SAMBUTAN KETUA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SEMARANG PADA RAPAT SENAT TERBUKA DALAM RANGKA DIES NATALIS

X DAN WISUDA X

Bismillahhirrohmaanirrohiim. Assalammualaikum, Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan nikmat dan karunia pada kita semua sehingga dapat hadir bersama di dalam acara ini dengan kondisi sehat wal afiat tanpa kurang suatu apapun. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SEMARANG merupakan perguruan tinggi yang ditingkatkan statusnya dari Akademi Koperasi (AKOP) SEMARANG pada tanggal 9 Juni 2000 lalu, di tahun ini genap berusia 10 tahun dan bertepatan itu pula, saat ini sekaligus menyelenggarakan Wisuda Ke-10. Semuanya ini merupakan suatu perjuangan besar dari seluruh Civitas Akademika STIE SEMARANG dan juga para Alumni termasuk dari Alumni AKOP SEMARANG. Dan atas ijin serta ridho Allah SWT semua itu dapat diwujudkan. Perjuangan STIE SEMARANG masihlah sangat panjang bahkan tidak akan pernah berakhir, karena pendidikan tinggi itu akan selalu ada, berkembang seiring pekembangan dunia dan senantiasa dibutuhkan oleh masyarakat. Kata dibutuhkan merupakan kata kunci bagi STIE SEMARANG untuk tetap eksis di dunia pendidikan tinggi. Bagaimana cara untuk menciptakannya adalah tugas kita bersama, baik dari Manajemen, Dosen, Karyawan, Mahasiswa, Alumni, dan Yayasan yang harus disinergikan sedemikian rupa melalui Pelayanan Prima yang ditunjang dengan adanya Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-PT). Hadirin yang kami hormati, Pelayan Prima akan lebih mudah diterapkan bilamana dilakukan layaknya suatu budaya atau bahkan yang lebih tinggi lagi dianggap sebagai suatu ibadah. Bahwa memberikan Pelayanan Prima adalah suatu kebutuhan bagi setiap elemen STIE SEMARANG, melalui Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, dan Kerja Tuntas dilengkapi dengan rasa Asih, Asah, dan Asuh.

1

senantia harus dapat diwujudkan sebagai salah satu pilar utama dari tiga pilar dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Namun kami yakin dan percaya. Kami mengakui bahwa dalam pelaksanaan SPM-PT masih relatif belum optimal. bahwa komitmen STIE SEMARANG untuk mewujudkan penjaminan mutu. penelitian. Namun demikian secara terus-menerus dan konsisten. bilamana semua komponen yang ada bersinergi secara baik. Perbaikan SPM-PT ini memerlukan strategi yang tepat baik arah. kualifikasi akademik dosen dan nondosen termasuk kesejahteraannya. alhamudillah di STIE SEMARANG telah dilakukan salah satu proses reakreditasi untuk kedua Program Studi Sarjana. perdagangan. Selain itu juga diharapkan dapat ikut secara aktif berperan membesarkan kampus. Dengan telah dilangsungkannya Wisuda sebanyak 10 kali ini diharapkan bagi para Alumni pada umumnya dan para Wisudawan pada khususnya dapat lebih berperan dalam masyarakat secara menyeluruh dan lebih luas lagi. Kedua pilar lainnya adalah Pangkalan Data Perguruan Tinggi yang biasa dilakukan dalam Evaluasi Program Studi Berdasarkan Evaluasi Diri (EPSBED).Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai penunjang dalam pemberian Pelayan Prima. dimana pada bulan Juli ini kita juga merayakan Hari Jadi Koperasi Ke-63. dimana telah dilakukan Field Assessment atau Asesmen Lapangan oleh Asesor BAN-PT pada awal minggu ini yang berakhir pada hari ini. pengabdian kepada masyarakat. Akuntansi dan Manajemen. baik di sektor pemerintahan. 2 . maupun koperasi yang merupakan cikal bakal didirikannya AKOP SEMARANG. Semoga STIE SEMARANG dapat mempertahankan peringkat dan bahkan bisa meningkatkannya menjadi Terakreditasi B . maupun waktunya. dan pilar terakhir adalah Akreditasi yang merupakan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal perguruan tinggi. Khusus pilar terakhir ini. para Wisudawan telah dapat lulus tepat pada waktunya dan diharapkan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai sehingga dapat memenuhi kebutuhan atau tingkat kepuasan lulusan dan pengguna lulusan. karena kesemuanya itu kembali pada ketersediaan sumber daya yang ada. dengan kata lain sesuai dengan kebutuhan dan tututan pasar. industri. Terkait dengan pelaksanaan Wisuda X pada hari ini. kompetensi lulusan. cara. patut kita syukuri bersama. sarana prasarana. maka pencapaian penjaminan mutu pendidikan akan dapat dilakukan. upaya-upaya perbaikan terus kami lakukan baik dalam kegiatan proses pembelajaran. Hadirin yang kami hormati.

dan masyarakat secara lebih luas untuk kuliah di STIE SEMARANG yang nantinya diharapkan dapat menjadi Universitas. Selain itu juga diharapkan para alumni dapat membangun Ikatan Alumni AKOP dan STIE SEMARANG yang lebih kuat lagi sebagai jaringan penguatan kampus kita tercinta ini. maka mendekatlah engkau dengan akalmu. SSos.memberikan rekomendasi pada keluarga. Wr.MM. Terakhir. perkenankan kami mengutip kata dari Sang Guru HS Habib Adnan: Jika lautan menjadi tinta dan pepohonan menjadi kalam untuk mencatat ilmu-Nya.Wb. berbasis keragaman yang dilandasi semangat patriotisme dan kemandirian dalam menciptakan SDM yang profesional dibidangnya. Mari kita wujudkan STIE SEMARANG sebagai pusat pengkajian. maka tidaklah cukup meskipun ditambah dengan tujuh kali banyaknya Dan Hadits Rasulullah Muhammad SAW: Apabila manusia melakukan pendekatan diri kepada Tuhan Pencipta mereka dengan bermacam-macam kebaikan. niscaya engkau merasakan nikmat yang lebih banyak. yaitu dekat dengan manusia di dunia dan dekat dengan Allah di Akhirat Demikian sambutan kami. semoga berkenan dan bermanfaat bagi kita semua. pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan yang berwawasan global. mohon maaf atas segala kekurangan. rekan. Semarang. Tuhan yang Maha Pencipta. 3 . 24 Juli 2010 Ketua STIE SEMARANG Hendra Kusuma. Wassalammualaikum.. Billahitaufik walhidayah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful