UPANISAD

Jumlah Upanisad. Setelah Veda maka terdapat kitab-kitab Brahmana dan kitab-kitab Upanisad sebagai kitab-kitab suci agama Hindu.Kitab-kitab Brahmana dan kitab-kitab Upanisad merupakan bagian-bagian kitab suci Veda.Masing-masing Veda mempunyai kitab-kitab Brahmana dan Upanisad sendirisendiri. Salah satu kitab Brahmana yang terkenal ialah Satapatha Brahmana yang masuk bagian kitab Yajur Veda.Kitab ini diperkirakan orang mulai ada sekitar 1000 tahun sebelum Masehi dan merupakan buku pedoman untuk mengadakan upacara.Pada dasarnya kitab ini menguraikan sistem upacara sampai sekecil-kecilnya sehingga dengan demikian lebih banyak berkaitan dengan bentuk luar pelaksanaan hidup beragama dibandingkan dengan hidup kerohanian. Kitab-kitab Upanisad diperkirakan muncul setelah kitab-kitab Brahmana yaitu sekitar 800 tahun sebelum Masehi. Jumlahnya amat banyak, lebih dari 200 judul, namun Muktika Upanisad menerangkan jumlahnya 108 buah dan banyak di antaranya berasal dari jaman yang tidak terlalu tua. Upanisad-Upanisad tua dan penting ialah:
y y y y y y y y y y y y y

Isa Upanisad Kena Upanisad Katha Upanisad Prasna Upanisad Mundaka Upanisad Mandukya Upanisad Taittiriya Upanisad Aitareya Upanisad Chandogya Upanisad Brhadaranyaka Upanisad Kausitaki Upanisad Maitrayaniya Upanisad dan .... Svetasvatara Upanisad.

Kata Upanisad artinya duduk di bawah dekat guru.Kata ini erat hubungannya dengan sakhas yaitu kelompok orang yang mempelajari Veda.Pada sakhas itu duduk beberapa murid terpilih (dipilih berdasarkan kesetiannya pada guru dan kejujurannya) di bawah mengelilingi seorang guru.Apa-apa yang diajarkan oleh guru tersebut kemudian dikumpulkan menjadi kitab Upanisad.Karena sakhas itu banyak maka Upanisad itupun banyak pula jumlahnya.Dari sakhas yang banyak jumlahnya itu sebagian besar lenyap dalam perjalanan jaman, dan untuk masingmasing Veda tinggal memiliki beberapa sakhas dan Upanisad yang penting-penting saja. No 1 Upanishad Rg Veda
y y

Sakhas Aitareyin

Aitareya Upanisad Kausitaki Upanisad

Kausitakin

Kazzuya Putra

Apakah yang menutupi dan di mana? Airkah di sana. Kazzuya Putra . bentuk. Waktu itu tidak ada dunia. Mantram Nasad asin no sad asit tadanim nisid rajo a. 129. Terjemahan: Pada waktu itu tidak ada yang bukan ada maupun yang ada. Di luar Dia tidak ada apapun juga. dan malam. I I. no vyama paro yat. Kutipan: Rsi Paramesti : dewata Bhavasrattam. air yang tak terduga dalamnya? Waktu itu tidak ada kematian. Pada mula pertama kegelapan ditutupi oleh Tama asit tamasa gulham agre praketam kegelapan. praketah. Yang Esa bernfas tanpa nafas menurut kekuatannya sendiri. Tidak ada tanda yang menandakan siang. tidak ada langit pun pula tidak ada yang di atas itu.UPANISAD 2 Sama Veda Tandin y y Chandogya Upanisad Kena Upanisad Yaiminiya 3 Yajur Veda y y y y Taittiriya Upanisad Svetasvatara Upanisad Brhadaranyaka Upanisad Isa Upanisad Taittiriyaka Vajasaneyin 4 Atharva Veda y y y y Mundaka Upanisad Prasna Upanisad Mandukya Upanisad Narayana Upanisad Ajaran KeTuhanan Dalam Upanisad Benih ajaran Upanisad adalah ajaran Veda Dalam Nasadiya Sukta yaitu salah satu bagian Veda yang terkenal dikatakan yang ada hanya Tuhan dan di luar Dia tidak ada apa-apa lagi. kim avarivah kuha kasya sarman kim asid gahanam gabhiram. Semua yang ada ini adalah salilam sarvam a idam tuchyenabhv ketakterbatasan yang tak dapat dibedakan. matrik Tristubh X. Dengan tenaga panas yang luar biasa lahirlah kesatuan yang kosong. Yang c. pun pula tidak ada kehidupan. apihitam ada waktu itu hanyalah kekosongan dan yang tanpa yad asit tapasas tan mahina jayataikam. anid avatam svadhaya tad ekam tasmad dhanyan na parah kim canasa. Na mrtyur asid amrtam na ratrya alma asit b.

mendukung. adalah benih rendah. Dalam hubungan ini dapat kita ambil bagian Chandogya Upanisad III. maka pemikiran pokok dari semua ajaran filsafat Upanisad dapat kita nyatakan dengan persamaan yang sederhana. Para Rsi setelah retah prathaman yad asit. timbulnya ? asya visarjanenatha ko veda yata Dewa-dewa ada setelah penjadian ini. yang mencipta. rethoda apakah ia di bawah atau di atas. bukan ada. Kemudian siapakah yang tahu.UPANISAD Pada awalmulanya. setelah itu. Tad ekam yaitu Yang Esa sama dengan Brahman atau Atman dalam Upanisad. arvag deva f. Apabila untuk tujuan ini kita berpegang teguh pada perbedaan Brahman sebagai azas alam semesta dengan atman sebagai azas rohani. yadi va na. Dia yang g. ababhuva. mengetahui. sato bandhum d. yo asyadhyaksah parame mengawasi alam ini berada di langit yang tertinggi. Siapakah yang sungguh-sungguh mengetahui ? Siapakah di dunia ini dapat menerangkannya ? Ko addha veda ka iha pra vocat kuta Dan manakah penjadian ini.: Brahman = Atman Brahman. Beberapa menjadi e. vyoman sesungguhnya ia mengetahui atau barangkali tidak so anga veda yadi va na veda. pemakan adalah benih unggul. dan atman sejauh ia dikenal sebagai pribadi dalam diri manusia. yang lain amat hebat. timbulah keinginan Kamas tad agre sam avartatadhi manaso yang merupakan benih semangat. memelihara dan menerima kembali seluruh alam semesta ini Kazzuya Putra . meditasi dalam hatinya menemukan dengan asati nir avin dan hrdi pratisya kavayo kearifannya hubungan antara yang ada dan yang manisa. dan manakah ajata kuta iyam visrstih. apakah ia melintang. Tirascino vitato rasmir esam adhah Sinarnya terentang ke luar. 3 Upanisad yang sama : Mantram Terjemahan: esa ma atma antar hrdaye Brahman adalah atman dalam diri kita. 1 yang pandangan tunggalnya yang mendasar meliputi hal ini. asan mahimana asan svadha avastat pencurah benih. Makanan prayatih parastat. dan pada III. Contoh yang lain dilengkapi oleh ceritera Gargya dalam Brhadaranyaka Upanisad yang tak berhasil memberikan batasan tentang Brahman dan akhirnya ia mendapat penjelasan tentang atman untuk menjelaskan tentang Brahman dari seorang raja. 14. kekuatan yang menampilkan din kepada kita membenda pada semua benda yang terjadi. yaitu : Mantram Terjemahan: sarvarn khalu idam brahma semuanya ini sesungguhnya adalah Brahman. svid asid upari svid asit. dan manakah ia muncul ? Iyam visrstir yata ababhuva yadi Dia. Brahman adalah azas pertama sejauh ia terkandung dalam alam semesta. Memang ajaran pokok Upanisad ialah tentang Brahman dan Atman. yang dari padanya penjadian ini timbul yang vadadhe membentuknya atau mungkin pula tidak.

pergi ke dunia ke taptva. 7 Mantram Terjemahan: aham brahma asmi saya adalah Brahman dalam Brhadaranyaka Upanisad 1. bahu syam Sekarang pertanyaan berikut. abhavat. yang bisa diukur dan yang tidak bisa diukur. so'kamayata. YANG TUNGGAL DAN SUMBER SEGALANYA. asad brahmeti Tiada-keberadaan-lah sesungguhnya jadinya bagi veda cet. dia menciptakan semua ini. ca. yad idam kim ca. Kesamaan akan Brahman dan atman ini. adalah pandangan yang mendasar pada semua ajaran upanisad. vijnanam cavijnanam menjadi banyak. kita akan mendapatkan dalam din kita sendiri sebagai hakekat yang paling hakiki. amum lokam pretya. tat srstva tad evanupravisat. jiwa yang terwujud dan yang terdahulu. dan tenaga suci yang kekal tak terbatas ini sama dengan atman yang apabila kita tinggalkan dengan melepaskan semua bentuk kulit. sa tapo 'tapyata. idam sarvam asrjata. Inilah pretya kascana gacchati u.UPANISAD ke dalam diri-Nya sendiri. antara Tuhan dan rokh perseorangan. yang punya kecerdasan dan yang tidak. so tapas ketika berpisah dari kehidupan ini. Cobalah aku lahir. tasyaisa eva oknum. Coba aku canilayanam ca. mencapai dunia itu ? tad anupravisya sac tyac ca abhvat. Setelah memasukinya dia tad apy esa sloka bhavati menjadi yang sesungguhnya dan yang di luar. yang benar dan yang tidak benar. 8. satyam Setelah menjalankan tapa. yah purvasya. athato adalah apa yang ada sekarang. kedua-duanya baik yang punya dasar maupun yang tidak.1). niruktam caniruktam ca. Setelah menciptakan hal ini. 10 : Mantram Terjemahan: kesatuan Brahma dan Atma merupakan ajaran brahma atma sikyam Vedanta yang pokok. nilamayam Dia (Jiwa Maha Tinggi) menginginkan sesuatu. kascit samasnuta u. satyam canrtam ca.luar. yad idam sana? Atau apakah ada seseorang yang mengerti. jiwa kita. 1. Mengenai hal itu ada juga sloka berikut : (Chandogya Upanisad II. meninggalkan dunia ini. Itulah sebabnya di sebut yang nyata. pribadi kita. aho vidvan sesungguhnya. BRAHMAN.6. Dia melakukan tapa. setelah kim ca. Mantram Artinya: asan eva sa bhavati. Apabila seseorang mengerti bahwa Brahman sarira atma. Hal inipun dinyatakan dengan ucapan agung: Mantram Terjemahan: tat tvam asi engkau adalah itu dalam Chandogva Upanisad VI. Kazzuya Putra . Apakah orang tidak tahu. uta avidvan umum lokam mengertikannya sebagai keberadaan. 4. tat satyam apa saja yang ada di sini. hal seperti itu orang anuprasnah. dia ity acaksate kemudian memasukinya. asti brahmeti ced vedam seseorang yang mengerti Brahman sebagai yang bukansantam enam tato viduh. sebagai yang nyata dia menjadi apa saja yang ada di sini. prajayeyeti.

tetapi devah. sad iti. karena pada merekalah sernuanya ditempatkan : ca. yaitu sebanyak 303 dan 3003. mahimana evaisam ete. Yajnavalkya menjawab: Jumlah tersebut adalah hanya trayas trimsat tv eva deva iti. tad yad rodayanti. trayas dewata di sana Yajnavalkya? 'Enam' ya. BERBAGAI DEWATA DAN SATU BRAHMAN Mantram Artinya: Athatha hainam vidagdhah Kemudian Vidagdha Sakalaya bertanya kepadanya : Ada sakalyah papraccha : kati devah. menyebabkan kita (keluarganya) menangis. yajnavalkya. tetapi berapa banyak eva devah. yajnavakya iti. bulan dalam setahun. aum iti. 'Dia bertanya tri ca sata. udara. bulan dan bintang-bintang inilah para dyaus ca candramas ca naksatrani Vasu. langit. Indra dan Prajapati maka sernuanya menjadi caiva prajapatis ca trayatrimsav 33. Ketika sariran martyad utkramanti. dvav iti. daseme puruse Yang manakah para Rudra? 'Kesepuluh nafas dalam diri pranah atmaikadasah: te yadasmat seseorang dengan pikiran sebagai yang kesebelas. Karena tasmad rudra iti. etevasavah etesu hidam karena itu mereka disebut Vasu. sarvam hitam iti.UPANISAD 1 2 3 4 5 2. sa haitayaiva dengan nivid berikut. tetapi ada berapa dewata di sana. katame rudra iti. Kazzuya Putra . perwujudan dari mereka saja sebenarnya jumlah mereka katame te trayas trimsad iti. sernuanya dvadasadityah. setengah. kesebelas Rudra. yajnavalky iti.Yajnavalkya? Dua. mereka rodayanti. atau ada 33 dewata. katy eva devah. bergerak membawa semuanya ini maka disebut Aditya. hovaca. eka iti. aum iti. iti. Yajnavalkya? Dia menjawab yadnawalkya. atha nafas-nafas ini terpisah dari badan yang fana ini. agnis ca prthivi Yang manakah para Vasu? 'Api. hovaca katame tetrayas ca tri ca sahasreti. sa hovaca. 'Ya. itu? yajnawalkya. iti. aum iti. katy eva banyak dewata di sana. aum iti. trayas ca tri ca lagi : 'Ya tetapi berapa banyak dewata di sana sahasreti. yavanto vaisva nivid (pujian kepada dewata) dari kidung pujian kepada devasya nividy ucyante. iti. iti. iti. Yajnavalkya? 'Satu. Ya. mereka disebut Rudra. dvadasa vai Yang manakah para Aditya? 'Sesungguhnya dua belas masah samvatsarasya. katame vasava iti. hovaca. yajnawalkya iti. aum berapa banyak dewata di sana. sebab mereka ete hidam sarvam adadana yanti: bergerak dengan membawa semuanya ini. Yajnavalkya? satu yajnavakya iti. hovaca. Karena mereka teyad idam sarvam adadana yanti. Ya. tetapi di mana yang 303 dan 3003 hovaca. tetapi ada berapa dewata di sana. katy Yajnavalkya? Tiga puluh tiga. surga. katama aditya iti. adhyardha iti. te ekatrmsat indras menjadi 31. katy eva devah. Ya. tasmad vasava iti. berapa banyak di sana. hovaca. dan kedua belas Aditya. 'Apa sajakah yang 33 ini? 'Kedelapan vasavah ekadasa rudrah. 'Sebanyak yang disebutkan dalam nivida pratipede. hovaca. tetapi berapa trnusad iti. Vasu. Ya. inilah para Aditya. trayas ca Visva devas. bumi. Yajnavalkya? Tiga. katy eva devah. eta adityah. mereka menyebabkan kita menangis. aum iti. ca vayus cantariksam cadityas ca matahari.

Dialah sabrahma.1. (yang dibakarnya). katame te trayo deva iti. semua dewata berada. sad iti. ima eva Yang manakah ketiga dewata? 'Mereka sesungguhnya trayo lokah esu hime sarve deva adalah ketiga dunia. varunam Bhrgu. persembahan). tad ahuh. 'Yang mana yajna? 'Binatang-binatang (korban iti. yena jatani jivanti. katama eko deva iti. ete sat. bagaimana mungkin yad asminn idam sarvam dia satu setengah? Jawabnya adalah. agnis ca pryhivi ca Yang mana yang enam? 'Api. ATMAN ADALAH IMMANENT DAN TRANSENDEN Mantram Artinya: Agnir yathaiko bhuvanam Bagai api yang memang satu. udara. 'Yang mana guntur? prajapatir iti. brahmeti. penglihatan. memasuki apa ketika mereka pergi.1). (Brhadaranyaka Upanisad III. katame sad iti. saat memasuki dunia ini 1 pravisto rupam-rupam pratirupo menjadi berbagai macam bentuk sesuai dengan obyek babhuva. fikiran. BHRGU MENYELIDIKI BRAHMAN. atha katham adhyardha iti. mano vacam iti. sa tapas taptva. pavata iti. yajnah guntur dan Prajapali adalah yajna. mendekati ayahnya dan berkata: pitaram upasasara. yato pandangan. katamah prajapatir Yang mana Indra? Yang mana Prajapati? 'Indra adalah iti. yad ayam eka ivaiva Mengenai hal ini beberapa orang berkata bahwa karena dia pavate.adhihi bhagavo 'Junjunganku ajarkanlah Brahman kepada hamba. (ketika ia meniup) sernuanya ini menjadi berkembang.UPANISAD tasmad aditya iti. (Taittiriya Upanisad III. ete hidam sarvarn semuanya ini. 'Yang mana satu setengah ? katamo'dhyardha iti. yang meniup layaknya seperti satu. inilah yang enam. va imani bhutani jayante.1-9). prana iti. yat prayanti Beliau berkata lebih Jauh: Itu sesungguhnya. tasma etat provasca. langit. demikian pula Atma yang satu ini 6 7 8 9 Kazzuya Putra . bumi. wicara. yo yam Yang satu di sini yang meniup angin. Mantram Artinya: bhrgut vai varunih. katamah stanayitnur 'Petir. 4. Mereka menyebutkannya tyat (itu).9. sebab di dalam ketiga dunia-dunia ini iti. katamo yajna iti. katama indrah. matahari vayus cantariksam cadityas ca dan surga. tyad ity acaksate Brahman. stanayitnur evendrah. katamau tau dvau devau iti. annam pranam caksus srotram Beliau menjelaskan: benda yang hidup. Itulah Brahman. dari mana abhisamvisanti tad visa tapo' makhluk-makhluk ini dilahirkan dan dari mana sejak lahir tapyata. 3. Itulah yang ingin diketahui. mereka hidup. sebab yang enam itu adalah dyaus c. sebab pada dia adhyardhnot tenadhyardha iti.tam hovaca. pasava iti. asanir iti. putra Varuna. 'Yang manakah kedua dewata? annam caiva pranas ceti 'Makanan dan nafas. Yang manakah Dewata yang Tunggal? 'Nafas.

Inilah dia yang dengan demikian mereka mengenalnya. sebab dia berada di luarnya Yang satu. kilat ini tidak bersinar. demikian juga Atman yang satu dalam semua makhluk menjadi berbagai macam sesuai dengan apa yang dimasukinya dan juga tetap berada di Iuar sernuanya. 5 tam atmastham yenupasyanti dhirah. nema viayuto bhanti.bhutantar atma rupam prati rubhis ca. yang sadar diantara yang sadar. Bagaikan juga udara yang satu. Bagaikan juga matahari. tesam santis sasvati. kebahagiaan Maha Tinggi yang tidak bisa dijelaskan.UPANISAD ekas tatha sarva bhutantar atma rupam-rupam prati rupo bahisca. bintang. Yang satu kekal diantara yang cepat berubah. na candraMatahari tidak bersinar di sana. tad etad iti manyante'nirdesyam 6 paramam sukham. penguasa semuanya.yang membuat dirinya yang tunggal menjadi jamak. kepada merekalah suka cita yang kekal (ananda) dan bukan kepada yang lain. tam eva bhantam api ini? Sernuanya bersinar sesudah sinar itu. menjadi berbagai bentuk sesuai dengan (apa yang dimasukinya).vidadhati kaman. vayur yathaiko bhuvanam pravisto rupam pratirupo babhuva 2 ekhas tatha sarva.9-15). jadi di manakah adanya 7 kuto'yam agnih. Sinarnya anubhati sarvam tasya bhasa menyinari semua dunia ini. yang mengabulkan keinginan-keinginan mereka. atman dari semua benda. tidak juga bulan dan tarakam. Bagaimana aku bisa mengetahui hal ini? Apakah dia bersinar (sendiri) atau apakah dia bersinar (karena memantulkan sinar)? na tatra suryo bhati. masuk ke dalam dunia ini dan menjadi berbagai bentuk sesuai dengan obyek yang dimasukinya. netaresam. kepada yang arif yang mengerti bahwa dia bersemayam pada jiwa. 4 tarn atmastham ye'nupasyanti dhiras tesam sukham sasvatam netaresam nityo'nitvanam cetanas cetananam eko bahunam yo. Kazzuya Putra . kepada yang arif yang mengerti tempat-Nya pada jiwa.2. suryo yatha sarva lokasya caksur na lipyate cakbahya dosaih ekas 3 tatha sarva bhutantar atma na lipyate loka duhkena bahyah. dan juga tetap berada di luar semua itu. tidak dikotori oleh keburukan-keburukan luar yang dilihat oleh mata. yang merupakan mata dari seluruh dunia. kepada merekalah ada kedamaian abadi dan bukan kepada yang lain. sarvam idam vibhati. (Katha Upanisad 11. katham nu tad vijaniyam kimu bhati vibhati va. yang tunggal di antara yang jamak. eko vasi sarva-bhutantar-atma ekam bijam bahudhayah karoti. demikian juga Yang Satu di dalam setiap makhluk tidak dicemarkan oleh penguasaan dunia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful