P. 1
Perencanaan dan Pelaksanaan Evaluasi Kegiatan Pusat Sumber Belajar

Perencanaan dan Pelaksanaan Evaluasi Kegiatan Pusat Sumber Belajar

|Views: 1,069|Likes:
Published by Putri Erlina Sari

More info:

Published by: Putri Erlina Sari on Mar 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2013

pdf

text

original

Perencanaan dan Pelaksanaan Evaluasi Kegiatan Pusat Sumber Belajar

Pengantar Setelah kegiatan-kegiatan Pusat Sumber Belajar (PSB) direncanakan dan dilaksanakan, perencana dan pelaksana kegiatan PSB perlu mengajukan pertanyaan kepada dirinya sendiri, apakah kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan itu benar-benar efektif dan efisien dalam mencapai tujuannya? Pertanyaan ini perlu dijawab dengan melakukan evaluasi untuk mencari kekurangannya untuk kemudian melakukan perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan agar hasilnya efektif dan efisien. Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan pengertian, tujuan, dan kegunaan evaluasi. Namun demikian, untuk lebih menyegarkan ingatan kita dan menambah wawasan kita seputar evaluasi, pada kesempatan ini akan kembali akan diulas dengan merujuk beberapa literatur. Evaluasi adalah sebuah proses sistematis dalam pengumpulan data atau informasi yang digunakan untuk memberikan nilai atau predikat terhadap sasaran yang dievaluasi. Evaluasi ialah proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan. Menurut N.L. Smith (dalam Gafur: 2001) evaluasi memiliki tiga maksud, tujuan atau fungsi, yaitu: monitoring, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif. Dari beberapa devinisi tersebut, apabila dikaitkan dengan kegiatan PSB, maka evaluasi berarti meliputi kegiatan untuk melaksanakan monitoring, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif terhadap kegiatan atau proyek yang dilaksanakan labsite yang antara lain meliputi tahap: disain, pengembangan, produksi, implementasi, pemanfaatan, penyebarluasan produk baru yang inovatif, dan sebagainya. Monitoring merupakan fungsi evaluasi yang erat hubungannya dengan masalah pemeriksaan rutin secara terus menerus terhadap kegiatan PSB. Dalam praktiknya, monitoring lazim dilakukan oleh pemimpin proyek atau orang dalam. Tujuannya adalah menentukan apakah kegiatan proyek berjalan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan. Di samping itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pengelolaan. Evaluasi monitoring biasa dilaksanakan dengan cara melakukan eview atau peninjauan ulang terhadap perencanaan, laporan hasil kemajuan, laporan penggunaan dana, pencapaian sasaran, dan sebaginya. Oleh karena itu, titik beratnya bukanah pada kualitas atau pengaruh atau dampak suatu proyek, akan tetapi pada kemajuan yang dicapai dalam jangka waktu tertentu (Gafur, 2001: 8-9).

jika berhasil. Langkah-langkah perencanaan dan pelaksanaan evaluasi formatif Menurut Moris dan Gibbson (dalam Gafur: 2001). diteruskan. dan menentukan sasaran yang perlu dihubungi dalam kegiatan pengumpulan data. Evaluasi memberikan informasi yang dipakai sebagai dasar untuk: (1) mengambil keputusan dan kebijakan. pengaruh produk (jangka pendek-jangka panjang). . dan (6) memperbaiki materi dan program pendidikan (Farida. ada 4 tahapan pokok evaluasi formatif. efek sampingan (positif atau negatif). (3) menilai kurikulum. untuk menjaga obyektifitas evaluasi (agar tidak bias dan terjadi konfilk kepentingan). jika dalam waktu mendesak proyek harus dihentikan agar tidak terjadi pemborosan dan kerugian lanjut. studi pengaruh proyek secara longitudinal. atau disebarkan. Dari kriteria-kriteria tersebut. dan daya saing (Gafur. Dalam konteks kegiatan PSB. maka bisa memberikan pertimbangan dalam menentukan apakah kegiatan atau proyek akan dihentikan. studi kasus secara intensif. Kriteria-kriteria yang digunakan dalam evaluasi ini adalah kualitas produk. (5) memonitor dana yang telah diberikan. 2001: 10-11). Informasi ini sangat berguna bagi para pengguna produk (konsumen). Menentukan ruang lingkup evaluasi Kegiatan ini meliputi: menentukan ruang lingkup data yang akan dikumpulkan. Oleh karena itu. efektifitas penggunaan produk.Evaluasi formatif adalah proses menyediakan dan menggunakan informasi untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan produk atau kualitas intruksional (Atwi. aspekaspek program yang akan dievaluasi. dan sebagainya. yaitu: 1. misalnya dengan menggunakan desain studi komparatif. Pada prinsipnya evaluasi ini ingin menjawab apakah proyek berhasil atau tidak. survei dengan sampel yang luas. Mengingat pentingnya evaluasi ini. 2000: 3). (4) memberi kepercayaan pada sekolah. maka pelaksananya adalah pihak luar atau bisa juga pelaksana. 2001: 221). seberapa bagus kualitas produk yang dihasilkan. (2) menilai hasil yang dicapai para pelajar. apakah produk itu layak digunakan atau tidak. pimpinan. bisa tidaknya dimanfaatkan ditempat lain. Langkah-Langkah Perencanaan dan Pelaksanaan Evaluasi 1. maka evaluasi harus didesain sevalid mungkin. Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilaksanakan pada saat proyek atau kegiatan telah selesai. dan penyandang dana proyek. maka evaluasi formatif dapat didefinisikan sebagai proses menyediakan dan menggunakan informasi untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatannya.

1. mengurus kenaikan pangkat. Membukukan uang masuk dan uang keluar 6). 3). dan sebagainya. mengirim. Mengembangkan kurikulum (silabi. memelihara kebersihan. 2). mengusulkan penghapusan barang. Merehab gedung/bangunan kantor. Menyusun formasi pegawai. dan pengukuran secara periodik untuk disampaikan kepada staf pelaksana proyek. SAP) Memilih alternatif model-model pembelajaran . GBPP. membuat kartu servis barang inventaris. mengagendakan surat 4).1. Membuat daftar inventaris. 1. berikut ini kami sajikan kegiatan operasional suatu PSB sesuai fungsi dan struktur organisasinya. cuti. daftar urut kepangkatan pegawai. Bagian Tata Usaha (TU) 1). Sebagai gambaran konkrit. supervisi. dan sebagainya. Menyusun program kerja tahunan Membuat laporan tahunan Membuat. 1. 7). 2). Membuat laporan hasil evaluasi Kegiatan ini berisi laporan yang berisikan laporan saran perubahan untuk perbaikan program. Bagian Pengembangan Instruksional 1). Mengadakan monitoring terhadap pelaksanaan program dan hasil yang dicapai Kegiatan ini meliputi: melaksanakan monitoring. dan untuk mengecek apakah tercapai kemajuan yang menuju pada tercapainya tujuan program. pensiun. 5). Informasi yang diberikan berupa pernyataan apakah program berjalan sesuai rencana/jadwal. 1. Merumuskan maksud/tujuan program yang dievaluasi Kegiatan ini meliputi: merumuskan dengan jelas maksud/tujuan program yang akan dievaluasi dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan tadi.

3). responden. 2. antara lain: 1. instrumen evaluasi. menentukan maksud evaluasi ini sangat penting karena akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Atwi Suparman (2001: 227-229). tenaga pelaksana evaluasi. . 3. Menentukan prosedur evaluasi Melatih staf pengajar Membuat paket pembelajaran (cetak maupun non cetak) 1. Siapa yang akan menggunakan hasil evaluasi tersebut? Orang yang yang mengunakan hasil evaluasi pun harus ditetapkan dengan jelas. alat-alat dan waktu. 4). Bagian Produksi 1).3). Maksud evaluasi formatif. 4). 3). ada tujuh komponen penting yang harus diperhatikan dalam melakukan evaluasi formatif. dan biaya. maka informasi tersebut tidak dapat memberikan petunjuk yang berguna. jangan sampai kesimpulan yang diambil menyimpang dari maksud evaluasi semula. 2). 4). Membuat katalog media Mencatat peminjaman dan pengembalian media Membuat jadwal penggunaan ruang Membuat jadwal siaran/penayangan Sedangkan menurut M. Membuat rencana fisik kebutuhan produksi (bahan baku. 2). Sumber-sumber apa saja yang diperlukan? Meliputi: Fasilitas. Apa informasi yang akan dikumpulkan? Merumuskan informasi apa saja yang akan dibutuhkan dalam evaluasi erat kaitannya dengan dengan maksud evaluasi. Informasi yang tidak sesuai dengan tujuan. 4. agar nantinya hasil evaluasi tersebut tidak salah alamat dan tidak menimbulkan salah penafsiran. bahan penunjang) Membuat jadwal produksi Menunjuk kerabat produksi Memilih pelaku/artis/juru wicara Menyimpan peralatan 1. 5). 5). Bagian Pemrosesan dan Pelayanan Media 1).

membuat/membeli instrumen. Misalnya: membuat rencana laporan (daftar isi. Bagaiamana. 3. Memilih instrumen pengukuran/evaluasi yang tepat dan memadai. Menentukan ruang lingkup atau titik fokus evaluasi. Penilaian prakondisi Pertemuan dan pembicaraan Pembuatan rencana evaluasi Pembuatan tes/instrumen evaluasi Penentuan siswa sebagai sampel Pemberian tes awal Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Pembuatan jadwal pelaksanaan evaluasi Pendengaran program kaset kepada kelompok eksperimen. Menyiapkan laporan evaluasi. ANOVA. berikan pembelajaran dengan materi pelajaran yang sama kepada kelompok kontrol dengan metode berbeda (tidak menggunakan program kaset). 2.5. memilih teknik penyajian laporan. Misalnya: menentukan apa saja yang akan diukur. 4. 5. Langkah-langkah perencanaan dan pelaksanaan evaluasi sumatif Langkah-langkah dalam evaluasi sumatif. dan siapa yang melaksanakan analisis data? 7. sistematika laporan). memilih desain evaluasi. Langkah-langkah pelaksanaan ujicoba lapangan Langkah-langkah ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui apakah suatu program efektif dalam arti membuahkan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Mengumpulkan data. antara lain: 1. uji terdapat. kapan. 4. apa yang perlu diketahui dan untuk apa? Misalanya: menentukan ruang lingkup yang perlu kita evaluasi. 2. kapan . . 5. menentukan teknik sampling dan menentukan biaya evaluasi. membuat rekaman hasil evaluasi (kesimpulan dan saran). Misalnya: membuat jadwal pengumpulan data. 3. penskoran dan tabulasi data. 8. Menganalisis data. yaitu: tentang tujuan/hasil yang diharapkan oleh suatu proyek. kegiatan dalam rangka mencapai tujuan dan biaya yang tersedia. 6. Misalnya: penyajian data/deskripsi data statistik (korelasi. melaksanakan pengumpulan data ke lapangan. dan sebagainya). 9. Bagaimana. menentukan teknik analisis data. menetapkan desain evaluasi. dan dimana data dikumpulkan? Siapa yang melaksanakan pengumpulan data dari sumber informasi yang telah ditentukan? 6. 7. 1. Langkah-langkah tersebut menurut Morris dan Gibson (dalam Gafur: 2001) antara lain: 1. Bagaimana bentuk laporannya? Perlukah laporan lisan di samping laporan tertulis? 8. memilih instrumen pengukuran.

Mengumpulkan data. Evaluasi Program. Karena dengan evaluasi itulah akan diketahui apakah kegiatan yang dilaksanakan oleh sebuah PSB efektif atau tidak. Melaksanakan kegiatan sesuai dengan bahan dan bentuk kegiatan. 3. Atwi Suparman (2001: 226-227) menjelaskan cara-cara dalam melaksanakan uji coba lapangan. Desain Instructional. 4. Pembuatan laporan tertulis. dan alat-alat yang dibutuhkan. fasilitas. Pemberian tes akhir kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol 11. and is filed under Pusat Sumber Belajar. DAFTAR PUSTAKA Abdul Gafur. 5. tetapi untuk mengetahui seberapa besar lagi usaha yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitasnya. interview. antara lain: 1. Atwi Suparman. Evaluating Intructional Technology. ataupun observasi. Christopher Kay Knapper. (2000). Share this post! Print This entry was posted by Sigit Purnama on 08/05/2005 article at 06:19. maka evaluasi harus direncanakan sebaik mungkin dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan rencana yang telah ditentukan.10. Penutup Evaluasi merupakan kegiatan penting dalam setiap kegiatan tidak terkecuali dalam kegiatan PSB. Hasil tes ini tidak digunakan untuk menentukan terus digunakan atau dibatalkannya penggunaan produk atau kegiatan. (2001). 2. baik dengan kuesioner. Pengelolaan Pusat Sumber Belajas (PSB). (2001). New York: Halsted Press. Analisis hasil tes akhir 12. . Jakarta: Dirjen Dikti Farida Yusuf Tayibnapis. Menyelenggarakan tes awal dan tes akhir untuk mengetahui efektifitas suatu kegiatan atau produk. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Menentukan sampel yang akan digunakan (15-30 orang). (1980). Diskusikan hasil tes dengan staf pembuat program (jika tugas Anda berupa evaluasi formatif) 13. Sedangkan M. Untuk sampai pada kesimpulan bahwa sebuah kegiatan PSB benar-benar efektif dan efisien atau tidak. Jakarta: Rineka Cipta. M. Mempersiapkan lingkungan.

0.y y y y y y y y y Twitter Digg Facebook Delicious StumbleUpon Google Bookmarks LinkedIn Yahoo Bookmarks Technorati Favorites Follow any responses to this post through RSS 2. You can leave a response or trackback from your own site. y Comments (2) y #1 written by jamik about 5 months ago Quote trim infonya semoga barokah y #2 written by jamik about 5 months ago Quote trim mas infonya .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->