P. 1
HIKMAH-HIKMAH SHOLAT

HIKMAH-HIKMAH SHOLAT

|Views: 168|Likes:
Published by Yana Suryana

More info:

Published by: Yana Suryana on Mar 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/22/2014

pdf

text

original

HIKMAH-HIKMAH SHOLAT

Oleh :
Dani Ginanjar 0806026 Yosep Bustomi 0806092 Asep Nurzaman 0806019 Deri Setiawan 0806032 Ridwan Munawar 0806068 Wenny Widiastuti 0806085 Rachmawati 0806064 Annisa Nurul Fadilah 0806012

ASSALAMU·ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

PENGERTIAN SHOLAT
Shalat secara bahasa adalah doa atau rahmat, Kata ´Shalatµ berasal dari bahasa Arab, yang secara istilah adalah suatu tindakan khusus memuliakan Allah yang berisikan perkataanperkataan (aqwal) dan perbuatan-perbuatan (af·al) yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, berdasarkan syarat-syarat dan rukun-rukun tertentu.
(sumber : http://www.anneahira.com/ibadah/arti-shalat.htm).

TUJUAN SHOLAT
Tujuan daripada shalat adalah ingat akan sifat Allah. Tujuan ini tercapai bila di luar shalat, kita pun ingat akan sifat-Nya itu, seolah-olah kita berada di dalam shalat. Di segala kegiatan, yang santai atau pun serius, kita dapat mengingat sifatNya.
(sumber:http://refiriska.blogspot.com/2009/04/tujuan-sholat.html).

Rukun sholat
Niat 2. Berdiri bagi yang sanggup 3. Takbiratul ihram 4. Membaca surat Al-Fatihah 5. Ruku' dengan thu'maninah 6. I'tidal dengan thu'maninah 7. Sujud dua kali dengan thu'maninah 8. Duduk antara dua sujud dengan thu'maninah 9. Duduk dengan thu'maninah serta membaca tasyahud akhir dan shalawat nabi 10. Salam pertama 11. Tertib (melakukan rukun secara berurutan) (sumber : http://www.darussalaf.or.id/stories.php?id=121).
1.

Sunat sholat
Sunat muakad

1. Tasyahud awal. 2. Duduk tasyahud awal. 3. Do·a qunut pada saat melaksanakan sholat subuh.

1.

2.

3. 4. 5.

Sunat ghair muakad Mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ihram, akan rukuk, berdiri dari rukuk, berdiri dari tasyahud awal. Bersedekap, meletakan tangan kanan diatas tangan kiri. Melihat ke tempat sujud. Membaca do·a iftitah. Membaca do·a ta·awudz dan basmalah.

Sunat ghair muakad

6. Membaca amin setelah membaca al fatihah. 7. Membaca surat atau Al Qur·an setelah membaca Al Fatihah. 8. Mendengarkan bacaan imam. 9. Menjaharkan (mengeraskan) suara pada saat rakaat pertama dan kedua pada saat sholat magrib, isya dan subuh. 10. Membaca takbir setiap pergantian gerakan kecuali bangkit dari rukuk.

Sunat ghair muakad

11. Membaca bacaan do·a I·tidal. 12. Membaca tasbih ketika rukuk. 13. Membaca tasbih ketika sujud. 14. Duduk iftirasy (bersimpuh), yaitu duduk di atas telapak kaki kiri sedangkan telapak kaki kanan ditegakkan dan jari-jarinya ditekuk menghadap kiblat.

Sunat ghair muakad

14. Duduk tawaruk pada rakaat kedua. 15. Tangan menekan ke tempat shalat (menekan) ketika akan berdiri dari duduk. 16. Member salam yang kedua. 17. Menoleh ke kanan pada salam pertama sehingga kelihatan pipinya.
(sumber :µ LKS SLTP Pendidikan Agama Islam kelas 1, penerbit : CV. Harapan Baruµ).

MANFAAT DAN HIKMAH SHOLAT
1.

2.

3.

4.

5.

6.

Dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar (Q.S. Al Ankabut : 45) Mencegah pelakunya dari segala macam kesesatan (Q.S. Maryam : 59) Shalat dapat menjauhkan diri dari sifat mengeluh dan kikir (QS. al-Ma·arij: 19-23) Menghapus dosa-dosa kecil ( HR. Muslim, Ahmad, Turmudzie dan Ibnu Majah). Selamat dari siksa hari kiamat (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan ath-Thabrani). Menenangkan dan menentramkan hati .µ(Q.S. Al Baqarah : 277).

TIPS KHUSYUK DALAM SHOLAT
Ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan agar ibadah shalat kita bisa khusyu, seperti misalnya saja: Mengenal Allah, Menghadirkan, Mengagungkan dan Takut Kepada-Nya. Hendaknya Orang Yang Shalat Menyadari Bahwa Shalat Adalah Perjumpaan, Sekaligus Komunikasi Dirinya Dengan Allah Ikhlash Dalam Melaksanakannya Mengonsentrasikan Diri Hanya Untuk Allah Menghindari Berpalingnya Hati Dan Anggota Tubuh Dari Shalat

TIPS KHUSYUK DALAM SHOLAT
Merenungi Setiap Gerakan Dan Dzikir-Dzikir Dalam Shalat Memelihara Tuma'ninah (Ketenangan), Dan Tidak Terburu-buru Dalam Shalat Semangat Dalam Melakukannya Memilih Tempat Shalat Yang Sesuai Menghindari Segala Yang Menyibukkan Dan Mengganggu Sahalat Memanjangkan Bacaan Hendaknya kita shalat, seperti shalatnya orang yang akan bepergian jauh (meninggalkan alam fana)
(sumber: http://jizu.blogspot.com/2007_03_01_archive.html).

KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas, maka dapatlah disimpulkan bahwa sholat disamping merupakan ibadah yang wajib dan istimewa ternyata juga mengandung manfaat yang sangat besar bagi kesejahteraan dan kebahagiaan hidup umat manusia. Selain daripada itu patut kita sadari bahwa kebesaran Allah sudah dapat kita lihat dalam perintah sholat. Inilah yang kemudian akan lebih menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah serta lebih menyemangati kita untuk mengungkap lebih jauh rahasia-rahasia Allah yang terkandung dalam setiap perintahNya.

WASSALAMU·ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
GEURA SHOLAT JANK!«..HE HE

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->