P. 1
PERJANJIAN KERJA & PERJANJIAN KERJA BERSAMA

PERJANJIAN KERJA & PERJANJIAN KERJA BERSAMA

|Views: 184|Likes:
Published by Bambang Supriyanto

More info:

Published by: Bambang Supriyanto on Mar 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2015

pdf

text

original

HUKUM KETENAGAKERJAAN

PERJANJIAN KERJA & PERJANJIAN KERJA BERSAMA
Dr. Bambang Supriyanto SH, MH

1

`

`

`

`

Perjanjian merupakan awal mula dari timbulnya perikatan. Sebelum terjadi suatu perikatan, terjadi terlebih dahulu suatu perjanjian. Namun demikian, perjanjian bukanlah satusatunya aktivitas yang menimbulkan perikatan. Perikatan dapat dilahirkan dari perjanjian maupun Undang-undang.

2

Perjanjian

PERIKATAN
Undang-undang

3

`

`

`

`

Perikatan yang dilahirkan dari perjanjian mempunyai ciri tertentu : dikehendaki secara sengaja oleh kedua belah pihak. Para pihak yang mengadakan suatu perjanjian sepakat bermaksud untuk mengadakan perikatan hukum. Para pihak terikat satu sama lain karena janji yang telah mereka buat dan sepakati. Dalam perikatan timbul hak dan kewajiban masing-masing pihak. Hak dan kewajiban berupa prestasi.

4

`

`

Perikatan yang timbul karena undang-undang ada dua macam : karena perbuatan orang dan karena undang-undang sendiri. Perikatan karena perbuatan orang ada dua macam : yang tidak melawan hukum dan yang melawan hukum.

5

mewajibkan orang yang bersalah menimbulkan kerugian itu. 6 . mengganti kerugian tersebut.Perbuatan melawan hukum (1365 KUH Per) : Tiap perbuatan melawan hukum yang menimbulkan kerugian pada orang lain.

1320 KUH Perdata) : ` Sepakat mereka yang mengikat dirinya ` Cakap untuk membuat suatu perjanjian ` Mengenai suatu hal tertentu ` Suatu sebab yang halal 7 .Syarat-syarat sahnya perikatan (Ps.

8 . Pasal 1338 ayat (1) merumuskan tentang kebebasan dalam berkontrak : Semua perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai Undang-undang bagi mereka yang membuatnya.` ` Hukum perjanjian menganut sistim terbuka atau kebebasan dalam berkontrak. KUH Perdata.

Perjanjian tidak dapat ditarik kembali kecuali dengan sepakat kedua belah pihak. atau karena alasan-alasan yang oleh undangundang dinyatakan cukup untuk itu. Pasal 1338 : Semua perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai Undang-undang bagi mereka yang membuatnya. Perjanjian harus dilaksanakan dengan itikad baik 9 .KUH Perdata.

10 . atau apabila berlawanan dengan kesusilaan atau ketertiban umum. apabila dilarang oleh undang-undang. Pasal 1337 : Suatu sebab adalah terlarang.KUH Perdata.

Perjanjian Kerja ` ` ` PK dibuat secara tertulis atau lisan Perjanjian yang tertulis harus sesuai dengan peraturan per-uu-an yang berlaku PK dibuat atas dasar : 1. 3. Sepakat kedua belah pihak Cakap berbuat hukum Adanya pekerjaan Pekerjaan tidak bertentangan dng ketertiban umum. 2. kesusilaan. dan paraturan per-uu-an yang berlaku ` PK bertentangan dengan 3 & 4 batal demi hukum 11 . 4.

Perjanjian Kerja sekurang-kurangnya memuat: ` Nama. umur. alamat perusahaan. jenis usaha ` Nama. jenis kelamin. alamat pekerja ` Jabatan/ jenis pekerjaan ` Tempat pekerjaan ` Besarnya upah dan cara pembayaran ` Syarat-syarat kerja yg memuat hak dan kewajiban para pihak ` Mulai dan jangka waktu berlakunya PK ` Tempat dan tanggal PK dibuat ` Tandatangan para pihak 12 .

Upah 3.Hubungan kerja adalah hubungan antara pengusaha dengan pekerja/ buruh berdasarkan perjanjian kerja yang mempunyai unsur: 1. Perintah 13 . Pekerjaan 2.

praktek penyelesaiannya dapat dilakukan di luar pengadilan maupun melalui pengadilan 14 . namun kedua pihak juga mempunyai common interest.Karakteristik/sifat: ` Bertolak dari kesepakatan dalam perjanjian kerja (tunduk pada ketentuan dan asas-asas hukum perjanjian) ` Bersifat unik: Berbasis pada kepentingan yang secara fundamental bertentangan. ` Dalam hal terjadi perselisihan.

Jangka waktu b. dari segi waktu lamanya hubungan kerja : ` ` Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu Perjanjian Kerja Waktu Tertentu : a. Selesainya suatu pekerjaan tertentu 15 .Perjanjian Kerja.

Musiman 5.jangka waktu tertentu PKWT 1. Paling lama 3 th 4.pekerjaan proyek. Percobaan produk baru selesainya pekerjaan tertentu: auditing. bangun gedung. Sekali selesai 2. Sementara 3. dll 16 .

atau 4. yaitu : 1. atau produk tambahan yang masih dalam percobaan atau penjajakan. 17 . pekerjaan yang diperkirakan penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama dan paling lama 3 (tiga) tahun. pekerjaan yang bersifat musiman. 3. kegiatan baru. pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru. pekerjaan yang sekali selesai atau yang sementara sifatnya.Perjanjian kerja untuk waktu tertentu hanya dapat Dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu. 2.

Perjanjian kerja untuk waktu tertentu tidak dapat diadakan untuk pekerjaan yang bersifat tetap. ` Perjanjian kerja untuk waktu tertentu dapat diperpanjang atau diperbaharui. ` 18 .

Pengusaha yang bermaksud memperpanjang perjanjian kerja waktu tertentu tersebut. 19 .` ` Perjanjian kerja waktu tertentu yang didasarkan atas jangka waktu tertentu dapat diadakan untuk paling lama 2 (dua) tahun dan hanya boleh diperpanjang 1 (satu) kali untuk jangka waktu paling lama 1 (satu) tahun. paling lama 7 (tujuh) hari sebelum perjanjian kerja waktu tertentu berakhir telah memberitahukan maksudnya secara tertulis kepada pekerja/buruh yang bersangkutan.

maka demi hukum PKWT menjadi PKWTT. mekanisme perpanjangan dan pembaharuan. 20 .` ` Pembaruan perjanjian kerja waktu tertentu hanya dapat diadakan setelah melebihi masa tenggang waktu 30 (tiga puluh) hari berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu yang lama. pembaruan perjanjian kerja waktu tertentu ini hanya boleh dilakukan 1 (satu) kali dan paling lama 2 (dua) tahun. Perjanjian kerja untuk waktu tertentu yang tidak memenuhi ketentuan tentang jenis-jenis pekerjaan yang boleh di PKWTkan.

Mekanisme perpanjan an dan pembaharuan kontrak kerja Max 2 th Max 1 th Max 2 th Kontrak pertama Jeda harus lebih dari 30 hari Kontrak perpanjan pembaharuan kontrak 21 .

perjanjian pemborongan pekerjaan atau 2. penyediaan jasa pekerja/buruh 22 .Perusahaan dapat menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui : 1.

Perusahaan Pemberi Kerja (PPK) Pekerjaaan diborongkan ‡ Cleaning service ‡ Call center (perbankan) ‡ Security/Satpam ‡ Catering ‡ Perawatan lapangan golf ‡ Pengeboran minyak ‡ dll Menggunakan pekerja Dari Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja (PPJP) untuk Bekerja di Perusahaan Pemberi Kerja (PPK) 23 .

24 . dilakukan secara terpisah dari kegiatan utama. 2.` Pekerjaan yang dapat diserahkan kepada perusahaan lain harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : 1. 4. tidak menghambat proses produksi secara langsung. merupakan kegiatan penunjang perusahaan secara keseluruhan. dilakukan dengan perintah langsung atau tidak langsung dari pemberi pekerjaan. 3.

tidak boleh.  Menggunakan pekerja dari PPJP untuk melaksanakan kegiatan pokok atau kegiatan yang berhubungan langsung dengan proses produksi (core). 25 .Pekerja dari PPJP ` boleh digunakan oleh pemberi kerja untuk untuk kegiatan jasa penunjang atau kegiatan yang tidak berhubungan langsung dengan proses produksi (non core).

Proses Produksi Minyak & Gas Bumi Tangki minyak Proses minyak/gas Marketing $$$ KEGIATAN UTAMA PRODUKSI MINYAK DAN GAS BUMI Sumur minyak 26 .

27 .

Perjanjian Kerja Bersama.PK PKB Para pihak: pengusaha & serikat pekerja (kolektif) Berlaku bagi semua pekerja di perusahaan Antara lain memuat syaratsyarat kerja: hak dan kewajiban pekerja dan pengusaha Isinya tidak boleh bertentangan dengan perturan per-UU-an ` ` ` ` Para pihak: pengusaha & pekerja (individual) Berlaku bagi individu pekerja ybs Antara lain memuat syarat-syarat kerja: hak dan kewajiban pekerja dan pengusaha Isinya tidak boleh bertentangan dengan Peraturan Perusahaan. dan perturan per-UU-an     28 .

` ` ` ` Dibuat oleh serikat pekerja/serikat buruh atau beberapa serikat pekerja/serikat buruh yang telah tercatat pada Dinas Tenaga Kerja dengan pengusaha atau beberapa pengusaha. Penyusunan PKB dilaksanakan secara musyawarah. harus diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah 29 . PKB harus dibuat secara tertulis dengan huruf latin dan menggunakan bahasa Indonesia. PKB bila dibuat tidak menggunakan bahasa Indonesia.

30 .Bagaimana kalau perundingan PKB tidak berhasil mencapai kata sepakat ? ` Dalam hal musyawarah dalam pembuatan PKB penyelesaiannya dilakukan melalui prosedur penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

31 .Berapa PKB dapat dibuat dalam satu perusahaan ? ` Dalam 1 (satu) perusahaan hanya dapat dibuat 1 (satu) perjanjian kerja bersama yang berlaku bagi seluruh pekerja/buruh di perusahaan.

` Bila di satu perusahaan hanya terdapat satu SP. maka SP tersebut berhak mewakili pekerja dalam perundingan pembuatan PKB dengan pengusaha bila memiliki jumlah anggota lebih dari 50% dari jumlah seluruh pekerja di perusahaan 32 .

Bila di perusahaan hanya terdapat satu SP tetapi tidak memiliki jumlah anggota lebih dari 50% dari jumlah seluruh pekerja di perusahaan bagaimana ? ` SP dapat mewakili pekerja dalam perundingan dengan pengusaha bila SP telah mendapat dukungan lebih 50% dari jumlah seluruh pekerja di perusahaan melalui pemungutan suara. 33 .

SP yang mana yang mewakili pekerja untuk berunding dengan pengusaha ? ` SP yang berhak mewakili pekerja melakukan perundingan dengan pengusaha adalah SP yang jumlah keanggotaannya lebih dari 50% dari seluruh jumlah pekerja di perusahaan 34 .Dalam perusahaan terdapat lebih dari 1 SP.

masing-masing SP tersebut anggotanya kurang dari 50% dari jumlah semua pekerja ? ` Adakan koalisi antar SP sehingga tercapai jumlah lebih dari 50% dari seluruh jumlah pekerja di perusahaan tersebut untuk mewakili dalam perundingan dengan pengusaha.Bagaimana kalau beberapa SP yang ada di perusahaan. 35 .

Bagaimana untuk mengetahui jumlah Anggota (masing-masing) SP ? Keanggotaan SP dibuktikan dengan kartu tanda anggota. 36 .

Dalam hal perundingan pembaharuan PKB tidak mencapai kesepakatan. 37 . PKB yang sedang berlaku. tetap berlaku untuk paling lama 1 tahun.` ` ` ` Masa berlaku PKB paling lama 2 (dua) tahun. PKB dapat diperpanjang masa berlakunya paling lama 1 tahun berdasarkan kesepakatan tertulis antara pengusaha dengan SP Perundingan pembuatan PKB berikutnya (pembaharuan) dapat dimulai paling cepat 3 bulan sebelum berakhirnya PKB yang sedang berlaku.

38 .Apakah isi PKB ? Isi PKB minimal memuat : ` ` ` ` hak dan kewajiban pengusaha hak dan kewajiban serikat pekerja/serikat buruh serta pekerja/buruh jangka waktu dan tanggal mulai berlakunya perjanjian kerja bersama. dan tanda tangan para pihak pembuat perjanjian kerja bersama.

39 . Dalam hal isi PKB bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. ketentuan yang bertentangan tersebut batal demi hukum dan yang berlaku adalah ketentuan dalam peraturan perundang-undangan.` ` Ketentuan dalam PKB tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundangundangan yang berlaku.

Pengusaha. SP wajib memberitahukan isi PKB atau perubahannya kepada seluruh pekerja . Pengusaha harus mencetak dan membagikan buku PKB kepada setiap pekerja atas biaya perusahaan.` ` ` Pengusaha. 40 . SP dan pekerja wajib melaksanakan ketentuan yang ada dalam perjanjian kerja bersama.

maka ketentuan dalam perjanjian kerja tersebut batal demi hukum dan yang berlaku adalah ketentuan dalam perjanjian kerja bersama. 41 . Dalam hal ketentuan dalam perjanjian kerja bertentangan dengan perjanjian kerja bersama.` ` Perjanjian kerja yang dibuat oleh pengusaha dan pekerja/buruh tidak boleh bertentangan dengan perjanjian kerja bersama.

Maksimal kerja lembur 3 jam sehari dan 14 jam seminggu 42 .PK PKB Saudara wajib bekerja lembur setiap saat diperlukan sesuai dengan kebutuhan operasional Pekerjaan yang dilakukan di luar jam kerja normal dihitung sebagai kerja lembur.

` Dalam hal perjanjian kerja tidak memuat aturanaturan yang diatur dalam perjanjian kerja bersama maka yang berlaku adalah aturan-aturan dalam perjanjian kerja bersama 43 .

tetap PKB.Sekali PKB. asalkan ketentuan PP Tidak lebih rendah dp PKB 44 . Tidak boleh PKB diganti PP Sepanjang masih ada SP di perusahaan Kalau sudah tidak ada lagi SP di perusahaan ? PKB boleh diganti PP.

ketentuan yang ada dalam PP tidak boleh lebih rendah dari ketentuan yang ada dalam PKB 45 .` ` Pengusaha dilarang mengganti PKB Peraturan Perusahaan (PP). selama di perusahaan yang bersangkutan masih ada SP Dalam hal di perusahaan tidak ada lagi SP dan PKB diganti dengan PP.

` Dalam hal terjadi pembubaran SP atau pengalihan kepemilikan perusahaan maka PKB tetap berlaku sampai berakhirnya jangka waktu PKB 46 .

PKB yang berlaku adalah PKB yang lebih menguntungkan pekerja 47 .` Dalam hal terjadi penggabungan perusahaan (merger) dan masing-masing perusahaan mempunyai PKB.

48 . PKB tersebut berlaku bagi perusahaan yang bergabung (merger) sampai dengan berakhirnya jangka waktu PKB.` Dalam hal terjadi penggabungan perusahaan (merger) antara perusahaan yang sudah mempunyai PKB dengan perusahaan yang belum mempunyai PKB.

Belu Punya PKB Perush B er er Perush A Sudah Punya PKB PKB Perush A berlaku di Perush B sa pai berakhirnya PKB tsb 49 .

50 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->