KINERJA DI UKS SMP NEGERI 4 TANGERANG SELATAN

Oleh: Risma Febby Hambekti 0809 - 7165 SMP NEGERI 4 TANGERANG SELATAN Thn. 2010 / 2011

.

3. oleh karena itu. Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada : 1.KATA PENGANTAR Seraya memanjatkan syukur kehadirat Allah SWT karena penulis menyadari bahwa berkat rahmat dan hidayat-Nya penulis dapat menyelesaikan karya tulis dengan judul Kinerja UKS di SMP Negari 4 Tangerang Selatan. dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dan membimbing penulisan ini. Oleh karena itu. Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih terdapat kekurangan dan kelemahannya. Rekan rekan kelas IX SMP Negeri 4 Tangerang Selatan. Orang tua. 2. Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Tangerang Selatan Ibu Kurniasih. Tangerang Selatan Penulis i . kritik dan saran para pembaca akan penulis terima dengan senang hati demi penyempurnaan karya tulis ini di masa yang akan datang.

«««««««««««««« 9 Lampiran «««««««««.... Latar belakang b. 10 ii .... Rumusan masalah c..«««««.««««««««««««««.. 6 BAB IV Simpulan dan saran «. Saran Daftar pustaka ««««««««.«««««««««««««««..... 3 BAB III Paparan data dan temuan penelitian . ii Daftar lampiran«««««««««««««««««««««..... Simpulan b.DAFTAR ISI Kata pengantar «««««««««««««««««««««« i Daftar isi««««««««««««««««««««««««.«««. Tujuan d.. Manfaat BAB II Kajian pustaka «..... 1 a.«««««««««««««««« 8 a.. iii BAB I Pendahuluan «««««««««««««««««««...

DAFTAR LAMPIRAN o Contoh UKS yang benar dan bisa menjadi contoh untuk sekolah lain. o Peralatan yang ada didalam UKS. iii .

karyawan. Perlu niat dan usaha yang sungguh-sungguh untuk melakukan itu. bahkan agar lebih berhasilguna usaha-usaha kesehatan di sekolah perlu dijadikan program tersendiri dengan pengelolaan yang baik.menerus dilakukan usaha . dewan guru.usaha untuk melatih diri berperilaku hidup sehat. berkelanjutan. Setiap orang memerlukan kondisi sehat agar dapat menjalankan aktifitasnya. dan masyarakat sekitar sekolah.usaha di bidang kesehatan di sekolah akan berhasil. usaha . guru. Kepala sekolah. serius dan terprogram. komite.menerus. dan mendapat support dana yang cukup. Perlu terus . niscaya usaha . siswa. Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia dapat dikerjakan dengan baik dan dapat membuahkan hasil jika kondisi fisik prima. Latar Belakang Kesehatan adalah hal pokok yang harus dimiliki dan diusahakan oleh setiap individu.usaha kesehatan ini perlu dilakukan oleh seluruh komponen persekolahan. 1 . Namun untuk mewujudkan kondisi fisik sehat dan prima tidaklah mudah.BAB I PENDAHULUAN A. Kesehatan juga merupakan kebutuhan pokok. dan siswa perlu dilibatkan dalam semacam kegiatan usaha kesehatan di sekolah yang terencana. Usaha .usaha untuk menciptakan kondisi fisik sehat perlu senantiasa dilakukan secara terus . seperti. Dilingkungan sekolah. kepala sekolah. Dengan kondisi yang demikian.

rumusan masalah yang diteliti adalah mengenai fungsi dan kinerja di UKS SMP Negeri 4 Tangerang Selatan: 1. B. Seberapa pentingnya UKS bagi siswa ataupun guru? C. Manfaat Menyadarkan siswa. guru. . Apa sajakah fungsi dari UKS? 2. dan semua warga SMP Negeri 4 Tangerang Selatan akan pentingnya kesehatan lingkungan sekolah khususnya UKS SMP Negeri 4 Tangerang Selatan. D. Rumusan Masalah Dalam penelitian ini. terutama bagi siswa. Tujuan Memberitahukan pembaca fungsi serta pentingnya UKS bagi seluruh warga SMP Negeri 4 Tangerang Selatan untuk menjadi seseorang yang peduli akan kesehatan.2 Baik sebagai program pendidikan maupun sebagai pembentukan karakter sehat bagi seluruh komponen persekolahan.

sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal. keindahan. Kesadaran ini nantinya juga akan bisa menyadarkan warga sekolah untuk dapat mempraktekkannya dalam lingkungan rumah masing ± masing sehingga terciptalah daerah yang bersih.21 tahun.BAB II KAJIAN PUSTAKA ³Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah. Tujuan umum dari UKS adalah meningkatkan kesadaran siswa-siswi. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan bersih. Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6 .9 tahun ) dan remaja ( 10 . dan kebersihan sekolah. guru. kerapihan. dan semua warga sekolah akan pentingnya kesehatan. jika dibagi sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 subkelompok yakni pra remaja ( 6 . indah dan nyaman sebagai tempat tinggal. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan siswa yang mencakup hal berikut: 3 .19 tahun )´ Program UKS adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah dan Madrasah Ibtidaiyah.

Lebih baik ini semua dimulai dari kesadaran diri masing ± masing. sikap. Memiliki pengetahuan. Mengerti tidak baiknya pengonsumsian dari NAPZA. dan keterampilan tantang bagaimana melaksanakan gaya hidup sehat serta dapat berpartisipasi secara aktif dalam usaha meningkatkan kesehatan di dalam lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah. Sehat secara fisik.4 1. baru kemudian kita mulai sedikit ± sedikit menasihati orang lain agar bisa meningkatkan kesehatan juga. mental maupun sosial. 3. 2. kesadaran. Trias UKS: y y y Pendidikan kesehatan Pelayanan kesehatan Pembinaan lingkungan sekolah sehat .

dan ada juga yang hanya ingin mencari ilmu dan pengalaman baru. UKS juga digunakan sebagai tempat untuk ekstrakulikuler Palang Merah Remaja ( PMR ). Akan tetapi disekolah ini terkadang fungsi UKS disalahgunakan. Sangatlah penting bagi kita merawat dan mamperbaiki UKS SMP Negeri 4 Tangerang Selatan. ataupun karyawan yang sakit. Dengan alasan yang banyak atau berbeda ± beda pula. ada yang ingin membantu yang sedang sakit. Oleh karena itu. guuru. ekstrakulikuler ini diadakan setiap hari Sabtu sekitar pukul 08:00 ± 11:00. coba bayangkan jika tidak ada UKS? Pasti sekoah itu akan kesulitan menangani siswa. fungsi UKS sangatlah penting didalam usaha untuk memajukan kesehatan sekolah. menjadi tempat untuk ´ngadem´ oleh sebagian siswa. karena UKStempat untuk warga sekolah yang sakit.BAB III PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN Fungsi UKS dari setiap sekolah kurang lebih hampir sama. Selain untuk itu. menjadi tempat pemulihan ataupun hanya sebagai tempat istirahat bagi yang sakit. UKS memiliki peran penting dalam suatu sekolah. Peminat ekstrakulikuler ini lumayan banyak. Seharusnya kejadian seperti ini tidak ada. Ada yang ingin berlatih menjadi perawat. 5 .

Tabel pengunjung UKS Tabel pengunjung UKS tahun ajaran 2009/2010. 3.6 Berdasarkan hasil penelitian di UKS didapatkan data sebagai berikut : 1. Dan penyakit yang rata rata dialami adalah pusing dan mual. Data persediaan obat-obatan di UKS: y y y y y y y y y y y y y Obat merah Betadine Alkohol Kapas Handsaplast Obat sakit kepala Obat asma Obat maag Obat lambung Parasetamol Vitamin Minyak kayu putih Dan lain lain . karena cuaca yang buruk lebih mudah membuat tubuh rentan terhadap penyakit. 2. Dari data yang diperoleh pengunjung UKS pada musim hujan lebih banyak dibandingkan musim kemarau.

Fasilitas yang tersedia di UKS: y y y y y y y y y y y y Alat tensi darah Penimbang berat badan Pengukur tinggi badan Obat-obatan Stetoskop Tempat tidur Kursi dan meja Lemari Dispenser+air mineral AC Sapu dan beberapa alat lain untuk membersihkan UKS Dan lain lain.7 4. .

obat yang tekadang habis jika saat ingin digunakan . selimut yang kurang nyaman digunakan untuk warga sekolah yang sakit itu.BAB IV SIMPULAN DAN SARAN A. Dan untuk siswa ataupun siswi yang terkadang mempersalahgunakan fungsi atau membuat kekacauan serta berisik di UKS sebaiknya diberitahu dan dinasihati oleh patugas yang sedang berjaga di UKS. Simpulan Simpulan dari penelitian ini. Saran Sebaiknya kekurangan ± kekurangan sekecil apapun di dalam UKS segera dilengkapi atau diperbaiki secepatnya. Hanya saja pasti ada yang harus dibenahi. B. guru. Betapa penting dan bergunanya UKS untuk seluruh warga sekolah tanpa terkecuali seperti siswa siswi. fasilitas dan peggunaan fungsi UKS sudah baik. 8 . seperti misalnya kasur. kebisingan di dalam UKS. bantal. karena sekecil apapun suatu kekurangan pasti akan menjadi besar jika tidak cepat ± cepat diperbaiki atau dilengkapi. dan karyawan yang bekerja di SMP Negeri 4 Tangerang Selatan.

com http://www.id 9 .sch.wordpress.smpn4tangsel.google.com http://www.dokterkecil.DAFTAR PUSTAKA http://www.

co.htm ..com/?today=news&d=13&id=19502 o Peralatan yang ada didalam UKS: www./1304006/uks-kit.id/.com/2010/09/23/ www.padang-today.indonetwork.wordpress..LAMPIRAN ± LAMPIRAN o Contoh UKS yang benar dan bisa menjadi contoh untuk sekolah lain: coldwind08.

/ 10 ...tanjakan78.com/.wordpress.