TUGAS LAPORAN LEBIH JAUH LEBIH DALAM MENGENAL SISTEM OPERASI

ARLIAN PRAMADANI (0834010123) TF C

TEKNIK INFORMATIKA-FTI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR 2010

KATA PENGANTAR Segala puji syukur bagi Allah,Tuhan sekalian alam yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga saya bisa menyelesaikan laporan Resmi ini dengan sebaik-baiknya. Dalam penyelesaian laporan ini ,saya menyadari bahwa ini masih jauh dari sempurna, maka saya membuka diri bila ada kritik dan saran agar tercapai suatu kesempurnaan dalam laporan ini. Akhir kata saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Abdul kadir selaku pengajar dalam mata kuliah ini yang telah membimbing saya, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan balasan dengan kebaikan dan lindungan bagi kita semua. Amin

Surabaya ,9 Maret 2010

Penulis

Mungkin pula pernah berhubungan secara langsung atau pun tidak langsung dengan istilah tersebut. Para pembaca sepertinya pernah mendengar istilah "sistem operasi". Dari perkembangannya bisa diketahui jenis-jenis dari Sistem Operasi. Bagian V. jenis-jenis sistem Operasi . saya mengambil refensi dari Buku “Kunyuk” yang di buat oleh Mayarakat Digital Gotong Royong (MDGR). Sistem Operasi memiliki jenis-jenis yang perlu diteliti lebih rinci lagi karena jenis-jenis tersebut saling berhubungan dari satu dengan yang lain. dan saya akan membantu anda untuk mengetahuinya. serta "Pengantar Jaringan Komputer". Namun. belum tentu dapat menjabarkan perihal apa yang sebetulnya dimaksud dengan kata "sistem operasi". lebih jelasnya lagi apa itu Sistem Operasi saya sertai juga contoh-contohnya.PENDAHULUAN Laporan ini saya buat untuk memberi revensi kepada pembaca tentang Sistem Operasi. jadi bisa dibilang perkembangannya begitu cepat. sejarah dari Sistem Opererasi. Tentunya tidak dapat diharapkan pembahasan yang dalam. Perkembangan Sistem Operasi. Pembuatan laporan ini. selain itu laporan ini sebagai tugas awal saya mengikuti mata kuliah Sistem Operasi. Perkembangan Sistem Operasi di mulai dari tahun 1980 sampai sekarang. tentunya sebelum memahami Sistem Opersai lebih jauh lagi baiknya harus tahu sejarah Sistem Operasi itu sendiri. “ menjelaskan tentang apa itu Sistem Operasi dan memahami konsep-konsep sistem operasi yang akan dijabarkan dalam laporan ini. Bagian III. Bagian IV. Dan dari blog-blog yang saya kumpulkan. Pembahasan buku ini diawali dengan pengenalan konsep dasar sistem computer. "Pengantar Struktur Data".dan contoh Sistem Operasi. Lebih jelaskan bisa dilihat atau dibaca di bab pembahasan. Sebaiknya dilihat pada rujukan yang berhubungan dengan "Pengantar Organisasi Komputer". Bagian I. Untuk tambahannya akan saya selipkan kan kelemahan dan kelebihan dari masing-masing contoh tersebut. Bagian II Menjelaskan tentang sejarah dari Sistem Operasi. yang saya dapat dari internet. Permasalahan yang ada di laporan ini meliputi Artikel tentang Sistem Operasi. . Dari contoh tersebut anda kan bisa menyimpulkan apa itu Sistem Operasi. Dari tahun ketahun Sistem yang ditawarkan semakin menarik.

sistem operasi dapat dipandang sebagai alat untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya komputer. Perangkat lunak dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu "sistem operasi" dan "program aplikasi". Sistem operasi berada di antara perangkat keras komputer dan perangkat aplikasinya. perangkat lunak merupakan benda abstrak yang hanya dapat dilihat dari sudut apa yang dilakukannya terhadap perangkat keras. bagaimana caranya menentukan secara pasti. namun mungkin juga merupakan hal yang sangat sulit. dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya. Sebaliknya dalam lingkungan berpengguna-banyak (multi-user). istilah "pengguna komputer" yang dimaksud di sini dapat berupa manusia. letak perbatasan antara "perangkat keras komputer" dan "sistem operasi". dibandingkan mengutamakan kinerja atau pun utilisasi sumber daya. Sebaliknya. serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras. Namun. dan juga bukan merupakan bagian dari perangkat lunak aplikasi komputer. sebuah sistem operasi bukan merupakan bagian dari perangkat keras komputer. Mendefinisikan istilah "sistem operasi" mungkin merupakan hal yang mudah. Terakhir. Dalam hal ini sistem operasi seharusnya dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan. sistem operasi didefinisikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkat keras komputer. Secara lebih rinci. Sistem operasi merupakan salah satu komponen utama dari sebuah "sistem komputer". program aplikasi lain. Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah para pengguna. dan "para pengguna. "perangkat lunak aplikasi". Komponen komputer lainnya ialah "perangkat keras".PEMBAHASAN  BAGIAN I Para pembaca sepertinya pernah mendengar istilah "sistem operasi". Berbeda dengan perangkat keras. Perangkat lunak merupakan sarana yang memberitahukan perangkat keras apa yang harus dikerjakannya. sistem operasi merupakan sebagai alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Namun. Perangkat keras merupakan benda konkret yang dapat dilihat dan disentuh. apalagi tentunya bukan merupakan bagian dari para pengguna komputer. dan terutama antara "perangkat lunak aplikasi" dan "sistem operasi"? Pengertian dari sistem operasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Mungkin pula pernah berhubungan secara langsung atau pun tidak langsung dengan istilah tersebut. Akan tetapi pada sejumlah . belum tentu dapat menjabarkan perihal apa yang sebetulnya dimaksud dengan kata "sistem operasi". Dari sudut pandang pengguna. banyak pula yang pernah mendengar merek dagang "WindowsTM " atau pun istilah "GNU/Linux". Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna. Dengan demikian. lalu mengidentikkan nama Windows TM atau GNU/Linux dengan istilah "sistem operasi" tersebut. atau pun komputer lain. Perangkat keras" merupakan penyedia sumber daya untuk komputasi.

Sistem operasi ialah manager bagi sumber daya. Dari sudut pandang tujuan sistem operasi. Dapat disimpulkan. terdapat juga perangkat lunak lain yang juga berguna untuk mengatur & mengendalikan komputer yaitu: BIOS (Basic input/ output system). sistem operasi dapat dianggap sebagai alat yang menempatkan sumber daya secara efisien . Windows. Dari sejarah diketahui bahwa sistem operasi dan perangkat keras saling mempengaruhi dan saling melengkapi. sedangkan OS bekerja setelah proses booting.Selain sistem ini. PC-DOS. Sistem Operasi Adalah pengelolaan seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer.Contoh-contoh sistem operasi yaitu MS-DOS. akan diberikan berbagai ilustrasi perkembangan dan jenis sistem operasi beserta perangkat kerasnya. Fungsi ini dikenal juga sebagai program pengendali (Control Program). Sistem operasi juga mengatur eksekusi aplikasi dan operasi dari alat I/O. Dari sudut pandang sistem. Struktur dari sebuah sistem operasi sangat tergantung pada perangkat keras yang pertama kali digunakan untuk mengembangkannya. bahwa sistem operasi merupakan komponen penting dari setiap sistem komputer. Akibatnya. pelajaran "sistem operasi" selayaknya merupakan komponen penting dari sistem pendidikan berbasis "ilmu komputer". Lebih lagi.komputer. CP/M. Tujuan lain sistem operasi ialah membuat penggunaan sumber daya komputer menjadi efisien. sudut pandang pengguna dapat dikatakan hanya sedikit atau tidak ada sama sekali. Misalnya pada peralatan rumah tangga seperti mesin cuci dan sebagainya mungkin saja memiliki lampu indikator untuk menunjukkan keadaan sekarang. sistem operasi merupakan suatu bagian program yang berjalan setiap saat yang dikenal dengan istilah kernel. . Sedangkan perkembangan perangkat keras sangat dipengaruhi dari hal-hal yang diperlukan oleh sebuah sistem operasi. Berfungsi untuk mengawasi pengoperasian atau operasi-operasi yang bersifat mendasar. jika juga memahami jenis perangkat keras yang digunakan. yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien. Konsep sistem operasi dapat lebih mudah dipahami. Dalam bagian-bagian berikut ini. sistem operasi dapat dipandang sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna. UNIX. Demikian pula sebaliknya. tetapi sistem operasi ini dirancang untuk bekerja tanpa campur tangan pengguna.BIOS bekerja pada saat proses booting.Satu komputer dapat menggunakan satu atau lebih. Misalnya dalam satu komputer terdapat sistem operasi windows & LINUX sehingga pengguna bebas memilih sistem operasi yang akan dipakai.

Mempelajari sejarah memang menarik. wawasan kita bertambah luas dan tidak hanya berkutat pada satu sistem operasi saja. bahkan sekalipun itu hanya sejarah sistem operasi / operating system (OS) suatu komputer. 1980 • QDOS : Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu. Di bagian sejarah ini saya ambil dari salah satu blog mahasiswa ITS yang akan menguraikan sejarah sistem operasi dari DOS. 1981 • PC DOS : IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086. 1984 • System 1. BSD.0 : Apple meluncurkan Macintosh dengan OS yang diturunkan dari BSD UNIX . Paling tidak dengan mempelajari sejarah sistem operasi komputer.0 : Microsoft memperkenalkan MSWindows. sampai Linux.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086. . sistem operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. MS DOS 3. BAGIAN II Jangan melupakan sejarah.1 : Microsoft meluncurkan MSDOS 3. khususnya dunia sistem operasi. System 1. MS DOS : Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk OS ini jika dijual oleh • perusahaan diluar IBM. tetapi juga di dunia komputer. Kalimat ini bukan hanya berlaku di dunia nyata. Windows.0 merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasis grafis dan menggunakan mouse. 1983 • MS DOS 2.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.1 yang memberikan dukungan • untuk jaringan.0 : Versi 2. CP/M. Mac. 1985 • MS Windows 1.0 dari MS DOS diluncurkan pada komputer PC XT. • MS DOS 3. • Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.

3 yang merupakan versi paling populer dari MS DOS. • 1991 • Linux 0.0 : Microsoft mengeluarkan MSDOS 4. Excel.0 yang cukup baik.Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple.0. Word Perfect dan Quattro. • • • 1988 • • MS DOS 4. dan PowerPoint untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 123. 1987 • OS/2 : IBM memperkenalkan OS/2 yang telah berbasis grafis. sistem operasi berbasis Unix yang ditujukan untuk pendidikan. IBM berjalan dengan OS/2 dan Microsoft berkonsentrasi pada Windows. 1986 • MS DOS 3.0 : Microsoft meluncurkan Windows versi 3. Wordstar.2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.2 yang menambahkan dukungan untuk floppy 3.5 inch 720 KB. • Novell Netware : Novell meluncurkan sistem operasi berbasis jaringan Netware 86 yang dibuat untuk prosesor Intel 8086.0 dengan suasana grafis. Windows 3. MINIX nantinya menginspirasi pembuatan Linux. mendapat sambutan • • MSOffice : Microsoft membundel Word. sebagai calon pengganti IBM PC DOS.0 diperkenalkan. DR DOS : Digital Research memperkenalkan DR DOS 5. WWW : Proposal World Wide Web (WWW) oleh Tim BernersLee. MINIX : Andrew S. MS DOS 3.0 : Windows versi 2.3 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3. Tanenbaum mengembangkan Minix. 1989 • NetWare/386 (juga dikenal sebagai versi 3) diluncurkan oleh Novell untuk prosesor Intel 80386. Windows 2. .01 : Mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux. 1990 • Perpisahan : Dua perusahaan raksasa berpisah.

Windows for • 386 BSD : OS berbasis Open Source turunan dari BSD Unix didistribusikan oleh Bill Jolitz setelah meninggalkan Berkeley Software Design. Ini merupakan versi terakhir dari MS DOS. Inc (BSDI).0 : Microsoft memperkenalkan MSDOS 6. 1994 • Netscape : Internet meraih popularitas besar saat Netscape memperkenalkan Navigator sebagai browser Internet. • • • SuSE : OS Linux versi Jerman dikembangkan oleh Software und System Entwicklung GmbH (SuSE) dan dibuat dari distro Linux pertama. yang mencakup program kompresi harddisk DoubleSpace. SLS. Distro pertama Linux dikenal sebagai SLS (Softlanding Linux System).0 : Microsoft meluncurkan MSDOS 5. 1993 • Windows NT : Microsoft meluncurkan Windows NT. penambahan fasilitas full- 1992 • Windows 3. 386 BSD nantinya menjadi induk dari proyek Open Source BSD lainnya. FreeDOS dibuat setelah Microsoft berniat menghentikan dukungannya untuk DOS dan menggantikannya dengan Windows 95.• MS DOS 5. dari 386BSD • • • • FreeBSD : Menyusul NetBSD. unformat dan Qbasic.22 : Microsoft meluncurkan MSDOS 6. MS web untuk • • DOS 6. MS DOS 6. FreeDOS : Jim Hall. OS pertama berbasis grafis tanpa DOS didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan. Web Browser : NCSA memperkenalkan rilis pertama Mosaic.1 : Microsoft meluncurkan Windows 3. seperti NetBSD. satu lagi proyek yang juga dikembangkan dari 386BSD dibuat dengan nama FreeBSD. undelete. Debian : Ian Murdock dari Free Software Foundation (FSF) membuat OS berbasis Linux dengan nama Debian. browser Internet. dan OpenBSD. mahasiswa dari Universitas WisconsinRiver Falls Development mengembangkan FreeDOS.2.2 : Microsoft meluncurkan MSDOS 6. • Slackware : Patrick Volkerding mendistribusikan Slackware Linux yang menjadi distro populer pertama di kalangan pengguna Linux.0 Upgrade. FreeBSD. NetBSD : Proyek baru OS berbasis Open Source yang dikembangkan dibuat dengan menggunakan nama NetBSD.0 dengan screen editor. MSDOS 6.1 dan kemudian Workgroups 3.11 di tahun berikutnya.22 dengan program kompresi bernama DriveSpace. . • Distro Linux : Linux didistribusikan dalam format distro yang merupakan gabungan dari OS plus program aplikasi.

• Sun Microsystem dan Hewlet Packard. seperti IBM. menggantikan server berbasis Windows NT. 1998 • Windows 98 : Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator. Corel Linux : Corel pembuat program Corel Draw. Server Linux : Linux mendapat dukungan dari banyak perusahaan besar. • • • • Windows CE : Versi pertama Windows CE diperkenalkan ke publik.0 1997 • Mac OS : Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7. Ini merupakan versi terakhir dari IBM PC DOS. khususnya di Jepang. yang sebelumnya telah menyediakan Word Perfect versi Linux. Japan Goes Linux : TurboLinux diluncurkan di Jepang dan segera menjadi OS favorit di Asia. • . PalmOS : Palm menjadi populer dengan PalmOS untuk PDA. OpenBSD : Theo de Raadt pencetus NetBSD mengembangkan OpenBSD. China dan Korea. PC DOS 7 : IBM memperkenalkan PC DOS 7 yang terintegrasi dengan program populer pengkompres data Stacker dari Stac Electronics. • • 1999 • Support : Hewlett Packard mengumumkan layanan 24/7 untuk distro Caldera.6.• Red Hat : Marc Ewing memulai pembuatan distro Red Hat Linux. Server berbasis Linux mulai banyak dipergunakan • Google : Search Engine terbaik hadir di Internet dan diketahui menggunakan Linux sebagai servernya. ikut membuat OS berbasis Linux dengan nama Corel Linux dan yang nantinya beralih nama menjadi Xandros. Mandrake : Gael Duval dari Brazil mengembangkan distro Mandrake yang diturunkan dari Red Hat. Turbo Linux.0 : Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4. 1996 • Windows NT 4. 1995 • Windows 95 : Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari. Red Hat dan SuSE.

• LiveCD : Knoppix merupakan distro pertama Linux yang dikembangkan dengan konsep LiveCD yang bisa dipergunakan tanpa harus diinstal terlebih dahulu. dan Edubuntu (untuk pendidikan). Distro lokal yang dibuat dari Knoppix adalah Linux Sehat dan Waroeng IGOS. RimbaLinux.2000 • Mac OS/X : Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan disebut sebagai Mac OS/X. Xubuntu (berbasis XFCE). Microsoft vs IBM : CEO Microsoft Steve Ballmer menyebut Linux sebagai kanker dalam sebuah interview dengan Chicago SunTimes. • Novell : Ximian. Fedora : Redhat mengumumkan distro Fedora Core sebagai penggantinya. versi terakhir dari Windows 95. China Goes Linux : Red Flag Linux diluncurkan dari Republik Rakyat China. oleh Novell. Komura. CEO IBM Louis Gartsner menyatakan dukungan pengembangan Linux. Windows Me : Microsoft meluncurkan Windows Me. perusahaan pengembang software berbasis Linux dibeli begitu juga halnya dengan SuSE yang diakuisisi oleh Novell. seperti BlankOn 1.0 dan IGOS Nusantara. Nantinya ada beberapa distro lokal yang dibuat berbasiskan Fedora. oleh Sun • OS Lokal : OS buatan anak negeri berbasis Linux mulai bermunculan. yaitu Ubuntu (berbasis Gnome). pada Linux dengan menginvestasikan $ 1 milyar untuk 2001 • • Windows XP : Microsoft memperkenalkan Windows XP. pendiri MP3. . memulai pengembangan Lindows yang diturunkan dari Debian. Di lain pihak. Ada beberapa versi distro yang dikeluarkan. Lindows: Michael Robertson. 2002 • Open Office : Program perkantoran berbasis Open Source diluncurkan Microsystem. 2004 • Ubuntu : Versi pertama Ubuntu diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Kubuntu (berbasis KDE). 2003 • • Windows 2003 : Microsoft meluncurkan Windows Server 2003.com. Nantinya Lindows berganti nama menjadi Linspire karena adanya tuntutan perubahan nama oleh Microsoft. kernel yang • • • • Windows 2000: Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT. WinBI. diantaranya Trustix Merdeka.

yaitu versi 3D OS untuk pengguna umum serta versi distro warnet Linux dan game center Linux. yang diturunkan dari distro lokal PC LINUX dari keluarga PCLinuxOS (varian Mandriva). dan Flip 3D. bahkan Majalah CHIP yang lebih banyak memberikan pembahasan tentang Windows juga tidak ketinggalan membuat distro Linux dengan nama CHIPLux. Era hadirnya teknologi 3D Desktop di Indonesia ditandai dengan hadirnya sistem operasi 3D OS yang dikembangkan oleh PC LINUX. SideBar.2005 • Mandriva : Mandrake bergabung dengan Conectiva dan berganti nama menjadi Mandriva. 2008 • 3D OS : Tidak seperti halnya Vista yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi. 3D Desktop di Linux muncul dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan. . • 2007 • Vista : Setelah tertunda untuk beberapa lama. 2006 • Unbreakable Linux : Oracle ikut membuat distro berbasis Linux yang diturunkan dari Red Hat Enterprise. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass. Ada beberapa versi yang disediakan. CHIPLux merupakan distro lokal pertama yang didistribusikan dalam format DVD. Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista. CHIPLux : Distro lokal terus bermunculan di tahun ini.

IBM System/360. dan spooling. yaitu pekerjaan dikumpulkan kedalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan. yaitu : a. Contoh dari sistem ini adalah sistem operasi ini adalah Windows. b. Generasi Kedua ( 1955 – 1965 ) Penggunaan Batch Processing System.Generasi Pertama(1945–1955) Belum memiliki sistem operasi dan lebih mengarah kepada perhitungan numerik dalam mekanisme menjalankan sistem komputer. network operating system dan distributed operating system. c. multiuser. Linux. Generasi Keempat ( 1980 – … ) Adanya penambahan fungsi real-time application. BAGIAN III Didalam perkembangan sistem operasi. MacOs. d. . Generasi Ketiga ( 1965 – 1980 ) Penggunaan multiprogramming. Contoh dari sistem operasi ini adalah FMS ( Fortran Monitoring System ) dan IBSYS. Contoh dari sistem operasi ini adalah sistem operasi ini adalah UNIX. dibagi menjadi empat generasi. time sharing.

1 Diluncurkan pada bulan maret 1985 Kelebihan DOS ini adanya dukungan terhadap system network computer.2 megabyte dan pemakaian RAMDisk (VDISK) dengan menggunakan extended memory yang tidak dapat dipakai langsung oleh DOS versi ini. DOS 3. 6. Versi mampu memanfaatkan disk drive dengan ukuran 3. baik disket maupun harddisk Sistem operasi PC DOS ( Personnal Computer Disk Operating System) ini ditujukan untuk pemakaian mikrokomputer IBM (IBM PC). Kemunculan versi ini dihubungkan dengan kemunculan IBM PC. tim Petterson membuat opearting system membuat operating system untuk Seatle Computer Product yang membutuhkan S-100 system dengan mempergunakan INTEL 8086. DOS Sistem Operasi DOS adalah DOS (Disk Operating System ) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan system operasi. 5.JENIS SISTEM OPERASI I.2 dikeluarkan bersamaan dengan diluncurkannya computer laptop.05 yang merupakan DOS yang dikeluarkan untuk mendukung computer baru waktu itu yang disebut computer AT (advanced Technology). DOS 1. 2. Karena versi mempunyai beberapa kesalahan program maka diperbaiki dengan versi 2.0 Yang dimaksud dengan DOS 3.3 . Versi ini mendukung pemakaian disk drive dengan kapasitas 1. Beberapa produk DOS sampai saat ini adalah : 1. DOS 3. Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk.0 adalah PC-DOS 3. DOS 2.5 inci ukuran 720 kilobyte yang biasanya dipakai pada computer laptop.10 3. DOS 3. 4.0 dan MS-DOS 3.0 Versi ini merupakan versi DOS paling awal. Yang pada mulanya di tahun 1980. QDOS dikembangkan dan diberi nama 86-DOS (DOS untuk 8086). Pada akhir tahun 1980. BAGIAN IV JENIS.0 Dikeluarkan pada bulan maret 1983 bersama munculnya IBM PC/XT.2 PC DOS 3. Versi ini sangat sederhana dan kemampuannya terbatas. DOS 3. Operating system tersebut dinamakan QDOS (Quick and Dirty Operating System ).Versi ini tidak dipaka lagi karena tidak dapat lagi mendukung perkembangan software yang ada.

artinya semaikin banyak produk software yang mendukung sistem operasi ini. 5. 9. Pemakaian sistem operasi ini pada awalnya tidak terlalu menarik .0.IBM pada tahun 1987 mengeluarkan versi DOS 3.0 Mempunyai 3 versi DOS yaitu PC-DOS 4. UNDELETTE dan UNFORMAT.01. karena DOS ini banyak kesalhan maka dikeluatkan PC-DOS 4.0 mempunyai fasilitas Shell dari DOS untuk mengontrol kerja computer dengan system menu. Dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan mengunakan modem 7. Beberapa keunggulan windows : 1. Kemudahan proses artinya dengan memakai sistem operasi ini suatu data dapat dipakai bersama dan dapat dipindahkan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah. Semulanya sistem operasi windows ini diperkenalkan dengan nama Interface Manager. Tampilan grafik yang lebih menarik karena berbasiskan Graphical User interface (GUI) 2. Windows Sistem operasi windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985.0 Diluncurkan pada bulan maret 1993. II.01 dan MS-DOS 4.0 pada bulan mei 1990.3 yang ditambahkan dari DOS sebelumnya adalah kemampuan memakai harddisk sebanyak 32 megabyte per logical drive (1 drive logika) 7. Adanya standarisasi proses artinya pemakai akan lebih mudah menggunakannya tanpa perlu menghafal. Ini terjadi hingga diperkenalkan sistem operasi windows versi 3. DOS 5. Ditambahkan beberapa utility baru dan penambahan perintah-perintah konfigurasi system dan batch file. PC DOS 4. fasilitas multithreading dan pre-emptive multitasking sehingga kinerja multitasking lebih reponsif. Didukung oleh standar industri Plug and Playyang dapat membantu guna menghindari kesulitan pada saat menambah perangkat keras baru. Dengan fasilitas ini beberapa program dapat dijalankan secara bersamaan 6.3 Kemampuan DOS 3.0 merupakan versi pertama yang dikeluarkan pada bulan juli 1988. DOS 6. 8. Investasi yang menarik. DOS 4.01. . 4. 3. PC-DOS 4.0 Diluncurkan pada tahun 1991 dengan fasilitas baru seperti MIRROR. Versi DOS 4.

51 ( NT/Networking) 98 4.Berikut dapat dilihat pekembangan windows Windows versi 2.0 3. UNIX UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin.0 server me 2000 profesional 2000 server XP XP profesional 32 bit 64 bit V.0 Windows versi 3.0 workstation 4. Berbagai versi UNIX Nama AIX Vendor IBM .11 ( windows for workgroup) 95 3.1 3. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.

Konsol Terminal lokal Terminal jarak jauh Piranti yang terdiri dari layar dan keyboard yang dipakai oleh manajer system administrator system untuk mengontrol operasi sistem . 3. Portabilitas Sistem UNIX mudah diadaptasikan ke system komputer yang lain 2. SCO. Inc SCO / Microsoft CALIFORNIA Beberapa sifat dan keistimewaan UNIX : 1. Multitasking Kemampuan system operasi yang memungkinkan seseorang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat yang bersamaan 4. Sistem File Hirarkikal Pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses Kelemahan system UNIX 1. dll. memory yang digunakan besar Struktur Perangkat Keras server modem modem printer Keterangan : konsol 1. Visualisasinya tidak menarik 2. Sun Microsystem VenturaCom. Multiuser Sejumlah pemakai (user) dapat menggunakan istem secara bersamaan dan berbagi sumber seperti penggunaa printer. disk.A/UX BSD DG/UX HP/UX MS/UX PC/IX SCO UNIX SINIX ULTRIX UNICOS UNIX VENIX XENIX UNIXWARE Apple (Macintosh) University of California Data General Hawlette-Packard NEC Interactive System Corporation SCO Siemens DEC Cray Research AT&T.

Kernel Inti dari system UNIX yang mengontrol perangkat keras dan melaksanakan berbagai fungsi level rendah. program aplikasi. terminal Piranti yang terdiri dari layar dan keyboard yang biasa digunakan oleh penakai untuk berinteraksi dengan system 3. Ada tiga macam Shell yang terkenal yaitu : Nama Shell Bourne Shell C Shell Korn Shell 3.2. Jalur Komunikasi Piranti yang biasa digunakan untuk menghubungkan terminal jarak jauh ke system UNIX 4. Modem Piranti untuk mengubah sinyal digital (komputer) menjadi sinyal analog (telepon) dan sebaliknya 5. Utilitas Program yang disediakan system UNIX untuk melaksanakan tugas tertentu. Fungsi yang dilaksanakan seperti : 2. seperti : Nama Program Sh / $ Csh / % Ksh / $ / # Pencipta Stephen R Bourne Bill Joy David G Korn tanggal dan jam system manajemen file dan penanganan security operasi input/output manajemen memori penganganan kesalahan dan interupso . Shell Penterjemah pada system UNIX yang merupakan jembatan antara pemakai dan system UNIX. Struktur Perangkat Lunak Utilitas Aplikasi S H E L L K E R N E L Keterangan : 1. memory dll. Server Piranti yang merupakan otak dari system yang berisi system UNIX.

Masuk Ke Sistem UNIX Proses untuk masuk ke system UNIX biasa disebut LOGIN atau LOGGING IN atau SIGN ON. Program Aplikasi Program – program yang dibuat oleh pemakai untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.- manajmen file dan directory penyuntingan file penunjang komunikasi dan jaringan administrasi system penganalisis unjuk kerja system untuk keperluan backup dan restore 4. . Proses ini diawali dengan tampilan prompt login seperti : login : Berikutnya system UNIX akan menanyakan password : Contoh : login : ahmad <enter> password : wait for login retry : login : catatan : hubungi administrator system jika password lupa Keluar dari Sistem Proses untuk keluar dari system UNIX biasa diesebut LOGOUT atau LOGGING OUT Berikut table logging out berdasarkan shell : Shell Bourne / korn shell C shell Perintah .exit <ctrl-D> logout <ctrl-D> (tidak tampak paa saat diketik) login incorrect (tampil jika password salah)  BAGIAN V Microsoft Windows Keunggulan 1 GUI yang familiar 2 Dukungan driver yang lebih banyak MS Windows memiliki dukungan driver hardware yang lebih banyak dibandingkan Linux.

server Internet. UNIX UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. 4. Berkeley. Pada MS Windows (kecuali MS Windows 2000 yang lebih baik dibandingkan Win 9. baik Server maupun Client • . Driver hardware yang kurang menyenangkan pada versi “hampir” gratisnya. pada MS Windows 9. hampir tidak memiliki sistem keamanan yang dapat membuat komputer Anda aman dari tangan-tangan jahil. Stabilitas yaitu stabil digunakan sebagai apa saja. Intranet. maka kemungkinan besar akan terjadi ngadat. Rentan virus dan hacking banyak virus komputer yang menyerang sistem operasi ini 3. Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT. karena hal ini pekerjaan Anda akan terganggu. Internet-client pengembangan Java. 2. Sedikit software untuk kantor. yang terkadang harus di-configure terlebih dahulu dan Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows kelemahan windows 1 Harga yang mahal Anda harus mengeluarkan uang sekitar $100 atau lebih untuk membeli sistem operasi MS Windows. Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable. Keuntungan : Sistem file stabil untuk database.x/Me) semakin banyak aplikasi yang Anda instal. file-server.3 Banyak aplikasi berbasis MS Windows lebih mudah untuk menginstal aplikasi pada MS Windows dibandingkan pada Linux. multitasking dan multi-user.x/Me. Linux Kelebihan • • • Linux adalah sistem yang Open Source Freeware yaitu software yang bersifat free tanpa ada tuntutan dari hak cipta Minimal hardware yaitu tidak begitu membutuhkan hardware yang terlalu besar kapasitasnya maupun biayanya. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California. Kelemahan : Harga sistem operasi komersial yang mahal. Tidak ada sistem keamanan yang tangguh Kecuali MS Windows 2000 dan XP. Kecepatan inovasi Linux lama kelamaan mendesak sistem Unix komersial. Penawaran sistem operasi Unix versi “hampir” gratis tak sebaik sistem operasi Unix komersial.

maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya. Bila tidak. sehingga diperlikan trik tersendiri untuk menggunakannya. Instalasi software di Linux. • . Multitasking memungkinkan mengakses data secara bersamaan tanpa terjadinya hang pada komputer. Pemanfaatan memory secara optimal dengan membuat virtual memory Login User tanpa batas Mendukung 34 madan Akses Sistem File yang berbeda Menyediakan Emulator Partition Mounting yaitu dapat membagi partisi seperti MS Windows Linux dilengkapi juga dengan Proxy Server Local yang biasa digunakan oleh ISP dan juga kampus-kampus di seluruh dunia Dapat digunakan sebagai Web Server Dapat digunakan sebagai FTP Server Dilengkapi dengan Firewall Shell Programmable menyediakan semua Program dan aplikasi networking yang di butuhkan dalan satu CD • • • • • • • • • • • • • • • • • kelemahan • Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows sehingga perlu waktu dan tenaga untuk belajar menggunakannya. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belum bisa secara menyeluruh. Format File-nya sangat berbeda dengan MS Windows • • • Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Sulit bagi pengguna awam untuk beradaptasi Anda telah menggunakan MS Windows sejak tahun 1995 hingga kini? Maka Anda akan mengalami kesulitan saat mengoperasikan Linux. Hak Akses. Sistem yang digunakan dapat berjalan seperti biasanya. Kebal virus tidak terserang virus apapun seperti yang terjadi pada Windows Dapat menggunakan TCP/IP Mendukung File System 32 Bit Multi User dapat menggunakan User yang sama berulang kali tanpa harus menutup sesi yang sebelumnya di buka. akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. File System. .• Shared Libraries tidak merusak sistem lainnya jika di install dengan versi yang lainnya. Hirarki File.

• Tujuan dari mata kuliah Sistem Operasi ini adalah agar mahasiswa mengetahui dasar-dasar sistem operasi. termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. OS ini mengontrol penyimpanan data. XENIX.PENUTUP Definisi Sistem Operasi • Sistem Operasi adalah software (piranti lunak) yang berfungsi mengendalikan dari system Hardware (piranti keras). X atau U. VENIX. Perangkat lunak sistem yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan penggunaan komputer ke pemakai. • Beberapa Sistem Operasi Sebagian besar sistem operasi berbasis UNIX tidak menggunakan nama UNIX. umumnya namanama yang digunakan mengandung UX. • • Sistem operasi merupakan salah satu komponen utama dari sebuah "sistem komputer". dan Coherent diterapkan pada PC. input. IX. Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem. Selain itu agar mahasiswa dapat mengatahui fitur-fitur yang ada dalam suatu sistem operasi. Beberapa diantaranya seperti PC/IX. Dalam saat menjalankan tugasnya OS ini memiliki tugas utamanya (OS Task) dan Sasarannya (OS Target). output dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. system operasi dilengkapi dengan kernel-kernel sebagai penggerak untuk hardware nya. • Disingkat dengan OS. . seperti yang ditujukan pada tabel berikut. apa yang dilakukan dan bagaimana cara melakukan desain dan mengembangkan sistem operasi. Dalam Ilmu komputer. kegunaan sistem operasi bagi user serta apa yang dilakukan sistem operasi pada operator komputer. Sistem Operasi. Minix.

google.www.com -www.com -Abdulkadirsyam.DAFTAR PUSTAKA .com .wordpress.blogspot.www.com -http://aj3nk.blogspot.com/ -pclinux.wordpress.id -http://moekhlispost.ilmukomputer.web.com .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful