P. 1
SASTRA

SASTRA

|Views: 49|Likes:
Published by arieviana

More info:

Published by: arieviana on Mar 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2012

pdf

text

original

SYAR I FAH JAN NATI N AL I A

XII-PPB 2010/2011

KLASIFIKASI SASTRA BERDASARKAN MASA PEMBUATAN

.DalamsejarahsastraIndonesiadikenalistilahangkatan. Angkatan adalah suatu usaha pengelompokan sastra dalam suatu masa tertentu. Pengelompokan ini berdasar atascirikhaskaryayangdihasilkanpadamasaitu.

SastraIndonesiadibagimenjadi: ‡ AngkatanDuaPuluhan(BalaiPustaka) ‡ AngkatanTiga Puluhan (Pujangga Baru) ‡ Angkatan'45 ‡ AngkatanEnamPuluhEnam ‡ KaryaSastraKontemporer .

Angkatan Dua Puluhan (Balai Pustaka) .

.Disebut angkatan dua puluhan karena angkatan ini lahir pada tahun 1920-an dan disebut angkatan balai pustaka karena penerbit yang paling banyak menerbitkan adalah Balai Pustaka.

Rinkes. Penerbit ini sangat berjasa bagi dunia sastra Indonesia karena dengan adanya penerbit ini lahir berbagai macam karya sastra terkenal. .Balai pustaka didirikan tahun 1917 oleh Dr.

Balai pustaka tidak hanya berperan pada masa tahun 1920-an saja melainkan sampai masa-masa berikutnya bahkan sampai sekarang. Roman ini menceritakan tentang perjodohan yang masih banyak dilakukan pada masa itu. Karya yang paling terkenal pada masa ini adalah Siti Nurbaya karangan Marah Rusli. .

T.Beberapa karya sastra angkatan 1920-an adalah Azab dan Sengsara (roman. Tak Putus Dirundung Malang (roman. Muda Teruna (roman. Alisyahbana) . Kasim). tahun 1922 oleh Moh. tahun 1929 oleh S. tahun 1920 oleh Merari Siregar).

.

Angkatan Tiga Puluhan (Pujangga Baru) .

cerpen. Karya-karya yang ditampilkan dalam majalah ini adalah puisi. yaitu majalah Pujangga Baroe.Angkatan ini adalah angkatan yang lahir pada sekitar tahun 1933 sampai 1942. atau drama-drama pendek. novel. . roman. Disebut angkatan pujangga baru karena pada tahun 1933 terdapat majalah sastra yang terkenal.

harus mampu membangun bangsa dan negara. individualistis. dan tidak terikat tradisi. Seni menurut mereka. karya sastra angkatan ini lebih bersifat dinamis.Karya sastra pada angkatan ini berbeda dengan karya sastra dengan angkatan sebelumnya. . Oleh karena itu.

T. Belenggu (roman. Alisyahbana).T. dan lain-lain. Alisyahbana). tahun 1940 oleh Armijn Pane). Anak Perawan di sarang Penyamun (roman. tahun 1942 oleh S.Karya sastra yang lahir antara lain adalah Layar Terkembang (roman. . tahun 1936 oleh S.

.

Angkatan '45 .

Nama lain angkatan ini adalah angkatan pembebasan dan angkatan Chairil anwar. Disebut angkatan Chairil Anwar karena besarnya jasa Chairil Anwar dalam lahirnya angkatan ini. .

. individualistis. realistik. Ciricirinya antara lain adalah bebas. dan futuristik. Karya yang terkenal dari angkatan ini adalah Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma yangmerupakan kumpulan cerpen karya Idrus. universalistis.Karya-karya sastra angkatan ini sangat berbeda dengan angkatan sebelumnya.

.

Angkatan Enam Puluh Enam .

Karya sastra pada angkatan ini lebih banyak bersifat protes terhadap keadaan yang kacau pada masa itu.Nama angkatan ini diberikan oleh H.B. angkatan ini muncul pada saat keadaan politik indonesia sedang kacau karena adanya gerakan teror dari PKI. Jassin. Nama ini diberikan untuk menamakan suatu kelompok sastra setelah angkatan '45. .

Beberapa karya sastra yang lahir pada angkatan ini adalah kumpulan puisi oleh Taufik Ismail yang berjudul Tirani. . dan lain-lain. roman berjudul Pagar Kawat Berduri oleh Toha mohtar. roman Pelabuhan Hati karya Titis Basino. drama karya Motinggo Busye dengan judul Malam Jahanam.

Karya Sastra Kontemporer .

Kemunculan karya sastra ini dipelopori oleh Sutardji Calzoum Bachri.Sekitar tahun '70-an. Kebanyakan isinya tidak menekankan pada makna kata. . muncul karya sastra yang lain daripada karya sastra yang telah ada sebelumnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->