KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kam panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya kami dapat merampungkan makalah ini.Kami juga mengucapkan terimakasih kepada guru pembimbing mata pelajaram Mulok Kelas X.1 SMA NEGERI 13 PALEMBANG,yang telah memberikan ilmu dan masukan saranyang membangun terhadap materi makalah ini.Kami menyadari dengan semua bimbingan dari pembimbing,makalah ini menjadi lebih baik,baik sari segi informasinya maupun bentuk penyajiannya. Kami menyadari bahwa makalah ini masih terdapar kekurangan.Oleh karena itu,kami senantiasa mangharapkan masukan,kritik yang lebih membangun lagi dari para pembaca demi penyempurnaan makalah ini.Semoga makalah ini bias turut andil dalam menyajikan sedikit informasi bermanfaat bagi para pembacanya.

Penyusun Makalah,

Kelompok 4

1

Hasil olahan makanan berbahan dasar Coklat BAB III Penutup A.Rumusan Masalah C.Proses Pengolahan Biji Kokoa menjadi Coklat C.Asal Sejarah dan Pengertian Biji Kokoa dan Coklat B.Manfaat BAB II Isi A.Kesimpulan B.Tujuan E.Hipotesa D.Dampak mengkonsumsi Coklat bagi kesehatan manusia a)Dampak Positif b)Dempak Negatif E.Kata Penutup Daftar Pustaka i 1 2 3 3 4 4 5 5 6 6 7 8 9 10 10 10 11 2 .DAFTAR ISI Halaman Judul Kata Pengantar Daftar Isi BAB I Pendahuluan A.Kandungan Gizi Coklat D.Latar Belakang B.

seperti coklat hitam yang mengandung 70% cocoa.dan juga rasa coklat yang pas apabila dijadikan produk makanan lain.kandungan gizi.Dimana dari tanaman kakao ini mempunyai biji dari buahnya yang sangat populer untuk dijadikan bahan dasar dari pembuatan coklat(chocolate).kalsium.kadar gulanya rendah.Biji kakao yang akan diproses menjadi bubuk coklat memang harus memiliki persyaratan mutlak agar dapat dihasilkan bubuk coklat dengan kualitas yang bagus.890. Hasil dari olahan dari coklat pun sangat beragam.Dari semua manfaat.Coklat memiliki kandungan gizi tinggi seperti energi. Selain itu dari kandungan gizi coklat juga memberikan manfaat besar. LATAR BELAKANG Indonesia adalah Negara yang kaya akan flora dan fauna yang tersebar diseluruh wilayah Negara Indonesia dengan luas wilayah mencapai 1.Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lain coklat karena kandunagn gizi nya yang sudah dibuktikan olaeh para ahli dan berbagai institut kasehatan.dan lainnya mengenai coklat tentu membuat kita makin menyukai coklat karena cita rasa nya pun memang terbukti enak.fosfor. 3 .BAB I PENDAHULUAN A. Dengan melalui berbagai rangkaian proses pengolahan dengan menggunakan alat khusus dan campuran bahan lainnya hingga menghasilkan bubuk coklat.dan juga sebagai sumber antibody (polyphenol dan flavonoid) seperti green tea.Latar belakang dari makalah ini akan membahas salah satu flora Indonesia.karena tekstur coklat yang mudah dipadukan dengan bahan lainnya.754 (sumber:Data Statistik Indonesia).dan vitamin A.yaitu tanaman kakao (Theobroma cacao Linn).Bubuk coklat hasil proses tersebeut dapat pula diolah menjadi produk coklat dengan bentuk padatan atau olahan makanan berbahan coklat lainnya.

