LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR II PERCOBAAN ELEKTROSKOP

Nama

: 1. Dewi Aysiah 2. Edi Prasetyo 3. Eko Setiawan 4. Elvira Freditya F. 5. Fathony Akbar 6. Tomi Yogo W.

(M0210017) (M0210019) (M0210021) (M0210023) (M0210025) (M0210057)

Kelompok

: 3 ( tiga )

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2010

Ketiga muatan ini mempunyai massa masing-masing. muatan negatif (alaektron). tapi hanya menunjukkan besaran relatif voltase atau muatan listrik. Kertas pembungkus rokok / alumunium foil 5. yaitu muatan positif (proton). TUJUAN Dapat membuat alat pendeteksi listrik berupa Elektroskop. yang bekerja berdasarkan prinsip yang serupa. Sendal karet bekas 3. Sedangkan suatu molekul yang bermuatan netral akan terinduksi muatan jika didekatkan dengan molekul yang meiliki muatan dan akan tarik menarik dengan molekul itu. sedangkan proton susah berpindah karena massanya yng cukup besar. III. elektron dapat dengan mudah berpidah ke atom lain. dan netral (netron). ALAT DAN BAHAN 1. Elektrometer modern yang berdasarkan pada teknologi tabung hampa atau fasa padat (solid state) dapat digunakan untuk mengukur arus listrik yang sangat kecil hingga 1 femtoamper. Karena massanya yang terkecil ini. Suatu molekul yang memiliki muatan akan tarik menarik jika jenis muatannya berbeda dan akan tolak menolak jika jenis muatannya sama. Botol gelas 2. serta mengerti sifat suatu muatan.PERCOBAAN PEMBUATAN ELEKTROSKOP I. Elektroskop adalah alat sejenis yang lebih sederhana. mulai dari buatan tangan hingga perangkat elektronik dengan ketepatan tinggi. sementara ele ktron mengelilinginya. Masing-masing muatan ini tersebar di dalam suatu atom dengan susunan proton dan netron berada di inti. Jenis elektrometer bervariasi. Penggaris plastik / mika . Elektrometer adalah alat pengukur muatan listrik atau beda potensial listrik. DASAR TEORI Suatu atom terdiri dari beberapa jenis muatan. Untuk mendeteksi adanya mutan dalam suatu benda atau molekul dapat menggunakan alat ukur yang dinamakan elektrometer atau elektroskop. II. Kawat tembaga panjang 4. elektron merupakan muatan yang memiliki massa paling kecil.

Membelokkan kawat bagian bawah agar bisa digunakan untuk menggantungkan alumunium foil 4. Ketika kita menggosokkan penggaris mika yang semula bermuatan netral pada kain atau pada rambut maka akan bermuatan negatif. 3. maka terjadi induksi yang menarik muatan positif untuk berkumpul dipuncak. dan penggaris tersebut didekatkan pada ujung kawat yang ada pada alat maka kertas alumunium foil yang ada di dalam botol akan mengembang dan tak lama lagi akan mendekat lagi seperti semula. 6. Ketika puncak didekatkan dengan benda bermuatan negatif. sedangkan di daun elektroskop bermuatan negatif. karena pada dua sisi daun bermuatan negatif. Memberikan lubang pada penutup tersebut sesuai dengan ukuran kawat. membentuk elektroskop dengan menyumbat botol kaca dengan sandal karet bekas dengan rapat. akhirnya melebar. VI. Muatan negatif yang ada pada penggaris ini disebakan karena elektron yang ada pada rambut atau kain berpindah kedalam penggaris tersebut karena massanya yang kecil sehingga mudah untuk berpindah. Menggantungkan kertas pembungkus rokok / alumunium foil pada kawat bagian bawah 5.6. maka daun tersebut menjadi tolak menolak. Menguncupnya dua sisi daun ini terjadi karena banyak elektron yang tertarik dengan atom di udara. 7. HASIL PERCOBAAN Bentuk eektroskop yang telah dibuat adalah sebagai berikut : Kertika mengusapkan atau menggosokkan penggaris mika pada rambut atau kain. ANALISIS DATA Suatau muatan atom akan saling tolak menolak jika didekatkan dengan atom yang bermuatan sejenis dan akan saling tarik menarik jika didekatkan dengan atom yang berlainan jenis. Menggosokkan penggaris mika pada rambut / kain sehingga bermuatan. Beberapa saat kemudian dua sisi daun yang tadinya melebar akan menguncup kembali. Mengamati kertas rokok / alumunium foil yang ada di dalam botol tersebut. Rambut / kain IV. V. atau apapun yang mendukung benda-benda itu terlistrikkan . CARA KERJA 1. Melengkungkan kawat bagian atas sehingga membentuk seperti obat nyamuk bakar. 2.

KESIMPULAN Suatu molekul akan tarik menarik jika muatannya berbeda.com .answer.koran-jakarta. VIII. VII.com/search/search_result?p=elektroskop http://www. DAFTAR PUSTAKA http://id.yahoo. sementara akan tolakmenolak jika muatannya sama.(seperti tangan. atau sebuah rak) dan perubahan ini merupakan sebuah keseimbangan di alam.wikipedia.org/wiki/elektrometer http://id. Jadi ketika tangan menyentuh kawat yang awalnya bermuatan negatif akan ternetralkan kembali karena sentuhan tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful