P. 1
STRUKTUR ATOM

STRUKTUR ATOM

|Views: 92|Likes:
Published by diandwipermana

More info:

Published by: diandwipermana on Mar 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2012

pdf

text

original

STRUKTUR ATOM

KIMIA KELAS X Semester 1 SMA

Created by A.Srihono ± SMA YPK Bontang, Kalimantan Timur

SK/KD

Indikator

NH3

Materi

Latihan Soal (Amonia Uji Kompetensi

Referensi

Standar Kompetensi :
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

Kompetensi Dasar:
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, sifatsifat periodik unsur dalam tabel SPU, serta memenyadari keteraturannya melalui pemahaman konfigurasi elektron.

Indikator : Menentukan partikel dasar (proton. elektron dan netron) Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi Menentukan periode dan golongan Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik y y y y .

) 1. sehingga dalam perhitungan.00055 1 dalam coulomb (+) 1.6 x 10-19 0 dalam e (+) 1 (-)1 0 muatan Data dari tabel diatas menunjukkan bahwa massa elektron jauh lebih kecil dari pada massa proton dan neutron.675 x 10-24 dalam sma 1 0.11 x 10-24 1.6 x 10-19 ( . A Z X Nomor massa Atom Jumlah proton = Z Jumlah elektron = Z Jumlah neutron = A .Z X : lambang unsur Z : nomor atom A : nomor massa . massa elektron sering kali diabaikan.Data partikel subatom Massa Partikel Lambang dalam gram Proton Elektron Neutron p e n 1.673 x 10-24 9.

e : elektron Awan elektron n p n : neutron p : proton e .

Contohnya nampak pada unsur karbon seperti gambar disamping .Contoh: 12 6 C (karbon) Jumlah proton = 6 Jumlah elektron = 6 Jumlah neutron = 6 Isotop adalah atom dari suatu unsur yang sama namun memiliki massa yang berbeda karena memiliki perbedaan dalam jumlah neutron dalam intinya.

K L M .

. 2n2 elektron Diagram Orbital Orbital Kosong Orbital setengah penuh Orbital Penuh ...Pembagian Kulit-kulit Atom : No.d dst..p s.p.... kulit ke-n Jumlah Subkulit s s.... Kulit Kulit ke-1 (K) Kulit ke-2 (L) Kulit ke-3 (M) dst.. n2 orbital Elektron Maksimum 2 elektron 8 elektron 18 elektron dst. n buah subkulit Jumlah Orbital 1 orbital 4 orbital 9 orbital dst...

Unsurunsur. Unsur-unsur yang memiliki jumlah kulit sama akan ditempatkan pada periode (baris) yang sama. baris) sama.Sistem periodik ini tersusun dari : BarisBaris-baris horisontal yang disebut periode KolomKolom-kolom vertikal yang disebut golongan y Periode adalah jumlah kulit yang dimiliki oleh suatu unsur. Nomor periode = jumlah kulit .

y Unsur yang memiliki jumlah elektron valensi sama akan ditempatkan pada golongan (kolom ) yang sama. d dan f. . sama.Golongan Unsur y Nomor golongan ditentukan oleh jumlah elektron di kulit terluar (elektron valensi) yang valensi) dimiliki oleh suatu unsur. unsur. y Penentuan nomor golongan sangat ditentukan oleh distribusi elektron-elektron pada sub kulit s. elektronp.

NamaNama-nama golongan utama adalah sebagai berikut : Golongan Nama Golongan IA Alkali IIA Alkali tanah IIIA Boron IVA Karbon VA Nitrogen VIA Oksigen VIIA Halogen VIIIA Gas mulia .Golongan Utama ( Golongan A ) Terdiri dari unsur-unsur blok s dan blok p. yaitu unsurunsurunsur-unsur yang elektron terakhirnya berada pada sub kulit s dan p.

2. yaitu unsurunsurunsur-unsur yang elektron terakhirnya berada pada sub kulit d. y y Aturan penentuan nomor golongan unsur transisi adalah : Nomor golongan = jumlah elektron s + d Nomor golongan dibubuhi huruf B . Golongan Transisi ( Golongan B ) y Terdiri dari unsur-unsur blok d.

y Terdiri dari unsur-unsur blok f. Aturan penentuan nomor golongan unsur transisi adalah sebagai berikut : 1. Unsur Lantanida. terakhirnya berada pada sub kulit 4f 2. yaitu unsur-unsur yang unsurunsurelektron terakhirnya berada pada sub kulit d. yaitu unsur yang elektron Lantanida. berada pada sub kulit 5f y . yaitu unsur yang elektron terakhirnya Aktinida.Unsur Aktinida.

LATIHAN SOAL Pernyataan yang tepat untuk unsur dengan 56 lambang atom 26A yaitu . . n = 30 . . b. e = 30. n = 56 p = 26. a. n = 56 p = 26. e = 26. n = 26 p = 26. e = 26. e = 30. p = 26. n = 26 p = 26. d. e = 26. e. c.

.

.

b. . c. 13 15 17 19 20 . e. .Unsur yang memiliki elektron valensi terbanyak yaitu yang mempunyai nomor atom . a. d.

.

.

3 4 5 8 13 . d. . b. c. . e. maka nomor atom unsur tersebut .Elektron valensi pada kulit ke tiga adalah 3. a.

.

.

. 2 8 18 9 1 d. 2 8 8 18 2 e. . a. 2 8 18 10 b. 2 8 18 2 8 .Konfigurasi yang tepat untuk unsur bernomor atom 38 yaitu . 2 8 18 8 2 c.

.

.

. 17 . 11 d. a. . 16 e. 5 b.Nomor massa dari atom yang mengandung 5 buah proton dan 6 neutron yaitu . 6 c.

.

.

REFERENSI Purba. Michael. 2002. Ganesa Exact . 1994. cetakan I. erlangga Sutresna Nana.Jakarta . Kimia1 untuk SMU kelas 1. Kimia 1B SMU .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->