ANALISA DAN PERANCANGAN

1. Analisa Masalah Dengan meningkatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, dunia bisnis perdagangan semakin berkembang. Hal ini menuntut kesiapan PT. Makmur Abadi untuk menghadapinya. System perdagangan konvensional yang dipakai oleh perusahaan saat ini dianggap kurang efektif dan kurang efisien karena tidak bias menjangkau masyarakat secara global, khususnya pacar lokal dan umumnya pasar internasional. Selain itu, setiap kali konsumen akan melakukan pembelian harus mengunjungi perusahaan sehingga memerlukan dan biaya tambahan yang

mengakibatkan konsumen malas untuk melakukan pembelian tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibuat sebuah system berbasis web yang mempunyai fasilitas untuk layanan pemberian secara online dengan menggunakan media internet.

2. Batasan Masalah a) Pengelolaan Barang b) Pengelolaan Suplier c) Pemasukan Barang d) Pengeluaran Barang e) Report

3. Analisa Kebutuhan Pada analisa kebutuhan ini kami akan membahas beberapa topic yaitu deskripsi system, pemilihan bahasa program, karakteristik pengguna, kebutuhan khusus, kebutuhan antarmuka pengguna dan batasan browser. 3.1 Deskripsi Sistem 3.1.1 Perangkat keras (Hardware) Perangkat keras yang digunakan dalam pembuatan web ini adalah mempunyai Spesifikasi sebagai berikut : Pentium (R) Dual ± Core CPU E5400 @2.70 Ghz (2CPUS) Monitor LCD 1014 MB RAM VGA Card 1GB

2 Perangkat lunak Perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan web ini adalah sebagi berikut : Microsoft windows xp profesional versi 2002 Web server opache Data base flash 8 Notepad ++ Mozila frefox Sedangkan sfesifikasi perangkat lunak minimal yang dapat digunakan untuk menjalankan web ini adalah sebagai berikut : Microsoft windows 45 atau lebih tinggi Microsoft internet eksplorer 4. animasi.- Harddisk 297. 3.0 atau lebih tinggi 3.2 Pemeliharaan bahasa pemrograman Dalam pembuatan perangkat lunak pada tugas akhir ini kami memakai salah satu bahasa pemograman PHP. Alasannya memilih PHP karena bahasa tersebut lebih pamiliar.3 Karakteristik Pengguna Penggunaan perangkat lunak ini adalah user yang membutuhkan informasi tentang penerimaan. .8 GB Ethernet Card Realtek PCie GBF Family Controller Sedangkan PC minimal yang dapat digunakan untuk menjalankan website ini. dan sebagainya. Untuk perangkat lunak pendukung lainya digunakan untuk pembuatan gambar. penjualan. Dengan demikian pengguna perangkat lunak ini adalah mempunyai karakteristik tertentu. Spesifikasinya sebagai berikut : - PC Intel Pentium 233 Mhz Monitor VGA RAM 64 MB VGA Card 1MB Harddisk 800 MB Ethernet 3. pimpinan atau yang melakukan pembelian.1.

digunakan sebagai acuan untuk mendesain suatu halaman web. perancangan input autput.1 Berdasarkan browser Sebagai bahan awal pada dua browser yang paling banyak digunakan seperti internet Eksplorer. Pada perancangan ini akan dibahas beberapa topik yaitu perancangan diagram kontek. 3. Bentuk dari penggambaran diagram kontek sistem ini dapat dilihat pada gambar . 3. mozila dan opera 4. dan taskrin 3.4 Kebutuhan Antar muka pengguna Pengguna berinteraksi terhadap layar saja yang memberikan menu pilihan proses dengan menggunakan mouse.5 Batasan Web Batasan web ini. struktur modul dan perancangan dialog antar muka. Batasan-batasan web ini yaitu berdasarkan browser. Perancangan Tahapan perancangan ini merupakan tahapan yang dilakukan setelah memperoleh hasil analisi.hanya pada proses update barang-barang aj yang dibatasi oleh hak aksesnya yaitu hanya administrator yang diberikan hak akses khusus untuk melakukan proses ini.5. 4. keyboard. data flow diagram ( DFD ) entity reltionshif ( E-R ) data distionary ( DD ) perancangan basis data.1 Diagram kontek Diagram kontek adalah suatu teknik untuk menggambarkan sistem secara keseluruhan yang digambarkan melalui satu buah proses.

2 Data Flow Diagram (DFD) Data flow diagram adalah suatu teknik untuk menggambarkan proses-proses yang terjadi dalam suatu system yang merupakangambaran rinci dari diagramkontek yag terdiri dari beberapa buah proses.4. .3 Entity Relationship (E-R Diagram) Model entity relationship berisi komponen-komponen himpunan relasi yang masing-masing dilengkapi dengan atribut-atribut yang mempresentasikan suatu hubungan antar table. Bentuk dari penggambaran dapat pada gambar berikut : 4.

Relationship tabel 4.¶M¶) . Adapun table-tabel yang terdapat pada file persediaan adalah : Tabel Barang Field Nama Kode_barang Kode_suplier Nama_barang Merek_barang Type Char Char Varchar varchar Description Kode barang (16) [Primary key] Kode Suplier (6) Nama Barang (100) Merek Barang (100) Tabel Suplier Field Nama Kode_suplier Nama_suplier Alamat_suplier Telp_suplier Type Char Varchar Varchar Varchar Description Kode supplier (11) [Primary key] Nama supplier (100) Alamat supplier (225) Telpon supplier (20) Field Nama Kode_transaksi Kode_barang Tgl_transaksi Ket_transaksi Jumlah status Tabel Transaksi Type Int Char Date Varchar Int enum Description Kode transaksi (11) [primary key] Kode barang (6) Tanggal transaksi Keterangan transaksi (255) Jumlah (11) Status (µK¶. Untuk system persediaan barang terdiri dari suatufile database yang di buat dengan phpmyadmin yang mempunyai 4 tabel.4 Perancangan Basis Data Pengolahan data memerlukan file yang berfungsi untuk menyimpan data.

5 Perancangan Input Output Perancangan input output dapat dilihat pada gambar berikut : Login I Bag. penerimaan Menu utama Market suplier Master barang .Tabel User Field Nama Username Password Namauser Level Type Varchar Varchar Varchar Varchar Description Username (255) Password (255) Namauser (255) Level (20) 4.

Penggambaran flowchart untuk proses pembelian (shopping) dapat dilihat pada gambar berikut : .4.6 Flowchart Bagian alur program (flowchart) dalah bagan (chart) yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses suatu program.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful