjang
NO JENIS KEBUTUHAN Tong Sampah organik Tata tertib JUMLAH KETERANGAN

2.2. Prasarana
NO Taman Obat JENIS KEBUTUHAN JUMLAH KETERANGAN

2.3. Denah Pengembangan Sarana dan Prasaran

2.4. Jadwal Kegiatan
NO JENIS KEGIATAN SASARAN WAKTU KETERANGAN

BAB III RENCANA ANGGARAN
NO JENIS KEBUTUHAN JUMLAH ANGGARAN KET

BAB IV PENUTUP

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->