jerawat apbila dikonsumsi secara over (berlebihan). Lalu biji cacao dipecahkan kulit arinya sehingga tinggal bagian dalamnya.lemak.dan masih banyak lagi.kolesterol.mengurangi rasa kantuk. Diduga bahwa asal kata coklat adalah dari bahasa suku Aztec. Apa saja produk olahan yang berbahan dasar coklat ? C.lalu diproses lagi menjadi bubuk kokoa (coklat siap makan). Dampak mengkonsumsi coklat. RUMUSAN MASALAH 1.Sedangkan definisi dari coklat adalah suatu sistem pangan dengan fase diskontinyu berupa lemak kakao tetapi kadang-kadang bisa juga dicampur dengan jenis-jenis lemak lain serta fase diskontinyu berupa padatan yang terdiri dari gula.caries gigi.protein. Kandungan gizi dari coklat adalah energi. Hasil olahan coklat sangat beragam seperti susu. yang telah difermentasi. dibelah. dibersihkan dan dikeringkan. 3.fosfor.yaitu berasal dari kata “xocolatl”.vitamin A.kalsium.mengurangi stress. 4.dari segi positifnya adalah mencegah penyakit jantung koroner. Apa asal dan pengertian biji kakao dan coklat ? 2.menambah konsentrasi. Apa saja dampak positif dan negatif mengkonsumsi coklat terutama bagi kesehatan manusia ? 5. Proses biji kakao menjadi bubuk coklat antara lain : Dimulai dari buah cacao yang telah matang.Proses selanjutnya biji yang tanpa kulit arinya itu digiling dengan mesin penggiling sehingga menjadi seperti pasta. Bagaimanakah kandungan gizi dari coklat ? 4.Lalu Biji cacao itu dijemur selama 5-7 hari sampai kering.setelah dijemur biji cacao diroasting selama beberapa jam.Dari segi negatifnya dapat menyebaabkan obeisitas.snack dengan bahan dasar coklat. kakao dan susu bubuk. HIPOTESA 1.Dan Biji kakao didefinisikan sebagai biji yang dihasilkan oleh tanaman kakao (Theobroma cacao Linn). dan bijinya dikeluarkan.antioksidan. 5.kanker payudara. yang berarti minuman pahit. Bagaimanakah proses biji kakao menjadi bubuk coklat ? 3.meningkatakan daya kerja fungsi otak.B. 4 . 2.permen.

namun apabila dikonsumsi secara berlebih dapat berdampak bagi kesehatan sebagai akibat tindakan over mengkonsumsi coklat 5 .D. Kandungan gizi dari coklat Dampak positif dan negatif dari mengkonsumsi coklat bagi kesehatan manusia. Proses pengolahan biji kakao menjadi Coklat. TUJUAN Untuk mengetahui : 1. 2. E. 3. MANFAAT Diperolaehya informasi bahwa biji kakao dapat diolah menjadi coklat.dengan proses pengolahan secara efektif dan efisien dapat membawa manfaat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. 4. Asal dan definisi dari biji kakao dan coklat. 5. Hasil produk olahan berbahan dasar coklat.

Asal dan Definisi dari Biji Kokoa dan Coklat a. Asal muasal istilah coklat Istilah coklat dalam bahasa suku Aztec berasal dari kata “xocolatl”. dan bijinya dikeluarkan. Proses ini yang akan menentukan kualitas akhir coklat tersebut. yang disebut cocoa nibs. madu atau rempah-rempah lain. cocoa nibs itu digiling dengan mesin penggiling sehingga menjadi seperti pasta. Proses Pengolahan Biji Kokoa menjadi Coklat Proses Pengolahan Biji Kokoa menjadi Coklat disajikan dalam beberapa cara dan versi. dibelah. Pembuatan coklat dimulai dari buah cacao yang bentuk dan besarnya seperti buah pepaya bangkok. Biji cacao itu dijemur selama 5-7 hari sampai kering. 6 . kemudian dikirim ke pabrik pemrosesan coklat. Pada akhirnya penggunaan rempah-rempah dihilangkan dan mulai ditambahkan gula. yang telah difermentasi.Coklat adalah suatu sistem pangan dengan fase diskontinyu berupa lemak kakao tetapi kadang-kadang bisa juga dicampur dengan jenis-jenis lemak lain serta fase diskontinyu berupa padatan yang terdiri dari gula. susu dll. vanilla. yang berarti minuman pahit.Definisi Biji kakao dan Coklat Biji kakao didefinisikan sebagai biji yang dihasilkan oleh tanaman kakao (Theobroma cacao Linn). Tiap pabrik punya cara baku tersendiri. Rasanya pahit. b. kakao dan susu bubuk. Proses selanjutnya. Coklat adalah makanan yang terbuat dari biji (seed) tanaman tropis yang disebut kakao (Teobroma cacao L). Setelah buah matang. sepat dan berlemak. biji cacao diroasting selama beberapa jam. Cocoa liquor diproses lagi menjadi cocoa powder atau eating chocolate (coklat siap makan) melalui satu rangkaian proses yang rumit.antara lain : 1. Pada awalnya coklat dikonsumsi sebagai minuman yang dibuat berbuih. Setelah itu biji cacao dipecahkan kulit arinya sehingga tinggal bagian dalamnya. dibersihkan dan dikeringkan. temperatur dan lamanya memanggang mempengaruhi aroma coklatnya. 1 buah cacao kira-kira memiliki 40-50 biji cacao yang bentuk dan besarnya seperti biji nangka. Orang-oarang Indian Mexico menyebutnya “chocolate” yang berasal dari kata “choco”yang berarti busa (foam) dan “atl” yang berarti air. yang disebut cocoa liquor. Cara. Di pabrik. B. Teobroma berasal dari bahasa yunani yang berarti “makanan para dewa” (foods of gods).BAB II ISI A. kadang-kadang ditaburi lada merah.

Biji kakao dibersihkan dan dipanggang.2. 5. karbohidrat 14% dan protein 9%. Kandungan phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak Dopamine dapat menyebabkan muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. yang merupakan padatan kakao dalam mentega cokelat. 9. tembaga. Kedua substansi ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. fosfor. yang kesemuanya merupakan elemen penting yang dibutuhkan tubuh kita. sebagian besar tersusun dari lemak jenuh (60%) khususnya stearat. dan tyrosin. fenilalanin. 6. kemudian cangkangnya dibuang dan dagingnya diambil. Perbandingan Kandungan gizi coklat susu (bercita rasa manis) dengan coklat pahit bisa dilihat pada tabel berikut: Zat Gizi Energi (Kal) Protein (g) Lemak (g) Kalsium (mg) Fosfor (mg) Vit A (SI) Coklat Susu 381 9 35. 7. 2. zink. Meski coklat mengandung lemak tinggi namun relatif tidak mudah tengik karena coklat juga mengandung polifenol (6%) yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah ketengikan. C. Coklat mengandung potassium. Padatan sisa tersebut lalu diproses menjadi bubuk cocoa. 3. Asam oleat ini juga dominan ditemukan pada minyak zaitun. dibandongkan dengan katekin dalam teh. dan mangan. Coklat juga mengandung theobromine dan kafein. Kemudian dipisahkan antara mentega cokelat dan padatan sisa. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga). 4. Katekin adalah antioksidan kuat yang terkandung dalam coklat dan lebih besar 8. Coklat atau Kakao merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Coklat juga merupakan sumber mineral bagi tubuh.9 200 200 30 Coklat Pahit 504 5.5 52. Protein coklat kaya akan asam amino triptofan.9 98 446 60 7 . sering disebut cocoa butter. Kandungan Gizi Coklat Coklat mengandung gizi antara lain : 1. 11. Biji coklat mengandung lemak 31%. Daging biji kakao kemudian digiling untuk membuat cairan cokelat. 10. Lemak pada coklat. Sepertiga lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh.

antara lain : 1. Oleh karena itu dapat mencegah penyakit jantung koroner. 2. Dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak dan memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga) sebagai manfaat dari kandungan phenylethylamine yang ada pada coklat.dapat menurunkan tingkat kanker payudara(selain juga dapat mencegah kanker yang lainnya). 8. 7. kebiasaan merokok. banyak mengkonsumsi asam oleat dapat memberikan efek positif oleat bagi kesehatan jantung. Coklat mengandung antioksidan dalam jumlah besar sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas. 10. Jadi meski sama-sama mengandung lemak jenuh tetapi ternyata efek kolesterol yang dihasilkan berbeda.dan itu artinya dengan mengkonsumsi coklat kita bisa turut melestarikan bumi dan secara tidak langsung mengurangi efek pemanasan global.D. 3. 8 . Coklat dapat menurunkan tekanan darah dan menekan kadar kolesterol jahat LDL. Diduga antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat adalah penyebab mengapa mereka bisa berusia lebih panjang. Coklat ternyata juga turut menyumbang manfaat yang berkaitan dengan kelestarian bumi kita! Karena coklat dengan kualitas baik adalah yang ditanamdi bawah payung pepohonan hutan hujan. Salah satu fungsi antioksidan adalah mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi. dimana apabila banyak dikonsumsi.Dam kandungan dopamine yang dapat memunculkan perasaan senang dan perbaikan suasana hati. dan kebiasaan makan ditemukan bahwa mereka yang suka makan permen/coklat umurnya lebih lama satu tahun dibandingkan bukan pemakan. Coklat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Hal ini pun menuntun pabrik-pabrik coklat untuk aktif berkampanye menentang penebangan hutan hujan dan menjaga kelestarian ekologi hutan hujan. 4. Sepertiga lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh. 11. Konsumsi lemak coklat menghasilkan kolesterol total dan kolesterol LDL yang lebih rendah dibandingkan konsumsi mentega ataupun lemak sapi. Dampak mengkonsumsi Coklat bagi kesehatan manusia a)Dampak Positif. Stearat ternyata dicerna secara lambat oleh tubuh kita dan juga diabsorpsi lebih sedikit. 9. Telah sejak lama diketahui bahwa stearat adalah asam lemak netral yang tidak akan memicu kolesterol darah. Katekin adalah antioksidan kuat yang terkandung dalam coklat. sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.Kandungan stearat yang tinggi pada coklat disinyalir menjadi penyebab mengapa lemak coklat tidak sejahat lemak hewan. Dengan mengontrol aktivitas fisik yang dilakukan. 5. 6. Lemak dalam coklat dapat membantu melindungi kaum hawa dari kanker payudara.kandungan katekin dalam coklat lebih besar dinbandigkan dengan teh Rasa terjaga dari kantuk sebagai efek dari theobromine dan kafein. Sepertiga dari lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat.

Hanya saja coklat perlu diwaspadai. E. Coklat jenis ini bisa ditemukan pada beberapa produk coklat batangan. 9 . mulai dari jerawat. diabetes. Coklat jenis ini bisa ditemukan pada beberapa produk coklat batangan. Makan coklat tidak akan menimbulkan kecanduan. selektiflah dalam memilih jenis coklat yang dikonsumsi karena tidak semua baik untukkesehatan.antara lain : Dampak Negatif nya karena konsumsi coklat yang berlebihan (over). Cokelat sering dituding sebagai penyebab masalah kesehatan. Coklat juga tidak bisa dikatakan sebagai penyebab utama munculnya plaque gigi karena plaque gigi juga bisa timbul pada orang yang mengkonsumsi makanan biasa seharihari. sakit persendian dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS) 13.Tentunya ada batasan jumlah yang boleh dikonsumsi setiap hari (50 gram/hari/orang). ada coklat susu yang merupakan adonan coklat manis. Mengurangi hipertensi. Ini yang disebut chocolate craving. Oleh karena itu kiat sehat yang bisa dianjurkan adalah minumlah banyak air sehabis makan coklat. Prinsip gizi sebenarnya mudah yaitu makanlah segala jenis makanan secara moderat. tetapi bagi sebagian orang rasa coklat yang enak mungkin menyebabkan kerinduan untuk mengkonsumsinya kembali. Selain itu ada pula coklat pahit yang merupakan coklat alami dan mengandung 43% padatan coklat. Konsumsi 100 g coklat akan meningkatkan ekskresi oksalat dan kalsium tiga kali lipat.12. Misalnya. karies gigi. cocoa butter. Hasil olahan makanan berbahan dasar Coklat Produk coklat cukup beraneka ragam. gula dan susu.makan coklat 2-3 kali seminggu atau minum susu coklat tiap hari kiranya masih dapat diterima. gula dan susu. Tak dapat disangkal lagi bahwa kegemukan adalah salah satu faktor risiko berbagai penyakit degeneratif. Misalnya. Selain itu. Masalah gizi umumnya timbul bila kita makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. b) Dampak Negatif. cocoa butter. hingga obesitas dan kolesterol. Selain itu ada pula coklat pahit yang merupakan coklat alami dan mengandung 43% padatan coklat. ada coklat susu yang merupakan adonan coklat manis. penyakit jantung. khususnya bagi orang-orang yang rentan menderita batu ginjal. Selama ini ada pandangan bahwa permen coklat menyebabkan caries pada gigi dan mungkin juga bertanggung jawab terhadap munculnya masalah kegemukan. Produk coklat cukup beraneka ragam. Penelitian terkini mengindikasikan menikmati batangan cokelat susu akan meningkatkan daya fungsi otak.

Kesimpulan Bahwa kita dapat menggunakan biji kakao dalam pembuatan coklat. Penyusun Makalah.diman kiya mengkonsumsi coklat akan diperolaeh dampak positif bagi kesehatan dan dampak negative apabila dikonsumsi secara berlebihan bagi kesehatan. Kelompok 4 10 . Kata Penutup Terimakasih kami ucapakn atas kesediaan anda untuk membaca dan memahami isi makalah kami dan semoga bermanfaat. C.BAB III PENUTUP B.

com : Yayasan Jantung Indonesia Sumber :Manfaat Coklat bagi Kesehatan | Kesehatan http://keluargacemara.info/8-sarapan-terbaik-terburuk-buat-anda/ Sumber : link:http://www.com/chocobox : http://beritaku.com/featured/manfaatcoklat-bagi-kesehatan.google.webkios.DAFTAR PUSTAKA Sumber Sumber : www.com/2008/08/03/coklat-dapat-tingkatkan-daya-fungsi-otak/ 11 .html#ixzz1Fbcy6Q00 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Sumber Sumber Sumber : Metrotvnews.facebook.f-buzz.com. Jakarta : www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful