Evolusi Sistem Informasi

Bayu Setyawan

Sistem Informasi .

• Sistem adalah kumpulan elemen /komponen atau fungsi-fungsi yang saling berkaitan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu • Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih bermanfaat bagi penggunanya. .

•Sistem Informasi kumpulan elemen/komponen atau fungsi-fungsi yang saling berkaitan dan bekerja sama baik secara manual maupun terkomputerisasi untuk mengolah data guna menghasilkan informasi .

Siklus Pengolahan Data Data Proses Informas i .

Hardware Adalah perangkat keras system informasi. teknologi jaringan dsb. pada Sistem Informasi modern memiliki perangkat keras seperti: komputer. . Printer.Perangkat Sistem Informasi 1.

pada Sistem Informasi modern memiliki perangkat lunak untuk memerintahkan komputer untuk melaksanakan tugas yang harus dilakukannya. Software dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok. Software Adalah perangkat lunak system informasi. yaitu : .2.

Unix. Delphi. seperti Visual Basic. Corel Draw. Norton utilities. Visual Foxpro. dsb. Linux. Novel Netware. seperti misalnya Microsoft Windows. General Ledger. disk doctor . seperti Microsoft Office. dll .Software  Sistem operasi . dll  Bahasa Pemrograman. C++. seperti anti virus.  Utilitas. dsb  Aplikasi .

nota pembelian. Data Adalah komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi.3. Seperti dokumen bukti-bukti transaksi. . dll. kuitansi pembayaran.

4. . Prosedur Adalah bagian yang berisikan dokumentasi prosedur atau prosesproses yang terjadi dalam system. Prosedur dapat berupa buku-buku penuntun operasional seprti prosedur system pengendalian intern atau buku penuntun teknis seperti buku manual menjalankan program komputer dsb.

.5. Brainware Manusia merupakan bagian utama dalam suatu sistem informasi. karena hardware dan software tanpa campur tangan/dikelola oleh manusia hanyalah benda mati yang tidak ada gunanya.

MIS (Sistem Informasi Manajemen) 5.Tipologi Sistem Informasi berdasarkan perkembangan IT: 1.Mechanical System (Sistem Mekanik) 3. Manual System (Sistem Mnual) 2.ES (Sistem Pakar) .DSS (Sistem Pendukung Keputusan) 6.EDP system (Sistem PDE) 4.

mesin ketik. Sistem Mekanik adalah sistem pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan mesin mekanik . pulpen. lemari file. Sistem Manual adalah sistem pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan alat-alat manual seperti: pensil. buku besar akuntansi dll 2. kartu index.1.

3. dimana computer masih digunakan sebatas untuk melakukan kegiatan pengolahan data yang volumenya besar dan membutuhkan ketelitian & kecepatan dalam proses perhitungan. sedangkan aplikasi yang dibuat pada era ini lebih banyak untuk aplikasi akuntansi . Sistem Pengolahan Data Elektronik adalah sistem pengolahan data di era awal penggunaan computer.

Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang menyediakan informasi bagi para menajemen dalam mengevaluasi dan mengambil keputusan dalam rangka mengendalikan seluruh aktifitas perusahaan 5. .4. Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem berbasis komputer yang yang dirancang untuk mempertinggi efektifitas pengambil keputusan dari masalah yang sifatnya semi terstruktur dan tidak terstruktur.

Sistem ini disebut system pakar karena perannya seperti seorang ahli yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memecahkan suatu persoalan. Sistem Pakar disebut juga dengan “knowledge based system” yaitu aplikasi computer yang ditujukan untuk membantu pengambilan keputusan atau pemecahan persoalan dalam bidang yang spesifik. .6.