P. 1
LAPORAN WAYANG KULIT

LAPORAN WAYANG KULIT

|Views: 1,301|Likes:
Published by Andi Dermawan

More info:

Published by: Andi Dermawan on Mar 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2012

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Pelaksanaan tugas pembuatan laporan seni budaya ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kreativitas serta pengetahuan tentang seni dan budaya bagi siswa/siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam mencapai tujuan relevansi pendidikan yang bermutu. Harapan utama dibuat tugas laporan seni budaya ini yaitu agar siswa/siswi lebih meningkatkan pengetahuan tentang kebudayaan-kebudayaan seni terutama karya seni jaman dahulu. Seperti kesenian tradisional, untuk mendeteksi perkembangan para siswa/siswi ini yaitu dengan cara membuat laporan seni budaya ini, jika laporan ini dibuat dengan benar, maka kemungkinan besar siswa/siswi tersebut memepunyai pengetahuan dankreatifitas lebih.

1.2 Maksud dan Tujuan Untuk lebih meningkatkan kemampuan serta kreativitas para siswa/siswi dan menambah pengetahuan tentang seni, baik seni modern maupun tradisional. Serta untuk memenuhi tugas ujian akhir sekolah mata pelajaran Seni Budaya.

1

Walaupun cerita wayang yang populer di masyarakat masa kini merupakan adaptasi dari karya sastra India. Keberadaan wayang sudah berabadabad sebelum agama Hindu masuk ke Pulau Jawa. wayang yang dimaksud tentunya adalah Wayang Kulit seperti yang kita kenal sekarang. seni tutur. juga merupakan media penerangan.pemahaman filsafat.J. Hazeau itu adalah walulang inukir (kulit yang diukir) dan dilihat bayangannya pada kelir. seni musik. Budaya wayang meliputi seni peran. seni lukis. hiburan. 2 . khususnya di Pulau Jawa. Dengan demikian. Hadirnya tokoh panakawan dalam_ pewayangan sengaja diciptakan para budayawan Indonesia (tepatnya budayawan Jawa) untuk memperkuat konsep filsafat bahwa di dunia ini tidak ada makhluk yang benar-benar baik. seni pahat. dakwah.1 Sejarah Wayang Kulit WAYANG salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya.BAB II URAIAN UMUM 2. Budaya wayang. Penyesuaian konsep filsafat ini juga menyangkut pada pandangan filosofis masyarakat Jawa terhadap kedudukan para dewa dalam pewayangan. dan yang benar-benar jahat. Hazeau menunjukkan keyakinannya bahwa wayang merupakan pertunjukan asli Jawa. Dalam disertasinya berjudul Bijdrage tot de Kennis van het Javaansche Tooneel (1897). kadang-kadang bertindak keliru. melainkan seperti juga makhluk Tuhan lainnya. pendidikan. Setiap makhluk selalu menyandang unsur kebaikan dan kejahatan. budaya wayang merupakan budaya asli Indonesia. yang terus berkembang dari zaman ke zaman. GA. Kedua induk cerita itu dalam pewayangan banyak mengalami pengubahan dan penambahan untuk menyesuaikannya dengan falsafah asli Indonesia. Menurut penelitian para ahli sejarah kebudayaan. Para dewa dalam pewayangan bukan lagi merupakan sesuatu yang bebas dari salah. seni sastra. ahli sejarah kebudayaan Belanda Dr. yaitu Ramayana dan Mahabarata. dan bisa jadi khilaf. Pengertian wayang dalam disertasi Dr. serta hiburan. seni suara. dan juga seni perlambang.

Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang. Untuk dapat memahami cerita wayang(lakon). pada tangan ada dua sambungan. sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong). pipih. yaitu layar yang terbuat dari kain putih. sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga Wayang kulit lebih populer di Jawa . ada yang runcing. perbuah wayang membutuhkan sekitar ukuran 50 x 30 cm kulit lembaran yang kemudian dipahat dengan peralatan yang digunakan adalah besi berujung runcing berbahan dari baja yang berkualitas baik. Besi baja ini dibuat terlebih dahulu dalam berbagai bentuk dan ukuran.1 Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir. Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana. tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut.2 Cara pembuatan Wayang kulit dibuat dari bahan kulit kerbau yang sudah diproses memjadi kulit lembaran. penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar. dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Selanjutnya dilakukan pemasangan bagian bagian tubuh seperti tangan. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir. kecil. bagian tengah dan timur. lengan bagian atas dan siku. Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003. Namun pada dasarnya. sedangkan wayang golek lebih sering dimainkan di Jawa Barat. . cara menyambungnya dengan sekrup kecil yang terbuat dari tanduk kerbau atau 3 . 3. besar dan bentuk lainnya yang masing-masing mempunyai fungsinya berbeda-beda.BAB III PENJELASAN PENGAMATAN 3. Wayang berasal dari kata Ma Hyang artinya menuju kepada yang maha esa. ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan). untuk menata atau membuat berbagai bentuk lubang ukiran yang sengaja dibuat hingga berlubang. Beberapa cerita diambil dari cerita Panji.

Dengan cerita dari negeri Cina serta iringan musiknya khas cina. ceritanya diambil dari babat Majapahit akhir (cerita Dhamarwulan). Ada juga Wayang Beber yang dalam bentuknya merupakan lembaran kain yang dilukis dan diceritakan oleh sang Dalang. diwarnai dialog (antawacana). Singasari (lakon Panji). Semasa Sri Susuhunan X di Solo didirikan tempat pementasan Wayang Orang.3 Filosofi wayang kulit Seni pewayangan yang merupakan seni pakeliran dengan tokoh utam anya Ki Dalang adalah suatu bentuk seni gabungan antara unsur seni tatah sungging (seni rupa) dengan menampilkan tokoh wayangnya yang diiringi dengan gending/irama gamelan. 3. Pagelaran ini diselenggarakan rutin setiap malam. Baik cerita maupun dialognya dilakukan oleh masing-masing pemain itu sendiri. Tangkai yang fungsinya untuk menggerak bagian lengan yang berwarna kehitaman juga terbuat berasal dari bahan tanduk kerbau dan warna keemasannya umumnya dengan menggunakan prada yaitu kertas warna emas yang ditempel atau bisa juga dengan dibron. seperti cerita yang berkaitan dengan upacara ruwatan (pensucian diri manusia). Seni pewayangan dapat digelar dalam bentuk Wayang Kulit Purwa. dilatarbelakangi layar/kelir dengan pokok cerita yang sumbernya dari Mahabharata dan Ramayana. menyajikan lakon dan pitutur/petunjuk hidup manusia dalam falsafah.sapi. Namun ada juga pagelaran wayang kulit purwa dengan lakon cerita yang di petik dari ajaran Budha. hasilnya jauh lebih baik. Pagelaran wayang kulit purwa biasanya memakan waktu semalam suntuk. warnanya bisa tahan lebih lama dibandingkan dengan yang bront. yang ceritanya berkisar mengenai Keraton Kediri. berasal dari India. Wayang yang menggunakan prada. Ngurawan. Seniman cina yang berada di Solo juga kadang menggelar wayang golek cina yang disebut Wayang Potehi. Wayang Klitik adalah jenis pewayangan yang media tokohnya terbuat dari kayu. Bentuk variasi wayang lainnya yaitu wayang Golek yang wayangnya terdiri dari boneka kayu. Dulu terkadang ³wong Jowo´ memanfaatkan waktu senggangnya membuat wayang 4 . dicat dengan bubuk yang dicairkan. yaitu di Sriwedari yang merupakan bentuk pewayangan panggung dengan pemainnya terdiri dari orang-orang yang memerankan tokoh-tokoh wayang.

Dalam wayang seolah-olah orang jawa tidak hanya berhadapan dengan teori teori umum tentang manusia. yaitu seni pewayangan. baik dalam sikap pandangan terhadap hakekat hidup. hajatan kelahiran ditampilkan cerita Abimanyu lahir. hubungan manusia dengan lingkungannya serta hubungan manusia jawa dengan manusia lain. wayang bagi orang jawa merupakan sibolisme pandangan-pandangan hidup orang jawa mengenai hal-hal kehidupan. Orang jawa mempunyai jenis kesenian tradisional yang bisa hidup dan berkembang hingga kini dan mampu menyentuh hati sanubari dan menggetarkan jiwa.Pertunjukkan wayang terutama wayang kulit sering dikaitkan dengan upacara adat: perkawinan.dari rumput. sunatan. hubungan manusia dengan Tuhan. pindahan rumah. Pada hakekatnya seni pewayangan mengandung konsepsi yang dapat dipakai sebagai pedoman sikap dan perbuatan dari kelompok sosial tetentu. disebut Wayang Rumput. selamatan kelahiran bayi. pembersihan desa mengambil cerita ³Murwa Kala/Ruwatan´ 5 . dll. melainkan model-model hidup dan kelakuan manusia digambarkan secara konkrit.Konsepsi-konsepsi tersebut tersusun menjadi nilai nilai budaya yang tersirat dan tergambar dalam alur cerita-ceritanya. misalnya dalam hajatan perkawinan cerita yang diambil ³Parto Krama´ (perkawinan Arjuna). dan biasanya disajikan dalam cerita-cerita yang memaknai hajatan dimaksud. Selain sebagai alat komunikasi yang ampuh serta sarana memahami kehidupan. asal dan tujuan hidup.

saya menyimpulkan bahwa wayang kulit Cirebon dapat memberikan sejarah yang bernilai tinggi serta meningkatkan seni maupun budaya di Kota Cirebon. 6 . 4.2 Saran Bagi para siswa/siswi marilah kita lebih meningkatkan ilmu tentang nilai seni dan nilai kebudayaan tradisional mapun modern untuk menjadi lebih baik.BAB IV PENUTUP 4.1 Kesimpulan Setelah saya menguaraikan bab demi bab tentang sejarah wayang kulit Cirebon.

LAMPIRAN .LAMPIRAN 7 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->