€ .Lambung memegang peranan amat vital dalam sistem pencernaan makanan. € Organ yang terletak setelah kerongkongan ini merupakan tempat dihancurkannya makanan yang masuk ke dalam perut Selanjutnya sari-sari makanan yang dihasilkan diteruskan ke proses selanjutnya.

Penyakit lambung € Penyakit lambung atau gastrointestinal meliputi gastritis akut dan kronis. ulkus peptikum. pasca operasi lambung yang sring diikuti dengan ³Dumping syndrome´ dan kanker lambung .

Tukak lambung Tukak lambung. 2. ulkus. cabe atau alkohol. terjadi apabila dinding lambung rusak akibat mukus yang menyelimutinya rusak. Kolik Rasa nyeri pada lambung diakibatkan salah mencerna makanan yang oleh lambung tidak bersahabat. 3. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini menyebabkan dinding lambung berlubang sehingga isinya jatuh ke dalam rongga perut.Penyakit-penyakit lambung 1. Enzim yang dihasilkan di dalam mukus memakan bagian-bagian kecil pada lapisan permukaan lambung. Gastritis/Maag Peradangan pada mukus lambung. .

Gastritis kronis dapat menimbulkan keadaan atropi kelenjar-kelenjar lambung dan keadaan mukosa terdapat bercak-bercak penebalan berwarna abu-abu atau abu-abu kehijauan (gastitis atropik). Hilangnya mukosa lambung akhirnya akan mengakibatkan berkurangnya sekresi lambung dan timbulnya anemia pernisiosa Gastritis atropik boleh jadi merupakan pendahuluan untuk karsinoma lambung. . alkohol.patofisiologi Obat-obatan. Masuknya zat-zat seperti asam dan basa kuat yang bersifat korosif mengakibatkan peradangan dan nekrosis pada dinding lambung (gastritis korosif). Gastritis kronis dapat pula terjadi bersamaan dengan ulkus peptikum atau mungkin terjadi setelah tindakan gastroyeyunostomi. hal ini menimbulkan peradangan Respon mukosa lambung terhadap kebanyakan penyebab iritasi tersebut adalah dengan regenerasi mukosa. karena itu gangguan-gangguan tersebut seringkali menghilang dengan sendirinya. Nekrosis dapat mengakibatkan perforasi dinding lambung dengan akibat berikutnya perdarahan dan peritonitis. mengganggu pertahanan mukosa lambung dan memungkinkan difusi kembali asam dan pepsin ke dalam jaringan lambung. Dengan iritasi yang terus menerus. garam empedu atau enzim-enzim pankreas dapat merusak mukosa lambung (gastritis erosif). jaringan menjadi meradang dan dapat terjadi perdarahan.

Diet Penyakit Lambung € Tujuan memberika makanan dan cairan secukupnya yang tidak memberatkan lambung serta mencegah dan menetralkan sekresi asam lambung yang berlebihan .

yaitu 10-15% dari kebutuhan energi total yang ditingkatkan secara bertahap hingga sesuai dengan kebutuhan Rendah serat Cairan cukup. porsi kecil. umumnya tidak dianjurkan minum susu terlalu banyak Makan secara perlahan Diberikan makanan parental bila mencapai fase akut selama 24-48 jam untuk memberi istirahat pada lambung .Diet lambung € € € € € € € € € Mudah dicerna. terutama bila ada muntah Tidak mengandung bahan makanan atau bumbu yang tajam Laktosa rendah. bila ada gejala intoleransi laktosa. dan sering diberikan Energi dan protein cukup Lemak rendah.

Diet Lambung I Diet Lambung II Diet Lambung III Perpindahan dari diet 2 : Gastritis kronis. ulkus peptikulum. tifus abdominalis ringan Gastritis akut. pasca pendarahan. tifus abdominalis berat Gastritis kronis. pasca. ulkus peptikulum. pasca. ulkus peptikulum. tifus abdominalis ringan .

.ANJURAN CARA MAKAN YANG BAIK   Usahakan agar makan dengan waktu teratur dan porsi kecil. pemberian sering. makanan dapat diberikan dalam bentuk saring. dengan jarak waktu makan 2-3 jam Menurut berat ringannya penyakit yang Anda derita. lunak ataupun biasa.

minyak. Sumber Protein Hewani ‡ Daging sapi yang tidak berlemak. crackers. kentang. telor. susu dan hasil olahannya 3. macaroni. Sumber Lemak ‡ Santan encer. Sumber Hidrat Arang ( Makanan pokok) ‡ Nasi. bihun. margarine dalam jumlah terbatas . Sumber Protein Nabati ‡ Kacang hijau. biscuit. tempe 4. mentega. hunkue dan maizena 2. tahu. roti.Makanan yg di perbolehkan 1. ayam. ikan yang tidak banyak duri.

wortel. tidak mengandung gas. labu siam. pisang.5. biit. Buah buahan ‡ Sari buah. papaya. Minuman ‡ Teh encer. seperti bayam. jambu biji tanpa isi 7. buncis. Sayuran ‡ Sayuran muda dan tidak berserat. dll 6. sirup dan minuman terbuat dari susu .

anggur putih. sari buah sitrus. susu. pisang ambon). € .Makanan yg dilarang yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat : sayuran tertentu (sawi. banyak serat : kedondong € yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi. minuman beralkohol 5-20%. kol). buah-buahan tertentu (nangka.

‡ yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol.Makanan yg dilarang yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. coklat. makanan tinggi lemak. merica dan bumbu yang merangsang. ‡ . gorengan. ‡ yang secara langsung merusak dinding lambung: cuka dan pedas.

Et al. Buku Ajar Patologi I (umum). Agung Seto. 2002. Jakarta. Sunita. 2004.anneahira.Daftar Pustaka € http://www.com/pencegahanpenyakit/lambung. Penuntun Diet.htm yang diakses pada tanggal 11 oktober 2010 ƒ Almatsier. Sudarto. Edisi baru. ƒ Pringgoutomo. . Gramedia Pustaka Utama. PT.

THANK YOU WASSALAM « .