Macam dan Jenis Pasar

Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Pada dasarnya pasar dibagi dalam beberapa golongan yaitu sebagai berikut : 1. Berdasarkan Wujudnya Menurut wujudnya pasar dibedakan menjadi pasar konkret dan pasar abstrak a. Pasar Konkret (pasar nyata) merupakan pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secar langsung (tatap muka) antara pembeli dan penjual. Barang yang diperjualbelikan pun berada di tempat tersebut. Misalnya pasarpasar tradisional dan swalayan b. Pasar Abstrak (tidak nyata) merupakan pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung, barangnya tidak secara langsung dapat diperoleh pembeli. Misalnya, pasar modal di Bursa Efek Indonesia. 2. Berdasarkan Waktu Terjadinya Menurut waktu terjadinya pasar dibedakan menjadi pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan, dan pasar temporer. a. Pasar Harian merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap hari. Misalnya pasar pagi, toserba, dan warung-warung. Pada pasar jenis ini, keseimbangan antara permintaan dan penawaran bersifat sementara dan jangka pendek, sehingga jumlah barang yang tersedia sedikit dan terbatas pada hari itu saja. Pada pasar ini tidak ada kesempatan untuk memperbanyak jumlah barang di pasar. b. Pasar mingguan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu minggu sekali. Misalnya pasar senin atau pasar minggu yang ada di daerah pedesaan c. Pasar bulanan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu bulan sekali. Dalam aktivitasnya bisa satu hari atau lebih. Misalnya, pasar yang biasa

Pasar tahunan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu tahun sekali. Pasar output (pasar produk) merupakan pasar yang memperjualbelikan barangbarang hasil produksi (biasanya dalam bentuk jadi). Berdasarkan Luas Jangkauannya Menurut luas jangkauannya pasar dibedakan menjadi pasar lokal. Contoh Indonesia menghasilkan rempah-rempah. Menurut hubungannya dengan proses produksi pasar dibedakan menjadi pasar output dan pasar input. Berdasarkan Hubungannya Dengan Proses Produksi 4. Sebagai contoh permintaan dan penawaran tepung sagu sebagai makanan pokok sebagian besar terdapat pada daerah Maluku. Sebaliknya Indonesia banyak membeli barang elektronik dan mesin-mesin untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Yang dimaksud pasar regional adalah penawaran dan permintaan akan barang dan jasa dimana produk yang ada di pasar untuk memenuhi kebutuhan daerah/wilayah regional. Pasar internasional atau pasar dunia adalah permintaan dan penawaran berbagai produk dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara untuk dipasarkan ke negara lain. minyak. a. 3. dan pameran pembangunan. e. Misalnya pasar murah. dan pasar karena ada perayaan kemerdekaan RI. a. Oleh sebab itu pasar regional sagu terdapat di wilayah Maluku dan sekitarnya. bahkan bisa mencapai lebih dari satu bulan. d. Misalnya Pekan Raya Jakarta. b. c. bazar. Kejadian pasar ini biasanya lebih dari satu hari.terjadi di depan kantor-kantor tempat pensiunan atau purnawirawan yang mengambil uang tunjangan pensiunannya tiap awal bulan. . pasar malam. pasar nasional.4. dan pasar internasional. Pasar temporer merupakan pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tentu (tidak rutin) pasar ini biasanya terjadi pada peristiwa tertentu. Yang dimaksud pasar lokal adalah pertemuan penawaran dan permintaan akan barang dan jasa sebatas daerah setempat. Produk yang ada di pasar umumnya sangat terbatas dan untuk memenuhi kebutuhan lokal. ukirukiran dan banyak ditawarkan ke negara lain.

• Perusahaan dapat dengan bebas keluar masuk pasar tersebut. b) Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna • Harga Jual barang dan jasa adalah yang termurah . terkadang pembeli tidak dapat membedakan barang produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya. suatu perusahaan bebas menentukan ingin keluar atau memasuki pasar persaingan sempurna karena hampir tidak ada hambatan bagi perusahaan untuk keluar ataupun masuk ke pasar tersebut. Pasar input (pasar faktor produksi) merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa sebagai masukan pada suatu proses produksi (sumber daya alam. Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. jadi yang menentukan harga bukanlah pembeli atau penjual. Berdasarkan Strukturnya (Jumlah Penjual Dan Pembeli) Berdasarkan strukturnya. tetapi keseluruhan interaksi antara pembeli dan penjual. • Barang yang diperjual belikan homogen (serupa). produsen B. 5. hasil pertanian. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk. pasar dibedakan menjadi sebagai berikut. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A. Semua produk terlihat identik. dan barang modal). tanah. Pasar persaingan sempurna. a) Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna • Terdapat banyak penjual dan pembeli di dalamnya artinya tidak hanya satu penjual dan pembeli yang ada di dalam pasar. a. Pasar persaingan sempurna merupakan sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. atau produsen C? Oleh karena itu. tenaga kerja.b. berupa bahan tambang.

maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap (black market). sehingga biaya produksi (AC) makin rendah (decreasing MC dan AC) . Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. a) Karakteristik pasar monopoli: • • • Hanya ada satu produsen Produsen bebas menentukan harga Adanya hambatan bagi perusahaan lain untuk masuk ke dalam pasar monopoli • • Output yang besar karena permintaannya banyak Biaya marginal semakin lama semakin menurun. satu + polein. semakin mahal harga barang tersebut. yang terdiri atas 1) Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos. seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi. semakin sedikit barang yang diproduksi. Apabila penetapan harga terlalu mahal. Walaupun demikian.• Jumlah Output Paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal) • Masyarakat merasa nyaman dalam mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih barang dan jasa (produk yang homogen) • Tidak takut ditipu dalam kualitas harga (informasi sempurna) c) Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna • • Kelemahan dalam hal asumsi Kelemahan dalam pengembangan teknologi b. begitu pula sebaliknya. Sebagai penentu harga (price-maker). Pasar persaingan tidak sempurna.

a) Karakteristik Pasar Oligopoli . Sehingga semua usaha promosi. Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi.b) Kelebihan Pasar Monopoli • • • • Mampu mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang Menghasilkan output yang besar melalui peningkatan efisiensi Mampu meningkatkan investasi ekonomi Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing) c) Kekurangan Pasar Monopoli • • • • Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja Memburuknya kondisi makroekonomi nasional Membruknya kondisi perekonomian Internasional 2) Dalam pasar oligopoli. seperti. industri semen. sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada. pengenalan produk baru. dan industri kertas. perubahan harga. Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar. iklan. industri mobil. dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas. setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar.

yang ke-dua adalah produsen barang yang berbeda corak. biasanya barang akhir atau barang jadi. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni untuk membersihkan . dll. namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. b) Kelebihan Pasar Oligopoli • Hanya sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit. • Oligopoli dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksireaksi dari perusahaan lawan • Oligopoli dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif kecil c) Kelemahan Pasar Oligopoli • Efisiensi hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat besar • Pengambilan keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga • Membutuhkan kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan 3) Pasar persaingan monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Oleh karena itu Produsen-produsen yang ada saling bersepakat untuk melakukan tindakan bersama di dalam menentukan harga dan tingkat produksi • Produk yang dihasilkan homogen atau sama. yang pertama adalah produsen barang standar atau bahan mentah.• Sedikit produsen dalam suatu pasar. pasta gigi. ada 2 tipe. Contohnya adalah : shampoo. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas. akibatnya keputusan yang diambil oleh satu produsen akan sangat mempengaruhi produsen yang lain.

sehingga membuat mereka mau membeli produk tersebut meskipun dengan harga mahal akan sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Pada pasar persaingan monopolistik. tetapi juga tidak semudah dalam pasar persaingan bebas karena . Pada pasar monopolistik. harga bukanlah faktor yang bisa mendongkrak penjualan. dan lain-lain. di mana ciri khususnya adalah irit bahan bakar. Sedangkan Yamaha memiliki keunggulan pada mesin yang stabil dan jarang rusak. konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain. • Barang yang dihasilkan berbeda corak. misalnya perbedaan aroma. Bagaimana kemampuan perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak masyarakat. oleh karena itu suatu produsen hanya memiliki pengaruh yang kecil dalam penentuan harga barang. kemasan. perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus aktif mempromosikan produk sekaligus menjaga citra perusahaannya. produsen memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga walaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli. Oleh karenanya. Secara fisik mudah membedakan produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.rambut. Sebut saja sepeda motor Honda. Karena perbedaan dan ciri khas dari suatu barang. ini adalah faktor terpenting uang membedakan pasar persaingan monopolistik dengan pasar persaingan sempurna. Produk sepeda motor memang cenderung bersifat homogen. perbedaan warna. Misalnya. tetapi masing-masing memiliki ciri khusus sendiri. Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus. a) Karakteristik Pasar Monopolistik • Terdapat banyak penjual. Akibatnya tiap-tiap merek mempunyai pelanggan setia masing-masing. pasar sepeda motor di Indonesia. hambatan untuk masuk ke dalam pasar ini tidak sesulit dalam pasar monopoli atau oligopoli. dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga. • Masuk ke dalam industri sangat mudah.

Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. • • Kelebihan kapasitas produksi relatif kecil Kenikmatan konsumen yang tinggi karena beragamnya produk. pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan. maka akan terjadi kerugian. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api. peningkatan kualias. 4) Pasar monopsoni bentuk pasar ini merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. a) Ciri-ciri pasar monopsoni • • • • Hanya ada satu pembeli Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen Barang yang dijual merupakan bahan mentah Harga sangat ditentukan pembeli . Dalam pengertian ini. dan meningkatnya kebebasan konsumen dalam memilih output c) Kelemahan Pasar Monopolistik • • • • Permintaan yang sangat elastic Harga jual masih lebih besar daripada biaya marjinal Kapasitas berlebih Jika output ditambah melebihi output keseimbangan.butuh modal yang besar untuk menghasilkan barang yang berbeda corak dengan yang sudah tersedia di pasar. b) Kelebihan Pasar Monopolistik • Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang relatif kecil.

excelcomindo adalah beberapa perusahaan pembeli infrastruktur telekomunikasi seluler. Mobile-8. Pasar Barang.b) Kebaikan dan keburukan pasar monopsoni Kebaikan • • 1. Penjual akan hemat dalam biaya produksi Keburukan • • Pembeli bisa seenaknya menekan penjual Produk yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang 5) Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen. . a) Ciri-ciri pasar oligopsoni • • • • Terdapat beberapa pembeli Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen Barang yang dijual merupakan bahan mentah Harga cenderung stabil b) Kebaikan dan keburukan pasar oligopsoni Kebaikan : • • Penjual lebih beruntung karena bisa pindah ke pembeli lain Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual Keburukan : • Bisa berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli bekerja sama • Kualitas barang kurang terpelihara 6. Kualitas produk lebih terpelihara 2. Contoh Telkom. indosat. Berdasarkan kegiatannya: a.

b. namun demikian keuntungan yang mungkin diperoleh juga relatif besar. Transaksi antara penyalur tenaga kerja di Indonesia dengan perusahaan penyalur tenaga kerja di Timur tengah adalah pasar tenaga kerja. Seperti diketahui permintaan tenaga kerja Indonesia ke Timur Tengah sangat tinggi. Dengan berkembangnya jumlah penduduk dan alat pemuas kebutuhan maka pasar barang menjadi sangat beragam. Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. dan tempattempat modern lainnya. Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. a. b. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal. Resiko yang ada pada pasar ini relatif besar dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. pasar sayuran. plaza. Pasar Uang adalah pasar yang memperjual belikan mata uang negara-negara yang berlaku di dunia. pasar barang elektronik dan sebagainya. Pasar Tenaga/ Pasar jasa Yang dimaksud pasar tenaga adalah permintaan dan penawaran tenaga kerja. BES. di internet. misalnya pasar buah. Berdasarkan Cara Transaksinya. pasar buku. Pasar ini disebut juga sebagai pasar valuta asing / valas / Foreign Exchange / Forex. c. Menurut cara transaksinya. Pasar Uang. Contoh adalah transaksi forex di BEJ. . 7. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok. jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern. Pasar Modern. sehingga banyak perusahaan yang bergerak dalam penyaluran tenaga kerja luar negeri.Yang dimaksud pasar barang adalah tempat pertemuan permintaan dan penawaran barang. dan lain-lain. agen forex. Pasar Tradisional.