Komponen Hard Disk Drive

Posted: July 6, 2009 by ijaa in Teknik Sistem Komputer Tags: tutorial teknik sistem komputer - komponen HDD (Hard Disk Drive)

1 1. HARD DISK DRIVE Harddisk merupakan media penyimpanan pada suatu sistem PC, sebagai penyimpanan data nonvolatile/ semi permanen, adalah alat penyimpanan yang tetap menyimpan data walaupun pada saat computer dimatikan. A. Bagian Luar Hard Disk Sebuah harddisk terdiri dari beberapa komponen yang sederhana dan memiliki fungsi yang sederhana. Namun karena ketelitian dan kecepatan yang amat tinggi, peranti keras ini menjadi sebuah alat yang mengagumkan. Gambar berikut ini memperlihatkan sebuah harddisk:

Harddisk memiliki pelindung dari bahan alumunium dengan sebuah pengendali elektronik pada sebuah sisi. Pengendali elektronik tersebut mengendalikan mekanisme baca/tulis dan motor yang memutar piringan harddisk. Pengendali elektronik tersebut juga berfungsi sebagai penerjemah dari data magnetik menjadi elektrik dan sebaliknya. B. Bagian Dalam Hard Disk

Ukuran platter ada bermacam-macam: • • • • Untuk PC desktop biasanya berukuran 3 ½ inchi Untuk note book berukuran 2 ½ inchi. 8 inchi 14 inchi Disk platter terbuat dari suatu media magnetic. Media magnetic yang dipakai pada platter ada 2. yaitu: a. karena disk platter merupakan bagian dari harddisk yang mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan data. Tiap drive harddisk memiliki satu atau lebih disk platter. Media Oksida . Disk Platter Disk platter merupakan bagian / komponen dari harddisk yang paling utama.1. dimana masing-masing sisi platter memiliki write and read head.

Read and write head merupakan komponen dari hard disk yang berfungsi sebagai alat penulisan dan pembacaan data pada platter. namun pada saat drive memutar dengan kecepatan penuh. Saat drive istirahat. Head ini terhubung pada satu mekanisme penggerak. Jadi sekarang sebagian besar hard disk menggunakan media magnetic ‘media thin film’ daripada media oksida. Read and Write Head Hard disk memiliki 1 head write and read untuk masing-masing permukaan platter. Karena dirasa media thin film lebih praktis (tipis) daripada media oksida dan juga memiliki kwalitas yang lebih baik. maka tekanan udara akan membentuk lapisan tipis yang akan membuat head bergerak ke permukaan platter. b Media thin film Merupakan jenis disk platter dimana media ini lebih tipis dan lebih sempurna daripada media oksida. Bila anda membuka drive dengan hati-hati dan memindahkan head dengan jari anda. Masing-masing head terletak pada lengan actuator untuk menekan head supaya dapat mengenai platter. maka head akan kembali dengan cepat ke platter saat dilepaskan. 1. 1. Mekanisme Head Aktuator .Merupakan media magnetic yang terdiri dari berbagai macam bahan. begiti juga jika kita head ke bawah (head yang berada di bawah platter). yang berisikan oksida baja sebagai bahan aktifnya. head akan dipaksa untuk mengenai platter dengan suatu tekanan.

Atau kalau kita memegang pemutar dari motor ini. maka pada saat tertentu akan teerdengar bunyi ‘klik’. maka akan terdengan bunyi ‘klik ’ saat melalui posisi tertentu. Sedangkan pada Voice Coil Actuator. maka pada stepper motor actuator head akan langsung berhenti (pada tempat data yang sebelumnya dibaca). sistem ini disebut ‘head’ actuator. Jadi tiap kali pindah posisi untuk mencari suatu file. Stepper motor actuator ini bergerak step by step. Mekanisme head actuator Jika terjadi pemutusan power secara tiba-tiba. Penggunaan actuator ini memberikan kinerja dan kehandalan yang besar daripada stepper motor actuator. Akibatnya harddisk akan cepat rusak. dengan menggunakan sinyal feed back dari drive ke posisi head tertentu dan menyesuaikannya.Voice Coil Actuator Voice Coil Actuator digunakan pada harddisk saat ini. jika terjadi pemutusan hubungan dengan power secara tiba-tiba maka. . head akan otomatis kembali ke posisi awalnya (berada pada tengah-tengah platter). sehingga hal ini akan mengakibatkan tergoresnya platter. Stepper Motor Aktuator Merupakan motor elektrik yang dapat melangkah atau bergerak dari suatu posisi satu ke posisi lain. yaitu: a. Ada 2 kategori dasar mekanisme actuator. Karena stepper motor lebih berkemungkinan besar melukai platter. dan memutarkannya di tangan kita .Yang lebih penting daripada head adalah sistem mekanik yang menggerakan. Mekanisme ini menggerakkan head di atas disk dan memposisikannya secara tepat di atas silinder yang diinginkan. b.

