I. Judul Praktikum : Menguji kandungan nutrisi pada makanan. II. Tanggal Praktikum : 04 Februari 2009 III.

Tujuan Praktikum : Mengetahui macam zat nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan. IV. Pengamatan : 1. Perubahan apa yang terjadi disaat bahan makanan di tetesi zat Fehling B? Jelaskan! 2. Perubahan apa yang terjadi disaat bahan makanan ditetesi zat Reagen Biuret? Jelaskan!

3. Bagaimana menentukan kandungan lemak pada makanan?Jelaskan! 4. Perubahan apa yang terjadi disaat bahan makanan ditetedi zat Lugol? Jelaskan! V. Landasan Teori

Makanan dibutuhkan oleh tubuh untuk sumber energy, pertumbuhan, dan menjaga kesehatan. Manusia membutuhkan makanan dalam jumlah yang tepat dan mengandung zat nutrisi yang lengkap. Seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. 5. 1. Karbohidrat Karbohidrat merupakan zat makanan yang banyak menghasilkan enegi yang diperlukan untuk tubuh. Karbohidrat berfungsi dalam penyediaan bahan pembentuk protein dan lemak serta menjaga keseimangan asam dan basa. Berdasarkan jumlah rantai penyusunnya, karbohidrat dapat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida, misalnya amilum yang terdapat dibanyak bagian – bagian tumbuhan terutama ditempat penyimpanan cadangan makanan. Dalam proses pencernaan makanan, amilum dipecah menjadi maltose dengan bantuan enzim amylase. Karboidrat yang paling penting bagi sel tubuh manusia yaitu glukosa dengan rumus kimia C6H12O6. Glukosa yang diperlukan oleh tubuh berasal dari pemecaan amulim yang terdapat pada makanan.

5.2. Protein Protein merupakan bagian pentig di dalam plasma sel. Selain sebagai komponen pokok, protein juga tersedia sebagai cadangan makanan (misalnya : pada biji-

dan lemak asli (asam lemak dan sterol). Makanan dikatakan mengandung protein tidak dapat disimpan sebagai cadangan makanan.3.yaiut lemak sederhana (lemak dan minyak). Pada hewan dan manusia perotein tidak disimpan sebagai cadangan makanan. pengganti sel-sel yang rusak. E. Pipet tetes 2 buah 3. H. D. dan O. Tabung reaksi 5 buah 2. Melalui perombakan. rutih telur. tempe) 2. protein dan senyaaw yang mengandung N akan dieksresi melalui ginjal. Kelebihan protein tidak dapat disimpan dalam tubuh.bijian). Seperti halna karbohidrat. . dan K.1. Alat 1. lemak tersusun pula oleh C. Bahan makanan (nasi. Pembakar . Penjepit tabung reaksi 1 buah 4. Cawan 2 buah 5. dan pembentuk senyawa lain (lemak dan Karbohidrat). Bahan 1. Alat dan bahan 6. Fungsi lemak selain sebagai sumber energy antara lain sebagai pelarut vitamin A. Fungsi utama protein dalam tubuh antara lain : sebagai zat pembangun. . Tempat tabung reaksi 1 buah 6. tetapi berbeda jumlahnya. roti. VI. Tumbukan 1 buah 6. lemak campuran (fosfolipid dan lipoprotein). Lemak merupakan sumber energy yang menyediakan kalori terbanyak na\\bagi tubuh dibandingkan karbohidrat dan protein. Lemak dapat dibedakan atas 3 kelompok.2. pembangun bagian tubuh tertentu dari suhu rendah. pembentuk sel yang baru (pada reproduksi dan pertumbuhan). Lemak Zat lemak merupakan senyawa majemuk. minyak. Makanan dikatakan mengandung protein yang lengkap bila didalam makanan itu terkandung semua asam amino esensial. 5.

bahan makanan yang padat sebaiknya digerus dahulu dan dijadikan laruta masing-masing dengan 100 ml air. Fehling A dan B 5. a) Menguji Amilum Untuk menguji amilum boleh menggunakan bahan padat atau pun larutan. 2. c) Menguji Protein Menguji protein dapat menggunakan reagen bluret atau reagen Millon Nese. Reagen Benedict 7. b) Menguji Gula Larutan bahan makanan yang akan diuji dimasukkan dalam tabung reaksi. Cara Kerja 1. Bila menunjukkan warna biru sampai hitam berarti makanan tersebut positif mengandung amilum. Untuk menguji kandungan nutrisi. Reagen millonnase 11. bila warna biru pada larutan berubah menjadi warna hijau sampai oranye berarti bahan pangan tersebut mengandung gula. Korek api VII. Lakukan pengujian ini untuk kelima bahan makanan tersebut lalu buatlah catatan makanan apa saja yang mengandung gula. Ujilah tiap bahan makanan yang ada dengan pengujian seperti berikut. Kemudian panaskan hati-hatii. Kertas buram/Koran 10. Ahan makanan yang ingin diketahui kandungannya ditetesi dengan lugol yang encer. Air 8. Meggunakan Biuret .3. Larutan Sudan 9. larutan akan berwarna biru. Reagen Biuret 6. Larutan Lugol 4. Lalu ditetesi dengan Fehling A dan B.

d) Menguji Lemak Untuk menguji lemak dapat digunakan kertas Koran atau larutan sudan III bila ada. jika terjadi warna merah. Data Pengamatan No Bahan Makanan Kandungan Nutrisi Perubahan Warna Amilum Glukosa Protein Lemak 1 Roti ü Warna putih berubah menjadi warna biru gelap setelah ditetesi dengan larutan lugol. Jika warnanya berubah ungu berarti mengandung protein. Teteskan larutan yang diuji pada pinggir kertas Koran. Kemudian masukkan 2 tetes larutan bahan yang diuji.Larutan makanan ditetesi dengan 4 tetes reagen biuret. Menggunakan Million Nese Bahan makanan yang diuji ditetesi eagen Millon Nese. Kemudian bahan yang telah meggumpal dipanaskan. 3 Putih Telur ü Wana putih berubah menjadi warna ungu setelah dicampur dengan larutan buret. 2 Nasi ü Warna putih berubah menjadi warna biru gelap setelah ditetesi dngan larutan lugol ü Warna putih berubah menjadi warna oranye setelah dicampurkan dengan larutan Fehling A dan B dan dipanasi. Bahan makanan yang mengandung lemak bila berada dalam larutan Sudan III akan menunjukkan warna merah cerah. jika terbentuk emulsi putih keruh berarti bahan makanan yang diuji mengandung lemak. Tuangkan etanol dan bahan ini ke tabung reaksi yang beisi 5 ml air. Masukkan 5 mililiter etanl dalam tabung reaksi. Menguji lemak dapat juga menggunakan etanol dan air. VIII. Bahan tersebut akan menggumpal dan berwarna putih. berarti bahan makanan tersebut mengandung protein. Kalau larutan itu mengandung lemak maka pinggir kertas Koran tampak buram. . ü Warna putih berubah menjadi warma oranye setelah dicampurkan dengan larutan Fehling A dan B dan dipanasi.

hal ini disebabkan karena bahan makanan tersebut mengandung glukosa (gula) yang bereaksi dengan larutan tersebut.2. roti) berwarma hitam disaat ditetesi larutan Lugol yang encer. 9. setelah kering kertas buram menjadi trasparan. 4 Tempe ü Warna kuning berubah menjadi warna unu setelah dicampur dengan larutan biuret. Pengujian Glukosa Dari data pengamatan diperoleh bahwa bahan makanan (roti dan Mie) berwarna oranye disaat ditetesi Fehling A dan B. 9. Pengujian Protein Dari data pengamatan diperoleh bahwa bahan makanan (temped an telur) berwarna ungu disaat ditetesi larutan biuret. Pengujian Amilum Dari data pengamatan diperoleh bahwa makanan (nasi.3. ü Warna kuning berubah menjadi warna oranye setelah dicampurkan dengan larutan Fehling A dan B dan dipanasi. Sehingga bahan makanan tersebut berwarna ungu. Sehingga bahan makanan tersebut berwarna hitam. Setelah kering kertas buram menjadi trasparan. IX. mie. 5 Mie ü Warna kuning berubah menjadi wana biru gelap setelah ditetesi dengan larutan lugol. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut mengandung karbohidrat (amilum) yang bereaksi dengan larutan tersebut.ü Putih telur yang sudah dihaluskan diletakkan diatas kertas uram dan dijemur.1. Pembahasan 9. 6 Minyak ü Minyak yang diletakkan diatas kertas buram dan dijemur. Hal ini disebabkan karena bahan .

4. X. Jawaban 1) Bahan MAkanan (nasi. 9. Pertanyaan 1) Bahan – bahan apa saja yang mengandung Amilum dan apa buktinya? 2) Bahan – bahan apa saja yang mengandung Glukosa dan apa buktinya? 3) Bahan – bahan apa saja yang mengandung Protein dan apa buktinya? 11. Mie. kertas buramtersebut menjadi transparan. bila berwarna orange maka bahan makanan tersebut mengandung glukosa. XI. Sehingga bahan makanan tersebut berwarna ungu. Buktinya bahan makanan tersebut erubah manjadi warna hitam disaat ditetesi larutan Lugol. 2) Bahan makanan (roti dan Mie). Reagen Biuret dan Reagen Benedict akan membuat bahan makanan tersebut berubah warna. . bila berwarna biu pekat sampai hitam baka bahan makanan tersebut mangandung Amilum.makanan tersebut mengandung protein yang bereaksi dengan larutan tersebut.1. Pertanyaan dan Jawaban 11. Hal ini disebabkan karena bahan makanan tersebut mengandung lemak. Simpulan Bahwa dengan mencampurkan bahan makanan dengan larutan lugol. Pengujian Lemak Dari data pengamatan dipeoleh bahwa bahan makanan (minyak dan putih telur) ketika di jemur diatas kertas buram setelah beberapa menit.2. fehling A dan B. Misalnya bila bahan makanan tersebut berubah warna menjadi ungu berarti bahan makanan tersebut mengandung protein. dan Roti). buktinya bahan makanan tersebut berubah warna menjadi oranye disaat ditetesi Fehling A dan Fehling B.

2000. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.”Menjelajah Dunia Biologi 2”. 2008. Pratiwi. dkk. Sri. Jakarta: Erlangga. Daftar Pustaka Pujiyanto. “Biologi SMU Jilid 2 untuk Kelas 2”.3) Bahan Makanan (protein dan tempe). XII. . buktinya bahan makanan tersebut berubah warna menjadi ungu disaat ditetesi larutan biuret.