OReng Sampang

Media Informasi Sampang Madura Online untuk Wisata, Komunitas, Berita, Video, Musik, Travel, dan Kuliner Madura,Jawa timur,Indonesia

Wanita dan Sifat Orang Madura Wednesday, March 02, 2011 2:07 AM Catatan VOC Daghregister tanggal 15 September 1624 "Orang Madura nyatanya bukan hanya laki-laki yang ikut berperang, akan tetapi perempuan pun ikut berperang dan peperangan tersebut tidak kalah dari laki-laki. Apabila ada laiki-laki yang luka dibagian punggungnya, maka oleh tentara wanita dibunuh sekalian, sebab dibagian punggung tersebut menunjukkan laki-laki tersebut melarikan diri dari peperangan yang kemudian dikejar oleh musuh sampai berhasil dilukai. Akan tetapi lukanya dibagian depan, maka oleh para wanita madura segera di obati, karena luka yang demikian menunjukkan bahwa luka yang diakibatkan dari pertempuran yang berhadap-hadapan. "

Dari penggalan-penggalan kalimat tersebut, memberikan gambaran bagaimana wanita Madura sangat berperan dalam membantu keberhasilan perjuangan kaum laki-laki. Disamping itu, para wanita Madura berperan besar dalam membangun karakter kaum laki-laki Madura sebagai pejuang yang tangguh, pantang menyerah dan berjiwa kesatria dalam membela kehormatan dan kedaulatan bangsa dan negaranya. Nilai-nilai inilah yang senantiasa diturunkan dari generasi ke generasi dan karakter tersebut tetap berlanjut dan menjadi bagian integral dalam prinsip-prinsip hidup masyarakat Madura hingga saat ini.

Dengan demikian, dapat ditarik suatu garis tegas bahwa peran wanita Madura memiliki peran setara dengan kaum lelakinya, baik dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam peperangan sekalipun. Bahkan dalam konteks-konteks tertentu peran wanita Madura terlihat sangat keras dan sangat menentukan keberhasilan kaum laki-laki, tanpa mengesampingkan posisi laki-laki sebagai pemimpin dan pelindung kehormatan wanita. Keberadaan Belanda di Madura tentu saja menggangu kedaulatan masyarakat Madura yang waktu itu telah memiliki pemerintahan sendiri. Jadi pada saat itu Madura telah mampu menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa yang mandiri.

Bahasa Madura : Neng taon 1831 Madhura mabada bharisan se e nyamae Corp Bharisan. Corp Bharisan jareya kaangguy makowat pamarentaan e Madhura, se nyatanah Mhadura la andhi' pamarentaan dhibi', artena Pamarentaan Hindia Belandha ta' noro' ngorose pa-apa se patot elakone ra'yat ban pangraja Madhura.

Bahasa Indonesia : Pada tahun 1831 Madura membentuk barisan yang diberi nama Corp Barisan. Corp Barisan ini memperkuat pemerintahan Madura, yang sesungguhnya Madura sudah punya pemerintahan sendiri, arinya Pemerintah Hindia Belanda tidak boleh ikut campur terhadap apa saja yang pantas dilakukan oleh rakyat dan para tokoh-tokoh rakyat Madura.

Dari kalimat tersebut dapat dikatakan bahwa sudah sejak zaman dahulu ( baca : jauh sebelum Republik Indonesia Merdeka ) Madura telah menjadi suatu negara yang merdeka dan menerapkan prinsip-prinsip otonomi bagi masyarakatnya. Dengan demikian, menganut prinsip berdiri di atas kekuatan sendiri, yang berhak mengatur dan menentukan nasibnya.

Namun demikian, masyarakat Madura juga menganut prinsip terbuka, menghargai eksitensi dan kedaulatan bangsa lain dan bekerja sama secara proporsional dengan bangsa manapun di dunia ini, tanpa saling intervensi satu dengan yang lainnya. Hal ini terbukti dalam sejarah, walaupun masyarakat Madura memiliki kemampuan dalam pertempuran namun tetap tidak melakukan invasi ke wilayah kekuasaan ( Baca : Kerajaan ) lain. Bahkan sebaliknya para tentara Madura sering dimintai

bantuan dalam pertempuran pada jaman Singosari, Majapahit, pertempuran ke Batavia pada jaman pemerintah Islam dibawah pimpinan Raden Fatah, hingga jaman perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Hal ini emberikan gambaran bahwa masyarakat Madura sangat menghargai kedaulatan bangsa lain. Jauh sebelum masa Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Masyarakat Madura pernah diminta bantuan oleh Mataram untuk menghadapi Bupati Blambangan yang ingin memberontak terhadap kekuasaan Mataram. Perlu diketahui, bahwa kerajaan Mataram pernah menjajah Madura, namun karena Mataram meminta bantuan kepada Madura yang pada saat itu dipimpin oleh Bupati Raden Bugan yang kemudian diberi gelar Tumenggung Yudonegara yang berkedudukan di Sumenep Madura. Maka, permintaan Mataram dipenuhi dengan tangan terbuka.

Bahasa Madura : Mala Mataram e budi are e jhaman saellana jariya lajhu mintah bhantoan Tumenggung Yudonegara kaangguy matellok Bhupate Blambangan se moale onga' alaban Mataram. Sakejje' bhai Bhupate Blambangan. Mela dari jhareya bi' Mataram lajhu e berri'i jhejhuluk Macan Wulung.

Bahasa Indonesia : Bahkan di belakang hari pada jaman setelah itu, Mataram meminta bantuan kepada Tumenggung Yudonegara untuk menaklukkan Bupati Blambangan, yang mulai menampkkan diri ingin memberontak melawan Mataram. dalam waktu yang relatif singkat Tumenggung Yudonegara dan para prajuritnya berhasil menaklukkan Blambangan. Maka dari itu, Tumenggung Yudonegara oleh Mataram diberi gelar Macan Wulung.

Dalam prinsip masyarakat Madura, Semua bangsa di dunia ini adalah Saudara, dan wajib memberikan pertolongan apabila ada seseorang yang memerlukan bantuan. Bagi masyarakat Madura, Apabila ada seseorang yang membutuhkan bantuan dan percaya penuh pada masyarakat Madura, ini di ibaratkan lebih dekat dari saudara kandungnya sendiri. Bahkan masyarakat Madura rela mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk membela kehormatan orang yang meminta tolong dan percaya padanya.

Note :

blogspot.6 ribu rupiah anda sudah bisa menikmatinya plus pemandangan kampung nelayan dan pantai camplong yang menyejukkan mata.daerah pesisir Kota Sampang khususnya di daerah Camplong.istri nelayan masyarakat setempat ketika mereka pergi melaut.com/ NASI KOBEL Sunday. menunya sangat sederhana hanya beberapa ikan laut. menarik untuk dicoba jika kebetulan anda singgah di Kota Sampang atau sekedar berbagi pengalaman kuliner dengan daerah lain Sumber : http://kenapajuga. sambal kelapa dan sambel khas madura " Buje Cabbih " dalam bahasa Indonesia adalah Garam dan Cabe di tempatkan di dalam rantang ataupun di bungkus dengan daun pisang.com Celurit dan Harga Diri . tahu. Ada yang khas dan unik dari kuliner ini yaitu sambal kelapanya. Jika biasanya di sangrai atau di kukus disini sambal kelapanya di panggang / dipepes bersama potongan tanah liat biasanya menggunakan pecahan cobek atau gentong kebayang rasanya gimana ? susah jelasinnya yang saya tau rasa dan aroma sambal kelapanya unik.nelayan setempat pulang melaut. Kata KOBEL sendiri menurut masyarakat setempat diambil dari bahasa Madura " KORANG ABELIH " yang artinya kalau kurang kembali atau lebih jelasnya kalau anda kurang boleh kembali. Jika anda menuju arah Pamekasan. 2011 7:28 AM Penganan ini bisa anda jumpai di daerah . February 06.Bangga ku menjadi Orang Madura Sumber : http://bagianjawatimur. Kalau di Bangkalan ada kuliner Nasi Serpang dengan Full Seafood dan bumbu kuahnya yang khas kami disini punya Nasi Kobel yang tak kalah nikmatnya. mulai dari Pantai Camplong hingga ke arah timur Pasar Camplong anda akan menjumpai warung . ikan tongkol masak bali menjadi lauk wajib selebihnya hanya lauk pendamping dengan hanya 3 .pinggir jalan dan sebagian lagi memilih berada di dalam perkampungan penduduk mereka biasanya berjualan mulai jam 2 siang sampai menjelang subuh sembari menunggu nelayan . Nasi ini awalnya adalah bekal yang dibuatkan para istri . nah kemudian dari kebiasan inilah masyarakat setempat sekarang mengolahnya lebih variatif dan mulai dikenal ke luar daerah sehingga menjadi lebih konsumtif bahkan sudah memiliki beberapa pelanggan tetap dari dalam ataupun luar daerah.blogspot.warung kecil penjual Nasi Kobel di pinggir .

January 23. Carok adalah institusional kekerasan dalam masyarakat Madura yang memiliki relasi sangat kuat dengan faktor-faktor struktur budaya. Sedangakan Smith sendiri memahaminya dengan memberi penjelasan dari aspek historis serta kekuatan-kekuatan struktural dan sosial. apakah carok. korban dan sanak keluarganya serta mengapa hal ini ditoleransi bahkan kadang-kadang mendapat dukungan secara sosial budaya. dan laki-laki dewasa. apa perbedaan antara kekerasan ini dengan kejahatan lain. Smith menyatakan bahwa carok telah ada di Madura sejak abad ke-19. tidak dapat dipungkiri bahwa carok tidak lepas dari semua hal itu. Munculnya tindakan kekerasan ini oleh beberapa peneliti ditengarai dan dipicu oleh berbagai faktor yang dilihat dari beberapa perspektif pengamatan mengenai kondisi-kondisi yang ikut berperan sebagai penyebab carok. lokana ate tada’ tmbana kajaba ngero’ dara” (Daging yang terluka masih bisa dijahit. 2011 2:11 AM “Lakona daging bisa ejai’. Anggapan orang pada umumnya yang belum mengerti apa hakikat carok yang sebenarnya mungkin kurang lebih akan berpandangan seperti itu. tapi jika hati yang terluka tidak ada obatnya kecuali minum darah) Carok selalu diidentikkan dengan harga diri. struktur sosial. Hal ini kemudian turut mengkondisikan orang Madura seakan-akan tidak mampu untuk mencari dan memilih opsi atau alternatif lain dalam upaya mencari solusi ketika mereka sedang mengalami konflik. Akan tetapi. Memang. apa artinya bagi mereka. dan pendidikan. Pertanyaan-pertanyaan inilah yang sekiranya perlu diselami dan dipahami untuk dapat lebih jauh memahami carok secara keseluruhan. agama.Sunday. pembunuhan. kecuali melakukan carok yang dianggap lebih memenuhi rasa . Touwen-Bowsma berasumsi erat dengan dua peristiwa. kondisi sosial ekonomi. celurit. kekerasan. kapan orang Madura mengambil keputusan melakukan ini. apa akibatnya bagi pelaku. yaitu pemilihan kepala desa dan remo (suatu perkumpulan semacam arisan yang anggota-anggotanya terdiri dari kaum blater dan orang-orang jago). Carok lebih merupakan sebuah situasi yang tercipta dari proses perjalanan waktu yang sangat panjang. De Jonge antara lain mengemukakan bahwa tindakan carok di Madura tidak dapat dilepaskan dari sejarah politik pulau Madura ketika pemerintahan kolonial berkuasa sekitar abad ke-19.

lancor. Yang menarik adalah bahwa celurit yang digunakan sebagai alat atau senjata untuk carok ternyata terdiri dari berbagai jenis. ada pula yang disebut dang-osok. Jenis lainnya seperti tekos buambu.keadilan mereka. kembang turi. Predikat sebagai jago merupakan kebanggaan tersendiri bagi para pemenang carok. dalam arti antara pendukung kebudayaan saling mempertukarkan simbol-simbol budaya yang bermuatan makna. Celurit ini agak melelngkung. Oleh karenanya. carok juga merupakan kekurang mampuan sebagian masyarakat Madura dalam mengekspresikan budi bahasa. carok selain dibenarkan secara kultural juga mendapat legitimasi sosial. Panjangnya mulai dari 35-40 cm dengan pegangan yang dicat hitam atau coklat panjangnya sekitar 7. Oleh sebagian pelakunya carok dipandang sebagai alat untuk meraih posisi atau status sosial yang lebih tinggi sebagai orang jago dalam lingkungan komunitas mereka atau dalam lingkungan dunia blater yaitu seseorang yang prilakunya selalu cenderung mengarah ke tindakan kriminalitas. dan tombak. Senjata ini tidak dibawa berpergian melainkan di simpan di dalam rumah yang sewaktuwaktu dapat diambil dengan cepat jika diperlukan. Celurit inilah yang selalu di bawa pergi untuk tujuan segala kemungkinan jika sewaktu-waktu terjadi carok. Selain itu. Salah satu simbol dalam kebudayaan Madura (carok) yaitu celurit. Takabuwan diambil dari nama desa tempat dibuatnya. larkang. panjangnya sekitar 60 cm dengan panjang pegangan sekitar 40cm. . (lebih baik mati – putih tulang. Dalam kebudayaan Madura carok cenderung dikaitkan dengan ungkapan “ango’an poteya tolang etembang poteya mata”. mate (obatnya malu adalah mati). sekken. Celurit yang banyak diminati orang Madura. Dengan kata lain. calobirang atau biris. Karena konsep kebudayaan antara lain mencakup pula sistem komunikasi. bulu ajam. yaitu desa Takabu. Badannya berbentuk melengkung mulai dari batas pegangan hingga ujung.5-10 cm. lading peangabisan. Ketika harga diri dilecehkan mereka akan merasa malu jika tidak membalasnya atau mengobatinya. Jenis celurit ynag paling populer adalah are’ takabuwan. khusunya di kawasan Madura Barat. daripada menanggung perasaan malu – putih mata). Sepertinya harga diri menjadi barang berharga dari apapun bagi orang Madura. Bahkan ungkapan lebih tegas tambana todus. Celurit ini merupakan campuran dari baja dan besi berkualitas baik. koner. monteng. Fungsi dari celurit ini hampir menyerupai are’ takabuwan yaitu untuk pertahanan diri.

saya ajak Anda untuk melihat lebih jauh mengenai Kebuadayaan Madura. Pakaian yang saya sebutkan diatas. Latief Wiyata Tahun terbit : Cetakan II: Januari 2006 Penerbit : LKiS. Selain itu citra negatif yang tergeneralisir tanpa sengaja. Latief ini adalah memahami secara mendalam arti dan makna peristiwa carok dalam suatu lingkungan sosial budaya. Secara cermat A. Melalui gaya busana tradisionalnya. Latief memperhatikan perspektif emik (deskripsi dari sudut pandang orang yang diteliti) dan perspektif etik (mendeskripsikan kebudayaab berdasarkan konsep-konsep antropologis) sehingga dapat menghindari bias etnosentrisme dan dapat melukiskan suatu kebudayaan dalam bentuk thick description. Madura memiliki kebudayaan yang unik.blogspot.com/ Busana Tradisional Madura Wednesday. Latief merupakan sebuah studi antropoligis-etnografis pertama dan sangat rinci yang melukiskan secara jelas baik aspek instrumental maupun aspek ekspresif tentang tindakan kekerasan.Menurut Hubb De Jonge pakar Antropoligis asal Negeri Kincir Angin menyatakan bahwa buku ini yang merupakan hasil suntingan dari disertasi A. January 19. jika kita melihat lebih jauh. Lebh jauh lagi esensi dari karya A. A. Yogyakarta Jumlah hlm : xx + 288 hlm http://kancil-city. Sumber : Judul : Carok: Konflik Kekerasan dan Harga Diri Orang Madura Penulis : Dr. 2011 1:14 PM Madura yang kita kenal selama ini mungkin hanya sebatas sate madura dan penjualnya yang memakai baju kaos garis merah putih dan celana longgar bewarna hitam. biasa disebut baju pesa’an. tutup . Sebenarnya baju pesa’an ini baru dapat dikatakan lengkap bila si pemakai juga menggunakan. Namun.

Perbedaannya adalah pada odheng. jika diperhatikan tidak jauh berbeda dengan sebagaimana busana Solo dan Yogya. motif maupun cara pemakaian. dulcendul. . termasuk kelengkapan pakaian yang membedakan penampilan dan kewibawaan seorang bangsawan dengan rakyat biasa. Ukuran odheng tongkosan yang lebih kecil dari kepala. Kesederhanaan bentuk baju ini pun menunjukkan kesederhanaan masyarakatnya. Bentuk dan cara memakai odheng juga menunjukkan derajat kebangsawanan seseorang. garik atau jingga. tutup kepala yang dikenakan. Odheng pada masyarakat Madura memiliki arti simbolis yang cukup kompleks. Konon pakaian (kaos bergaris) yang diperuntukan bagi lakilaki kebanyakan (rakyat biasa) ini terpengaruh oleh cara berpakaian pelaut dari Eropa Bentuk baju yang serba longgar dan pemakaiannya yang terbuka melambangkan sifat kebebasan dan keterbukaan orang Madura. Sarung palekat kotak-kotak dengan warna menyolok dan sabuk katemang. semakin tinggi dewajat kebangsawananan. ikat pinggang kulit lebar dengan kantong penghimpun uang di depannya adalah perlengkapan lainnya. Sedangkan untuk kaum bangsawan Madura. rasughan totop umumnya berwarna hitam digunakan lengkap dengan odheng tongkosan kota. baik dari ukuran. Pada saat menghadiri acara resmi.kepala dan kain sarung. busana yang digunakan adalah Rasughan totop atau jas tutup polos dengan samper kembeng (kain panjang) di bagian bawah. sehingga membuat si pemakai harus sedikit mendongak ke atas agar odheng tetap dapat bertengger di atas kepalanya. Arloji rantai acap digunakan. mengandung makna “betapapun beratnya beban tugas yang harus dipikul hendaknya diterima dengan lapangan dada”. Terompah atau tropa merupakan alas kaki yang umumnya dipakai. Sebum dhungket atau tongkat. maka derajat kebangsawanan semakin rendah. bermotif modang. teguh dan keras. Semakin miring kelopaknya. Semakin tegak kelopak odheng tongkosan.

tak kukira kota kecilku yang panas dan tandus memiliki pesona alam yang tak kalah menariknya dengan kota . Kutang ini ukurannya ketat pas badan. hijau atau biru terang yang kontras dengan warna dan bahan kebaya yang tipis tembus pandang atau menerawang. . Oleh karena itu mereka tidak mengenal warnawarna lembut.Bapak ojek siap mengantarkan ke tempat tujuan dan jangan lupa siapkan perbekalan anda untuk satu hari yang menyenangkan.kera liar yang bergelantungan di pepohonan. pemberani. serta pemakaian penggel. Kebaya tanpa kutu baru atau kebaya rancongan digunakan oleh masyarakat kebanyakan. suasana alamnya yang masih natural dan ramai suara kera . Panjang kutang dengan bukaan depan ini ada yang pendek dan ada pula yang sampai perut. January 04. Hal tersebut merupakan salah satu perwujudan nilai budaya yang hidup di kalangan wanita Madura. serta bersifat terbuka dan terus terang.Kaum wanita Madura umumnya mengenakan kebaya sebagai pakaian sehari-hari maupun pada acara resmi. yang sangat menghargai keindahan tubuh. 2011 1:44 PM Dahulu pertama kali aku menginjakkan kaki di waduk ini begitu takjub mataku hampir tak lepas memandang bukit dan danaunya. Ciri khas kebaya Madura adalah penggunaan kutang polos dengan warna-warna menyolok seperti merah. Ramuan jamu-jamu Madura diberikan semenjak seorang gadis cilik hendak berangkat remaja. Semuanya dimaksudkan untuk membentuk tubuh yang indah dan padat. Keindahan lekuk tubuh si pemakai akan tampak jelas dengan bentuk kebaya rancongan dengan kutang pas badan ini. Termasuk dalam memilih warna pakaian maupun aksesoris lainnya. Pilihan warna yang kuat dan menyolok pada masyarakat Madura menunjukkan karakter mereka yang tidak pernah ragu-ragu dalam bertindak. Demikian pula berbagai pantangan makanan yang tidak boleh dilanggar.kota lain di Indonesia. Sumber: Semua Tentang Madura WADUK KLAMPIS SAMPANG Tuesday. Satu lagi wisata kota yang kami tawarkan adalah waduk KLAMPIS tempatnya di dusun Kramat Desa Komis Kecamatan Kedungdung tentulah Kabupaten Sampang jika kalian dari arah Surabaya bisa berhenti di pertigaaan SMA 1 Sampang kemudian ikut angkot jurusan ke Desa Komis dan turun di pertigaan dusun Kramat dari situ Bapak .

tak cukup hanya disini saja waduk ini juga di fungsikan sebagai tempat memancing dan berkeliling danau menggunakan sampan atau naik menyusuri bukit melihat pemandangan alamnya dari atas.00 m Tinggi Diatas Galian : 22. sama dengan waduk . yang menambah menarik dari tempat ini adalah posisinya yang berada di antara bukit jadi sepanjang mata memandang anda akan melihat tebing dan pepohonan rimbun di kanan kiri dan jika anda turun langsung ke bawah bisa menikmati aliran airnya yang deras bisa juga sekalian mandi. Sampang-Jawa Timur Sumber Informasi Infrastruktur : PERPUS.00 m Lebar Puncak :1. Waskita Karya Manfaat : Irigasi 2080 ha Lokasi : Klampis/Kedungdung.50 m Volume Tubuh Bendungan : 90900 m Biaya : Konsultan : MacDonald & Partners Kontraktor : PT.waduk pada umumnya yang difungsikan sebagai pengairan lahan serta sebagai tempat untuk mandi dan mencuci bagi sebagian penduduk lokal. KEMENTRIAN PEKERJAAN UMUM .30 m Panjang Puncak : 44.Waduk ini umurnya kurang lebih setengah abad. bagi sebagian pengunjung tempat ini sangat cocok sekali untuk tempat berlibur bersama keluarga atau sekedar melepaskan lelah di kepala karena tempatnya yang jauh dari kota dan beragam suguhan .suguhan alam yang tenang memukau Informasi Infrastruktur Propinsi :Jawa Timur Sektor :Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Tahun Mulai :1974 Tahun Selesai :1976 Tipe : Beton Gravity Tinggi Diatas Dasar Sungai : 20.

. 2011 8:30 AM Kamituwo di Madegan ..Sumber : Kenapajuga SILSILAH PEMERINTAHAN SAMPANG SEJAK 1478 M Sunday. . menjadi Raja Madura bagian barat berkeraton di Tonjung Kabupaten Bangkalan Pasca Kerajaan Madura (Penguasa Sampang) : Raden Ario Purbonegoro ( 1680 ) Raden Ario Purwonegoro Ganta' Raden Ario Purbonegoro ( Raden Demang Panjang Suro ) Raden Tumenggung Purbonegoro / Minggu ( Gung Purbo ) Raden Ario Mloyo Kusumo ( Penguasa terakhir.1623 Adipati Merto Sari 1623 . Adipati Bonorogo ....1592 Adipati Pamedakan 1592 ..1530 Pangeran Sidhing Gili 1531 ..Sampang : Raden Ario Lembu Petteng (1478) Raden Ario Menger Raden Ario Pratikel Raden Ario Pojok Penguasa Sampang (status sama dengan kerajaan kecil) : Adipati Pramono .. ... January 02..1624 Kerajaan Madura : Pangeran Cakraningrat I ( Raden Praseno..... berdiri sendiri) .. 1624 ..1648) Pangeran Cakraningrat II ( Raden Undakan 1648 ..1680).

1952) Bupati Kedua ( R.I 17 Agustus 1945 : Sampang berstatus kawedanan Wedana Raden Abdul Gafur Negara Madura (20 Februari 1948 ... ) Bupati Kedua ( Tumenggung Ario Condrokusumo ..1913 ) Bupati Keempat ( Tumenggung Ario Suryowinoto 1913 .4 Maret 1950) Sampang berstatus Kabupaten Bupati Raden Panji Muhammad Saleh Kusumowinoto (1948 .I Madura bergabung dengan Negara Kesatuan R.... .. . Moh..1950) Kembali ke Pemerintahan R. ) Bupati Ketiga ( Adipati Secoadiningrat .Zaman Penjajahan Belanda ( terhitung sejak 1 November 1885 ) : Bupati Pertama ( Tumenggung Ario Kusumoadiningrat 1884 ..1931 ) Sampang berstatus kawedanan (1931 ..H..1956) Bupati Ketiga ( K.... Achmad Zaini 1957 .1918 ) Bupati Kelima ( Tumenggung Ario Kertoamiprojo 1918 ..1959) .. Suharjo 1953 . Iksan 1950 ..1945) Wedana Raden Abdul Gafur Masa Kemerdekaan R.I tanggal 9 Maret 1950 Sampang Berstatus Kabupaten : Bupati Pertama (RT..1923 ) Bupati Keenam ( Tumenggung Ario Sosrowinoto 1923 ...1942) Zaman Pendudukan Militer Jepang : Sampang dalam pendudukan jepang berstatus kawedanan (1942 .....

Bupati Keempat (M. Ada sekitar 50 PKL yang menawarkan berbagai jenis menu makanan dan jangan khawatir masalah harganya terjangku.1995) Bupati Kesepuluh (Fadhilah Budiono. Walihadi 1960 . December 31. percaya atau tidak ni orang ga pernah susah brader ketawa mulu biar jualannya rame atau sepi ga peduli pokoknya .1990) Bupati Kesembilan(R.tempat rekreasi di dalam kota. periode pertama 1995 .. Tak hanya ayam goreng disitu juga tersedia berbagai macam minuman dingin plus bisa liatin cewe . Sampang memang kota kecil dan kota yang masih dalam tahap pengembangan tapi pemerintah kota sekarang sudah memanjakan masyarakatnya dengan menambah tempat .1971) Bupati Keenam (Jusuf Oenik 1971 . B. Tempat yang wajib kalian kunjungi kali ini adalah Ayam Goreng Bang Madon tempatnya gak jauh koq pas di sebelah timur monumen kota Sampang... salah satunya seperti yang aku tulis diatas. 2010 7:31 AM huufft.sekarang) Sumber : Disbudparpora Kab.cewe asli kota Sampang sambil nongkrong bareng temen .1985) Bupati Kedelapan (Makbul 1985 . sebenarnya ni tempat adalah tempat ngumpulnya para PKL khusus mamin yang mulai buka dari jam 5 sore sampe jam 1 malam. Bagus Hinayana 1990 .. Hohoho jadi lupa sama Bang Madonnya.. Sampang AYAM GORENG BANG MADON Friday.temen gimana keren kan ? lanjut brader .1965) Bupati Kelima ( Faudzan Hafidz Suroso.1978) Bupati Ketujuh (Mursim 1978 ..2006) Bupati Kesebelas (Noer Tjahja 2008 . Nah untuk yang satu ini saya memilih ayam goreng Bang Madon sebagai salah satu tempat nongkrong karena letaknya bersebelahan dengan pintu sebelah timur monumen kota jadi aksesnya lebih mudah kalo kalian bosen disitu bisa langsung masuk dan menikmati suasana malam di tengah kota.2000) (periode kedua 2001 .. nulis postingan lagi !! tapi tak apalah ini demi kota kecilku tercinta dan sekalian promosi gitu.A 1966 .

. di Sampang banyak tempat makan yang dapat menggugah selera dan sekali lagi dengan harga yang terjangkau. nur cahya. Bosen sama ayam goreng ? tenang ja .. 2010 7:17 PM Sampang-Tradisi adat istiadat pulau garam madura terus dijaga kelestariannya. December 21. berkumpul untuk menyeragamkan dan memantenkan tradisi budaya nenek moyang warisan leluhur suku madura. kedua mempelai tersebut mengenakan adat tradisi budaya madura. Salah satu diantaranya. Untuk melestarikan kebudayaan tersebut agar tidak punah. Pengukuhan komantanan nikah suku adat madura di lakukan bupati sampang.. Untuk itu warga sampang. kelurahan rongtengah sampang. budaya.. pembacaan salawat nabi.dilarang susah kalo pas lagi nongkrong bareng ni orang. Seiring dengan perkembangan jaman modernisasi. Seperti pernikahan yang dilakukan suhartono dengan taubatul wariq. Para tokoh adat. . terhadap kedua mempelai untuk dikukuhkan sebagai anak warga madura. di setiap acara pernikahan di suguhkan adat prosesi mantenan budaya tempo dulu. budaya komantatan adat maduta hampir punah. Terima kasih dan silahkan berkunjung jika kebetulan anda berada di kota Sampang Sumbernya Disini Tradisi Komantanan/Manten Sampang Madura Tuesday.banyolan segar ala Bang Madon. terus membiasakan untuk menggelar kegiatan seni dan budaya yang melekat turun-temurun bagi warga. dan kesenian sampang madura. serta acara sungkeman manten pria maupun wanita.. seserahan mahar dari manten pria. budaya komantanan atau mantenan pernikahan warga madura tempo dulu. warga sampang. Diantaranya proesi pembacaan pantun atau macopat. iring-iringan musik hadrah jidor. Supaya tidak ada klaim dari pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap seni dan budaya di madura. masakannya ga kalah sama resto cuma beda tempat doang tapi buat kalian yang hobi "jajan" di tempat rame coba mampir klo pas lagi ke Sampang di jamin disuguhi makanan yang mantaaf dan banyolan .

Selain itu. yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Praseno. Sumber : http://www.madurachannel.” cerita muhammad mahdi. Kini. sepanjang aktivitasnya Praseno slalu ikut melibatkan diri dalam even-even pertemuan antar komunitas. Hal ini karena sampai sekarang praseno merupakan satu-satunya komunitas resmi yang mendapat . untuk mempererat jalinan komunikasi antar-anggota. Praseno rutin mengadakan pertemuan mingguan di tugu Monumen Trunojoyo. baik lokal maupun luar daerah.com Judul Asli : Tradisi Manten Adat Madura KOMUNITAS SEPEDA KUNO SAMPANG "PRASENO" Tuesday.Sebelum dikukuhkan bupati. Biasanya. Terutama tentang manfaat dan kegunaan sepeda kuno itu sendiri. seiring maraknya aksi global warning. menjunjung nilai-nilai artistik keaslian dari intervensi negara lain. Tak hanya itu. Mulai dari birokrat. dengan adanya pelestarian ini diharap juga turut menjaga aset budaya dan aset pariwisata untuk Sampang. tokoh adat budaya dan kesenian madura. Praseno ikut menyemarakkan wisata juang Sepeda Tempo Dulu yang diadakan di surabaya pada akhir november tahun lalu. December 14. PNS. sepeda kuno merupakan ikon kendaraan alternatif yang ramah lingkungan. Komunitas yabg berdiri pada tanggal 22 Mei 2007 itu. menyetujui untuk tetap melestarikan budaya madura. Mereka terdiri dari berbagai kalangan dan golongan. Praseno berharap ada perhatian dari warga yang lain. “ Kita biasanya aksi putar kota dengan mengayuh sepeda kuno masingmasing. rombongan manten pria di iringi musik hadrah jidor dan tarian serta membawa seperangkat mahar berupa bantal guling dan tikar. saat ini memiliki jumlah anggota definitif sebanyak 40 orang. mahasiswa hingga pensiunan. Dijelaskan oleh Mahdi. Bupati sampang. Seperti yang terjadi baru-baru ini. 2010 4:11 PM Persatuan sepeda kuno atau yang biasa disebut Praseno merupakan suatu komunitas yang sengaja di bentuk sebagai wadah aspirasi bagi para penggemar sepeda kuno di Kabupaten Sampang. wiraswasta.

Ada kalanya untuk mencari onderdil sepeda yang dibutuhkan. salah satunya grup Dug-dug Permata Baru pimpinan H. Disinilah tantangannya. Ini karena onderdil (Suku Cadang) sepeda sudah amat jarang di temukan ditoko sepeda umum. mempunyai sepeda kuno itu banyak manfaatnya. . “Harganya sekitar Rp 4-5 jutaan.” terang mahdi. (Silvia ratna dewi dwi putri/ed RS Minggu. Nurhasan Kegiatan tersebut di mulai pukul 19. “Merawat sepeda kuno gampang-gampang susah. Gerebek Muharram berupa Pawai Obor ini adalah salah satu acara yang di gelar untuk memeriahkan Malam Tahun Baru Islam 1432 Hijriah.” ucap Mahdi. Kegiatan tersebut diisi Parade Seribu Obor.” aku mahdi. Selain bisa difungsikan sebagai alat transportasi. menghobi biasanya blusukan ke pasar loak ataupun toko barang bekas lainnya. Tak jarang bagi penghobi berat. ada pula sepeda kuno yang bermerk Simplex. December 08.Seratus becak berobor. “Meskipun itu ditawar dengan harga setinggi apapun. utamanya yang bermerk Gasele seri 11 harganya bisa mencapai Rp 5-7 juta. tak ayal di kiri kanan jalan sepanjang rute pawai di padati warga yang penasaran melihat Pawai Obor . Praseno diminta menjadi koordinator bagi seluruh komunitas sepeda kuno yang ada di Madura. Dengan mandat tersebut.11 Mei 2008) Pawai 1 Muharam Meriah Wednesday. juga memiliki nilai investasi yang cukup tinggi. Dibawah itu. Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan masyarakat Sampang . Hal ini terlihat dari tawaran harga yang disampaikan oleh penggemar sepeda kuno.00 yang bertolak dari lapangan Wijaya Kusuma sampai finis di Pelabuhan Tanglok . 2010 4:36 PM SAMPANG-Dalam rangka menyambut tahun Baru Islam 1432 Hijriah Selasa kemaren tanggal 7 bulan desember 2010 Takmir masjid al-Jihad Banyuanyar Sampang bekerja sama dengan Disbudparpora Kabupaten Sampang mengadakan kegiatan Grebek Muharram.mandat langsung dari komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI). Untuk satu unit sepeda kuno. 125 sepeda berobor dan kesenian tradisional Dug-dug yang merupakan Kesenian kebanggaan masyarakat Sampang. Namun begitu. mereka tidak akan mudah lepas koleksi miliknya.

Dan jika anda pernah mendengar nama : Mahfud MD ya. dicuci pula " amben " yaitu pakaian dalam sejenis pembalut. Dan dia di lahirkan di kecamatan Omben Kabupaten Sampang. 2010 12:07 AM Salah satu daerah yang patut di ketahui bagi masyarakat luar kota Sampang adalah Kecamatan Omben. Omben di ambil dari bahasa Jawa yang berarti minum / tempat minum dan dari situlah nama Omben diperoleh. Maka dengan kehendak yang Maha Kuasa aliran sumber itu tidak mengalir keluar desa seakan . Beberapa hari kemudian berbelok ke arah selatan. Mahfud MD di lahir dari rahim Seorang guru asal kabupaten Pamekasan yang di yg di tugaskan mengajar di Kecamatan Omben. Bahkan bukan hanya mangga. juga mengandung sebuah pengertian yang. Karena merasa jengkel Jokotole bersumpah serapah atau "abasto" (dalam bahasa Madura) sumber itu katanya tidak akan mengalir ke luar desa. dia adalah seorang hakim Mahkamah Konstitusi Negara kita Indonesia. sumber lain mengatakan bahwa dahulu kala desa itu adalah tempat berstirahat Jokotole dan kudanya minum setelah melakukan perjalanan jauh untuk pulang ke keraton sumenep. Dengan susah payah dicari kesana kemari mengikuti aliran air. Legenda di tetapkannya nama Omben berasal dari cerita tentang Jokotole yang bersama istrinya pada suatu ketika pulang dari Majapahit ke Sumenep berjalan kaki menelusuri pantai utara madura melewati Socah. Di daerah tersebut buah mangga adalah salah satu komoditas unggulan yang mudah di dapat. Tak disangka amben itu terlepas dari tangannya dan hanyut dibawah arus air. menurut penulis. Konon menurut cerita salah satu tokoh setempat (dalam hal ini Beliau seorang pimpinan Pondok Pesantren ternama di daerah tersebut). Air Mata (keduanya Daerah di Kabupaten Bangkalan) dan seterusnya. Kecamatan Omben adalah salah satu sentra pertanian di Kabupaten sampang.akan berputar kembali ke muaranya. Sejak peristiwa hanyutnya amben milik Dewi Ratnadi itulah maka desa itu disebut Omben. December 08. . akan tetapi sia . Nama Omben.sia belaka amben itu tak ditemukan. disitu mereka menemukan sumber mata air yang cukup besar. Daerah yang terletak di utara Kecamatan Kota Sampang tersebut berjarak kurang lebih 13kilometer dan jika di tempuh dengan kendaraan bermotor membutuhkan waktu sekitar 20 menit. memiliki arti yang berasal dari sebuah legenda masyarakat setempat. Pada kesempatan itu Dewi Ratnadi istri Jokotole mandi dan mencuci pakaian. karena kebetulan sedang datang bulan.Sumber : Radar Madura Judul Asli : Seribu Obor di Gerebek Muharam ASAL MULA NAMA OMBEN Wednesday. padi juga merupakan salah satu komoditi yang di hasilkan oleh kecamatan tersebut.

membuatnya dalam wujud elements dress. bordir dan batik. Hal ini dikaitkan ketika Jokotole masih bayi konon katanya menyusu pada lembu betina milik Empu Pekadangan pada saat dihutan। Alhasil do'a masyarakat setempat dikabulkan.blogspot. December 04. sudah 34 tahun Ramli menekuni karir sebagai desainer. 2010 8:53 PM Tak terasa.com Pesona Batik Sampang Saturday. air yang semula hanya dapat dimanfaatkan oleh penduduk sekitar Omben akhirnya dapat dialirkan ke kota Sampang dan sekitarnya sampai saat ini menjadi penyuplai kebutuhan air untuk seluruh warga kota Sampang. Untuk percobaan yang ke 13 kalinya Camat Omben beserta masyarakat setempat mengadakan ritual yaitu do'a bersama dengan disertai penyembelihan lembu betina berbulu putih. memberinya inspirasi untuk mengelola bordir yang bekerjasama dengan pengrajin di sana. merupakan buah hasil perjalanannya ke Kudus sebelum ia jatuh sakit beberapa waktu lalu. dipadu dengan bordir. Menurut keyakinan masyarakat setempat disebabkan oleh sumpah dari Jokotole. kata Ramli. tak jauh dari bahan dasar berupa bordir dan batik. Untuk itulah. . Perjalanan panjangnya itu.” ungkap Ramli. “Event ini sebagai bentuk tanggung jawab saya sebagai perancang. Batik-batik pulau Madura seperti Sampang dieksplorasi dengan apik. yaitu sebuah karya bordir dan batik-batik dari Sampang. Dalam siluet klasik. dengan tema ‘Evolusi Bordir dan Batik Indonesia’ Pagelaran ini. Saya punya misi mengangkat mode Indonesia sekaligus untuk membuktikan keeksisan saya. Ramli menampilkan 68 busana konsep padu padan. Perjalanannya itu. Ia. saya mengangkat kekayaan di negeri ini. Ramli mengaku terinspirasi oleh semangat dan style Michael Jackson yang selalu berhasil jadi tren setter para penggemarnya di seluruh dunia. dan jackets yang menyerupai pakaian penyanyi The King of Pop Michael Jackson. KenapaJuga. Rancangannya itu dibawakan sangat indah oleh 34 model. Karya yang ia gelar di Hotel Sahid Jakarta belum lama ini. pants. membuatnya menjadi salah seorang desainer ternama dan memiliki ciri khas Indonesia yakni. Ramli menggelar fashion show dari karya terbarunya di akhir tahun 2009 ini.Sebelum tahun 1920 pemerintah kota Sampang telah 12 kali mengadakan percobaan untuk mengalirkan sumber itu keluar dari daerah Omben namun sia sia belaka. Ramli juga membuat karya dalam balutan gaun dan blouse ready to wear sampai baju malam yang dipersembahkan bagi pria dan wanita. shirt. Untuk memeringati apa yang sudah diraihnya selama berkarir di dunia fashion itulah.

“Dalam 34 tahun berkarya ini. Minggu malam.com AJANG KACONG CEBBING SAMPANG 2010 Thursday. ia bernostalgia bersama para desainer ternama lainnya seperti Enny Soekamto.Berkat kerjasama dengan banyak pihak.26 September 2010 merupakan hari penting bagi finalis Duta wisata Kacong Cebing Sampang 2010. saya sengaja mengangkat kain-kain dari daerah lain. Menurutnya batik Sampang memiliki warna-warna berani yang memikat hati. Karena bernostalgia.” ucap Ramli. December 02. Dan. dia juga mengandeng beberapa desainer yang dekat dengannya.” ujarnya. telah mengembangkan batik daerah. dengan motif yang beragam. Thomas Siregar. saya ingin berevolusi dengan batik bordir. Ramli pun membuat acaranya itu dalam beberapa hari. terpenting membuat sesuatu yang bisa cepat laku. seperti Itang Yunaz. Sabrina. Ia. . “Setiap tahun. yaitu mulai 28 November 2009 hingga 2 Desember 2009. dan Burhan. Sejak malam itu mereka menyandang gelar Kacong Cebing Sampang 2010.Madura. Maka. Di usia karirnya yang ke-34 tahun ini pula. Salah satu yang terbilang sukses di gelar yaitu ajang pemilihan Kacong Cebing dan Duta Pariwisata 2010. Kali ini. Dandy. karena kebetulan pengelolanya ibu-ibu PKK mau bekerjasama dengannya. Pemilihan batik Sampang sebagai daya pikat Ramli untuk pagelaran tunggalnya kali ini bukan tak beralasan. Saya juga. Ramli bekerjasama dengan ibu-ibu PKK dari Sampang . Ghea. Ada putih hijau. berkenan mengenalkan batik-batik Sampang. Rossi windy Cebing 2009 menyerahkan selempang duta wisatanya kepada Lukluah yang berhasil menyandang Cebing 2010 dilanjutkan Yusuf Pambudi menyerahkan selempang duta wisatanya kepada Hendra Rukmana Devis sebagai Kacong Sampang 2010. Lihat Foto Batik Sampang Lainnya : Sumber: Surabaya Post Foto by : Kapanlagi. perancang yang tengah berjuang melawan penyakit kanker usus ini pun berhasil menggelar pagelaran tunggalnya itu. 2010 12:26 PM Siap Promosikan Pariwisata Sampang Gebrakan mempromosikan kota Sampang sebagai tujuan wisata budaya dan seni terus dikibarkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sampang.

Jelajah. Kabupaten Pamekasan di timur. Drs aji Waluyo. selama mengikuti 4 hari masa karantina.Tampak di wajah mereka perasaan haru dan lega sanggup bersaing dengan 20 finalis lainnya.070 13’ Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara. Sedangkan 2 pasang finalis lainnya Muhammad Faisal dan Lastri Wahyuni sebagai wakil 1 mendapat ucapan selamat dan menyerahkan hadiah dari Kepala Disbudparpora Kabupaten Sampang. 2010 2:59 PM Logo Kabupaten Sampang Logo Kabupaten Sampang Letak Geografis Letak Daerah . Hal senada di sampaikan Ketua Pembina PKK Sampang. Bupati juga menegaskan ajang Kacong Cebing dapat meningkatkan wawasan peserta seputar Budaya Kabupaten Sampang. win Noer Tjahja seraya perpesan agar pemenang Kacong Cebing dapat menjadi duta pariwisata mempromosikan Sampang di kancah persaingan detinasi wisata Nasional dan Internasional Insyaallah event ini akan menjadi agenda tahunan Sampang dalam mendukung program pengembangan Pariwisata. di ikuti Mohammad Sodiq Haqiqi dan Maria Istiana sebagai wakil 2 yang di serahkan Kepala Bidang Pariwisata. . Selat Madura di selatan. Ach Fudhoili Hafid. November 30.30 km2. Rasa banggapun tampak di wajah mereka tatkala Bupati sampang Noer Tjahja beserta Ibu Win Noer Tjahja secara khusus hadir memberi ucapan selamat dan menyerahkan hadiah secara simbolik beserta uang pembinaan.MS.Bujur Timur 1130 08’ .1130 39’ Lintang Selatan 060 05’ . Ditegaskan Bupati Sampang Noer Tjahja mengingatkan lewat pemilihan Kacong Cebing dapat lebih mengenal potensi Kabupaten Sampang sebagai tujuan wisata menarik. Kabupaten Sampang terdiri dari 14 kecamatan (DDA 2005 menggunakan 12 Kecamatan) dimana terdapat 180 Desa dan 6 Kelurahan yang luas wilayahnya mencapai 1233. serta Kabupaten Bangkalan di barat. Sumber . SAMPANG MADURA Tuesday.i. mereka mapu memikat hati dewan juri.

Wilayahnya juga mencakup juga Pulau Kambing. Kec.914 jiwa Terdiri dari 12 Kecamatan : Banyuates • Camplong • Jrengik • Kedungdung • Ketapang • Omben • Robatal • Sampang • Sokobanah • Sreseh • Tambelangan • Torjun Rato Ebuh Sampang Monday. November 29. Selain itu makanan khasnya adalah nasi jagung Jumlah Penduduk : Jumlah penduduk berdasarkan BPS Kabupaten Sampang pada tahun 2005 sejumlah 794. siapa pun pasti tidak akan pernah menyangka bahwa tempat itu merupakan cikal bakal berdirinya kerajaan Sampang. 2010 9:21 AM Memasuki areal situs komplek pemakamam Ratu Ibu yang terletak di Kampung Madegan. serta makam Ratu Ibu yang sangat dikeramatkan oleh warga setempat. sebagai pintu masuk kompleks pemakaman para raja. Sampang Kota. Masakan khas kota ini adalah kaldu. Untuk menuju komplek makam terdapat sebuah bangunan gapura. kondisi situs itu sangat memprihatinkan. Sejumlah benda peninggalan sejarah sudah banyak yang tidak utuh lagi. yang berada di selatan Pulau Madura. Pasalnya. . dinding gapura yang terbuat dari batu itu warnanya terlihat suram dan hampir roboh tergerus zaman. Ironisnya. Kelurahan Polagan.

Namun. satu-satunya bangunan di situs tersebut yang sampai saat ini masih terawat dengan baik. seorang raja yang berjasa meletakkan dasar-dasar kepemimpinan Islam di Madura. serta makam yang lain. tampak sekali tidak mendapat perawatan. selama ini tidak ada upaya dari Pemkab Sampang untuk melestarikan cagar budaya yang masih tersisa itu. Itu berarti tahun 1546 caka (1624 masehi). pada daun pintu gapura paduraksa yang berada di komplek makam Ratu Ibu itu terdapat relief berupa seekor naga yang terpanah tembus sampai ekornya. Relief tersebut dinyatakan sebagai sangkala memet yang berbunyi naga kapanah titis ing midi. 1624 masehi merupakan peristiwa pengangkatan Raden Praseno sebagai raja Madura dengan gelar pangeran Cakraningrat I yang berkedudukan di kampung Madegan tersebut. yaitu 4 tiang penyangga bangunan semuanya miring ke kiri. Meski warga setempat sudah bebebapa kali memperbaiki letak pilar penyangga yang terbuat dari kayu jati tersebut. Masjid yang kabarnya tertua di Sampang itu memiliki keunikan.Demikian pula nasib cungkup makam Ratu Ibu. menurut data arkeologi dan pakar sejarah. khususnya di Kabupaten Sampang. tetapi tetap saja kembali dalam posisi semula. bahkan sebagian telah hilang. Itu sangat menyulitkan bagi siapa pun untuk mengetahui nama-nama jazad yang terdapat dalam batu nisan tersebut. Berdasarkan catatan sejarah. sayangnya. . Dialah pendiri Masjid Madegan. Padahal. Pangeran Tengah adalah anak dari Panembahan Lemah Duwur. Raden Praseno adalah anak dari Ratu Ibu dengan Pangeran Tengah yang gugur dalam peperangan ketika Praseno masih kecil. Batu nisannya sudah tidak berbentuk lagi.

akan dipugar dan diperbaiki. 2010 9:14 AM . 2010 1:06 PM Terletak di Kelurahan Rongtengah Kecamatan Sampang berjarak kurang lebih 200 meter dari pusat Kota Sampang. sehingga tempat tersebut sering dijadikan sebagai ritual sumpah pocong. tapi dari luar Sampang bahkan luar Madura sering melakukan sumpah. di era kepemimpinan Bupati Noer Tjahja. (Achmad Hairuddin) Sumber: Surabaya Post SITUS PABABARAN PANGERAN TRUNOJOYO Friday.” tutur Muhni. warga setempat. Namun. JALAN-JALAN KE GOA LEBAR Thursday. Kini. Merupakan salah satu kawasan lindung cagar budaya dari pemerintah Propinsi Jawa Timur. Jika salah satu pihak yang bersengketa ternyata bersalah. rencana tersebut tidak bisa terealisasi karena tim panggar legislatif tidak setuju dengan pemugaran situs itu. November 26. bangunan yang mempunyai nilai sejarah itu. Rencananya. Pengunjung yang datang tidak hanya warga setempat. situ situ akan dikembangkan sebagai salah satu ikon yang akan menarik minat wisatawan untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata.“Karena masyarakat mempercayai akan kekeramatan masjid tua itu. November 25. kalau yakin akan meninggal atau bakal menemui musibah. Merupakan petilasan tempat lahirnya Pahlawan Pangeran Trunojoyo yang di dalamnya terdapat tempat untuk menanamkan Ari-ari Pahlawan Pangeran Trunojoyo.

lenggok genit para penari menggoda siapa saja yang melintas untuk berhenti dan menikmati suguhan menarik ini di tengah kota. 2010 11:22 PM Mencoba sesuatu yang beda. satu lagi ikon musik kebanggan masyarakat Sampang menyuguhkan kebolehannya di depan Monumen Kota Sampang sore tadi sekitar pukul 15. Lihat Foto Lainnya Foto-Foto Kegiatan Samper Batik Kab. 2010 5:49 PM PERMATA BARU.Sampang Monday.hasil bukanlah tujuan utama tapi berproses itulah yang kami lakukan bersama. November 21. Keunikan Goa Lebar terletak pada tata taman dan konsep hutan di atas baru sehingga suasana yang sejuk dan nyaman.kami mencoba berkreasi dengan memasukkan berbagai unsur yaitu:musik. Nikmati keindahan sunset dan view Kota Sampang pada sore hari. Selama kurang lebih setengah jam dengan irama musik khas yang rancak dan menggelegar serta lenggak . November 22.lagu Madura yang merdu di telinga menambah semarak suasana sore di tengah kota .puisi dan tari. Salam hangat dalam karya Lihat Foto Lainnya Samperbatik.Goa Lebar merupakan ikon wisata Kabupaten Sampang Goa dengan kedalaman kurang lebih 100 meter dari permukaan tanah dan panjang kedalaman goa 100 meter dengan karakteristik goa berdiding tebing jenis batu kapur berupa batu bata putih dan merupakan goa bersejarah yang unik karena terdapat petilasan Pangeran Trunojoyo. dan akan tampak semakin hidup dengan keindahan lampu kota pada malam hari.30 WIB. tampak kerumunan masyarakat yang begitu antusias menikmati dan lantunan lagu . Kami belajar bersama.com PENGAMBILAN VIDEO JTV SURABAYA Sunday.tapi kami tidaklah berbeda dengan anda"Sampang Perkusi Bahari Akustik". Ini adalah sesi pengambilan video oleh kru JTV Jatim bekerjasama dengan DISBUDPAR Kabupaten Sampang untuk mengisi salah satu acara TV.

. Otak atik sendiri deh.ripway.ggpht. silahkan copy code di bawah ini : Untuk blogspot.txt" type="text/javascript"> </script> <script language="JavaScript" type="text/javascript"> cot("http://lh5. Untuk wordpress self hosted.php paling bawah.png")</script> <script language="JavaScript" src="http://h1.. tanpa judul.. coba aja paste di sidebar. Atau kalau ternyata tidak bisa juga.php paling bawah.ripway. He3.php bagian paling bawah.com/gunsmayer/widget %20love%20sampang... coba di header.txt" type="text/javascript"> </script> <script language="JavaScript" type="text/javascript"> cot("http://lh6. paste kode di atas dengan cara : Tata letak > tambah gadget > tambahkan HTML/Javascript > Paste kode di atas di konten. <script language="JavaScript" src="http://h1.com/gunsmayer/widget %20love%20sampang.com/_7yqTlsx3_Bo/TN2kBeF68BI/AAAAAAAAAow/9_3SHBDP47A /right_top_blue%20copy4.png")</script> <script language="JavaScript" src="http://h1. 2011 2:28 PM Kalau Teman-teman ingin memasangnya Di Blog. January 03.ripway.ggpht. Atau kalau tidak bisa.Post by : KenapaJuga MEMASANG WIDGET I LOVE SAMPANG Monday. Kalau masih tidak bisa.com/_7yqTlsx3_Bo/TN2kBTqXx8I/AAAAAAAAAos/LXKpkoaRoq8/r ight_top_blue%20copy2.txt" type="text/javascript"> </script> <script language="JavaScript" type="text/javascript"> . paste aja di widgets. coba di footer.com/gunsmayer/widget %20love%20sampang.

com/_7yqTlsx3_Bo/TN2kBdK1fmI/AAAAAAAAAoo/7TR8sK29lOY/r ight_top_blue%20copy1. semua bisa anda nikmati di pulau ini.cot("http://lh4. Mator Sakalangkong PULAU MANDANGIN Thursday.ggpht.com/_7yqTlsx3_Bo/TN2kBEt7OLI/AAAAAAAAAok/aBmzUtCCuCU/ right_top_blue%20copy3. Pulau dengan keindahan pasir putihnya dan terumbu karang yang mengelilingi Pulau serta kehidupan unik masyarakat pulau pengrajin perahu ini . Merupakan suatu keunikan tersendiri.png")</script> Aku dan kamu adalah putra pulau garam.ripway. seluas 1 km2 di kelilingi oleh sungai air tawar yang bermuara langsung ke laut. 2010 3:24 PM Objek wisata Hutan Kera Nepa terletak di Desa Nepa pesisir utara pulau madura dan berjarak ±50 km dari pusat Kota Sampang . Lihat Foto Lainnya WISATA HUTAN KERA NEPA Wednesday. . November 10. merupakan gabungan eksotika pemandangan yang luar biasa.com/gunsmayer/widget %20love%20sampang.nyatoreh ambil source code di atas.png")</script> <script language="JavaScript" src="http://h1. 2010 7:40 PM Berada di antara selat Madura dapat di tempuh dengan menggunakan perahu tradisional melalui pelabuhan Tanglok selama kurang lebih 90 menit .yang tumbuh dan besar di kota Sampang kalau kamu mengaku nak-kanak Sampang. November 11.ggpht.txt" type="text/javascript"> </script> <script language="JavaScript" type="text/javascript"> cot("http://lh5.

November 09. dulu sering dijadikan tempat sumpah pocong." ungkapnya. Tapi berdasar cerita rakyat setempat. Gufron. Setelah direhabilitasi. Saking keramatnya masjid ini. bisa anda buktikan sendiri. mencapai 30 x 25 meter. hingga saat ini perilaku masing masing kera yang saling tidak mau menyebrangi / melewati daerah perbatasan tersebut kecuali ada kera yang sakit atau membutuhkan pertolongan untuk melahirkan. Kecamatan Kota Sampang tersebut sudah 6 abad. Masjid Madeggan itu langsung jadi dan sampai sekarang bentuk bangunannya tidak mengalami perubahan. Dulu. Kepada koran ini." ungkapnya. masyarakat kini sudah tidak bisa lagi menyaksikan prosesi pelaksanaan sumpah pocong. Konon. . "Tapi. "Itu sudah keputusan takmirnya. anda dapat berkeliling menikmati hutan mangroove tepian sungai sebelum menikmati memasuki area hutan. "Kalau ada burung terbang di atas masjid. Lihat Foto Lainnya MASJID JAMIK MADEGGAN SAMPANG Tuesday. Sebab pihak takmir masjid sudah melarang pelaksanaan sumpah untuk mencari siapa yang berkata jujur tersebut. Informasi ini dibenarkan oleh takmir masjid KH Ahamad Nabrawi Baidawi yang kemarin diwakili Ustadz M. ada juga yang dari Surabaya. luas masjid sebelum direnovasi 20 x 24 meter. sampai sekarang pondasi dan bentuk bangunannya masih alami. imbuhnya. lanjut dia." ujarnya. masjid yang lokasinya persis berada di sebelah selatan situs Makam Ratoh Ebuh tersebut juga dikenal angker. Gufron mengaku tidak tahu pasti sejarah berdirinya tempat peribadatan tersebut. Suatu yang unik berkaitan dengan mitos penduduk setempat adalah perilaku kera pemakan jagung tua mentah yang jinak membagi diri mereka menjadi dua kelompok kera yang menempati dua bagian dari kawasan hutan yaitu sebelah utara dan selatan yang di batasi dengan sebuah kayu dan jalan. Selain dari tiga kabupaten di Madura. 2010 9:22 PM MASJID Jamik Madeggan merupakan masjid tertua di Kabupaten Sampang. Menurut dia. usia masjid yang terletak di Kampung Madeggan di Jl Mangkubumi Kelurahan Polagan. Sayangnya.Dengan perahu para nelayan. pasti langsung jatuh dan mati.

kalau peringatan hari besar keagamaan. "Keunikan masjid ini karena memiliki empat tiang penyanggah. Gufron menambahkan. "Jadi dari dulu ceritanya memang seperti itu.500 orang. Sebelum direnovasi dan menggunakan bahan cor dengan rangka baja. Tapi berdasar cerita masyarakat yang diwariskan leluhurnya secara turun-temurun. di sebelah kanan-kiri halaman luar masjid dulu ada pagar kunonya. Artinya. Khusus bulan puasa. tapi keempat pilar tersebut tidak roboh. tidak ada sesepuh yang mengetahui pasti kapan masjid ini didirikan." ungkapnya. Konon." paparnya. pihak takmir masjid kala itu sepakat ingin memperluas bangunan. lima batang pohon sawo." katanya. "Tapi kalau pohon sawonya. (6 Abad. kini masjid bisa menampung sekitar 1.00. Masjid Madeggan pasti selalu ramai. usia masjid sudah sekitar 6 abad. "Tapi. keempat tiang tersebut bentuknya kembali ke asal alias miring kembali. Namun demikian. tanggal 21 sampai 27 Ramadan. Sebab. Kalau berdoa di tiang pertama misalnya. doa yang dipanjatkan jamaah biasanya cepat terkabul. Meskipun konstruksinya miring.Kepada koran ini. maka pagar tersebut terpaksa digusur. Warga Madeggan ini mengungkapkan." terangnya. Bangunan Masjid Masih Alami) Pria bertubuh subur ini menambahkan. Tapi yang ramai. Berkat renovasi. "Itu sudah menjadi agenda rutin yang digelar setiap tahun. sering digelar ceramah keagamaan menjelang buka puasa yang dimulai pukul 16. Salah satunya kala peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Isra Mikraj. ia mengaku tidak tahu pasti siapa sosok yang mendirikan Masjid Madeggan. Termasuk. kini tinggal satu batang. Meskipun sudah diperbaiki. Kalau siang." imbuhnya. Sebab semua bahan-bahannya masih kuat dan tidak ada yang rapuh. banyak jamaah itikaf di masjid. Gufron mengungkapkan bahwa pada tahun 1983 Masjid Madeggan direnovasi. manfaat yang bisa diperoleh kalau berdoa di sekitar tiang-tiang tersebut cukup variatif. Masjid Madeggan juga dikenal sangat keramt. Sebab kala itu sudah tidak bisa lagi menampung jamaah. renovasi tersebut tidak mengubah struktur bangunan yang lama. Tapi karena untuk kepentingan jamaah masjid. .

sudah cukup banyak musafir yang ingin membuktikan kebenaran kabar tersebut. Bahkan. terletak di pusat kota Sampang sebagai titik 0 (nol) Kabupaten Sampang. dan Jakarta pernah ke Masjid Madeggan. disebelah timur bagian utara terdapat Kantor Pos dan Kantor Telkom dan Tempat wisata kuliner namun hanya sore sampai malam . Dia menandaskan. Selanjutnya tiang ketiga. "Kalau berdoa di dekat tiang keempat. Bagi sobat yang kebetulan berwisata ke madura jangan lupa mampir ke Monumen Ke banggaan Masyarakat Sampang ini. "Dulu." pungkasnya tanpa merinci kebenarannya Sumber: Jawa Pos MONUMEN KOTA SAMPANG Wednesday. diyakini bisa membuat seseorang bisa cepat memiliki pangkat dalam karir. Disore hari. Bogor.P. menyapa setiap orang yang lewat berlalu lalang di sekelilingnya.Noer ) . diyakini bisa mengabulkan doa keselamatan. 2010 3:24 PM 3XV4FF5ZCFPMORENG SAMPANG -Monumen Sampang. ada cerita bahwa salah seorang musafir asal Bogor yakni Ainun Najib pernah mengatakan bahwa dalam Masjid Madeggan ada jalan tembus menuju makam Wali Songo.muanthabbbmuanthabbbmuanthabbbmuanthabbb GARAM TRADISIONAL SAMPANG MADURA . bagian selatan terdapat Pegadaian Cabang Sampang dan tempat pemakaman Bapak Kebanggan Masyarakat Sampang ( R." rincinya. Disekitar Monumen Sampang terdapat beberapa lokasi yang perlu diketahui bagi orang yang mengunjungi kota Sampang. Lalu tiang kedua. beberapa warga Jawa Timur.H Moh. Terbuat dari logam berwarna kuning pekat. Merupakan tempat pilihan bersantai bagi orang tua yang membawa anak-anaknya. berdiri megah nan indah. November 10. diyakini bisa memperlancar rezeki.diyakini bisa menambah ilmu. di sisi barat Monumen Sampang ditempati area bermain untuk anakanak dan tempat berjualan makanan kecil. Sebelah utara terdapat Masjid Jamik Kota Sampang yang indah nan megah. Sebelah barat terdapat warung kaldu “Setuju” .

garam dibutuhkan juga oleh industri tertentu. maka rasa asin cukuplah disisinya. tetap saja menjadi komoditas pinggiran yang dipandang sebelah mata. Kalau sudah melibatkan rasa. Jika kita mau jujur. yang pada tahun 2009 kebutuhannya mencapai 1.000 ton. Mungkin karena termasuk “bulk commodity” yang murah harganya sehingga kadang disepelekan leh sebagian kalangan masyarakat. yang terbersit tentu rasa asin karena kita berpikir dengan rasa.000 ton. maka yang paling utama adalah kepekaan lidah. Padahal. Oleh karena itu. sifat garam menjadi sensitif dan layak diposisikan sebagai komoditi strategis. jika harga gula yang manis meroket. November 06. Sebut saja selain untuk keperluan konsumsi rumah tangga. . Bahkan harga garam ditingkat produsen tradisional perkilogramnya masih berkutat pada kisaran Rp. Peran garam dalam sisi ekonomis masih dikesampingkan. Bahkan lidahpun punya spesifikasi khusus dimana hanya bagian sisi pinggir bagian depan saja yang peka terhadap rasa asinnya garam. 350. namun adalah kebetulan jika dihubungkan dengan kepekaan lidah manusia. farmasi dan perkebunan. penyamakan kulit. Ini kenyataan. Tapi kalau garam harganya melonjak bagaimana ? Sepertinya itu masih jadi impian yang harus segera diwujudkan. Bahkan sampai-sampai.560.Total kebutuhan garam diluar garam konsumsi pada tahun 2009 berjumlah sekitar 2.. buru-buru pemerintah melakukan operasi pasar untuk menetralisir harga yang melonjak.jika lagi panen besar. tekstil. garam mandi/spa.000 ton.888. Dengan demikian maka total kebutuhan nasional pada tahun tersebut berjumlah 2. Jika rasa manis berada di ujung depan lidah. Selain industri khlor alkali. Ini sungguh sangat srategis mengingat bahwa luas perairan kita 2/3nya adalah lautan yang notabene merupakan sumberbahan baku pembuatan garam. Meski garam itu sendiri adalah komoditi yang akan selalu dibutuhkan manusia seperti halnya kebutuhan manusia akan makanan. garam juga digunakan untuk pengasinan ikan.Saturday. meski sebenarnya garam adalah komoditas masyarakat dengan potensi yang besar dan terbentang di depan mata. fungsi garam untuk konsumsi itu sendiri tidak dapat digantikan bahkan sekaipun oleh gula. perminyakan. Industri pengguna garam terbesar adalah industri chlor alkali. karena termasuk sebagai komoditas yang murah maka sejulah kebijakan pada akhirnya malah tidak mampu mengangkat harkat dan derajat para petani atau petambak garam. sebenarnya katagori garam sebagai industri yang strategis tidaklah berlebihan. Sayangnya. baik sebagai bahan baku maupun penolong. 2010 11:11 PM Berbicara tentang garam.395. industri-industri makanan.

5 Ha tambak garam. Jadi jangan disamaratakan dengan pola kebutuha petani di sawah yang bercocok tanam di musim penghujan karena petambak garam hanya bisa berproduksi pada musim kemarau. Ironis memang. sebenarnya mereka sudah banyak mengembangkan pola alur proses produksi garam. Pupuslah sudah riwayat cita-cita untuk merubah nasib. dengan lahan 3. Apalagi jka dihubungkan dengan cuaca ekstrim sepanjang tahun 2010 ini. ilmu serta teknologi untuk dapat melakukan optimalisasi produksi. pertahunnya cuma bisa panen rata-rata 70 karung zak pupuk atau setara dengan 7 ton. “Ya begini pak. peran pemerintah jelas sangat dibutuhkan untuk mendorong dan memacunya menjadi pelaku usaha petambak garam yang lebih mampu mengembangkan pola dan perilaku untuk melakukan optimalisasi produksi melalui program pengembangan kawasan Minapolitan garam yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. beban petambak garam semakin berat karena bisa jadi garam yang akan dipanen tak dapat diambil hasilnya karena tiba-tiba turun hujan. Satu hal lagi yang patut kita pikirkan adalah pola pikir mereka para petambak garam yang merasakan bahwa apa yang mereka lakukan sudah maksimal dan tak mungkin menambah produksi lagi di lahan mereka karena keterbatasan ruang dan sifat dari bahan baku garam itu sendiri. Pada akhirnya. 500. Ini adalah ungkapan keterbatasan sosok petani garam di Sampang Madura yang berada dalam keterbatasan dan hanya tergantung pada alam. Meskipun demikian. Hal ini bisa dilihat dengan adanya penggunaan kincir angin untuk memasukkan air laut ke bak penampungan dan mengalirkannya pada petak-petak proses penuaan air laut dengan tingkat salinitas yang semakin tinggi.jika garam sulit didapatkan dari petani/petambak. menunjang dan mendukung seta mendorong mereka para petambak garam tradisional untuk dapat selalau mampu dan mau merubah sikap dan perilaku yang selalu tergantung pada alam dengan sifat keterbatasannya agar lebih berdaya dan justru mampu memanfaatkan alam. Itupun jika cuaca mendukung dengan tingkat panas matahari yang cukup sepanjang musim kemarau.Namun harga tersebut dapat meroket menjadi Rp. Sampai akhirnya mengkristal menjadi butiran garam. jadi tak mungkinlah untuk menaikkan produksi dengan luas lahan yang sama”. Katakanlah kita ingin mereka lebih banyak memanfaatkan sir laut yang dialirkan kebak penampungan pembuatan garam agar lebih banyak air laut yang dapat diproses untuk menjadi garam. Baik melalui pemberdayaan dengan .. maka yang terjadi adalah justru garam akan sulit terbentuk jika mempercepat alur proses produksi secara tradisional ini. Masih banyak cara yang dapat dimanfaatkan dalam mengemban kebijakan strategis ini. saya pikir apa yang telah saya lakukan sudah maksimal.

. mengedapankan kualitas mutu produk dan optimalisasi harga di tingkat petani dengan standar harga terendah yang disesuaikan dengan pola permintaan pasar terbuka. mudah dan tepat guna dengan biaya yang relatif murah.000 ha yang potensial untuk lahan penggaraman. Meski berdasarkan data yang ada dari seluruh pantai di Indonesia hanya 34. khususnya Madura seluas 11. mendorong mereka untuk lebih mandiri dan memupuk keinginan untuk berpikir secara luas adalah tanggungjawab bersama antara pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan. Masalah terakhir setelah produksi meningkat.716 ha (8. Teryata dengan SdM yang ada pada saat ini baru sekitar 19. Tidak hanya pemberian bantuan teknis tetapi yang lebih penting adalah mengubah pola dan perilaku untuk dapat menerima perubahan ilmu dan teknologi yang dapat dimanfaatkan secara bijak. Membawa mereka lebih maju.7%). dan sisanya di NTT dan Sulawesi Tengah. Pemerintah daerah dan pelaku usaha itu sendiri. perlu dipikirkan sistem pemasaran garam yang lebih transparan.867 ha (60. Akankah hal ini dapat tercapai? Tentu saja kita masih memerlukan banyak strategi baru melalui inovasi baik dengan penelitian. Jawa Barat seluas 1. NTB dan Sulawesi Selatan masing-masing sedikit diatas 1. Pengembangan kualitas SDM menjadi pemicu bagi pertumbuhan produksi garam.4%).000 ha (masing-masing 0.000 ha (56%) yang efektif dipakai untuk produksi garam. alih teknologi tepat guna dan bimbingan serta pelatihan yang merupakan struktur inti dalam mengembangkan produktifitas sebagai pokok utama dalam meningkatkan produksi garam. Jawa Tengah seluas 2. Kita tidak hanya bertanggungjawab untuk meningkatkan produksi tetapi juga harus mampu menselaraskan program pengembangan kawasan minapolitan garam yang seiring dengan peningkatan permintaan garam di pasar bebas dengan segala macam peruntukkanya. perekayasaan dan pengkajian yang lebih mendalam untuk dapat meningkatkan produksi tanpa merusak lingkungan dengan mengedepankan sosio kultur budaya masyarakat setempat. Luas tambak garam ini tersebar di Jawa Timur.5%). Hal ini disebabkan potensi perairan dan luas lahan yang ada..748 ha (14%).optimalisasi sarana dan prasarana tambak. Akhirnya apa yang menjadi pola pikir Hasan sang petani tambak garam akan dapat diarahkan dan diakomodir dalam bentuk pemberdayaan dan pengembangan SDM pelaku usaha garam secara efektif dan efisien. Mengapa demikian? Karena hal paling sulit adalah mengubah sikap petambak garam dan bukan hanya pengetahuan dan keterampilannya.

2010 . A..org Judul asli : GARAM TRADISIONAL DI MATA HASAN SAMPANG MADURA Sumber : Hasil identifikasi kebutuhan pengembangan SDM garam di Madura. MP Foto : rotanindonesia.Oleh : Achmad Subijakto.Pi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful