P. 1
korupsi

korupsi

|Views: 108|Likes:
Published by Muhamadalibasya

More info:

Published by: Muhamadalibasya on Mar 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

KORUPSI

Oleh : M Alibasya 8a

arahan. untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya sampaikan : y y y Dr. Ir. Budi Rahardjo. Bandung.Dalam makalah ini kami membahas korupsi . koreksi dan saran. Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman masalah korupsi security yang sangat diperlukan dalam suatu harapan mendapatkan keamanan dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama yang menggunakan internet dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Jaringan Keamanan informasi Dalam proses pendalaman materi security ini. Istri dan anakku yang ditinggalkan demi Negeriku kami Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat.KATA PENGANTAR Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah. terlebih yang secara pribadi e -mailnya bergabung dengan mailing list group. karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. suatu permasalahan yang dilakukan orang untuk menyalahgunakan kewenangan oleh oknum. tentunya kami mendapatkan bimbingan. Informasi korupsi dialami bagi masyarakat dapat diperoleh dengan menggunakan e-mail utuk mengakses suatu informasi melalui internet. 16 Oktober 2003 Penyusun 2 . selaku dosen mata kuliah Keamanan Jaringan informasi Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.

.. ........................................... 7 kasus korupsi di indonesia. ...................DAFTAR ISI Pengertian Korupsi................................ ... analisis / bentuk Pemecahan........................ 3 ................................................. 6 ........................................... 4 Kondisi yang mendukung adanya korupsi .................... ..................kesejahteraan umum negara......................................................................... 5 Dampak negatif ..................................... ..................................................................................................................... 6 ................................................................................................................................................................................................................................................................ ................ Komentar pribadi. 8 rangkuman artikel.............. ........................................ .................... ................. 11 bentuk upaya anti korupsi.............demokrasi..................................ekonomi............................

memperkaya diri sendiri. sampai dengan korupsi berat yang diresmikan. menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara). kesempatan . korupsi adalah perilaku pejabat publik. dan prostitusi. atau korporasi. Semua bentuk pemerintah|pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya.KORUPSI Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk. memutarbalik. merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Secara harfiah. rusak. Korupsi yang muncul di bidang politik dan birokrasi bisa berbentuk sepele atau berat. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi. Dari sudut pandang hukum. Selain itu terdapat beberapa jenis tindak pidana korupsi yang lain. dimana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali. yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya. Walau korupsi sering memudahkan kegiatan kriminal seperti penjualan narkotika. korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. 4 . tindak pidana korupsi secara garis besar mencakup unsur-unsur sebagai berikut:     perbuatan melawan hukum. Untuk mempelajari masalah ini dan membuat solusinya. menyogok). penggelapan dalam jabatan. dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. penyalahgunaan kewenangan. Beratnya korupsi berbeda -beda. menggoyahkan. ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara). dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan. dan sebagainya. sangat penting untuk membedakan antara korupsi dan kriminalitas/kejahatan. korupsi itu sendiri tidak terbatas dalam hal-hal ini saja. pemerasan dalam jabatan. Dalam arti yang luas. terorganisasi atau tidak. yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri. atau sarana. orang lain. baik politikus/po litisi maupun pegawai negeri. pencucian uang. di antaranya:      memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan).

Gaji pegawai pemerintah yang sangat kecil. Proyek yang melibatkan uang rakyat dalam jumlah besar. Ketidakadaannya kontrol yang cukup untuk mencegah penyuapan atau "sumbangan kampanye". Kondisi yang mendukung munculnya korupsi  Konsentrasi kekuasan di pengambil keputusan yang tidak bertanggung jawab langsung kepada rakyat. Rakyat yang cuek.   Kurangnya transparansi di pengambilan keputusan pemerintah Kampanye-kampanye politik yang mahal.         5 . tidak tertarik. Sebagai contoh. ada perbedaan antara yang dianggap korupsi atau tidak . atau mudah dibohongi yang gagal memberikan perhatian yang cukup ke pemilihan umum. Lemahnya profesi hukum. Lemahnya ketertiban hukum. seperti yang sering terlihat di rezim -rezim yang bukan demokratik. Lingkungan tertutup yang mementingkan diri sendiri dan jaringan "teman lama". dengan pengeluaran lebih besar dari pendanaan politik yang normal. Kurangnya kebebasan berpendapat atau kebebasan media massa. pendanaan partai politik ada yang legal di satu tempat namun ada juga yang tidak legal di tempat lain.Tergantung dari negaranya atau wilayah hukumnya.

Dampak negatif Demokrasi Korupsi menunjukan tantangan serius terhadap pembangunan. Di dalam dunia politik. korupsi mempersulit legitimasi pemerintahan dan nilai demokrasi seperti kepercayaan dan toleransi. dan risiko pe mbatalan perjanjian atau 6 . Ekonomi Korupsi juga mempersulit pembangunan ekonomi dan mengurangi kualitas pelayanan pemerintahan. dan korupsi di pemerintahan publik menghasilkan ketidak-seimbangan dalam pelayanan masyarakat. penyedotan sumber daya. Pada saat yang bersamaan. Korupsi juga mempersulit pembangunan ekonomi dengan membuat distorsi dan ketidak efisienan yang tinggi. korupsi meningkatkan ongkos niaga karena kerugian dari pembayaran ilegal. korupsi mengkikis kemampuan institusi dari pemerintah. ongkos manajemen dalam negosiasi dengan pejabat korup. Secara umum. korupsi mempersulit demokrasi dan tata pemerintahan yang baik (good governance) dengan cara menghancurkan proses formal. Dalam sektor privat. korupsi di sistem pengadilan menghentikan ketertiban hukum. Korupsi di pemilihan umum dan di badan legislatif mengurangi akuntabilitas dan perwakilan di pembentukan kebijaksanaan. karena pengabaian prosedur. dan pejaba t diangkat atau dinaikan jabatan bukan karena prestasi.

Korupsi politis berarti kebijaksanaan pemerintah sering menguntungkan pemberi sogok. atau aturan-aturan lain.karena penyelidikan. dan memberikan ancaman besar bagi warga negaranya. Kesejahteraan umum negara Korupsi politis ada di bany ak negara. Satu contoh lagi adalah bagaimana politikus membuat peraturan yang melindungi perusahaan besar. konsensus yang baru muncul berkesimpulan bahwa ketersediaan sogokan menyebabkan pejabat untuk membuat aturan-aturan baru dan hambatan baru. Korupsi juga mengurangi pemenuhan syarat -syarat keamanan bangunan. Dimana korupsi menyebabkan inflasi ongkos niaga. dan menambahkan tekanan -tekanan terhadap anggaran pemerintah. Korupsi menimbulkan distorsi (kekacauan) di dalam sektor publik dengan mengalihkan investasi publik ke proyek -proyek masyarakat yang mana sogokan dan upah tersedia lebih banyak. namun merugikan perusahaan -perusahaan kecil (SME). Walaupun ada yang menyatakan bahwa korupsi mengurangi ongkos (niaga) dengan mempermudah birokrasi. korupsi juga mengacaukan "lapangan perniagaan". yang akhirnya menghasilkan lebih banyak kekacauan. Pejabat mungkin menambah kompleksitas proyek masyarakat untuk menyembunyikan praktek korupsi. bukannya rakyat luas. Politikuspolitikus "pro-bisnis" ini hanya mengembalikan pertolongan kepada perusahaan besar yang memberikan sumbangan besar kepada kamp anye pemilu mereka. Korupsi juga mengurangi kualitas pelayanan pemerintahan dan infrastruktur. Perusahaan yang memiliki koneksi dilindungi dari persaingan dan sebagai hasilnya mempertahankan perusahaan -perusahaan yang tidak efisien. 7 . lingkungan hidup.

Maman Sumantri. Persetujuan yang diambil dalam rapat dewan gubernur (RDG) itu juga dihadiri para bekas anggota dewan gubernur lainnya. Hari ini Pengadilan Tipikor menghukum bekas Gub ernur BI Burhanuddin Abdullah 5 tahun penjara. ide awal menyetujui penggunaan dana YPPI Rp 100 miliar untuk kepentingan BI disampaikan Aulia Pohan. Besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini diduga terlibat k orupsi yang merugikan negara Rp 100 miliar.KASUS KORUPSI DI INDONESIA Aulia Pohan (lahir di Kota Palembang.  Jabatan terakhir adalah sebagai Kepala Urusan Penelitian dan Pengembangan Intern. Taslim Tajuddin.  Pada tanggal 17 Mei 1999. pihaknya sudah mengirimkan surat pemanggilan terhadap para tersangka untuk menjalani pemeriksaan pada 3 November. Berdasarkan fakta sidang. Sumatera Selatan. dan Bun Bunan Hutapea sebagai tersangka. Selain Aulia Pohan." kata Ketua KPK Antasari Azhar. umur 65 tahun) adalah mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia. Maman Sumantri. dan Bun Bunan Hutapea (ketiganya bekas Deputi Gubernur BI). ia diangkat menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia. KPK juga menetapkan status tersangka terhadap Taslim Tajuddin. (E1) 8 . Menurut Antasari. Dia dinyatakan bersalah menyetujui pengucuran dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia bersama -sama anggota dewan gubernur lainnya. Antasari mengaku masih melakukan penelitian soal penetapan status Ketua Ba dan Pemeriksa Keuangan Anwar Nasution yang saat korupsi BI terjadi menjabat sebagai anggota dewan gubernur. Karier  1971 : pegawai Bank Indonesia di Urusan 1979 : staf Gubernur Bank Indonesia Urusan Pengawasan dan Pembinaan Bank -bank  Ekonomi dan Statistik dan sebagai Associate Representative di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo. 11 September 1945. KPK akan meminta pertanggungjawaban pihak mana pun yang terlibat korupsi ini. Penetapan tersangka didasarkan pada hasil penyidikan dan fakta sidang korupsi BI yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Pada saat ia menjabat sebagai Gubernur bank indonesia ia melakukan sebuah korupsi. Menurut dia. Lalu Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan bekas Deputi Gubernur BI Aulia Pohan sebagai tersangka korupsi aliran dana Bank Indonesia. "KPK telah tetapkan Aulia Pohan. Ia juga aktif sebagai pengajar di b erbagai lembaga dan Universitas. Besok KPK mulai memeriksa sejumlah saksi yang terkait dengan 4 tersangka tersebut.

. Eddy OS Hiariej. "Itu jelas koruptor. Dengan adanya putusan yang berkekuatan hukum tetap (incracht).Meski sudah divonis bersalah oleh pengadilan. Yusril pun ikut -ikutan mendukung. Aulia juga dikenai denda Rp 200 juta. membacakan putusan majelis hakim. Aulia jelas -jelas telah dinyatakan bersalah oleh hukum di negeri ini. Lain halnya dengan Ruhut. hukuman Aulia dikurangi oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menjadi 4 tahun. MA mengurangi hukuman Aulia Pohan dari 4 tahun menjadi 3 tahun penjara. Padahal lembaga peradilan paling tinggi di negeri ini. Ruhut pun meminta masyarakat agar menghormati Aulia karena besan orang nomor satu di negeri ini. Aulia. Menurut Eddy. proses hukum telah dilalui Aulia. Tersangka korupsi kasus Sisminbakum ini mempertanyakan dana yayasan apa bisa di sebut sebagai uang negara. "Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.5 tahun Selang tiga bulan kemudian. Mahkamah Agung." kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA Nurhadi. Di tingkat terakhir. sudah memutuskan Aulia terlibat dalam kasus aliran dana BI. Aulia juga tidak melakukan perlawanan secara hukum lainnya. "Dia sudah terbukti bersalah karena berkekuatan hukum tetap." kata Eddy saat dihubungi . Auli a adalah orang yang terjebak dalam kebijakan. Ketua DPR Marzuki Alie. Ketua DPP Partai Demokrat Ruhut Sitompul serta pakar hukum tata negara Yusril I zha Mahendra adalah kelompok yang memandang Aulia bukan koruptor. 9 . Aulia divonis oleh Pengadilan Tipikor 17 Juni 2009 silam dengan hukuman 4 . dinilai Marzuki." tandasnya. Namun tiga pendapat itu semua bantah oleh pakar hukum pidana dari Universitas Gadjah Mada. sudah ada vonisnya. bagi sejumlah orang. hanya mengambil kebijakan saja tanpa pernah menikmati duit tersebut. Hingga tingkat terakhir pun. Aulia Pohan bukanlah seorang koruptor. Menurut Marzuki. Menurutnya. Aulia hanya terkena pasal ikut serta.

"Aulia bukan koruptor. 1 0 ." kata Marzuki lagi. Sebelumnya. "Bagi KPK.. bahwa Aulia Tantowi Pohan bukanlah seorang koruptor." kata Juru Bicara KPK. Marzuki Alie. Padahal Aulia tidak ambil serupiah pun dari kasus yang menjeratnya. Majelis kasasi beralasan Aulia terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam kasus itu. sementara dia cuma ikut membuat kebijakan. Dia bersama dengan tiga terpidana korupsi aliran dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI) BI menerima pengurangan hukuman selama tiga bulan. Dan pada peringatan HUT RI.Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) enggan menanggapi mengenai pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat dan Ketua Dewan Perwa kilan Rakyat (DPR). Aulia Pohan memperoleh remisi selama tiga bulan." ujar Marzuki. Pembebasan bersyarat itu diterima terpidana korupsi aliran dana BI itu setelah menjalani dua pertiga masa tahanan. Koruptor itu kan makan uang negara. tapi ia ikut kena pasal. Johan Budi SP. Mahkamah Agung telah mengurangi hukuman Aulia Pohan dari empat tahun menjadi tiga tahun penjara. Dia meminta semua pihak untuk melihat kasus Aulia secara komprehensif. Aulia Pohan ditahan sejak 27 November 2008. "Orang korupsi kan harusnya untuk kepentingan pribadi. Selasa. Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Aulia Pohan menerima remisi pada saat peringatan Ulang Tahun RI ke -65. tidak hanya sepotong -sepotong. Aulia Tantowi Pohan setelah menerima remisi tiga bulan langsung dapat menghirup udara bebas mulai 18 Agustus 2010. Aulia Pohan sudah melalui proses hukum dan KPK menuntut dia dengan Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Mahkamah menilai Aulia terbukti melanggar ketentuan dalam Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang mengatur mengenai penyalahgunaan kewenangan sehingga menyebabkan terjadinya korupsi. Marzuki Alie menyatakan Aulia yang juga merupakan besan Presiden SBY tak layak disebut koruptor. 24 Agustus 2010.

Pembebasan bersyarat itu diterima terpidana korupsi aliran dana BI itu setelah menjalani dua pertiga masa tahanan. Dan pada peringatan HUT RI. hukuman Aulia dikurangi oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menjadi 4 tahun. Aulia Pohan ditahan sejak 27 November 2008.RANGKUMAN ARTIKEL Aulia pohan sebagai besan presiden SBY yang menjabat sebagai Gubernur bank Indonesia pada tanggal 17 mei 1999 diduga terlibat korupsi dengan merugikan negara sebesar 100 miliar.5 tahun Selang tiga bulan kemudian. Aulia Pohan memperoleh remisi selama tiga bulan. 1 1 . Aulia divonis oleh Pengadilan Tipikor 17 Juni 200 9 silam dengan hukuman 4. Di tingkat terakhir. MA mengurangi hukuman Aulia Pohan dari 4 tahun menjadi 3 tahun penjara. Aulia Tantowi Pohan setelah menerima remisi tiga bulan langsung dapat menghirup udara bebas mulai 18 Agustus 2010. Aulia juga dikenai denda Rp 200 juta.

com/vhr-news/berita.html 1 2 .vhrmedia.com/doc/6952990/Kumpulan-UndangUndang-Korupsi http://www.vivanews.vivanews.com/read/2010/08/24/061730/1426329/10/sudah -divonis-bersalahaulia-pohan-jelas-koruptor http://wap.SUMBER http://www.com/news/read/172293-aulia-pohan-bebas-bersyarat-sejak-18agustus http://www.scribd.detiknews.Aulia-Pohan-Tersangka-Korupsi-BI--2721.com/news/read/172941-kpk--aulia-pohan-dijerat-uu-korupsi http://korupsi.

1 3 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->