STRUKTUR ATOM

KIMIA KELAS X Semester 1 SMA

Created by A.Srihono ± SMA YPK Bontang, Kalimantan Timur

SK/KD

Indikator

NH3

Materi

Latihan Soal (Amonia Uji Kompetensi

Referensi

Standar Kompetensi :
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

Kompetensi Dasar:
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, sifatsifat periodik unsur dalam tabel SPU, serta memenyadari keteraturannya melalui pemahaman konfigurasi elektron.

elektron dan netron) Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi Menentukan periode dan golongan Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik y y y y .Indikator : Menentukan partikel dasar (proton.

6 x 10-19 0 dalam e (+) 1 (-)1 0 muatan Data dari tabel diatas menunjukkan bahwa massa elektron jauh lebih kecil dari pada massa proton dan neutron.00055 1 dalam coulomb (+) 1.675 x 10-24 dalam sma 1 0.673 x 10-24 9.Data partikel subatom Massa Partikel Lambang dalam gram Proton Elektron Neutron p e n 1.Z X : lambang unsur Z : nomor atom A : nomor massa . massa elektron sering kali diabaikan.) 1.11 x 10-24 1. sehingga dalam perhitungan. A Z X Nomor massa Atom Jumlah proton = Z Jumlah elektron = Z Jumlah neutron = A .6 x 10-19 ( .

e : elektron Awan elektron n p n : neutron p : proton e .

Contohnya nampak pada unsur karbon seperti gambar disamping .Contoh: 12 6 C (karbon) Jumlah proton = 6 Jumlah elektron = 6 Jumlah neutron = 6 Isotop adalah atom dari suatu unsur yang sama namun memiliki massa yang berbeda karena memiliki perbedaan dalam jumlah neutron dalam intinya.

K L M .

...... Kulit Kulit ke-1 (K) Kulit ke-2 (L) Kulit ke-3 (M) dst.p s. kulit ke-n Jumlah Subkulit s s.. n2 orbital Elektron Maksimum 2 elektron 8 elektron 18 elektron dst. 2n2 elektron Diagram Orbital Orbital Kosong Orbital setengah penuh Orbital Penuh ..p.....d dst.. n buah subkulit Jumlah Orbital 1 orbital 4 orbital 9 orbital dst.Pembagian Kulit-kulit Atom : No.

baris) sama. Unsurunsur.Sistem periodik ini tersusun dari : BarisBaris-baris horisontal yang disebut periode KolomKolom-kolom vertikal yang disebut golongan y Periode adalah jumlah kulit yang dimiliki oleh suatu unsur. Nomor periode = jumlah kulit . Unsur-unsur yang memiliki jumlah kulit sama akan ditempatkan pada periode (baris) yang sama.

y Penentuan nomor golongan sangat ditentukan oleh distribusi elektron-elektron pada sub kulit s. . unsur. d dan f.Golongan Unsur y Nomor golongan ditentukan oleh jumlah elektron di kulit terluar (elektron valensi) yang valensi) dimiliki oleh suatu unsur. sama. elektronp. y Unsur yang memiliki jumlah elektron valensi sama akan ditempatkan pada golongan (kolom ) yang sama.

NamaNama-nama golongan utama adalah sebagai berikut : Golongan Nama Golongan IA Alkali IIA Alkali tanah IIIA Boron IVA Karbon VA Nitrogen VIA Oksigen VIIA Halogen VIIIA Gas mulia .Golongan Utama ( Golongan A ) Terdiri dari unsur-unsur blok s dan blok p. yaitu unsurunsurunsur-unsur yang elektron terakhirnya berada pada sub kulit s dan p.

y y Aturan penentuan nomor golongan unsur transisi adalah : Nomor golongan = jumlah elektron s + d Nomor golongan dibubuhi huruf B . yaitu unsurunsurunsur-unsur yang elektron terakhirnya berada pada sub kulit d. Golongan Transisi ( Golongan B ) y Terdiri dari unsur-unsur blok d.2.

Unsur Aktinida. terakhirnya berada pada sub kulit 4f 2. Unsur Lantanida. Aturan penentuan nomor golongan unsur transisi adalah sebagai berikut : 1.y Terdiri dari unsur-unsur blok f. berada pada sub kulit 5f y . yaitu unsur yang elektron terakhirnya Aktinida. yaitu unsur yang elektron Lantanida. yaitu unsur-unsur yang unsurunsurelektron terakhirnya berada pada sub kulit d.

n = 56 p = 26. . b. e. a. e = 26.LATIHAN SOAL Pernyataan yang tepat untuk unsur dengan 56 lambang atom 26A yaitu . c. e = 26. e = 26. n = 56 p = 26. e = 30. . d. n = 26 p = 26. n = 26 p = 26. p = 26. e = 30. n = 30 .

.

.

e. d. .Unsur yang memiliki elektron valensi terbanyak yaitu yang mempunyai nomor atom . b. 13 15 17 19 20 . c. . a.

.

.

Elektron valensi pada kulit ke tiga adalah 3. a. 3 4 5 8 13 . c. . maka nomor atom unsur tersebut . . b. d. e.

.

.

2 8 18 2 8 . 2 8 18 9 1 d. 2 8 8 18 2 e. 2 8 18 10 b.Konfigurasi yang tepat untuk unsur bernomor atom 38 yaitu . . 2 8 18 8 2 c. a. .

.

.

. 17 . 5 b.Nomor massa dari atom yang mengandung 5 buah proton dan 6 neutron yaitu . 11 d. 6 c. 16 e. a. .

.

.

erlangga Sutresna Nana. Kimia1 untuk SMU kelas 1. 1994. Ganesa Exact .Jakarta . Michael. cetakan I. 2002. Kimia 1B SMU .REFERENSI Purba.