hal ini perlu dilakukan dalam proses pembacaan dan penulisan data. Semua harddisk memiliki satu atau lebih logic board. sehingga dapat memutar platter dengan baik / tanpa gangguan.Kabel dan Konektor Harddisk memiliki beberapa konector yang terhubung ke computer . Sedangkan pada SCASI memuat kontroler dan circuit adapter. Pada IDE board ini memuat juga kontrolernya. Tidak ada komponen lain yang terhubung. Adapun 3 konector itu adalah: 1. Spindle motor pada harddisk selalu terhubung langsung. Spindle Motor Spindle motor adalah komponen dari harddisk yang bertugas memutar platter.1. 1. Tampilan logic board a. Logic board berisi alat-alat elektronik yang mengontrol spindle dan sistem actuator dan menyajikan data ke kontroler. Motor ini harus bebas dari suara dan getaran apapun. Logic Board Logic board merupakan alat yang mengontrol kinerja dari harddisk. untuk menerima daya (power) dan kadang-kadang ke sistem chasis kebanyakan drive memiliki paling tidak 3 konector. Interface konector .

.Konektor pada Harddisk Pada komponen-komponen harddisk juga terdapat SCSI Interface Connector (konektor kabel data) yang dihubungkan ke kabel data dan memiliki fungsi untuk mentransfer data dari motherboard ke harddisk atau sebaliknya.Merupakan konector yang menghubungkan hard disk/ menyalurkan data yang dimiliki hard disk ke motherboard. Komponen Konfigurasi Untuk membangun atau melengkapi harddisk dalam suatu instalasi sistem. interface konector adalah yang paling penting. Penyimpanan magnetic sebenarnya adalah media analog yaitu data yang tersimpan berbentuk informasi digital 0 dan 1. Komponen (jumper) ini bervariasi diantara banyak drive. 7. 1. Komponen magnetic tersebut kemudian akan memberikan pengaruh pada bahan magnetic di komponen tersebut. 1. Prinsip dasarnya adalah sebagian bahwa aliran elektrik melalui konduktor. Dari 3 konector tersebut. sebuah komponen magnetic dibentuk dari sekeliling konduktor. untuk memberi catu daya pada harddisk dibutuhkan konektor catu daya yang dihubungkan dengan kabel catu daya pada power supply. Option Konector Adalah konector yang digunakan untuk penentuan spesifikasi dari harddisk. Karena berfungsi membawa data dan sinyal perintah dari sistem drive. Power Konector Merupakan konector yang berhubungan dengan catu daya. membaca dan menulis data menggunakan elektromagnetik. 8. kita juga memerlukan jumper. Semua komponen penyimpanan magnetic.

. SCSI ( Small Computer Sytem Interface ) antarmuka disk drive lebih dari satu. RLL ( Run Length Limited ) menyimpan info yang lebih padat dari MFM. 2. 5. 3. IDE ( Intergrated Drive Electronic ) sebagian besar kontroller dibuat langsung ke drive itu sendiri. 4. ESDI ( Enhanced Small Device Interface ) kontroller sangat cepat dan menyimpan data dalam jumlah besar.Jenis-jenis kontroler pada head disk: 1. MFM ( Modified Frequency Modulation ) pola pengkodean magnetic dimana bit dimasukkan ke media magnetic.