* PENYAKIT KETURUNAN PADA MANUSIA

* :
* PENYAKIT KETURUNAN PADA MANUSIA *

1. ALBINO :
1. ALBINO Albino diakibatkan mutasi pada gen yang mengatur warna kulit.Akibat mutasi gen tersebut,terjadi pengurangan pigmen melanin yang memberikan warna pada kulit,rambut,dan mata.Kulit albino menjadi berwarna putih atau merah jambu,rambut menjadi putih,dan warna mata menjadi merah jambu.

Albino juga terjadi pada hewan dan tumbuhan :
Albino juga terjadi pada hewan dan tumbuhan Albino pada rambut gorila. Tumbuhan albino mengalami defisiensi pigmen klorofil.

2. HEMOFILIA :
2. HEMOFILIA Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang diturunkan yang disebabkan kekurangan faktor pembekuan. Gambar disamping menunjukan luka memar pada lengan seorang penderita hemofilia.

3. ANEMIA SEL SABIT :
3. ANEMIA SEL SABIT Anemia sel sabit disebut juga sebagai anemia sickle cell .Anemia sel sabit terjadi pada sel darah merah,tempat keberadaan protein hemoglobin yang berfungsi mengikat oksigen. Orang yang menderita anemia sel sabit memiliki gejala berupa organ-organ tubuh yang tidak sehat karena kurangnya pasokan oksigen.

4. BUTA WARNA :
4. BUTA WARNA Buta Warna adalah cacat atau penyakit menurun pada manusia juga dapat terjadi akibat terpaut kromosom seks.

5. SINDROM DOWN :
5. SINDROM DOWN Sindrom Down merupakan penyakit keturunan yang disebabkan oleh mutasi kromosom. Biasanya sel telur yang dihasilkan semasa meiosis memiliki 23 kromosom

Namun karena terjadi gangguan dalam pemisahan kromasom yang disebut gagal berpisah atau nondisjunction. 6.Sindrom ini terjadi karena gagal berpisah kromosom seks ketika terjadi pembentukan sel telur atau sel sperma. SINDROM TURNER : 7. 7.wanita mendapat satu kromosom X dari ibu dan satu kromosom Y dari ayah. . Normalnya.wanita penderita sindrom turner kehilangan satu kromosom X-nya (XO). SINDROM KLINEFELTER Sindrom klinelfelter merupakan kelainan yang hanya menyerang laki-laki..Tetapi. SINDROM KLINEFELTER : 6.Orang dengan sindrom turner berkembang menjadi wanita. SINDROM TURNER Seseorang dengan sindrom turner memiliki kromosom X yang tidak lengkap.

Pada golongan darah 0 yang di donorkan ke A maka tidak terjadi aglutinasi karena pada resipien terdapat aglutinogen A dan aglutinin dan donor hanya memiliki aglutinin dan . dan sayuran hijau. Donor adalah orang yang memberikan darahnya kepada orang lain. Prinsip Dasar Transfusi Darah o Adanya aglutinogen dan aglutinin yang sama dalam plasma darah menyebabkan terjadinya koagulasi (penggumpalan) darah o Peristiwa menggumpalnya darah karena kesamaan aglutinin dan aglutinogen disebut aglutinasi. 9. Kelainan & Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Manusia o Anemia o Adalah kandungan hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah rendah atau kurangnya sel darah merah. Sehingga aglutinin resipien (aglutinin ) tidak bertemu dengan aglutinogen B karena golongan darah 0 tidak memiliki aglutinogen. dalam hal ini adalah golongan darah 0 o Resipien adalah orang yang menerima o t ransfusi darah. Thallasemia . koagulasi darah lebih disebabkan oleh aglutinin dari darah resipien dibandingkan oleh aglutinin darah donor. sehingga ketika ditransfusikan darah terkoagulasi. Animasi 6. 4. daging. Aglutinin merupakan zat anti A (anti aglutinogen A). o Pertemuan aglutinin dan aglutinogen A dalam darah menyebabkan terjadinya koagulasi darah. o Resipien universal adalah golongan darah o y ang dapat menerima darah dari golongan o d arah manapun. yaitu golongan darah AB. Contoh Transfusi Darah o Bila golongan darah A (donor) di berikan pada golongan darah B (resipien) maka akan terjadi aglutinasi karena resipien yang bergolongan darah B memiliki aglutinin . Tabel Transfusi Darah Golongan Darah Resipien Keterangan : : Tidak menggumpal X : Menggumpal Skema Transfusi Golongan Darah Donor A B AB 0 A X X B X X AB 0XXX 8. o Kurangnya Hb dapat disebabkan makanan yang kurang mengandung zat besi. Transfusi Darah & Kelainan dan Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Manusia Harsidi Side 2. sehingga tidak terjadi koagulasi dalam darah . o P ada peristiwa transfusi darah . Padahal aglutinogen A dimiliki oleh golongan darah A.Sistem Peredaran Darah Pertemuan IV . Donor universal adalah golongan darah yang dapat memberikan darahnya ke golongan darah lain. o Apabila anemia terjadi karena kurang zat besi sehingga Hb rendah. B. o Berkurangnya sel darah merah bisa terjadi pada penderita malaria karena Plasmodium memakan sel darah merah. maka harus mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti hati. 7. Tujuan Pembelajaran  Membedakan pengertian donor universal dan resipien universal  Menjelaskan prinsip dasar transfusi darah  Menuliskan contoh transfusi darah  Menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem peredaran darah manusia 3. 5.Presentation Transcript 1.

Hemeroid (Ambeien) o Pelebaran pembuluh darah di sekitar dubur (anus) 17. bahan kimia benzena yang mengenai seseorang dalam jangka waktu lama. Koronariasis (Aterosklerosis) o Merupakan penyakit yang disebabkan o karena terjadinya pengerasan pada o pembuluh nadi. o o . o Penyebab hipertensi berkaitan dengan umur. o Keadaan ini tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikontrol dengan pola hidup sehat dan obat-obatan. o Hipertensi terjadi bila nilai ambang tekanan sistolik antara 140 200 mmHg atau lebih. daya ikat sel darah merahnya terhadap oksigen rendah karena kegagalan pembentukan hemoglobin (gen pembentuk Hb rusak). Terima Kasih Atas Perhatiannya o Selamat Belajar . o khususnya kolesterol di dinding arteri o dan endapan zat kapur. o Pengerasan pembuluh nadi dapat terjadi o karena adanya timbunan lemak. olahraga secara teratur. terapi radiasi. 14. o Hal ini disebabkan karena sesungguhnya pada proses pembekuan darah ada sejumlah faktor yang terlibat. o Pengobatannya dengan operasi o Animasi 15. o Diduga penyebab leukemia antara lain radiasi energi tinggi.10. Hipertensi o Disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi dalam arteri. Hemofilia o Hemofili merupakan penyakit yang diturunkan secara genetis dimana darah yang keluar dari pembuluh darah sulit membeku.. Salah satu diantaranya adalah faktor antihemofili. diet rendah garam dan rendah lemak. tidak minum minuman beralkohol. seperti kemoterapi. Varises Varises disbebakan karena pembuluh vena mengalami pelebaran. dan nilai ambang tekanan diastolik antara 90 110 mmHg atau lebih (tekanan darah normal 120/80 mmHg). Pada penderita. Leukimia o Adalah penyakit bertambahnya sel darah putih yang tidak terkendali. dan keadaan genetika seseorang.. dan istirahat bila lelah atau tegang. Hal ini biasanya dijumpai pada betis. o Pengobatan harus dilakukan dokter. 11. dianjurkan untuk tidak merokok. dan keturunan. 16. 12. 13. atau cangkok sumsum tulang. Merupakan penyakit anemia yang diturunkan. kegemukan. o Faktor antihemofili diperlukan untuk pembentukan aktifator protrombin dari komponen-komponen darah. terapi biologi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful