Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi

KETENTUAN UMUM
1. UKURAN DAN JENIS KERTAS HVS 80 gram warna putih dengan ukuran kuarto letter (21,59 x 27,94 cm2) atau A4(21 x 29,7 cm2) 2. HURUF Ukuran huruf standar (12 point, pika) dengan jenis huruf standar yaitu Times New Roman 3. CARA PENGETIKAN a. Orientasi tegak (portrait), kecuali dalam kondisi tertentu dapat diketik dengan orientasi tidur (landscape). b. Naskah diketik dengan jarak spasi 1,5 c. Alinea baru diketik dengan ukuran tabulasi 1,27 cm (tujuh ketukan kosong dari tepi kiri). d. Batas Ketikan (margin) : 4,0 cm dari tepi kiri dan tepi atas dan 3,0 cm dari tapi kanan dan tepi bawah. e. Nomor Halaman : 1) Halaman pendahuluan yang terdiri dari halaman judul, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar istilah, dan daftar persembahan diberi nomor dengan angka Romawi kecil (i, ii, iii, iv, v, dan seterusnya). 2) Halaman isi yang terdiri dari pendahuluan sampai daftar pustaka diberi nomor dengan angka Arab (1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya) dan ditempatkan ditengah-tengah halaman bagian bawah dengan jarak 1,5 cm dari batas bawah dan 3,0 cm dari tepi kanan kertas 3) Nomor halaman, umumnya tidak diberikan pada halaman yang berisi Judul Bab namun tetap dihitung jumlahnya. 4) Halaman penutup yang berisi lampiran-lampiran, baik berupa data maupun foto diberikan halaman khusus, misalnya di mulai dari halaman lampiran 1. f. Halaman Judul : 1) Judul diletakkan di tengah kertas dengan huruf kapital semua dengan jarak sekitar 5,0 cm dari tepi atas kertas, dan apabila judul lebih dari satu baris maka jarak antar baris judul adalah satu spasi 2) Ukuran huruf dari judul karya ilmiah harus lebih besar daripada ukuran huruf dari komponen lain yang terdapat dalam halaman judul, sehingga lebih menarik 3) Etiket tulisan: PROPOSAL atau SKRIPSI diketik dibagian tengah kertas dengan huruf kapital semua di bawah Judul 4) Ungkapan maksud ditulisnya karya tulis ilmiah diketik dibagian tengah kertas dengan jarak tiga spasi di bawah Etiket tulisan. 5) Logo lembaga diketik dibagian tengah kertas dengan jarak yang seimbang antara ungkapan maksud ditulisnya karya tulis ilmiah dan nama penulis dan identitasnya. Ukuran logo lembaga disesuaikan dengan jarak tersebut tanpa mengurangi artinya. 6) Nama penulis dan alamatnya diketik dibagian tengah kertas dengan jarak sekitar 7,0 cm di bawah ungkapan maksud penulisan karya ilmiah. Nama penulis ditulis dengan huruf besar semua tanpa menyebut gelar yang pernah diperoleh dan alamat ditulis dengan kalimat biasa.

buku teks dan sejenisnya) yang dikutip pada tulisan. berikutnya ditulis tahun penerbitan bahan pustaka dan diakhiri dengan tanda titik.). selanjutnya ditulis (1) nama penerbit untuk bahan pustaka berupa buku. PENULISAN DAFTAR PUSTAKA (a) Penulisan daftar pustaka disusun secara alfabetis. dari A -Z. tujuan. dan halaman bahan pustaka yang dibaca untuk artikel ilmiah yang diterbitkan dalam bentuk jurnal. metode. umumnya memuat 50 ¡V 250 kata yang disusun dalam satu paragraf. berikutnya ditulis judul bahan pustaka yang diketik miring diakhiri dengan tanda titik (. (d) Setelah tahun terbit bahan pustaka.0 cm di bawah nama penulis yang dilengkapi dengan nama tempat dan tahun tulisan diselesaikan.7) Nama Institusi diketik dibagian tengah kertas dengan jarak 5. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia bahasa apapun (selain bahasa Inggris). (e) Setelah nama bahan pustaka.0 ¡V 7. Abstrak. (f) Bagian terakhir adalah nama kota dari alamat penerbit untuk bahan pustaka berupa buku. Tidak ada referensi yang tidak dikutip pada tulisan dan tidak ada kutipan yang tidak ada pada daftar referensi. 5. diketik dengan jarak satu spasi. REFERENSI Referensi adalah daftar publikasi (makalah.) diikuti singkatan kata pertama dan diakhiri dengan tanda titik (.). dengan patokan pada huruf pertama dari nama keluarga atau marga penulis. . ABSTRAK Abstrak merupakan rangkuman singkat dari isi tulisan ilmiah yang berisi masalah. maka penulis ke-2 dan ke3 urutan kata namanya tetap seperti nama aslinya hanya kata pertama dan/atau kedua disingkat. Dibawah Abstrak dituliskan KATA KUNCI yang berisi kata Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --2 yang benar-benar menggambarkan ranah masalah yang diteliti. maka nama penulis tidak boleh ditulis dengan Anonim). (Catatan : apabila suatu bahan pustaka tidak terinformasi penulisnya. Referensi disajikan sebagai sebuah daftar yang diurutkan menurut abjad nama belakang penulis yang dikutip gagasannya. 6. nomor. dan (2) nama jurnal beserta volume. tahun terbit. dengan tekanan utama pada hasil kegiatan ilmiah. 4. Banyaknya kata kunci adalah 3-5 kata. (g) Apabila nama penulis dari bahan pustaka yang dirujuk lebih dari satu. (b) Penulisan nama orang Indonesia yang lebih dari satu kata. (c) Setelah nama pengarang. adalah kata kedua dianggap sebagai nama keluarga dengan disertai tanda-baca koma (.

disusun sebagai berikut : judul bab diberi nomor dengan angka Romawi. A. maka skripsi tersebut dianggap gagal d) Jika dalam 1 semester mahasiswa membatalkan topik/judul skripsi dan beralih ke topik baru. atau b) Diperpanjang 1 semester. mahasiswa wajib menyerahkan laporan skripsi yang telah disetujui . «««««««««««««««««««««««« a. sub-subbab ditulis dengan angka Arab. 7. a) ««««««««««««««««««« b) ««««««««««««««««««« (1) «««««««««««««««««. ««««««««««««««««««««««««. subbab ditulis dengan huruf kapital. maka skripsi dengan topik lama dianggap gagal. (b) «««««««««««. perincian yang lebih kecil lagi ditulis dengan huruf kecil. ORGANISASI TULISAN ILMIAH Organisasi tulisan dalam proposal dan skripsi menggunakan tipografi Angka-Huruf. «««««««««««««««««««««««« 2. Untuk keperluan Ujian Skripsi. mahasiswa wajib menyerahkan proposal skripsi yang telah disetujui oleh Ketua Program Studi sebanyak 3 bendel kepada Ketua Program Studi: a) 1 bendel untuk penguji proposal 1 b) 1 bendel untuk penguji proposal 2 c) 1 bendel untuk arsip Program Studi 3. Contoh: Bab I.Contoh Penulisan Daftar pustaka terdapat pada lampiran 6. dan seterusnya. «««««««««««««««««««««« b. apabila masih mempunyai bagian penting maka digunakan angka Arab berkurung tutup dan diikuti dengan huruf kecil berkurung tutup. (a) «««««««««««««««. Mahasiswa wajib mengulangi prosedur pendaftaran skripsi dari awal dengan konsekuensi biaya yang harus ditanggungnya 2. Untuk keperluan Ujian Proposal. «««««««««««««««««««««« 1) ««««««««««««««««««««. ««««««««««««««««««««««««« 1. Sebuah topik / judul skripsi dapat berlaku sebagai berikut: a) Setiap mahasiswa memiliki hak untuk menyelesaikan skripsi dalam waktu 1 semester. 2) ««««««««««««««««««««. dengan konsekuensi biaya yang harus ditanggungnya c) Jika dalam 1 tahun (2 semester) mahasiswa tidak dapat menyelesaikan skripsi. Tulisan ilmiah dengan tipe tipografi angka-huruf. (2) «««««««««««««««««. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --3 KETENTUAN ADMINISTRATIF 1.

JADUAL KEGIATAN DAFTAR PUSTAKA Catatan: 1) Poin D. JUDUL B. TINJAUAN PUSTAKA G. JUDUL Dituliskan judul sesuai dengan judul yang tertulis pada halaman cover. RUMUSAN MASALAH D. Untuk keperluan Hasil Akhir. TUJUAN DAN MANFAAT E. TUJUAN DAN MANFAAT F. RUMUSAN MASALAH D. Äh Halaman Cover Äh Halaman Pengesahan Proposal Skripsi A.oleh Pembimbing sebanyak 3 bendel kepada Ketua Program Studi: a) 1 bendel untuk penguji 1 b) 1 bendel untuk penguji 2 c) 1 bendel untuk penguji 3 4. [BATASAN MASALAH ] E. B. TINJAUAN PUSTAKA F. LATAR BELAKANG Pada bagian ini perlu dijelaskan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi yang semestinya . draft proposal skripsi dapat disusun dengan sistematika sebagai berikut. LATAR BELAKANG C. METODE PENGEMBANGAN SISTEM / METODE PENELITIAN H. mahasiswa wajib menyerahkan laporan skripsi yang telah direvisi dan disahkan oleh Pembimbing I dan II serta disahkan oleh Ketua Program Studi. METODE PENGEMBANGAN SISTEM / METODE PENELITIAN G. Batasan masalah dapat dituliskan apabila topik yang dibahas membutuhkan batasan tertentu 2) Apabila batasan masalah tidak diperlukan maka susunan isinya adalah : A. JUDUL B. LATAR BELAKANG C. JADUAL KEGIATAN DAFTAR PUSTAKA (Keterangan : contoh format baku dapat dilihat pada lampiran) PENJELASAN A. sebanyak 2 bendel: a) 1 bendel untuk Perpustakaan b) 1 bendel untuk arsip Program Studi Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --4 SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL Berdasarkan pada rencana hasil penelitian atau perancangan sistem informasi atau rekayasa hardware dan jaringan yang telah dilaksanakan.

Kemudian. G. RUMUSAN MASALAH Bagian ini merupakan bagian yang menjadi panduan terhadap hal-hal yang akan diselesaikan sebagai proyek skripsi. draft skripsi dapat disusun dengan sistematika sebagai berikut. Rumusan ini harus terjawab pada setiap pembahasan serta kesimpulan dari materi Skripsi. D. dan teknik analisis data. parameter penelitian. Umumnya dihubungkan dengan loutput yang hendak dibuat dalam proyek Skripsi. Tujuan dan manfaat harus terukur. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --5 Rumusan masalah dapat dituangkan dalam kalimat tanya (namun tidak selalu demikian). teknik pengumpulan data dan pengembangan instrumen.diterapkan sesuai dengan topik yang akan dibahas. JADUAL KEGIATAN Bagian ini berisi rencana kegiatan yang dipaparkan dalam bentuk matriks. Setiap teori yang dituliskan harus merujuk pada referensi yang dipilih dengan menuliskan sitasinya secara benar. Manfaat adalah outcome atau dampak yang dapat diambil setelah proyek skripsi selesai dibuat. dan setiap referensi yang tertulis pada Daftar Pustaka harus terkutip pada Tinjauan Pustaka. DAFTAR PUSTAKA Bagian ini berisi daftar publikasi (makalah. Bentuk matriks dapat digambarkan dengan model GANTT CHART. Referensi disajikan sebagai sebuah daftar yang diurutkan menurut abjad nama belakang penulis yang dikutip gagasannya. F. perlu dipaparkan pula hal-hal yang menjadi masalah utama disertai dengan dukungan data yang jelas seperti analisis situasi saat ini. Tidak ada referensi yang tidak dikutip pada tulisan dan tidak ada kutipan yang tidak ada pada daftar referensi. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --6 SISTEMATIKA PENULISAN SKRIPSI [ REKAYASA ] Berdasarkan pada perancangan sistem informasi atau rekayasa hardware dan jaringan yang telah dilaksanakan. dengan materi pokok rancangan penelitian. TUJUAN DAN MANFAAT Tujuan terkait dengan apa yang hendak dipecahkan. Jelaskan pula alasan pemilihan metodologi tersebut. Jika topik yang akan dibahas terkait dengan penelitian maka bagian ini berisi bagaimana penelitiandilakukan. Äh Halaman Cover Äh Halaman Pengesahan Skripsi . C. Jika topik yang dibahas adalah penelitian. terkait dengan output yang akan dihasilkan. METODE PENGEMBANGAN SISTEM / METODE PENELITIAN Jika topik yang akan dibahas terkait dengan rekayasa perangkat lunak/keras/jaringan maka bagian ini berisi uraian tentang metodologi yang dipilih sebagai pedoman didalam mengerjakan proyek yang hendak dibangun. Hal yang akan diselesaikan tersebut semestinya termaktub didalam permasalahan yang tertuang pada Latar belakang. buku teks dan sejenisnya) yang dikutip pada tulisan. maka dibagian ini pula perlu dicantumkan hipotesisnya. E. Setiap referensi yang dikutip harus dituliskan pada Daftar Pustaka. TINJAUAN PUSTAKA Bagian ini berisi uraian tentang landasan teori yang menjadi pendukung topik yang dibahas.

Metode Pengembangan Sistem / Metodologi Penelitian BAB II : TINJAUAN PUSTAKA BAB III: DATA DAN FAKTA BAB IV: RANCANGAN SISTEM / RANCANGAN PENELITIAN BAB V : HASIL SISTEM DAN PEMBAHASAN / HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB VI: KESIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN (Keterangan : contoh format baku dapat dilihat pada lampiran) PENJELASAN 1. Teori yang dimaksud mulai dari teori materi yang menjadi obyek pengembangan sistem. Masing-masing metodologi memiliki tool atau alat yang spesifik dan sangat bervariasi. metodologi dan alatalat yang digunakan dalam pengembangan sistem. [Batasan Masalah ] D. 2. dll.Äh Lembar Abstraksi Skripsi Äh Kata Pengantar Äh Daftar Isi Äh Daftar Tabel Äh Daftar Gambar Äh Daftar Lampiran BAB I : PENDAHULUAN A. Sedangkan model pengembangan . Latar Belakang B. Metode Pengembangan Sistem / Metodologi Penelitian Catatan: Äh Poin C. Metodologi pengembangan sistem dikenal ada metodologi terstruktur dan metodologi berbasis obyek. BAB II : TINJAUAN PUSTAKA Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --7 Berisi uraian yang sistematis dari teori-teori yang mendukung topik pembahasan. Tujuan dan Manfaat E. Rumusan Masalah C. sehingga perlu diperjelas dan dijabarkan secara lebih terinci. Misalnya : yang menjadi obyek adalah sistem akuntansi berarti harus diuraikan teori-teori yang mendukung suatu sistem akuntansi. Tujuan dan Manfaat D. Rumusan Masalah C. serta model pengembangan sistem yang digunakan. Latar Belakang B. Batasan masalah dapat dituliskan apabila topik yang dibahas membutuhkan batasan tertentu Äh Apabila batasan masalah tidak diperlukan maka susunan isi pada bab I adalah : A. BAB I : PENDAHULUAN Secara prinsip isi dari bab ini telah ada dalam proposal yang telah disetujui pada saat SEMINAR PROPOSAL.

Masing-masing tahapan berisi laporan kegiatan bersesuaian dengan apa yang telah direncanakan pada proposal. Dari ketiga model ini salah satu saja yang dijadikan sebagai landasan teori yaitu yang akan digunakan dalam proses pengembangan sistem. SISTEMATIKA PENULISAN SKRIPSI [ PENELITIAN ] Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilaksanakan. uraikan yang telah dilakukan pada tahapan ini Äh Pada tahapan analisis. termasuk didalamnya uraian tentang masalah-masalah yang sedang dihadapi dan berbagai alternatif pemecahan yang diusulkan dari hasil analisis. dan rancangan sistem. (ibarat membangun rumah maka pada tahapan ini adalah proses menggambar rancangan rumah. Jika menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram) gambarkan bentuk ERD dan Skema-nya. jika menggunakan teknik Normalisasi maka uraikan masing-masing tahapan sampai didapatkan tabel-tebal yang normal. ketersediaan teknologi dan perangkat keras yang dimungkinkan akan dimanfaatkan pada sistem yang baru. sedangkan foto-foto dari rumah yang telah dibangun berdasarkan hasil rancangan ditampilkan pada Bab V) 5. BAB VI: KESIMPULAN DAN SARAN Berisi uraian singkat tentang kesimpulan dari hasil pembahasan rekayasa yang dibangun. uraikan bentuk teknologi hardware yang akan digunakan untuk menerapkan sistem. serta berisi tentang keuntungan yang didapatkan dari sistem yang dibangun. uraikan teknik membangun tabel-tabel yang digunakan sampai didaptkan database yang bebas dari kerangkapan data. maka uraian yang dapat dipaparkan adalah: struktur organisasi beserta jenis/tipe garis komando yang diambil.sistem terdapat model waterfall. aliran dokumen dari sistem yang akan dikembangkan atau dibangun. Apabila obyek yang diteliti melibatkan suatu organisasi. situasi kelembagaan yang berlangsung. perangkat keras dan perangkat lunak. baik keadaan yang telah lewat dan atau kondisi saat ini. 6. Diuraikan rencana testing program dan sistem beserta tahapan implementasi sistem yang akan digunakan. model prototype dan model spiral. Berisi uraian dari tahapan perencanaan. 3. Äh Pada tahapan rancangan teknologi. Terdapat beberapa cara. analisis. penguraian permasalahan secara lebih rinci dan konkret. uraikan hasil analisis terhadap sistem yang dikembangkan atau dibangun. stakeholder dan latar belakang pengetahuan dan pendidikannya. Jika menggunakan jaringan komputer uraikan bentuk teknologi jaringan yang akan digunakan : topologi. 4. Äh Pada tahapan rancangan database. Äh Pada tahapan perencanaan. draft skripsi dapat disusun dengan . BAB IV: RANCANGAN SISTEM Bab ini diwajibkan bagi skripsi yang melakukan pembahasan pengembangan sistem informasi. Äh Pada tahapan rancangan masukan dan keluaran gunakan konsep LKT (Lembar Kerja Tampilan) dan Jaringan Semantik. BAB V : HASIL SISTEM DAN PEMBAHASAN Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --8 Bagian ini harus memaparkan implementasi dari rancangan yang telah di sampaikan pada bab IV beserta penjelasannya. BAB III: DATA DAN FAKTA Berisi uraian tentang data/keterangan dari obyek yang diteliti.

Uji Asumsi Klasik D. Latar Belakang B. Batasan masalah dapat dituliskan apabila topik yang dibahas membutuhkan batasan tertentu Äh Apabila batasan masalah tidak diperlukan maka susunan isi pada bab I adalah : E. Metode Pengembangan Sistem / Metodologi Penelitian BAB II : TINJAUAN PUSTAKA BAB III: METODOLOGI PENELITIAN A. Metode Analisis BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN A. 2. Tujuan dan Manfaat H. Rumusan Masalah C. Uji Hipotesis BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKA Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --9 LAMPIRAN (Keterangan : contoh format baku dapat dilihat pada lampiran) PENJELASAN 1.sistematika sebagai berikut. Metode Penelitian B. Tujuan dan Manfaat Catatan: Äh Poin C. Rumusan Masalah G. Teori yang dimaksud mulai dari teori materi yang menjadi obyek pengembangan sistem. metodologi dan alatalat yang digunakan dalam pengembangan sistem. Uji Validasi B. BAB II : TINJAUAN PUSTAKA Berisi uraian yang sistematis dari teori-teori yang mendukung topik pembahasan. serta model pengembangan sistem yang digunakan. . Äh Halaman Cover Äh Halaman Pengesahan Skripsi Äh Lembar Abstraksi Skripsi Äh Kata Pengantar Äh Daftar Isi Äh Daftar Tabel Äh Daftar Gambar Äh Daftar Lampiran BAB I : PENDAHULUAN A. Latar Belakang F. Uji Reliabilitas C. BAB I : PENDAHULUAN Secara prinsip isi dari bab ini telah ada dalam proposal yang telah disetujui pada saat SEMINAR PROPOSAL. [Batasan Masalah ] D.

reliabilitas serta uji asumsi klasik. populasi dan sampel. Metodologi pengembangan sistem dikenal ada metodologi terstruktur dan metodologi berbasis obyek. sumber data. BAB V: KESIMPULAN DAN SARAN Berisi uraian singkat tentang kesimpulan dari hasil pembahasan penelitian dan saran yang perlu disampaikan. Disetujui Oleh : Penguji I Penguji II (Retnowati. Masing-masing metodologi memiliki tool atau alat yang spesifik dan sangat bervariasi. teknik pengumpulan data. PERDANA KUSUMA PEKALONGAN NAMA BAGUS AJI KUSUMA NIM 05. Pada Metode Analisis perlu dijelaskan cara mengukur responden.240. ST) . model prototype dan model spiral. BAB III: METODOLOGI PENELITIAN Pada Metode Penelitian perlu dijelaskan jenis penelitian.0001 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) WIDYA PRATAMA PEKALONGAN 2008 Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --11 Lampiran 2 : Contoh format baku Lembar Persetujuan Proposal PERSETUJUAN PROPOSAL JUDUL PROPOSAL RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DI PT. Dari ketiga model ini salah satu saja yang dijadikan sebagai landasan teori yaitu yang akan digunakan dalam proses pengembangan sistem.240.Sc) (Indrayanti.0001 PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA Proposal ini telah disetujui untuk dilanjutkan sebagai Materi Skripsi . PERDANA KUSUMA PEKALONGAN SKRIPSI / PROPOSAL Diajukan Sebagai Salah satu Prasyarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Komputer pada Program Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika Disusun Oleh : BAGUS AJI KUSUMA 06. BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bagian dijelaskan uji yang dilakukan disertai pembahasannya. M. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --10 Lampiran 1 : Contoh format baku Cover Skripsi RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DI PT. Sedangkan model pengembangan sistem terdapat model waterfall. sehingga perlu diperjelas dan dijabarkan secara lebih terinci. 5. 4. dll. obyek penelitian.Misalnya : yang menjadi obyek adalah sistem akuntansi berarti harus diuraikan teori-teori yang mendukung suatu sistem akuntansi. validitas. 3.

. di bawah bimbingan Retnowati.. rancangan output. 05..Kom) NPPY :.... NPPY : ..0001 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DI PT. Sistem informasi keuangan di Pt......... PERDANA KUSUMA PEKALONGAN NAMA BAGUS AJI KUSUMA NIM 05.........240..0001 PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA Disetujui Oleh : Penguji I Penguji II (Retnowati.... Lulus Ujian Proposal pada tanggal : Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --12 Lampiran 3 : Contoh format baku Lembar Persetujuan Skripsi PERSETUJUAN SKRIPSI JUDUL SKRIPSI RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DI PT...... Perdana Kusuma Pekalongan dapat mendapatkan informasi yang .......... rancangan teknologi... rancangan bentuk testing program serta rancangan tahapan konversi sistem....Sc dan Indrayanti... Lulus Ujian Hasil Skripsi pada tanggal : Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --13 Lampiran 4 : Contoh format baku Lembar Abstrak Skripsi BAGUS AJI KUSUMA........ Dengan menggunakan sistem informasi keuangan yang dibangun maka pihak manajemen Pt.. M... rancangan database.. Dalam tahapan pengembangan sistem dihasilkan : penggambaran sistem baru dalam bentuk DFD.....NPPY : ....240. ST) NPPY : ............. rancangan input...... M. Ketua Program Studi Teknik Informatika (Prastuti Sulistyorini.............Sc) (Indrayanti.. PERDANA KUSUMA PEKALONGAN............... ST.... M.... M.. ST 65 + vii hal / 5 gambar / 15 pustaka (1994-2002) ABSTRAK Sistem informasi keuangan merupakan bagian dari sistem informasi manajemen yang mampu memberikan informasi tentang segala transaksi dan pelaporan keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan....... Sistem dikembangkan dengan menggunakan metodologi pengembangan sistem terstruktur sedangkan metode yang digunakan adalah waterfall. Perdana Kusuma Pekalongan yang di rancang menggunakan sistem jaringan sehingga seluruh transaksi keuangan dan pelaporan saling terintegrasi....... ST. Informasi yang diberikan tidak akan dibatasi oleh waktu...... NPPY : ..... Ketua Program Studi Teknik Informatika (Prastuti Sulistyorini......................Kom) NPPY :..

......47-60 BAB V : HASIL SISTEM DAN PEMBAHASAN A Hasil Rancangan Sistem. Analisis dan Desain Sistem Informasi Terstruktur................................................... ...............................................3-4 C....................... Sistem yang Berjalan...11-15 C.............................29-30 BAB IV : RANCANGAN SISTEM A Perencanaan Sistem..........................................................................80 Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --15 Lampiran 6 : Contoh format baku Daftar Gambar DAFTAR GAMBAR Halaman Gambar 1 Kerangka Pemikiran Penelitian 8 Gambar 1......................75-78 BAB VI : KESIMPULAN DAN SARAN ....................28-29 F................................................20 B..24-26 E..Perkembangan Perusahaan.......... Metode Waterfall Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --14 Lampiran 5 : Contoh format baku Daftar Isi DAFTAR ISI Halaman Lembar Persetujuan ...Bentuk Testing Sistem ...........61-70 B..............iii Daftar Isi .................................................................................................... Ketersediaan Teknologi.......79 DAFTAR PUSTAKA........1 Obyek-obyek 16 ....................iv Daftar Gambar .....................................................9-11 B................................................................ii Kata Pengantar...........vii BAB I : PENDAHULUAN A......................... Model Waterfall...................31-40 B.........1-3 B................. Kata Kunci : Sistem Informasi Keuangan... Metode Pengembangan Sistem.........21 C......... tepat waktu dan relevan...Uraian Tugas...................... Rumusan Masalah....Pembahasan...................................Analisis Sistem.....................akurat.............................................Struktur Organisasi.........73-74 D......vi Daftar Lampiran. Sistem Informasi Keuangan........................................................................v Daftar Tabel .........15-20 BAB III: DATA DAN FAKTA A Sejarah Singkat CV PERKASA....................................i Lembar Abstrak Skripsi ................Bentuk Implementasi Sistem........................................4-9 BAB II: TINJAUAN PUSTAKA A........ Latar Belakang ..........Desain sistem ............................22-24 D.........................................71-73 C............................................41-47 C..............

McGraw-Hill. (Canter. 1999.1 Struktur Organisasi Rekam Medis 21 Lampiran 6 : Contoh format baku Daftar Tabel DAFTAR TABEL Halaman Tabel 2... Bahan pustaka dari dua buku yang ditulis oleh satu penulis dengan tahun terbit yang berbeda Judul Buku : Sistem Informasi Manajemen...... Soedradjad dan diterbitkan oleh Ganeca Exact Bandung..Soedradjad dan diterbitkan oleh UI Press.. Second Edition. 1999) .. L..2. . 2001. 2001) Bahan pustaka dari dua buku yang ditulis oleh satu penulis dengan tahun terbit yang sama Judul Buku : Sistem Informasi Manajemen..Soedradjad dan diterbitkan oleh UI Press... Jakarta.. Ganeca Exact Bandung.Gambar 1. Jakarta.. Bandung pada tahun 1999.. dan Judul Buku : Sistem Pakar. 1996. Inc... UI Press. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Canter.. Sistem Pendukung Keputusan.. Asosiasi antar Class 40 Tabel 3... Inc..1. 1996)... New York. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Sistem Informasi Manajemen. Ditulis oleh R. Ditulis oleh Larry W. 1999a. dan Judul Buku : Sistem Pendukung Keputusan. (Soedradjad.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad. UI Press... Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad.... Soedradjad. Jumlah Pasien Rawat Inap Ruang Maria 24 Tabel 2.. (Soedradjad... Jumlah Pasien Rawat Inap Ruang Elizabeth 25 Tabel 3.. Ditulis oleh R.. Bandung pada tahun 2001. Ditulis oleh R. R.2 Kelas Hewan dan Obyek-obyeknya 17 Gambar 2.W. Jakarta pada tahun 1999.1. Nama Tabel dan Bentuk Relasi antar Tabel 46 Lampiran 7 : Contoh format baku Daftar Lampiran DAFTAR LAMPIRAN Halaman Lampiran I Gambar Activity Diagram 53-55 Lampiran II Gambar Inheritance Class-Class 56 Lampiran III Gambar Asosiasi Class-Class 57 Lampiran IV Gambar Atribut dan Method masing-masing Class 58-63 Lampiran V Gambar Sequence Diagram dan Collaboration Diagram 64 Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --16 Lampiran 7 : Contoh format baku Penulisan Daftar Pustaka dan Sitasi Pustaka Bahan pustaka dari buku yang ditulis oleh satu Penulis Judul Buku : Environmental Impact Assessment.. R.2. New York pada tahun 1996. R. Canter dan diterbitkan oleh McGraw-Hill.. Environmental Impact Assessment. Jakarta pada tahun 1999. Ditulis oleh R. Soedradjad dan diterbitkan oleh Ganeca Exact Bandung.. Sistem Informasi Manajemen.. Bandung.

Sistem Pakar. Pudjoarinto..C.. Twidell dan Anthony D... Inc. Volume 41. O¡¦Tolle and W. 1994).G. J.. J. N..... Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Twidell. Bahan pustaka dari artikel dalam buku dengan satu editor Judul Buku : Advances in Networking. (Hardjosuwarno. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Barbour. F.H. 1999b. dan T.. Agus Pudjoarinto. New York pada tahun 1987.. Sidemen. didalamnya ada tulisan yang akan dikutip berjudul : The architecture of Wireless Systems.. Ditulis oleh Suhadi Ibnu... Pitts. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : O¡¦Tolle...S. dkk.T. and W. New York pada tahun 1994.W.C. 1988... (Twidell and Weir. Ditulis oleh J.G. (Barbour. 1999.. Ditulis oleh Michael G. Burk. Pitts. Decision Support Systems... Barbour. Volume 41. Bland...... Sukahar. B. Schwartz yang diterbitkan oleh Addison Wesley Longman.. A.. R. (Ed). .... didalamnya ada tulisan yang akan dikutip berjudul : Format dan Isi Jurnal Ilmiah..C... (Soedradjad. Bandung... Third Edition.. I.. (O¡¦Tolle and Bland. Wanna D.. The architecture of Wireless Systems in Brady. Bahan pustaka dari buku yang ditulis oleh lebih dua Penulis Asing Judul Buku : Decision Support Systems. Ditulis oleh John W. Burk...... Gilliam. Jusup Subagja.Soedradjad..C. W.. A. and M. Disunting oleh N. Weir. Management Information System. Gilliam. Brady yang diterbitkan oleh Academic Press. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . 1994.1999).. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Inc.L. Anthon Sukahar. Schwartz.. New York... dan Theresia Tri Suharni..G.. Inc. Malang pada tahun 2000.. Jack H. Ali Saukah yang diterbitkan oleh Penerbit Universitas Negeri Malang. Weir yang diterbitkan oleh Chapman & Hall. Chapman & Hall. 1987. and A. et. J.W. M.. al.. 1987.. Advances in Networking. New York.L.D.D. Bahan pustaka dari buku yang ditulis oleh dua Penulis Judul Buku : Management Information System. 1987). New York.. 1999a dan 1999b)... and Mark W.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Subagja. J.P.. Badjra Sidemen. Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada.. Academic Press.... 1999)... yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Disunting oleh Mulyadi Guntur Waseso dan H. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --17 Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Bahan pustaka dari buku yang ditulis oleh lebih dua Penulis Indonesia Judul Buku : Pemetaan Lingkungan Perairan Sungai Donan Sekitar Kilang Minyak Unit Pengolahan IV Cilacap Dengan GIS Ditulis oleh Sunarto Hardjosuwarno.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Addison Wesley Longman. Pemetaan Lingkungan Perairan Sungai Donan Sekitar Kilang Minyak Unit Pengolahan IV Cilacap Dengan GIS. S. Inc. Yogyakarta. New York pada tahun 1999. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Hardjosuwarno... Bland. Frank S... Yogyakarta pada tahun 1988.. Suharni. Bahan pustaka dari buku yang berisi kumpulan artikel dengan dua editor Judul Buku : Menerbitkan Jurnal Ilmiah. Ganeca Exact Bandung. I.P.

. D.. (Retnowati. 2000)... (Soedradjad. Tulisan R.... Saukah (Eds). atau Peoples. Menerbitkan Jurnal Ilmiah.. Bahan pustaka dari artikel dalam prosiding seminar Judul prosiding : Seminar Nasional VI : Intelligent Database. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Jaya.. Info Kom No... Herridge...... dan H.... Ditulis oleh .. Ditulis oleh Ujang Jaya yang dimuat pada Majalah Info Kom nomor 340 Tahun XXIX. 1 ¡V 2 July 1995 pada halaman 3 ¡V 28.Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --18 Ibnu.F. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --19 Bahan pustaka dari artikel dalam Majalah Judul artikel : Kini Saatnya Beralih ke Konsep Obyek. S. Peoples. K. and J... et. 1999). Bahan pustaka dari artikel dalam Koran Judul artikel : Pemberdayaan Masyarakat menuju Pembangunan yang Demokratis.. Kajian Bisnis 2 (1) : 29 ¡V 33.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Romimohtarto. (Jaya.. (Peoples.18 September 1998. 15 .. Ditulis oleh M.B. dan Suhardjono merupakan prosiding seminar nasional yang diselenggarakan oleh LIPI. Datawarehousing sebagai salah satu bentuk Intelligent Database dalam Soemodihardjo.. 1995. 1-2 : 3 ¡V 28. Prosiding Seminar Nasional VI : Intelligent Database di Pekanbaru.. Bahan pustaka dari artikel dalam jurnal nasional Judul artikel : Pemanfaatan DSS bagi Rumah Sakit. 1998).. R..K. D...F. Format dan Isi Jurnal Ilmiah dalam Waseso. 174 (1-2) : 3 ¡V 28...... Herridge and J.. Soedradjad berjudul : Datawarehousing sebagai salah satu bentuk Intelligent Database dikutip sebagai pustaka dalam suatu tulisan ilmiah..F. Jurnal of Management Information Systems (JMIS) Vol. al. Ladha. Kasijan Romimohtarto. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . (Ibnu.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad.. U.. Neural Network.. M. Ladha. and J. Malang. 1 halaman 29 ¡V 33.... Bahan pustaka dari artikel dalam jurnal internasional Judul artikel : Neural Network.. Herridge. 1995. 2002. Kini Saatnya Beralih ke Konsep Obyek... 2002 yang dimuat pada Kajian Bisnis Volume 2 No. M... S. Pemanfaatan DSS bagi Rumah Sakit. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Retnowati..... 174 Nos... Jakarta.. Jakarta di Pekanbaru.K. 1999..B. Neural Network. 2002). Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Peoples... 2000... 1998..G. Jurnal of Management Information Systems (JMIS) Vol. 340.K. M. Penerbit Universitas Negeri Malang. 1993).. LIPI.. D. 2000. dan Suhardjono (Eds). Maret 1998 : 15 ¡V 21. Ladha dan dipublikasikan di Jurnal of Management Information Systems (JMIS) Volume 174 Nos.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .A. Riau pada 15¡V 18 September 1998 dan diterbitkan pada tahun 1999.B. Ditulis oleh Retnowati.. 1999. edisi Maret 1998 pada halaman 15 ¡V 21... yang disunting oleh Subagjo Soemodihardjo.

. G. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. atau Judul artikel : Efek Sinergi Gen dan Lingkungan menuju Pertanian Tangguh... P. Bahan pustaka dari artikel dalam Koran tanpa penulis Judul artikel : Dekrit dan Maklumat yang Pernah Ada. 2000).. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Kompas. 2002.... Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --20 Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Sinar Grafika..... 353 Tahun ke 36. (Kompas. 2001). Sitasi dalam tinjauan pustaka : ... Kompas No.. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Edisi VI Tahun 2002. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Tjiptoherijanto. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . tanggal 27 Juni 2001 pada halaman 8. Goeswono Soepardi yang dimuat pada Koran Kompas tanggal 19 Agustus 2002 pada halaman 30....Prijono Tjiptoherijanto yang dimuat pada Koran Kompas nomor 353 Tahun ke 36. (Tjiptoherijanto.. 353 Tahun ke 36. 27 Juni 2001 : 8.. Bahan pustaka yang berupa dokumen resmi pemerintah yang iterbitkan oleh suatu penerbit Judul Dokumen : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Jakarta Tahun 2000. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. 2001. tanggal 27 Juni 2001 pada halaman 28 ¡V 29....... 2001). yang diterbitkan oleh PT. Efek Sinergi Gen dan Lingkungan menuju Pertanian Tangguh..... 2002.. Kompas tanggal 19 Agustus 2002 : 30... Sitasi dalam tinjauan pustaka : . PT.. Sinar Grafika. Jakarta. Ditulis oleh Prof. 27 Juni 2001 : 28 ¡V 29. Dr.. yang ditulis dan diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pemberdayaan Masyarakat menuju Pembangunan yang Demokratis.. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sinar Grafika. 2001. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soepardi.... 2002)..... (Soepardi. Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Bahan pustaka dari lembaga yang ditulis atas nama lembaga tersebut Judul Pustaka : Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi.. yang dimuat pada Koran Kompas nomor 353 Tahun ke 36.. Edisi VI.. Jakarta. Kompas o.... Dekrit dan Maklumat yang Pernah Ada.. 2000... (Sinar Grafika..

..... Bertus and Ann WatersBayer dengan judul : An Environmental Scanning for the Organisation In Order to Bussiness Process Reenginnering.. New York pada tahun 1992.. Y. 2000). Ditulis oleh Retnowati saat menyelesaikan studi Pascasarjana di UMIST..A. (De-Fliert dan Hidayat.. Diterjemahkan oleh Yohannes Sukoco dari buku yang ditulis oleh Coen Reijntjes.. Bahan pustaka yang berupa karya terjemahan dengan editor Judul Buku : Pengamatan Lingkungan Eksternal Organisasi Dalam Rekayasa Ulang Proses Bisnis... di Hotel Patrajasa. Bahan pustaka dari tugas akhir tidak dipublikasikan Judul Tesis : Towards a better EPSRC Forms.... Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Retnowati.1999). (Sukoco... Manchester. Ditulis oleh Retnowati atas permintaan Panitia Seminar Nasional Sistem Fuzzy Untuk Berbagai Disiplin Ilmu yang diselenggarakan oleh Fakultas Tehnik UNDIP..... Tidak diterbitkan. Tesis.. terbitan The Macmillan Press Ltd. UMIST. Edisi Bahasa Indonesia. Bahan pustaka yang berupa karya terjemahan tanpa editor Judul Buku : Pengamatan Lingkungan Eksternal Organisasi Dalam Rekayasa Ulang Proses Bisnis... Bertus and Ann Waters-Bayer dengan judul : An Environmental Scanning for the Organisation In Order to Bussiness Process Re-enginnering... Pengamatan Lingkungan Eksternal Organisasi Dalam Rekayasa Ulang Proses Bisnis.... Makalah yang disajikan dalam . 1999. Jogjakarta.. 1999. Elske van de Fliert dan Drs...... Towards a better EPSRC Forms.. Jogjakarta pada tahun 1999. Pengamatan Lingkungan Eksternal Organisasi Dalam Rekayasa Ulang Proses Bisnis. New York pada tahun 1992. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : De-Fliert dan Hidayat (Eds). Edisi terjemahan diterbitkan oleh Penerbit Kanisius. 2000.. Jogjakarta pada tahun 1999. Jogjakarta.. Program Pascasarjana. Edisi terjemahan diterbitkan oleh Penerbit Kanisius. Bernadus Hidayat. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --21 Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. Edisi Bahasa Indonesia.. Kanisius.. 1999).. 2000 Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Retnowati.. Sistem Fuzzy Bagi Sistem Pendukung Keputusan. Bahan pustaka yang berupa makalah yang disajikan dalam Seminar Judul Makalah : Sistem Fuzzy Bagi Sistem Pendukung Keputusan.. (Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat... terbitan The Macmillan Press Ltd. (Retnowati.. dari buku yang ditulis oleh Coen Reijntjes.. Diterjemahkan oleh Yohannes Sukoco dan disunting oleh Drs. 2002)... 2000. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Semarang pada tanggal 5 Agustus 2000. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Sukoco.. Kanisius. Manchester .. M....

.. P.G.pmel. Ditulis oleh Ir. La Nina and the Southern Oscilation (online).. 2001. Innovative Uses of Compost : Bioremediation and Pollution Prevention... Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad.gov/toga-toa/elnino-story.. Desember 1983 : 1189 ¡V 1194 (online).html..... (Soedradjad. http://www..... Bahan pustaka dari internet berupa karya individual Judul artikel : El Nino.H. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Philander pada tahun 2001 di situs http://www.. Oceanographic Events during El Nino.noaa. Phillipe Mercier.html..... Ditulis oleh M.edu/Public/People/Kamaral/thesis/Elnino..A. Ditulis oleh S.Sc dan dikirimkan secara pribadi kepada Ir. yang diakses pada tanggal 5 Juni 2001. 2001). Sitasi dalam tinjauan pustaka : . (Philander.. Kertas kerja yang disampaikan dalam Lokakarya Forum Konsultasi Pengembangan Wilayah Kelautan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan di Hotel Riyadi..umassd.edu/Public/People/Kamaral/thesis/Elnino. M. 2000). Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Soedradjad.A... R. Cane dalam Jurnal Science edisi Desember 1983 halaman 1189 ¡V 1194 dan diakses pada 5 Juni 2001 melalui situs http://www... Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Mercier. 2001). (Mercier.. Soedradjad..net) tanggal 18 Juli 2001. M. R.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Cane. Optimalisasi GIS Untuk Pemetaan Wilayah Kelautan di Pekalongan.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hal --22 Philander. Sitasi dalam tinjauan pustaka : ..au). http://www. Bahan pustaka yang berupa makalah yang disajikan dalam Penataran atau Lokakarya Judul Makalah : Optimalisasi GIS Untuk Pemetaan Wilayah Kelautan di Pekalongan. El Nino...net pada tanggal 18 Juli 2001. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .H..G..html..... Semarang pada tanggal 5 Agustus 2000.. di Hotel Patrajasa.pmel..... 1990.. 1983. (Cane. (mercier@uwts. 2000).... E-mail kepada Soedradjad (lpm@telkom... Solo pada tanggal 18 Juli 2000. S... Solo pada tanggal 18 Juli 2000.Seminar Nasional Sistem Fuzzy Untuk Berbagai Disiplin Ilmu yang diselenggarakan oleh Fakultas Tehnik UNDIP. Bahan pustaka dari internet berupa artikel dari jurnal Judul artikel : Oceanographic Events during El Nino.. 1983)..... di-akses pada 5 Juni 2001. 2000. Bahan pustaka dari internet berupa e-mail pribadi Judul artikel : Innovative Uses of Compost : Bioremediation and Pollution Prevention..gov/ toga-toa/el-nino-story. .....edu. Ditulis oleh Dr.html. Science. (Retnowati.. MT atas permintaan Panitia Lokakarya Forum Konsultasi Pengembangan Wilayah Kelautan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan di Hotel Riyadi. umassd.. R.. La Nina and the Southern Oscilation.noaa. diakses pada 5 Juni 2001. MT melalui alamat e-mail : lpm_unej@telkom.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.